close

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Kode pembayaran QRIS menjadi salah satu terobosan dengan dampak yang sangat besar dalam lingkup transaksi non-tunai. Beberapa dampak yang terasa adalah adaptasi QRIS pada layanan digital banking dan dompet digital seperti GoPay. Di lain sisi, QRIS juga mendukung eksistensi berbagai UMKM turut hadir dalam rutinitas transaksi non-tunai.

Cara pembayaran QRIS melalui berbagai layanan dompet digital juga terhitung sangat mudah. Sebagian besar proses pembayaran dapat Anda tuntaskan dalam hitungan menit. Bahkan Anda tidak perlu mengetikkan nama pengguna, kode transaksi, atau hal rumit lain dalam prosesnya. Hal tersebut juga dapat Anda temukan dalam layanan GoPay.

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah

Sekilas Tentang QRIS

QRIS hadir dari inovasi Bank Indonesia (BI) dalam menyambut pertumbuhan transaksi non-tunai di Indonesia. Hadirnya QRIS menjadi dukungan berbagai penyedia layanan agar dapat terhubung dalam satu wadah yang lebih sederhana. Sehingga pengguna tidak terkotak-kotak dalam bertransaksi hanya pada brand yang digunakan saja.

Kode pembayaran QRIS memungkinkan sebuah merchant menampung seluruh metode pembayaran dari berbagai layanan dompet digital dan vendor transaksi non-tunai lain. Sehingga kehadiran QRIS di Indonesia menjadi kabar baik bagi vendor, pengguna, sekaligus UMKM. Setelah adaptasi QRIS, sangat banyak UMKM yang memfasilitasi transaksi non-tunai sebagai bagian dari layanannya.

Baca Juga :  Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah

GoPay dan QRIS

Sebagai salah satu brand dompet digital terbesar di Indonesia, GoPay tentu mengadaptasi QRIS di dalam layanannya. Bahkan GoPay menjadikan kode pembayaran QRIS sebagai salah satu metode utama dalam transaksinya. Secara khusus, pemanfaatan tersebut dikembangkan dalam upaya terhubung dengan berbagai brand penyedia transaksi non-tunai lainnya.

GoPay merupakan layanan yang berkembang di bawah naungan GOJEK. Bahkan GoPay pada mulanya merupakan alat pembayaran yang secara khusus digunakan untuk aplikasi tersebut. GoPay semula hanya digunakan untuk membayar transaksi layanan GOJEK. Namun dalam perkembangan terkini, GoPay telah menjadi layanan dompet digital yang lebih menyeluruh.

Meski begitu, GoPay tetap tidak memiliki aplikasi mandiri seperti berbagai brand dompet digital lain. Untuk dapat menggunakan layanan GoPay, Anda tetap harus mengunduh dan menggunakan aplikasi GOJEK. Sebab hingga saat ini GoPay tidak kehilangan fungsi dasarnya sebagai metode pembayaran layanan GOJEK.

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah

Keunggulan Layanan QRIS

Dampak yang dihadirkan QRIS di lingkungan transaksi non-tunai tentu bukan tanpa alasan. Adanya QRIS menjadi terobosan yang menghubungkan berbagai layanan pembayaran non-tunai. Dengan QRIS berbagai brand tersebut tidak lagi menggunakan kode pembayaran terpisah dan mandiri. Sehingga sangat memudahkan pelanggan dalam penggunaannya.

Selain itu, terdapat beberapa dampak utama dari QRIS yang dapat Anda nikmati secara langsung, antara lain:

  • Lebih mudah sebab tidak memiliki batasan brand dan aplikasi tertentu;
  • Lebih cepat dengan proses pemindaian transaksi hanya dalam beberapa detik;
  • Lebih aman sebab menggunakan proteksi teknologi sekelas perbankan;
  • Lebih efisien dengan satu QRIS yang berlaku pada semua layanan transaksi non-tunai.
Baca Juga :  Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS (Bank dan E-wallet)

Cara Melakukan Pembayaran dengan QRIS

Pembayaran QRIS dapat Anda manfaatkan pada setiap merchant yang terdaftar. Merchant tersebut dapat berupa gerai UMKM, toko retail modern, outlet produk khusus, dan berbagai titik transaksional lainnya. Anda hanya perlu mendapatkan akses pada kode pembayaran miliki gerai yang bekerjasama melalui kasir atau pihak penanggung jawab.

Dalam prosesnya, Anda hanya memerlukan aplikasi pembayaran non-tunai. Aplikasi tersebut dapat berupa produk digital banking, dompet digital, maupun aplikasi internet banking. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan GoPay. Di dalam aplikasi GOJEK, Anda akan dengan mudah menemukan fitur pembayaran QRIS dan menuntaskan prosesnya hanya dalam beberapa menit.

Cara Pembayaran QRIS Melalui GoPay

Setiap pengguna GOJEK dapat menggunakan metode pembayaran QRIS dalam layanan GoPay. Anda hanya perlu terdaftar dengan akun dan data yang sesuai. Proses pembayaran ini juga berlangsung sangat mudah dan singkat. Anda juga tidak membutuhkan kode tertulis ataupun ID dari merchant tempat Anda berbelanja.

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah

Adapun tata cara pembayaran QRIS melalui layanan GoPay adalah:

  • Buat transaksi di merchant pilihan Anda;
  • Informasikan kasir bahwa Anda menggunakan pembayaran dengan QRIS;
  • Buka aplikasi GOJEK Anda;
  • Ikuti prosedur login yang tersedia;
  • Masuk sesuai akun dan detail sandi;
  • Di section GoPay, pilih menu “Bayar”;
  • Pilih opsi “Scan Kode QRIS”;
  • Arahkan kamera untuk memindai QRIS milik merchant;
  • Masukkan nominal transaksi sesuai informasi kasir;
  • Tekan tombol konfirmasi;
  • Pilih tombol “Bayar Sekarang”;
  • Masukkan PIN GOJEK Anda;
  • Transaksi selesai.
Baca Juga :  Cara Daftar QRIS untuk Pebisnis atau Pedagang dengan Mudah

Yak. kira-kira seperti itulah tata cara pembayaran QRIS menggunakan layanan GoPay dalam aplikasi GOJEK. Anda dapat melakukan pembayaran QRIS di seluruh merchant yang terdaftar tanpa syarat apapun. Layanan pembayaran ini dapat Anda akses dengan mudah di halaman depan aplikasi GOJEK setelah melakukan login sesuai ketentuan aplikasi.

Hindari penawaran menggiurkan dari pihak GoPay, GOJEK, maupun QRIS yang menyatakan Anda mendapatkan hadiah melalui prosedur tertentu. Program promo miliki GoPay, GOJEK, dan QRIS tentu memiliki prosedur promosi dan alur yang resmi dan terpublikasi dengan baik. Seluruh pihak tersebut tidak diperbolehkan meminta kata sandi, PIN, dan OTP yang bersifat pribadi.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang QRIS lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat ShopeePay dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar