close

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS (Bank dan E-wallet)

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet – Zaman dulu pembayaran memang menggunakan uang tunai yang harus kita bawa di dompet. Namun, dengan semakin modern zaman maka semakin banyak alternatif metode pembayaran yang dapat Anda lakukan. Salah satunya cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS (bank dan e-wallet) di mana metode satu ini cukup populer. Saking populernya banyak yang menggunakan QRIS terutama di kalangan anak muda yang melek akan teknologi.

Akan tetapi masih banyak yang tidak tahu akan teknologi pembayaran digital bernama QRIS ini. Padahal jika ditilik lebih lanjut, ada beragam kelebihan atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memakainya. Agar tidak semakin ketinggalan zaman, sebaiknya Anda juga mengetahui seluk beluk QRIS yang mana sangat berguna baik bagi konsumen atau bagi pelaku bisnis.

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet
Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet

Pengertian Teknologi Pembayaran Digital QRIS

QRIS teknologi pembayaran digital yang memakai kode QR. Informasi dari laman resmi Bank Indonesia, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) bisa dibilang merupakan penyatuan dari berbagai macam QR Code yang berasal dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran alias PJSP. Sementara menurut informasi dari laman resmi QRIS, ini adalah metode pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan juga Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

QRIS dikembangkan dengan tujuan supaya proses transaksi yang berlangsung dengan QR Code bisa terjamin keamanannya. Ketika transaksi menggunakan QRIS, maka Anda juga akan ditetapkan batasan per hari. Ada yang menyebut bahwa batas transaksi paling banyak apabila menggunakan metode ini adalah 10 juta per transaksi. Jadi, apabila melebihi dari itu maka transaksi pun tidak akan bisa dilakukan lagi.

Kelebihan Bayar Menggunakan QRIS

Saat menggunakan aplikasi pembayaran digital, tentu saja hal yang paling dicari ialah kelebihannya. Semua pengembang aplikasi akan menyelipkan kelebihan-kelebihan supaya masyarakat tertarik untuk memakai aplikasi tersebut. Sama halnya dengan QRIS yang juga punya kelebihan tersendiri di mana itu akan menguntungkan Anda sebagai konsumen maupun pelaku bisnis. Lantas kiranya apa saja kelebihan yang bisa didapat dengan memakai QRIS?

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet
Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet
  • Lebih mudah, dalam artian Anda hanya memerlukan perangkat smartphone dan koneksi internet untuk membayar segalanya.
  • Cepat, karena saat memakai QRIS Anda hanya perlu melakukan scan kode QR dan tak perlu menunggu lama untuk uang kembalian.
  • Terjamin keamanannya, sebab seluruh data dan riwayat transaksi bisa diakses kapan saja dengan mudah.
  • Satu kode QR untuk semuanya, sehingga Anda tak perlu repot download banyak aplikasi untuk melakukan pembayaran di manapun.

Cara Bayar Menggunakan QRIS

Setelah tahu berbagai kelebihan QRIS, mungkin Anda penasaran ingin mencoba teknologi pembayaran digital satu ini bukan? Untuk mencobanya, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu dan melakukan verifikasi. Baru saat sudah berhasil, Anda bisa memakai QRIS untuk melakukan pembayaran di manapun baik dari bank dan e-wallet. Dari e-wallet sendiri tersedia berbagai macam pilihan seperti OVO, Go-Pay, LinkAja, DANA dan Shopeepay.

Baca Juga :  Cara Daftar QRIS untuk Pebisnis atau Pedagang dengan Mudah

Cara Bayar QRIS Menggunakan Bank

Di Indonesia ada banyak sekali bank yang bisa Anda andalkan untuk metode pembayaran. Mulai dari bank BRI, BNI, Mandiri BCA dan lain sebagainya. Hampir semua bank kini juga menyediakan aplikasi khusus untuk melakukan transaksi. Dengan aplikasi mobile banking yang terpasang di ponsel, segala transaksi jadi jauh lebih mudah entah itu untuk belanja, transfer, mengecek mutasi dan macam-macam lainnya.

Jika Anda salah satu nasabah dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, hingga BTN, berbelanja dengan QRIS jadi jauh lebih gampang. Namun, Anda harus tahu dulu bagaimana cara melakukannya. Agar lebih mudah dipahami, ada sedikit tutorial yang bisa Anda jadikan panduan saat akan membayar pakai QRIS lewat bank yang telah disebutkan di atas.

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet
Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet

1. Bank Mandiri

Sebagai salah satu bank besar di Indonesia yang banyak digunakan oleh masyarakat, Bank Mandiri selalu berusaha inovatif dan tidak ketinggalan zaman. Sehingga dengan begitu dihadirkanlah pembayaran menggunakan metode QR code dari QRIS yang dapat Anda coba melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Adapun ini dia tutorial lengkapnya agar Anda bisa mengikuti dengan mudah.

  • Buka aplikasi Livin’ by Mandiri yang ada di ponsel Anda
  • Login terlebih dahulu.
  • Pilih menu Scan QR.
  • Input nominal pembayaran sesuai dengan tagihan Anda.
  • Konfirmasi transaksi apabila sudah benar dan silakan masukkan pin Anda kemudian selesai.

2. Bank BRI

Bank lainnya yang juga menjadi andalan masyarakat luas adalah BRI. Di mana bank satu ini memang mempunyai sejumlah kelebihan seperti misalnya biaya setoran terjangkau, variasi tabungan yang beragam dan banyak lagi lainnya. Bank BRI juga menyediakan aplikasi mobile banking untuk mempermudah transaksi Anda di mana saja kapan saja. Aplikasi tersebut bernama BRImo dan berikut tutorial bayar Menggunakan QRIS lewat BRImo.

  • Buka apk BRImo dan login dengan memasukkan ID serta password.
  • Scan QR code dengan cara klik ikon QRIS terlebih dahulu.
  • Jika nama merchant sudah benar, maka pilih Sumber Dana yang akan membayar tagihan Anda lalu tekan OK.
  • Setelah mengecek detail pembayaran dengan benar, klik Bayar setelah itu masukkan pin aplikasi BRImo Anda.

3. Bank BCA

Jajan atau belanja apa saja jadi lebih mudah dengan transaksi menggunakan QRIS bank BCA. Sama seperti bank lain, BCA juga menyediakan aplikasi khusus untuk aktivitas banking Anda yang bernama BCA Mobile. Setelah memiliki akun di BCA Mobile dan bisa menikmati fitur-fiturnya, berikut ini Anda bisa mencoba fitur pembayaran menggunakan QRIS. Mari simak!

  • Buka aplikasi BCA Mobile dan login.
  • Pilih fitur QRIS yang berada di bagian bawah tengah.
  • Lalu scan kode QR yang ada di merchant tempat Anda belanja.
  • Cek dulu nama penerima kemudian masukkan nominal tagihan.
  • Selanjutnya masukkan pin BCA Mobile Anda dan selesai. Tagihan pun sudah terbayarkan secara otomatis.
Baca Juga :  Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat ShopeePay dengan Mudah

4. Bank BNI

Sebagai nasabah dari bank BNI, Anda juga tidak boleh ketinggalan zaman dan pastikan selalu update dengan teknologi terbaru. Gunakan metode bayar pakai QRIS yang ada di aplikasi BNI Mobile Banking untuk mempermudah segala transaksi finansial Anda. Setelah terdaftar dan memiliki akun di BNI Mobile Banking, maka Anda bisa mencoba QRIS dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

  • Login BNI Mobile Banking dulu.
  • Di halaman utama, klik saja tombol QR yang sudah tersedia.
  • Jangan lupa pilih rekening debit Anda dan masukkan password.
  • Klik opsi tampilkan QRIS dan arahkan ke QR Reader yang ada di merchant tersebut.
  • Setelah ada notifikasi ‘Transaksi Berhasil’ itu artinya Anda sudah melakukan caranya dengan benar.

5. Bank BTN

Bank BTN juga tak mau kalah dan turut menyediakan metode pembayaran menggunakan QRIS. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa transaksi dengan QRIS melalui bank BTN juga ada limitnya. Adapun untuk limitnya kurang lebih berada di angka 2 jutaan. Jadi, Anda harus memperhatikan betul berapa nominal transaksi yang sudah Anda keluarkan per hari.

  • Login BTN Mobile dan pilih ikon QRIS.
  • Scan kode QR serta jangan lupa untuk mengecek nama merchant apakah sudah benar atau tidak.
  • Anda bisa mengisikan nominal pembayaran terlebih dahulu, tapi jika nominal sudah muncul otomatis maka masukkan pin BTN
  • Mobile Banking Anda segera.
  • Jika muncul notifikasi scan QRIS berhasil, maka saldo akan otomatis terpotong.

Cara Bayar QRIS Pakai E-wallet

Pada era serba modern saat ini siapa yang kiranya tidak menggunakan e-wallet? Hampir semua masyarakat menggunakan layanan dompet digital untuk menyimpan uang mereka daripada mengantongi uang cash ke mana-mana. Membayar pakai QRIS dengan melalui e-wallet juga sangat mudah. Akan dibahas secara singkat tentang pembayaran QRIS dengan beberapa e-wallet di bawah ini.

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet
Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS Untuk Semua Bank dan E-wallet

1. Gopay

Gopay salah satu e-wallet yang banyak digunakan oleh generasi sekarang. Karena dengan Gopay Anda bisa melakukan segalanya seperti membeli makanan hingga mencari hiburan. Metode bayar pakai QRIS lewat Gopay bisa dijadikan salah satu alternatif apabila Anda ingin cepat dan praktis. Adapun agar tak bingung mari simak tutorial singkatnya di bawah ini.

  • Buka apk Gojek Anda lalu klik saja menu Bayar.
  • Scan QR code yang sudah tersedia di kasir atau merchant tempat Anda belanja.
  • Teliti lagi nominal pembayaran yang muncul dan masukkan pin Gopay Anda.
  • Transaksi pun selesai dengan cepat dan tanpa repot sama sekali.

2. OVO

OVO juga termasuk salah satu layanan dompet digital yang saat ini tengah populer di kalangan anak muda. Karena aplikasi satu ini menyediakan berbagai macam penawaran menarik sehingga membuat penasaran dan ingin mengunduhnya untuk menikmati ragam penawaran tersebut. Anda bisa memakai QRIS melalui aplikasi OVO, tentunya dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Setelah berada di kasir, buka aplikasi OVO Anda.
  • Klik menu Scan QR yang ada di apk tersebut.
  • Scan code QR yang ada di kasir.
  • Jika muncul notifikasi pembayaran berhasil, maka Anda tinggal menunggu struk bukti pembayaran saja.
Baca Juga :  Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah

3. DANA

Layanan dompet digital lainnya yang menjadi andalan tak lain adalah DANA. Menggunakan DANA sebagai pilihan aplikasi pembayaran tentu saja bukan tanpa alasan. Sebab, aplikasi ini juga sama seperti OVO yang menyediakan banyak penawaran dan fitur-fitur menarik serta promo menggiurkan. Sehingga membayar apa saja mulai dari tagihan listrik hingga berbelanja online jadi semakin mudah.

  • Login ke aplikasi DANA.
  • Klik opsi Scan/Pay yang ada di halaman utama.
  • Langsung scan kode QR yang ada pada merchant tempat Anda berbelanja.
  • Jika pembayaran sudah berhasil, maka saldo Anda pun akan berkurang sesuai dengan nominal tagihan belanja.

4. Shopeepay

Shopee juga menyediakan layanan Shopeepay kepada para pengguna. Tentunya layanan tersebut bisa Anda pakai untuk membayar barang belanjaan dan transaksi apapun. Nah, tentunya cara yang digunakan pun sangat mudah. Jika Anda salah satu pengguna Shopeepay, Anda bisa mencoba tutorial di bawah ini agar bisa membayar segala kebutuhan tanpa perlu ribet lagi. Mari simak cara lengkapnya!

  • Buka aplikasi Shopee dan klik menu Shopeepay.
  • Di profil Shopeepay Anda, silakan klik Kode Bayar dan ganti dengan QRIS.
  • Lalu tunjukkan ke kasir agar QR Code bisa segera di scan.
  • Nah, apabila ada pemberitahuan pembayaran berhasil, maka otomatis saldo Anda akan berkurang.

5. LinkAja

Sebagai layanan dompet digital yang sudah sangat terkenal, LinkAja sampai saat ini masih jadi alternatif bagi sebagian besar masyarakat. Jika Anda mempunyai aplikasi LinkAja dan ingin melakukan pembayaran pakai QRIS maka tak perlu khawatir ribet. Karena memang metode bayar pakai QRIS lewat LinkAja sangat mudah, cepat serta dipastikan aman. Berikut ada beberapa langkah pembayaran pakai QRIS melalui aplikasi LinkAja.

  • Buka aplikasi LinkAja.
  • Klik opsi ‘Pilih Bayar’ kemudian lanjut scan kode QR yang sudah tersedia di merchant.
  • Masukkan nominal transaksi kemudian masukkan pin LinkAja.
  • Jika sudah ada notifikasi transaksi berhasil, maka saldo Anda terpotong dengan sendirinya.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk melakukan pembayaran QRIS melalui Bank dan E-Wallet. Adanya kode QRIS ini memang sangat memudakan kita dalam melakukan transaksi, pasalnya hanya dengan 1 kode saja, kita bisa melakukan pembayaran melalui semua bank dan e-wallet.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang QRIS lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara daftar QRIS untuk pebisnis dan pedagang. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Teirmakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar