close

Cara Cek Layar atau Touchscreen HP Xiaomi Normal atau Rusak

Cara Cek Layar atau Touchscreen HP Xiaomi Normal atau Rusak – HP Xiaomi Anda mengalami kendala respon di touchscreen? Kalau ya, jangan terlalu terburu-buru ganti layar. Bisa jadi layar HP Xiaomi Anda tidak sepenuhnya rusak, tetapi mengalami kendala lain. Langsung mengganti layar dengan perangkat baru tentu tidak murah. Jadi pastikan dulu kalau Anda memang benar-benar membutuhkannya.

Pastinya Anda akan menyesal telah mengeluarkan biaya yang cukup serius apabila ternyata kendala tidak terletak pada touchscreen HP Xiaomi. Bahkan lebih parahnya kendala respon touchscreen Anda bisa saja masih bertahan setelah mengganti layar. Hal tersebut tentu akan sangat mengesalkan dan membuat Anda merasa rugi besar.

Cara Cek Layar atau Touchscreen HP Xiaomi Normal atau Rusak
Cara Cek Layar atau Touchscreen HP Xiaomi Normal atau Rusak

Tentang Kondisi Layar HP Xiaomi

Seperti mayoritas smartphone di era terkini, HP Xiaomi menggunakan metode input utama pada layar melalui perangkat touchscreen-nya. Metode input lawas dengan papan tombol (keypad) sudah tidak lagi menjadi pilihan. Hal tersebut disebabkan faktor desain dan penggunaan yang lebih efisien. Sehingga nyaris tidak ada lagi smartphone yang menerapkan keypad sebagai metode input.

Hal tersebut membuat layar smartphone saat ini menjadi bagian yang paling banyak menerima input dan memproses perintah. Dengan begitu, sangat wajar apabila terdapat risiko-risiko gangguan dan kerusakan yang lebih tinggi pada touchscreen. Namun kendala yang terjadi tidak berarti touchscreen HP Xiaomi Anda rusak permanen. Beberapa kendala juga dapat menimbulkan efek yang serupa.

Cara Mengecek Layar HP Xiaomi

Terdapat dua alternatif umum yang dapat Anda lakukan dalam memeriksa kondisi layar smartphone Xiaomi. Kedua opsi tersebut adalah pemeriksaan secara manual dengan mata telanjang dan pengecekan dengan memanfaatkan aplikasi. Kedua pemeriksaan dapat Anda lakukan dengan mudah dan singkat sesuai dengan kebutuhan.

Pemeriksaan manual yang mengedepankan pengamatan pada bagian luar dan fisik perangkat. Opsi ini dapat Anda lakukan secara mandiri tanpa alat bantu. Sementara pengecekan dengan aplikasi akan memanfaatkan deteksi sistem internal. Tujuannya adalah memastikan potensi kerusakan yang terjadi pada sistem dan hardware HP Xiaomi Anda.

Cara Cek Layar atau Touchscreen HP Xiaomi Normal atau Rusak
Cara Cek Layar atau Touchscreen HP Xiaomi Normal atau Rusak

1. Pengecekan Secara Manual

Pada pemeriksaan secara manual, Anda dapat memperhatikan bagian fisik perangkat tanpa alat bantu. Hal tersebut berhubungan dengan kebersihan, noda, retakan, dan bagian yang pecah pada layar smartphone. Selain itu, Anda juga dapat menguji respon dari touchscreen dalam menerima input sentuhan.

Adapun beberapa elemen pemeriksaan yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Kebersihan layar;
  • Bagian yang retak atau pecah;
  • Terpasangnya layar HP sesuai dengan tempatnya;
  • Posisi layar kokoh dan tidak longgar;
  • Respon terhadap input sentuhan;
  • Adanya bagian death pixels.
Baca Juga :  Cara Login Instagram Web di PC/Laptop dengan Mudah

2. Cek dari Kode Dial

Xiaomi memiliki beberapa kode dial yang terhubung dengan fungsi khusus. Salah satu kode dial tersebut adalah untuk memeriksa kinerja perangkat. Adapun beberapa langkah pemeriksaan kondisi layar dengan kode dial adalah dengan mengikuti panduan berikut ini.

  • Nyalakan HP Xiaomi Anda;
  • Buka menu “Telepon”;
  • Ketikkan nomor “*#*#64663#*#*”;
  • Lakukan panggilan;
  • Tunggu menu pemeriksaan keluar.

Pada menu yang muncul, tekan opsi nomor empat “Touch Sensor” untuk melakukan pengujian pada kinerja sensor layar sentuh Anda. Dengan fitur tersebut, Anda akan memberi sentuhan pada bagian-bagian yang ditentukan. Apabila semua bagian merespon dengan baik, maka layar Anda dalam keadaan normal.

Pengujian juga dapat Anda lakukan dengan memilih opsi “Display” pada nomor kelima. Opsi tersebut akan menguji performa tampilan dari kinerja sistem. Anda akan mendapatkan status dan hasil pengujian secara otomatis beberapa saat setelah menu dipilih. Setelah pemeriksaan selesai, Anda akan mendapatkan informasi bagian sistem yang mengalami gangguan dan langkah perbaikannya.

3. Cek dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dua metode di atas, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi yang berkembang di layanan Play Store. Berbagai aplikasi berikut ini dapat Anda unduh secara gratis dan tanpa persyaratan yang rumit. Masing-masing aplikasi memiliki tujuan pengujian dan prioritas pemeriksaan yang berbeda. Sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi layar masing-masing.

Karena metode ini menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, maka Anda juga perlu memperhatikan aspek sumber dan performa lain. Pastikan Anda hanya memasang aplikasi dari sumber yang terpercaya. Tujuannya agar Anda terhindari dari virus smartphone yang dapat menimbulkan risiko kerusakan. Selain itu, hapus kembali aplikasi apabila proses pengujian telah selesai.

-Touchscreen Test

Touchscreen Test merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memeriksa fungsi layar sentuh di HP Xiaomi Anda. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis melalui layanan Play Store tanpa persyaratan khusus. Proses pemasangan hanya akan berlangsung beberapa detik dan aplikasi akan siap Anda gunakan.

Setelah proses instalasi, Anda dapat langsung menjalankan aplikasi dan menemukan tampilan menu utama untuk kebutuhan pengujian. Adapun beberapa prosesnya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Touchscreen Test;
  • Tekan pada tombol “Start Test”;
  • Tunggu proses berjalan;
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Mode Hilang DM Instagram dengan Mudah

Anda akan mendapatkan kumpulan titik hijau yang menandakan bagian tersebut dapat digunakan dengan normal. Bagian yang berwarna putih menandakan area yang dimaksud tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat disebabkan oleh pengaturan pabrik yang tidak mengoptimalkan sudut-sudut tertentu pada layar untuk dapat Anda gunakan atau adanya potensi kerusakan.

-Display Tester

Berbeda dengan aplikasi pertama, Display Tester tidak dikembangkan untuk menguji respon sentuhan pada layar. Aplikasi ini berkembang untuk pengujian tampilan dan kualitas layar. Di dalamnya Anda dapat menemukan beberapa fitur pengujian untuk mengukur ketajaman warna, sudut pandangan layar, tampilan noise pada video, dan berbagai situasi tampilan lain.

Opsi ini sangat menarik bagi Anda yang mengedepankan kualitas tampilan pada perangkat smartphone. Fitur pengujian ini akan Anda butuhkan pada keperluan permainan game dengan tingkat tampilan yang detail. Selain itu, Anda juga akan membutuhkannya untuk keperluan desain dan proses video editing dengan perangkat smartphone.

-Multi Touch Test

Aplikasi MultiTouch Test merupakan layanan yang berkembang untuk menguji respon layar pada input beberapa sentuhan sekaligus. Fitur multi-touch merupakan dukungan yang berkembang pada banyak model smartphone terbaru, termasuk Xiaomi. Dengan fitur ini, Anda bisa memberikan beberapa input sekaligus dalam satu waktu. Fungsi ini secara khusus sangat bermanfaat dalam permainan video game.

Anda dapat menggunakan layanan MultiTouch Test secara gratis dengan mengunduh dan menginstalnya dari Play Store. Proses lanjutan untuk memeriksa respon multi-touch layar Anda adalah:

  • Buka aplikasi “MultiTouch Test”;
  • Tunggu layar utama terbuka;
  • Tekan pada opsi “Touch the screen”;
  • Lakukan sentuhan pada bagian layar yang memiliki objek dalam pengujian;
  • Tekan beberapa objek tersebut secara bersamaan;
  • Tunggu hasil analisa diproses oleh aplikasi;
  • Selesai.

Anda akan mendapatkan hasil analisa tentang batasan jumlah sentuhan yang bisa Anda lakukan di perangkat Xiaomi. Beberapa perangkat Xiaomi mendukung hingga lima sentuhan sekaligus. Aplikasi ini juga akan menginformasikan beberapa gestur yang didukung oleh HP Xiaomi Anda. Sehingga terdapat beberapa fungsi khusus yang dapat Anda akses dengan gestur jari.

-Dead Pixels Test and Fix

Aplikasi Dead Pixels Test and Fix merupakan layanan dengan fungsi pengujian layar yang berbeda lagi. Layanan Dead Pixels Test and Fix memberikan informasi bagian-bagian layar yang mengalami kerusakan. Bagian yang mengalami kerusakan tersebut akan gagal menampilkan proses yang seharusnya keluar pada layar (dead pixels).

Baca Juga :  Cara Agar Postingan Instagram (IG) Tidak Bisa Dilihat Oleh Orang yang Belum Follow

Anda dapat mengunduh aplikasi Dead Pixels Test and Fix dari layanan Play Store secara gratis. Adapun langkah lanjutan yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Buka aplikasi “Dead Pixels Test and Fix”;
  • Pilih opsi pengujian otomatis;
  • Tunggu beberapa saat;
  • Anda akan mendapatkan hasil analisa.

Ciri-ciri Layar Rusak atau Touchscreen Rusak

Selain faktor benturan, umumnya gangguan performa dan fungsi pada layar smartphone tidak terjadi secara tiba-tiba. Beberapa kendala terjadi secara perlahan, seperti pada kondisi bagian layar tidak merespon saat Anda memberikan input. Sehingga Anda perlu mengetahui beberapa indikasi layar rusak untuk menghindari potensi kerusakan lebih parah.

Cara Cek Layar atau Touchscreen HP Xiaomi Normal atau Rusak
Ciri-ciri Layar HP Rusak

Beberapa indikasi layar perangkat smartphone Anda mengalami kerusakan antara lain:

  • Terdapat retakan atau bagian pecah;
  • Layar berubah warna (hijau atau hitam);
  • Bagian layar terasa longgar;
  • Layar tidak sensitif;
  • Terdapat bagian yang tidak merespon saat disentuh.

Tips Menjaga Layar atau Touchescreen agar Tetap Awet

Dengan perawatan yang tepat, layar perangkat Anda akan memiliki masa penggunaan yang cukup panjang. Umumnya layar HP Xiaomi baru dapat bertahan antara 4-7 tahun pemakaian. Namun durasi tersebut hanya dapat tercapai apabila Anda rajin merawat perangkat. Sebaliknya, smartphone yang tidak terawat baik juga akan lebih cepat rusak dan membutuhkan bantuan perbaikan rutin.

Adapun beberapa tips untuk menjaga performa layar tetap awet adalah dengan melakukan hal berikut ini.

  • Membersihkan layar secara berkala;
  • Memasang antigores;
  • Jauhkan dari benda tajam dan kasar;
  • Jangan sentuh dengan kuku;
  • Hindari paparan panas terlalu lama.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk memeriksa kondisi layar perangkat Xiaomi Anda. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk memastikan kondisi perangkat Xiaomi Anda. Apabila terjadi kendala yang cukup besar, Anda dapat menghubungi layanan perbaikan terpercaya untuk mendapatkan bantuan yang sesuai.

Beberapa tips juga dapat Anda terapkan untuk menjaga performa dan usia layar perangkat tetap awet. Sehingga Anda tidak harus mengeluarkan biaya terlalu sering untuk mengganti atau memperbaiki bagian layar HP Xiaomi. Langkah-langkah perawatannya juga cenderung mudah dan hanya menekankan keteraturan dalam penggunaan perangkat.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar