close

Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps

Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps – Hallo sobat koplo, Google Maps merupakan aplikasi peta online yang dikembangkan oleh Google yang sering digunakan orang untuk memudahkan mereka dalam mengetahui lokasi suatu tempat. Cakupan wilayah dari Google Maps sangatlah luas, bahkan hampir seluruh wilayah di dunia sudah dimuat di Google Maps.

Selain menampilan maps dari wilayah diseluruh dunia, ternyata Google Maps juga dapat anda gunakan untuk mencari rute untuk menuju suatu tempat. Misalnya rute dari Jakarta ke Surabaya. Google Maps akan memberikan beberapa opsi rute yang dapat anda gunakan disertai dengan estimasi waktu dan kondisi kemacetan jalan. Karena itulah Google Maps menjadi populer dikalangan masyarakat.

Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps
Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps

Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps

Dalam sebuah peta, baik peta offline atau peta online seperti Google Maps, Titik koordinat merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Titik koordinat menjadi sebuah komponen yang cukup penting bagi suatu peta. Titik koordinat merupakan kedudukan suatu titik tertentu pada peta di mana titik tersebut mempertemukan garis vertikal dan garis horizontal pada suatu peta.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Terdapat beberapa contoh koordinat yang dipakai di Google Maps, Koordinat tersebut yaitu :

  • Derajat desimal (DD) : 41.40338, 2.17403
  • Derajat, menit, dan detik (DMS) : 41°24’12.2″N 2°10’26.5″E
  • Derajat dan menit desimal (DMM) : 41 24.2028, 2 10.4418

Ketika sebuah koordinat dimasukkan ke kolom pencarian Google Maps, maka Google Maps akan menunjukkan lokasi dari Koordinas tersebut. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara untuk melihat koordinas dari suatu tempat di Google Maps?

Jika anda adalah pengguna dari Google Maps, anda harus mengetahui bagaimana cara untuk melihat koordinat dari suatu tempat di Google Maps. Dengan mengetahui koordinat, anda dapat mudah membagikan lokasi anda kepada orang lain. Dan dapat dipastikan bahwa lokasi yang anda bagikan akan 99% akurat.

Baca Juga :  Cara Atur Rute Google Maps Tanpa Lewat Jalan Tol

Akan tetapi, jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk mengetahui koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk melihatnya. Silahkan ikuti tutorial saya berikut ini :

1. Pertama, silahkan buka aplikasi Google Maps di HP anda
2. Setelah itu, silahkan anda tentukan lokasi yang ingin anda lihat koordinatnya. (Pilih lokasi yang belum ditandai). Setelah itu akan muncul tanda pin berwarna merah.

Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps
Pin di lokasi yang belum di tandai

3. Silahkan anda klik pada kolom pencarian, kemudian pilih buka koordinat yang sudah tertulis secara otomatis dikolom pencarian tersebut.

Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps
Buka titik koordinat

4. Setelah itu akan dimunculkan koordinat DD, DMS, dan DMM dari lokasi yang anda inginkan.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Akurasi Lokasi GPS Menjadi Tinggi, 100% Akurat
Cara Melihat Koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps
Koordinat berhasil dilihat

5. Selamat, anda sudah berhasil melihat titik koordinat di Google Maps.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk melihat titik koordinat DD, DMS, dan DMM di Google Maps. Titik koordinat merupakan komponen penting dalam suatu peta. Titik koordinat di peta merepresentasikan suatu lokasi di peta. Dengan adanya titik koordinat, anda dapat membagikan suatu lokasi dengan akurat.

Jika anda tertarik dengan artikel mengenai Google Maps lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengetahui jalan macet atau tidak melalui Google Maps. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar