close

Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Garansi menjadi satu layanan yang sangat menarik dari HP Xiaomi. Dengan adanya garansi, terdapat rasa aman dan terlindungi dalam menggunakan perangkat. Hal tersebut juga memastikan bahwa Xiaomi memiliki komitmen pada kualitas produk yang dijualnya. Sehingga relasi baik terbentuk antara pengguna dengan brand.

Namun garansi juga tidak diberikan secara acak dan segala kondisi. Sebab garansi hadir sebagai layanan purna jual dan pendorong bagi pengguna untuk bertahan dengan brand Xiaomi. Hal tersebut berkaitan dengan strategi pemasaran jangka panjang, khususnya pada strategi perilisan model-model baru di masa depan.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

Tentang Garansi HP Xiaomi

Garansi HP Xiaomi merupakan sebuah layanan purna jual yang tersedia bagi setiap pemilik smartphone brand tersebut. Layanan ini memungkinkan pemilik perangkat untuk mengakses fasilitas perbaikan dan penggantian perangkat tanpa dikenakan biaya. Hal tersebut tentu menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi pemilik HP Xiaomi.

Garansi HP Xiaomi memberikan kepastian kualitas dan rasa aman dalam menggunakan perangkat. Sebab Anda selalu memiliki perlindungan atas kualitas produk melalui garansi yang diberikan. Hal tersebut juga menjadi salah satu komitmen tidak langsung dari brand Xiaomi atas kualitas produk yang bersaing dengan berbagai kondisi pemakaian pemilik.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

Fungsi dan Kegunaan Garansi HP Xiaomi

Garansi memiliki fungsi dua arah bagi pengguna dan brand sekaligus. Bagi pengguna, garansi menjadi jaminan keamanan dan kualitas perangkat. Garansi memastikan bahwa perangkat memiliki risiko kecil untuk mengalami kerusakan pada penggunaan normal. Beberapa kondisi bahkan memungkinkan Anda mendapat perangkat baru apabila sesuai dengan ketentuan.

Bagi brand, garansi memastikan pengguna Xiaomi tetap menggunakan produk perusahaan pada jangka waktu tertentu. Hal tersebut juga tetap dipastikan apabila perangkat mengalami kerusakan. Hal tersebut mendorong kesetiaan pengguna pada pembelian untuk rilisan dan teknologi baru dari brand yang sama.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi

Status garansi berhubungan dengan ketersediaan layanan yang dapat Anda gunakan. Sebab pada batasan tertentu Anda tidak bisa melakukan klaim. Salah satunya terkait masa berlaku dan persyaratan purna jual lainnya. Jadi Anda akan membutuhkan detail pengecekan terlebih dulu sebelum menghubungi layanan perbaikan resmi untuk klaim garansi.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

Terdapat beberapa cara mudah yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa status dan detail garansi. Adapun beberapa cara tersebut antara lain:

  • Cek online via web resmi;
  • Kemasan HP Xiaomi;
  • Cek via IMEI;
  • Periksa melalui jenis charger;
  • Cek dari nota pembelian.

1. Cek Garansi HP Xiaomi online via Web Resmi

Anda dapat memeriksa ketersediaan layanan garansi dari layanan web resmi Xiaomi. Hal tersebut Anda butuhkan sebab tidak semua layanan perbaikan menerima klaim garansi. Adapun caranya antara lain:

  • Buka komputer atau smartphone Anda;
  • Akses aplikasi browser;
  • Kunjungi halaman https://www.mi.co.id/id/service/repair;
  • Temukan layanan perbaikan resmi terdekat.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Cepat Habis dengan Mudah

2. Cek Garansi Kemasan HP Xiaomi

Anda juga dapat memeriksa detail garansi pada kemasan perangkat HP Xiaomi. Apabila pada kemasan terdapat logo TAM, maka hal tersebut menandakan perangkat Xiaomi Anda didistribusikan melalui perusahaan tersebut. Dengan begitu, terdapat ketentuan garansi yang dapat Anda pastikan di kontak dan detail layanan TAM.

3. Cek Garansi Xiaomi via IMEI

Alternatif pemeriksaan garansi lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan IMEI. Cek IMEI perangkat Anda di kemasan, badan perangkat, maupun informasi di fitur Pengaturan. Setelahnya, Anda dapat mengunjungi halaman Kementerian Perindustrian untuk memeriksa detail garansi yang tersedia. Adapun beberapa langkahnya antara lain:

  • Cek IMEI perangkat;
  • Catat IMEI HP Xiaomi Anda;
  • Buka browser dari smartphone atau komputer;
  • Akses halaman https://imei.kemenperin.go.id;
  • Masukkan IMEI pada kolom yang tersedia;
  • Apabila IMEI terdaftar, maka Anda memiliki garansi yang dapat diklaim;
  • Selesai.

4. Cek Garansi HP Xiaomi melalui Charger

Saat melakukan klaim garansi, Anda perlu membawa seluruh perangkat dan dokumen pembeliannya. Petugas layanan perbaikan akan memeriksa seluruh detail perangkat Anda. Salah satu ketentu garansi adalah penggunaan charger resmi dari Xiaomi. Jadi, apabila Anda tidak menggunakan perangkat charger resmi, maka otomatis garansi akan gugur dengan sendirinya.

5. Cek Garansi dari Nota Pembelian

Pada nota pembelian resmi, Anda bisa mendapatkan informasi masa berlaku garansi. Informasi tersebut umumnya juga dilengkapi dengan kontak layanan perbaikan resmi yang dapat Anda hubungi dengan mudah. Jadi Anda tidak harus memeriksa layanan perbaikan satu demi satu hanya untuk klaim garansi.

Ketentuan Garansi HP Xiaomi

Sebagai layanan purna jual, tentu perusahaan tidak dapat membagikan garansi secara acak pada tiap pengguna. Hal tersebut harus dilakukan agar perusahaan tidak mengalami salah sasaran, khususnya pada perangkat tidak resmi atau kerusakan yang bukan bagian dari tanggung jawab penjualan. Sehingga terdapat beberapa ketentuan yang mengikat pada garansi.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

Adapun beberapa ketentuan tersebut antara lain:

  • Garansi hanya berlaku pada produk Xiaomi asli dan resmi;
  • Layanan garansi hanya berlaku pada penggunaan normal;
  • Klaim garansi harus mengikuti ketentuan layanan perusahaan;
  • Layanan garansi pada handphone terletak pada perangkat, baterai, pengisi daya, dan aksesoris resmi;
  • Klaim garansi hanya berlaku pada waktu terbatas, adapun rinciannya antara lain:
  • Redmi Note 7 mendapat garansi 18 bulan;
  • Redmi 8 dan 8A mendapat garansi 24 bulan;
  • Redmi 9A dan 9C mendapat garansi 24 bulan;
  • Klaim garansi harus melampirkan bukti pembelian, kartu garansi, IMEI, dan nomor seri perangkat;
  • Garansi pada produk tablet berlaku selama 12 bulan, mencakup biaya perbaikan, suku cadang, dan baterai (hanya enam bulan);
  • Waktu klaim garansi terhitung dari tanggal pembelian;
  • Garansi HP Xiaomi berlaku untuk kerusakan, antara lain:
    a. Kerusakan layar yang tidak memunculkan tampilan normal;
    b. Perangkat tidak dapat dihidupkan;
    c. Perangkat tidak bisa membuat panggilan telepon;
    d. Perangkat tidak bergetar atau berbunyi sesuai pengaturan;
    e. Perangkat mati secara tidak normal;
    f. Koneksi perangkat buruk pada kondisi normal;
    g. Kerusakan tombol;
    h. Suara dan volume tidak normal;
    i. Retakan akibat faktor material dan struktur.
  • Kerusakan pada perangkat charger, baterai, dan kabel data juga mendapat layanan garansi dari Xiaomi.
Baca Juga :  Cara Downgrade MIUI ke Versi Sebelumnya dengan Mudah

Cara Klaim Garansi HP Xiaomi

Layanan garansi dapat Anda gunakan apabila memenuhi sejumlah syarat. Ketentuan tersebut termasuk dokumen pembelian, kartu garansi, dan spesifikasi teknis perangkat Anda. Jadi, pastikan dokumen-dokumen pembelian perangkat Xiaomi selalu Anda simpan dengan baik. Sebab seluruh data tersebut akan sangat berguna di kondisi perangkat mengalami kerusakan.

Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Persiapkan kartu garansi yang masih berlaku;
  • Menyiapkan data perangkat, termasuk
    a. detail model;
    b. nomor seri;
    c. IMEI;
    d. Alamat pemilik; dan
    e. nota pembelian;
  • Datang ke Xiaomi Authorized Service Center terdekat.

Penyebab Garansi HP Xiaomi Tidak Berlaku

Adanya layanan garansi hadir untuk menjaga minat konsumen tetap menggunakan perangkat dari brand Xiaomi. Langkah tersebut dimulai dari layanan perbaikan dan penggantian perangkat. Kebijakan tersebut membuat pengguna tidak beralih ke brand lain saat perangkat mengalami kerusakan. Hal tersebut juga menjaga kepercayaan konsumen pada pembelian baru di masa depan.

Namun tentu perusahaan Xiaomi memiliki batasan kebijakan atas berlakunya layanan garansi. Hal tersebut tidak terhindarkan agar hanya perangkat valid dan pelanggan dengan kriteria tertentu yang dapat melakukan klaim garansi. Jadi, terdapat beberapa kondisi yang membuat Anda tidak bisa melakukan klaim garansi seperti ulasan berikut ini.

Garansi Tidak Berlaku Secara Internasional

Layanan garansi yang diberikan oleh Xiaomi hanya berlaku di Indonesia. Hal tersebut membuat kerusakan dan kebutuhan perbaikan yang terjadi di luar wilayah Indonesia tidak dapat Anda klaim. Kebijakan tersebut berkaitan dengan ketentuan tentang penyediaan layanan perbaikan dan penggantian perangkat yang mengikuti aturan negara penjualan.

Setiap perangkat smartphone memiliki IMEI yang tercatat di Kementerian Perindustrian. Pencatatan tersebut membuat perangkat Anda terlindungi dan juga dibatasi oleh serangkaian peraturan tertentu. Hal serupa juga tentu berlaku di negara-negara lain yang memiliki kebijakan berbeda dalam hal pengelolaan perangkat smartphone.

Xiaomi Tidak Memberi Garansi Data

Dalam layanan garansi dari Xiaomi, perusahaan dan layanan yang ditunjuk tidak menjamin ketersediaan data, akun, dan informasi lain yang ada di dalam perangkat. Hal-hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemilik smartphone. Kebijakan tersebut membuat Anda tidak memiliki wewenang untuk meminta ganti rugi atas kehilangan data.

Dalam menyikapi hal tersebut, Anda sebaiknya melakukan pencadangan data dan informasi terlebih dulu ke MI Account atau layanan Google Drive sebelum melakukan klaim garansi. Hal tersebut dapat menjadi langkah yang lebih bijak dan aman untuk kepentingan Anda. Sebab tidak terdapat pihak mana pun yang akan menjamin keamanan data Anda setelah klaim garansi.

Baca Juga :  Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah

Garansi Hanya Berlaku pada Perangkat Resmi

Layanan garansi Xiaomi hanya diberikan pada perangkat yang memiliki model, nomor serial, dan IMEI yang valid. Beberapa klaim garansi juga akan membutuhkan kontak, data pelanggan, hingga faktur pembelian. Hal tersebut tidak lain digunakan untuk memvalidasi kebenaran tentang produk yang Anda gunakan untuk klaim garansi.

Garansi yang dimiliki perangkat Xiaomi Anda tidak akan berlaku apabila nomor seri, IMEI, dan segel garansi hilang. Seluruh kondisi tersebut dianggap sama dengan Anda telah melakukan klaim sebelumnya dan tidak lagi memiliki hak garansi. Pastikan Anda tidak merusak catatan nomor seri, IMEI, dan segel garansi tanpa tujuan yang jelas.

Garansi Tidak Berlaku Untuk Produk Selain Perangkat

Layanan garansi hanya terikat pada perangkat utama smartphone Anda. Sehingga beberapa hal di bawah ini tidak termasuk ke dalam item yang terlindungi layanan garansi.

  • Kata sandi dalam perangkatl
  • Update sistem;
  • Aplikasi;
  • Demo produk;
  • Aksesoris.

Berbagai risiko kerusakan akibat perubahan sistem, pemasangan aplikasi, percobaan produk digital, dan pemasangan aksesoris tidak terhubung dengan layanan garansi. Item-item tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab penuh pemilik perangkat. Kebijakan tersebut menjadikan Anda harus selalu berhati-hati dalam menggunakan dan memasang sesuatu pada HP Xiaomi.

Pembatalan Garansi oleh Xiaomi

Perusahaan Xiaomi memiliki wewenang menghilangkan layanan garansi atas perangkat yang Anda miliki. Hal tersebut berlaku pada beberapa kondisi, antara lain:

  • Pelanggaran persyaratan garansi;
  • Pemiliki pernah membatalkan garansi;
  • Masa waktu garansi berakhir; dlsb.

Persyaratan garansi juga mengatur bahwa Anda akan kehilangan layanan tersebut apabila kondisi kerusakan terjadi akibat beberap hal, antara lain:

  • Terkena air;
  • Kegagalan perbaikan mandiri;
  • Kesalahan pemakaian; dan
  • Penggantian komponen di luar layanan resmi.

Yak, kira-kira seperti itulah cara cek garansi Xiaomi dengan beberapa metode berbeda. Pastikan perangkat Xiaomi Anda merupakan produk asli. Sehingga Anda terlindungi dengan layanan garansi dari risiko kerusakan, khususnya dalam penggunaan jangka pendek setelah pembelian. Hanya produk asli yang mendapatkan perlindungan garansi dari layanan Xiaomi.

Pastikan juga Anda menyimpan dokumen pembelian dengan rapi. Sebab seluruh dokumen transaksi menjadi lampiran yang Anda butuhkan saat klaim garansi. Hindari penggunaan atau proses perbaikan mandiri yang dapat merusak nomor seri, IMEI, dan detail model perangkat. Hal-hal tersebut dapat membatalkan garansi secara otomatis.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Cek IMEI HP Xiaomi dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar