close

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah – Hallo sobat koplo, RAM merupakan komponen utama smartphone, termasuk HP Xiaomi. Modul RAM terlibat di semua aktivitas smartphone. Meski begitu, RAM juga merupakan sumber daya terbatas yang harus Anda atur penggunaannya. Oleh sebab itu, cara membersihkan RAM HP Xiaomi penuh dengan mudah harus Anda ketahui.

Tujuannya tentu agar selalu tersedia porsi memori untuk berbagai kebutuhan smartphone. Dengan begitu, seluruh fungsi smartphone dapat berjalan dengan maksimal. Hal tersebut berlaku pada sistem dasar smartphone Anda dan kebutuhan menjalankan berbagai aplikasi di HP Xiaomi. Modul RAM yang dikelola dengan baik menghasilkan performa perangkat yang optimal.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah
Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah

Sekilas Tentang RAM di HP Xiaomi

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory pada sebuah perangkat komputasi. Smartphone yang termasuk ke dalam pengembangan perangkat komputasi tentu juga memiliki RAM. Dalam smartphone, modul RAM memiliki fungsi sebagai alat pembaca data di semua proses perangkat. Fungsi tersebut berjalan pada semua proses yang terjadi di smartphone tanpa terkecuali.

Fungsi RAM juga dibutuhkan saat Anda membuka aplikasi atau sebatas melakukan swipe di layar HP Xiaomi. Saat menjalankan berbagai fungsi, sistem smartphone akan menggunakan porsi memori dalam RAM, baik dalam ukuran kecil atau besar sesuai kebutuhan. Setelah sebuah fungsi berjalan, memori RAM akan memiliki ruang kosong untuk memproses aktivitas berikutnya.

Apabila seluruh porsi memori RAM terpakai, maka smartphone tidak dapat memproses input dan aktivitas apapun. Kondisi tersebut akan bertahan sementara waktu sampai urutan proses yang diterima RAM terselesaikan. Sebuah proses baru hanya akan dieksekusi apabila telah tersedia alokasi memori RAM dari pekerjaan yang telah tuntas.

Dari sudut pandang pengguna, antrian proses yang tersendat tersebut akan tampak sebagai lag. Dalam durasi atau antrian yang cukup panjang, Anda akan mengamatinya sebagai hang. Beberapa situasi antrian proses yang terlalu panjang bahkan mengharuskan RAM mengosongkan memori secara paksa dengan prosedur restart otomatis.

Penyebab RAM HP Xiaomi Penuh

Meski menjadi komponen inti, setiap HP Xiaomi dan berbagai smartphone lain akan memiliki alokasi RAM yang terbatas. Walau lebih sering dalam bentuk angka-angka, modul RAM merupakan objek fisik yang dibuat melalui proses manufaktur dan bukan merupakan benda virtual atau imajiner. HP Xiaomi umumnya dilengkapi dengan RAM berkapsitas 1-16 GB di pasaran.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah
Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah

Masing-masing ukuran tersebut menjadi batasan jumlah proses yang dapat berjalan dalam satu waktu. Beberapa hal yang terjadi dalam sistem dan aplikasi dapat menyebabkan alokasi memori tersebut penuh. Adapun beberapa penyebab umum yang terjadi antara lain:

  1. Terlalu banyak aplikasi terpasang;
  2. Banyak membuka aplikasi;
  3. Ukuran aplikasi terlalu besar;
  4. Kapasitas dasar RAM kecil;
  5. Belum membersihkan data sementara;
  6. Terdapat banyak aplikasi di latar belakang.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh

Terdapat sangat beragam cara membersihkan RAM HP Xiaomi penuh dengan mudah yang tersedia untuk Anda lakukan. Beberapa trik di bawah ini dapat Anda kombinasikan untuk mendapatkan hasil lebih baik. Namun sebelumnya tentu Anda sangat disarankan untuk membaca keseluruhan rekomendasi terlebih dulu.

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

Setelah mempelajari seluruh cara membersihkan RAM HP Xiaomi penuh dengan mudah, Anda dapat menyimpulkan kondisi yang paling cocok dan sesuai dengan gambaran perangkat Anda. Lakukan langkah yang lebih mendekati kondisi aktual atau pilih metode yang paling mudah terlebih dulu. Pastikan Anda juga berhati-hati dengan keamanan data pribadi.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah
Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah

1. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Dalam berbagai kondisi, banyak pengguna memasang aplikasi berdasarkan promo dan fitur baru. Namun dalam perkembangannya aplikasi tersebut tidak terlalu sering Anda pakai. Hal tersebut berkaitan dengan seberapa bernilai aplikasi tersebut dalam menunjang kebutuhan Anda. Tetapi beberapa aplikasi tersebut masih berada di dalam sistem perangkat Anda.

Banyaknya aplikasi tersebut menyebabkan adanya penggunaan RAM dalam porsi kecil meski tidak terpakai. Namun dalam jumlah aplikasi yang cukup banyak, gabungan porsi kecil penggunaan tersebut tentu akan jadi kendala serius. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus instalasi aplikasi yang tidak benar-benar bermanfaat.

Adapun beberapa langkah penghapusan aplikasi tersebut antara lain:

  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Tekan opsi “Aplikasi”;
  • Pilih “Kelola Aplikasi”;
  • Tekan menu “Uninstall”;
  • Pilih aplikasi yang tidak terpakai;
  • Tekan kembali “Uninstall”;
  • Konfirmasi proses;
  • Selesai.

2. Tutup Aplikasi Setelah Pemakaian

Menutup dan meminimalkan tampilan aplikasi setelah pemakaian merupakan dua hal yang sangat berbeda. Apabila Anda menekan tombol “Home” atau “Back” setelah menggunakan aplikasi, langkah tersebut hanya akan meminimalkan tampilan. Namun aplikasi akan tetap berjalan di latar belakang meski Anda telah berada di menu utama HP Xiaomi.

Selama kondisi tersebut, aplikasi akan tetap mengkonsumsi memori RAM dalam jumlah yang hampir sama dengan saat Anda beraktivitas di dalamnya. Kondisi tersebut dapat terjadi pada banyak aplikasi dan semakin menghabiskan alokasi RAM Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menutup dengan benar aplikasi yang telah selesai digunakan. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tekan tombol “Recent Apps”;
  • Lakukan swipe-up pada daftar aplikasi;
  • Selesai.

3. Paksa Berhenti Aplikasi di Latar Belakang

Beberapa aplikasi dengan izin tertentu akan tetap berjalan di latar belakang. Hal tersebut tetap terjadi meski Anda telah menutup aplikasi dengan prosedur sebelumnya. Aplikasi dengan rutinitas tersebut umumnya telah mendapat izin akses dan operasi saat proses instalasi awal. Kebijakan tersebut sering Anda temukan pada aplikasi media sosial, perpesanan, game, hingga marketplace.

Pada jenis-jenis aplikasi tersebut, Anda tetap bisa menghentikan proses yang berjalan di latar belakang. Tujuannya tentu agar aktivitas aplikasi tersebut tidak menghabiskan alokasi RAM HP Xiaomi Anda. Adapun tata cara menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah:

  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Gulirkan tampilan menu;
  • Masuk ke opsi “Pengaturan Tambahan”;
  • Buka menu “Opsi Pengembang”;
  • Gulirkan hingga ke bawah;
  • Akses menu “Batas Proses Latar Belakang”;
  • Atur opsi ke “Pembatasan Standar”;
  • Selesai.

4. Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Anda dapat memberi ruang penyimpanan yang lebih lega dan konsumsi RAM yang lebih ringan dengan memindahkan data ke memori eksternal. Beragam tipe HP Xiaomi menggunakan SD Card sebagai opsi memori eksternal. Data di memori eksternal juga umumnya hanya berjalan saat Anda membukanya tanpa aktivitas di latar belakang.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dengan Mudah

Opsi tersebut membuat konsumsi RAM akan sangat menurun apabila Anda memindahkan data dan aplikasi ke memori eksternal. Adapun beberapa langkah untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal antara lain:

  • Masukkan memori eksternal ke dalam HP Xiaomi;
  • Di tombol notifikasi, tekan “Set Up”;
  • Pilih opsi “Phone Storage”;
  • Pada menu lanjutan, tekan “Format SD Card” atau “Erase & Format”;
  • Di menu lanjutan, pilih opsi “Move Content”;
  • Tentukan data yang ingin Anda salin dan ikuti pedoman lanjutan;
  • Selesai.

Beberapa versi HP Xiaomi dan sistem MIUI membatasi pemindahan data dari memori internal ke SD Card. Apabila hal tersebut terjadi, Anda akan membutuhkan akses root. Namun Anda harus mempertimbangkan menjalankan prosedur rooting. Sebab prosedur tersebut akan menghilangkan garansi perangkat secara otomatis.

5. Hapus atau Pindahkan Foto, Video, dan File Menumpuk

Dalam penggunaan jangka panjang, tentu jumlah data yang tersimpan akan semakin banyak. Tumpukan data tersebut juga berpengaruh pada performa RAM perangkat Anda. Sebab RAM harus mendeteksi keberadaan data tersebut hampir setiap waktu meski Anda tidak mengaksesnya sama sekali melalui menu atau aplikasi.

Jadi akan lebih baik apabila Anda mulai menghapus atau memindahkan data-data tersebut ke ruang penyimpanan baru. Anda dapat menyalinnya ke layanan cloud seperti Google Drive, Mi Account, atau DropBox. Selain itu, Anda juga dapat mengamankannya ke komputer atau laptop. Namun apabila benar-benar tidak diperlukan, Anda juga bisa menghapusnya secara permanen.

6. Bersihkan Cache atau File Sampah

Data cache merupakan informasi sementara yang tersimpan untuk memperlancar proses aplikasi. Dengan data cache, sebuah aplikasi dapat melewatkan beberapa prosedur yang tidak perlu diulang dan hanya diperlukan pada kunjungan atau akses pertama. Data tersebut termasuk informasi tipe perangkat, akun, kata sandi, dan berbagai hal lain.

Namun semakin lama pemakaian aplikasi, data tersebut juga akan semakin besar dan menjadi beban tersendiri bagi RAM HP Xiaomi Anda. Untuk itu, Anda perlu secara rutin menghapus cache dan membiarkan aplikasi membuat data baru yang lebih ringan. Adapun tata cara penghapusan cache di HP Xiaomi adalah:

  • Akses aplikasi “Security”;
  • Buka menu “Sampah”;
  • Tunggu proses pemindaian;
  • Pilih data cache yang ingin Anda hapus;
  • Tekan tombol “Clean”;
  • Tunggu proses berjalan;
  • Selesai.

8. Bersihkan Recent Apps

Menu Recent App merupakan daftar singkat yang berisi aplikasi-aplikasi yang baru saja Anda jalankan. Biasanya aplikasi yang terdapat di daftar ini telah Anda minimalkan tampilannya. Namun beberapa prosesnya masih berjalan di tampilan latar belakang. Apabila mengakses kembali aplikasi di daftar ini, Anda akan menuju proses atau aktivitas terakhir yang terekam oleh sistem.

Faktanya, aplikasi dalam daftar ini tetap mengkonsumsi RAM HP Xiaomi Anda. Semakin banyak aplikasi yang berada dalam daftar, maka lebih besar juga konsumsi RAM Anda secara pasif. Oleh karena itu, daftar aplikasi di Recent Apps ini harus dikurangi atau dikosongkan sepenuhnya. Tujuannya tentu agar alokasi RAM Anda lebih optimal.

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah

Anda dapat mengosongkan daftar aplikasi pada Recent Apps secara manual atau tombol penutupan otomatis yang tersedia dari MIUI. Untuk pengelolaan manual, Anda dapat mengikuti panduan berikut.

  • Tekan tombol “Rencent Apps” di sisi kiri modul layar;
  • Gulirkan ke arah luar layar untuk menutup aplikasi secara permanen.

Dengan cara cara membersihkan RAM HP Xiaomi penuh dengan mudah di atas, Anda dapat mengelola daftar secara manual. Bahkan Anda dapat menyisakan aplikasi yang memang masih terpakai dalam durasi pendek. Namun apabila ingin menutup seluruh aplikasi dalam daftar Recent Apps, Anda dapat menekan tombol “Close All” yang tersedia saat mengakses daftar tersebut.

9. Kurangi Pemakaian Widget dan Live Wallpaper

Fitur widget membuat kemudahan akses pada menu dan fungsi smartphone yang cukup baik. Namun keberadaannya mengkonsumsi RAM secara konsisten, sehinggaalokasi memori tidak dapat digunakan untuk proses lain selama widget masih digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi penggunaan widget untuk memberi ruang kosong RAM yang proporsional.

Hal serupa juga terjadi saat Anda menggunakan live wallpaper untuk mempercantik tampilan. Meski terlihat menarik, namun live wallpaper sejatinya tidak memiliki fungsi spesifik. Jadi cara membersihkan RAM HP Xiaomi penuh dengan mudah untuk kondisi ini adalah dengan menggantikan live wallpaper ke gambar statis agar ruang kosong RAM tersedia lebih proporsional.

10. Reset HP Xiaomi

Prosedur reset akan mengembalikan HP Xiaomi Anda ke setelan pabrik. Dengan prosedur ini, Anda akan mendapatkan HP Xiaomi tanpa aplikasi di luar sistem dasar. Hal tersebut juga berlaku pada semua cache dan data tidak terpakai lainnya. Namun Anda juga perlu berhati-hati dengan data-data penting yang perlu terlebih dulu dicadangkan.

Adapun beberapa langkah reset sebagai cara membersihkan RAM HP Xiaomi penuh dengan mudah adalah:

  • Akses menu “Setelan”;
  • Tekan menu “Setelan Tambahan”;
  • Buka opsi “Cadangkan dan Setel Ulang”;
  • Akses menu “Kembalikan ke Setelah Pabrik”;
  • Buka halaman detail;
  • Tekan tombol “Setel Ulang Telepon”;
  • Isikan kata sandi;
  • Konfirmasi pada tombol “Oke”;
  • Tunggu beberapa saat;
  • Selesai.

Yak, kira-kira seperti itulah cara membersihkan RAM HP Xiaomi penuh dengan mudah. Berbagai opsi yang tersedia dapat Anda kombinasikan untuk mendapatkan hasil performa terbaik. Dalam penerapan umum, tidak terdapat risiko kerusakan yang dapat terjadi dari panduan yang terdapat dalam artikel ini.

Namun pastikan Anda selalu berhati-hati dalam operasi yang berkaitan dengan data sistem dan MIUI. Sebab beberapa kesalahan prosedur justru dapat membuat kendala cukup serius pada perangkat Anda. Dalam rutinitasnya, Anda juga sebaiknya mencadangkan data secara berkala agar tidak harus berhadapan dengan risiko kehilangan data.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Connect Wifi. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar