close

Cara Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Hadap Kebalakang atau Jalan Mundur dengan Mudah

Cara Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Hadap Kebalakang atau Jalan Mundur dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api memang sangat disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain waktu perjalanan yang relative cepat, jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta juga tepat waktu. Jika itu ada keterlambatan mungkin hanya 5 menit hingga 10 menit. Tidak sampai berjam-jam, kecuali jika ada kendala teknis atau hal tidak terduga lainnya.

Selain itu, harga tiket Kereta Api juga relatif murah. Bahkan perjalanan dari Jogja ke Jakarta terdapat tiket yang harganya 74ribu. Harga segitu tentunya sangat murah sekali. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih menggunakan kereta api daripada alat transportasi lainnya. Pada saat ini pemesanan tiket kereta api juga lebih mudah dikarenakan adanya aplikasi pemesanan tiket yang disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia.

Cara Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Hadap Kebalakang atau Jalan Mundur dengan Mudah
Cara Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Hadap Kebalakang atau Jalan Mundur dengan Mudah

Cara Memilih Kursi Kereta Api di KAI Access Agar Tidak Mundur dengan Mudah

KAI Access merupakan aplikasi pemesanan tiket kereta api yang disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia untuk membantu para penumpang kereta api dalam mendapatkan tiket kereta. Dengan menggunakan aplikasi KAI Access, anda dapat memesan tiket kereta api dimanapun dan kapanpun selagi terdapat koneksi internet. Jadi, anda sudah tidak perlu datang ke stasiun untuk memesan tiket kereta api.

Aplikasi KAI Access memilik banyak sekali fitur yang memudahkan penumpang kereta api Indonesia dalam memesan tiket dan memenuhi kebutuhan perkeretaapian. Fitur-fitur tersebut diantaranya, fitur pemesanan tiket, pembatalan tiket, reschedule tiket, cek ketersediaan kursi, memilih kursi saat pemesanan, KAI pay, dan lain sebagainya. Dengan lengkapnya fitur yang dimiliki, hal tersebut membuat aplikasi KAI Access menjadi pilihan utama penumpang dalam memesan tiket kereta api.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Tidak Bisa Daftar Akun KAI Access dengan Mudah

Jika anda adalah penumpang setia kereta api, pasti anda sudah mengetahui bahwa kereta Api memiliki kursi yang saling berhadapan. Karena kursi ditata berhadapan, hal tersebut memungkinkan anda mendapatkan kursi yang menghadap kebelakang. Artinya, kereta api yang anda tumpangi seolah-olah berjalan mundur. Hal tersebut tentu tidak mengenakan. Jika anda belum terbiasa, mungkin anda akan merasa sedikit pusing.

Apakah anda sudah pernah mengalami mendapatkan kursi yang menghadap ke belakang Ketika naik Kereta Api, pasti anda merasa kurang beruntung pada saat itu. Mengenai hal tersebut, sekarang anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena terdapat beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tidak mendapatkan kursi yang menghadap ke belakang atau mundur.

Sebagai penumpang kereta api, apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk memilih kursi kereta api agar tidak jalan kebelakang atau jalan mundur? Jika anda belum mengetahuinya, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara memillih kursi kereta api agar tidak jalan mundur. Berikut adalah tipsnya :

Cara Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Hadap Kebalakang atau Jalan Mundur dengan Mudah
Cara Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Hadap Kebalakang atau Jalan Mundur dengan Mudah

1. Menggunakan Rumus Ganjil Genap

Sebelum menentukan kursi mana yang ingin anda pilih, anda harus mengetahui terlebih dahulu rute perjalanan kereta api yang ingin anda naiki. Pada dasarnya terdapat 2 rute kereta api, yaitu dari Timur ke Barat dan dari Barat ke Timur.

  • Jika anda ingin pergi ke arah timur, misalnya dari Jakarta ke Surabaya, maka pilihlah kursi dengan nomor ganjil. Misalnya 1, 3, 5, 7, 9, dan seterusnya.
  • Sedangkan, jika anda ingin pergi kea rah barat, misalnya dari Jogjakarta ke Cirebon, maka pilihlah kursi dengan nomor genap. Misalnya 2, 4, 6, 8, 10 dan seterusnya.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error dengan Mudah

Rumums Ganjil Genap ini dapat anda gunakan jika Kereta Api yang anda gunakan kursinya saling berhadapan. Biasanya di Kereta Api kelas ekonomi.

2. Mengikuti rumus Besar-Kecil

Rumus Ganjil-Genap diatas dapat anda gunakan jika kursi Kereta Api yang anda tumpangi saling berhadapan. Lalu bagaimana dengan susunan kursi yang sejajar? BIasanya susunan kursi sejajar ini terdapat pada Kereta Api dengan kelas Eksekutif. Ketika anda menggunakan Kereta Api dengan kursi sejajar atau tidak saling berhadapan, berikut adalah cara yang dapat gunakan untuk memilih kursinya

  • Jika anda ingin pergi ke arah timur, misalnya dari Jakarta ke Surabaya, maka pilihlah kursi dengan nomor 12 ke atas. Yaitu 13, 14, 15, 16, 17, dan seterusnya.
  • Sedangkan, jika anda ingin pergi kea rah barat, misalnya dari Jogjakarta ke Cirebon, maka pilihlah kursi dengan nomor 1 sampai dengan 12.

3. Pergi dengan teman atau keluarga

Jika anda berpergian ramai-ramai menggunakan Kereta Api, dan anda tidak mungkin untuk mendapatkan kursi yang menhadap ke depan semua, maka cara sederhana yang dapat anda lakukan adalah memesan kursi 1 blok. Dalam 1 blok kursi yang berhadapan biasanya terdapat 4 atau 6 kursi yang dapat ditempati. Jadi pesanlah seluruh kursi pada blok tersebut. Jadi anda dapat bergantian dengan teman anda atau keluarga agar tidak mendapatkan kursi mundur terus menerus.

Baca Juga :  Cara Top Up atau Isi Saldo KAIPay melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan Alfamart

4. Minta bantuan petugas PT. Kereta Api Indonesia

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk memilih kursi Kereta Api agar tidak berjalan mundur adalah dengan meminta bantuan petugas PT. Kereta Api Indonesia untuk membantu memilihkan kursi yang jalannya tidak mundur. Karena petugas dari PT. Kereta Api Indonesia pasti sudah hafal dengan posisi kursi di Kereta Api.

Anda dapat meminta bantuan petugas melalui teman anda yang bertugas di PT. Kereta Api Indonesia, Customer Service, atau dengan datang langsung ke stasiun.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk memilih kursi Kereta Api agar tidak jalan mundur. Posisi kursi tentu sangat berpengaruh dengan kenyamanan anda Ketika naik Kereta Api. Kursi yang menghadap kebelakang atau jalan mundur akan membuat pusing bagi penumpang yang belum terbiasa mendapatkan kursi tersebut. Jadi pilihlah kursi kereta api menggunakan cara diatas agar tidak mendapatkan kursi yang menghadap kebelakang atau jalan mundur.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Kereta Api lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Kai Access Down Saat War Tiket Mudik Lebaran dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar