close

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru – Hallo sobat koplo, Google Classroom merupakan layanan yang diberikan oleh Google secara gratis yang berfokus pada sarana pembelajaran. Dengan adanya Google Classroom, sekarang anda dapat melakukan pembelajaran dari jarak jauh (PJJ) dengan mudah. Yang terpenting, anda harus mempunyai koneksi Internet yang memadai. Dengan begitu, anda sudah bisa melakukan pembelajaran kapanpun dan dimanapun.

Google Classroom memang sangat memudahkan para guru dan murid dalam melakukan pembelajaran. Fitur-fitur yang ada di Google Classroom juga sangat lengkap. Anda dapat membuat sebuah kelas, memberikan tugas, menilai tugas, membagikan materi, membuat jadwal, dan lain sebagainya. Dengan Google Classroom, proses pembelajaran jauh jauh menjadi lebih praktis.

Baca Juga :  Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom untuk Guru dan Murid
Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru
Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru

 

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru

Layaknya pembelajaran pada umumnya, agar dapat berinteraksi antara Guru dan Murid, anda harus membuat sebuah kelas terlebih dahulu. Kemudian di Kelas tersebutlah guru dan murid dapat saling berinteraksi. Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk membuat sebuah kelas baru di Google Classroom?

Dalam pembelajaran, setiap guru pasti mengajar beberapa kelas secara bersamaan. Agar pembelajaran tetap teratur, maka diperlukan sebuah kelas untuk saling mengelompokkan jenis mata pelajaran atau ruang kelas masing-masing siswa.

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk membuat kelas di Google Classroom, anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk membuat kelas, terutama bagi para guru. Berikut adalah tutorialnya :

Baca Juga :  Cara Mengatasi Google Classroom Ada Masalah, Periksa Koneksi Internet Anda dan Coba Lagi

1. Pertama, silahkan anda login terlebih dahulu ke dalam akun Google Classroom yang anda miliki
2. Setelah itu, pada halaman pertama Google Classroom silahkan anda tekan Klik Buat Kelas

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru
Klik buat kelas

 

3. Setelah itu, anda akan menerima notifikasi “Menggunakan Classroom di sekolah dengan siswa?” Silahkan anda centang setuju dan klik lanjutkan.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru
Centang dan lanjutkan

 

4. Setelah itu, silahkan anda isi detail dari kelas yang anda buat seperti :

  • Nama Kelas
  • Bagian
  • Mata Pelajaran
  • Ruang

Setelah semua sudah anda isi, silahkan klik Buat

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru
Klik buat

 

5. Selamat, anda sudah berhasil membuat kelas di Google Classroom.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara untuk membuat kelas di Google Classroom. Dengan adanya kelas tersebut, anda sudah dapat berinteraksi dengan murid-murid anda. Anda dapat memberikan sebuah materi, tugas, nilai, pembahasan dan lain sebagainya kepada murid yang berada dikelas tersebut.

Baca Juga :  Cara Bergabung ke Kelas di Google Classroom untuk Siswa

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk membuat kelas di Google Classroom. Sebagai seorang guru, anda harus bisa membuat sebuah kelas di Google Classroom agar anda dapat berinteraksi dengan murid anda.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai Google Classroom lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara membuat akun Google Classroom baik untuk murid maupun untuk guru. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

 

Tinggalkan komentar