close

Cara Cek Struktur Data (Schema Markup) Blog Agar Lebih SEO

Cara cek struktur data (schema markup) Blog agar lebih seo – Sebagai seorang blogger, dalam memilih sebuah template tentu kita harus memperhatikan beberapa hal, Yaitu : kecepatan loading template, mobile friendly template dan struktur data template tersebut. Menurut MOZ, ketiga hal tersebut adalah salah satu penentu ranking google dan teknik seo paling dasar sebuah blog. Agar bisa lebih mudah memenangkah ranking di google, paling tidak harus memenuhi ketiga faktor tersebut.

Sebelumnya, kita telah membahas tentang kecepatan loading sebuah blog, mengecek apakah template tersebut mobile friendly, pada kesempatan kali ini saya akan membahas faktor yang ketiga. Yaitu : struktur data (schema markup) sebuah template.

Baca Juga :  Cara Submit Artikel ke Google Webmaster Tools (Search Console)
Cara Cek Struktur Data (Schema Markup) Blog Agar Lebih SEO
Cara Cek Struktur Data (Schema Markup) Blog Agar Lebih SEO

Apa itu struktur data (schema markup)?

Struktur data (schema markup) adalah sebuah kode yang disisipkan kedalam template blog yang bertujuan agar search engine lebih mudah dalam memahami kandungan setiap text yang ada dihalaman blog. Blog yang baik adalah blog yang memiliki struktur data yang baik pula, dalam artian blog tersebut tidak memiliki error pada schema markup nya dan menggunakan schema markup yang tepat.

Bagaimana cara mengecek struktur data (schema markup) sebuah blog?

Sebenarnya cara untuk mengecek schema markup sebuah blog sangat gampang. Karena google sudah menyediakan tools untuk mengecek schema markup blog kita. Tools tersebut dapat kita gunakan untuk mengecek struktur data (schema markup) blog kita. Tentu saja kita dapat menggunakannya secara gratis. Bagaimana cara mengecek struktur data blog kita? Simak caranya dibawah ini :

Baca Juga :  Cara Membuat Artikel Blog Tidak Bisa Dicopy Paste Kecuali Bagian Tertentu

1. Pertama, kalian cukup buka tools cek struktur data (schema markup)
2. Setelah itu kalian masukkan url blog anda. Jika sudah klik jalankan pengujian.

Cara Cek Struktur Data (Schema Markup) Blog Agar Lebih SEO
Masukkan url blog, dan klik jalankan pengujian

3. Silahkan tunggu beberapa saat. Setelah selesai, maka hasil pengujian akan keluar.

Cara Cek Struktur Data (Schema Markup) Blog Agar Lebih SEO
Hasil pengujian

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengecek struktur data (schema mark up) blog. Sebuah blog dapat dikatakan memiliki struktur data yang baik apabila tidak terdapat error dan tidak ada peringatan di hasil pengecekan struktur data. Struktur data memiliki peran yang sangat penting bagi SEO sebuah blog. Oleh karena itu, gunakanlah template yang memiliki struktur data yang baik.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Jumlah Postingan Artikel Blog Orang Lain

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai blogger lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara menghapus blog di blogger secara permanen. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

12 pemikiran pada “Cara Cek Struktur Data (Schema Markup) Blog Agar Lebih SEO”

Tinggalkan komentar