close

Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root

Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root – Hallo sobat koplo, RAM menjadi komponen yang sangat penting bagi setiap smartphone. Kapasitas RAM menentukan besaran beban aplikasi dan sistem yang bisa dijalankan pada HP Xiaomi Anda. Beberapa cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root dapat Anda pelajari untuk mendorong performa smartphone yang lebih ideal.

Pada dasarnya, cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root tidak secara harfiah mengubah batas kemampuan perangkat Anda. Proses tersebut justru memaksimalkan penggunaan dan alokasi yang dapat dimanfaatkan di dalam perangkat. Sebab penambahan batas total RAM perangkat tentu harus berhubungan dengan modifikasi komponen fisik HP Xiaomi.

Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root
Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root

Tentang RAM HP Xiaomi Penuh

RAM HP Xiaomi penuh merupakan kondisi saat alokasi memori pembaca telah terpakai seluruhnya untuk proses aplikasi dan operasional perangkat lainnya. Kondisi demikian menyebabkan HP Xiaomi tidak dapat secara instan memproses input baru. Beberapa kondisi RAM yang terlalu penuh juga dapat menyebabkan perangkat mati mendadak.

Kondisi tersebut cukup sering terjadi pada HP Xiaomi generasi lawas. Tentunya situasi tersebut harus diatasi dan tidak dapat dibiarkan terus-menerus. Mengetahui cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root memungkinkan Anda menata ulang urutan penggunaan RAM smartphone agar seluruh proses aplikasi dan sistem terakomodasi dengan baik.

Dampak RAM HP Xiaomi Penuh

Alokasi RAM HP Xiaomi penuh menyebabkan sistem tidak berjalan dengan optimal. Berbagai kendala seperti aplikasi macet, hang, hingga restart otomatis menjadi situasi yang akan cukup sering Anda temui. Hal tersebut tentu dapat menurunkan produktivitas dan kenyamanan Anda dalam menggunakan perangkat.

Apabila perangkat juga digunakan untuk kebutuhan pembelajaran atau pekerjaan, situasi tersebut tentu akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root dapat dipertimbangkan menjadi solusi yang cukup ideal. Berikut beberapa solusi umum sebagai cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root, antara lain:

  • Menutup recent apps;
  • Muat ulang HP Xiaomi;
  • Bersihkan data cache perangkat;
  • Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting;
  • Bersihkan data dan media lama;
  • Reset HP Xiaomi Anda;
  • Menambah alokasi RAM HP Xiaomi.

Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root

Dalam panduan ini terdapat dua cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root yang dapat Anda pelajari. Kedua metode tersebut antara lain:

  • Cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root via Memory Extention;
  • Tambah alokasi RAM dengan membatasi proses di latar belakang.
Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Hotspot Portable (Tethering) dengan Mudah

Anda dapat memilih salah satu opsi tersebut atau memadukan keduanya untuk mendapatkan hasil lebih optimal. Pada beberapa tipe HP Xiaomi, Anda umumnya sudah mendapatkan perubahan signifikan dengan menjalankan opsi kedua saja. Adapun ulasan kedua metode tersebut adalah sebagai berikut.

Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root
Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root

Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Root via Memory Extention

Anda dapat menjalankan cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root dengan menggunakan Memory Extention. Metode ini dapat Anda jalankan tanpa aplikasi tambahan. Namun opsi ini hanya tersedia pada HP Xiaomi dengan MIUI 12.5 atau versi yang lebih baru. Apabila Anda belum menggunakan versi yang memadai, lakukan upgrade atau beralih ke langkah alternatif di bawah.

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda jalankan antara lain:

  • Pastikan HP Xiaomi Anda telah menggunakan MIUI 12.5 atau versi lebih update;
  • Akses menu “Pengaturan”;
  • Masuk ke menu “Setelan Tambahan”;
  • Pilih menu “Memory Extension” atau “Memori Tambahan”;
  • Aktifkan fitur “Memori Tambahan”;
  • Lakukan restart pada HP Xiaomi Anda;
  • Selesai.

Tambah Alokasi RAM HP Xiaomi dengan Membatasi Proses Latar Belakang

Cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root lain yang dapat Anda jalankan adalah dengan mengatur serta membatasi proses di latar belakang. Pengaturan ini akan membatasi antrian aplikasi yang telah diminimalkan dan ditutup agar tidak berjalan di latar belakang. Dengan begitu, alokasi RAM akan terfokus pada aplikasi-aplikasi yang memang sedang berjalan di fungsi utama.

Adapun beberapa langkah untuk membatasi performa aplikasi di latar belakang antara lain:

1. Akses menu “Tentang Ponsel” dengan cara:

  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Temukan dan tap pada menu “Tentang Ponsel”.

2. Aktifkan “Mode Pengembang” dengan mengikuti panduan berikut.

  • Gulirkan menu “Tentang Ponsel” ke bawah;
  • Tap tujuh kali pada detail versi MIUI;
  • Anda telah mengaktifkan “Mode Pengembang”.

3. Temukan opsi “Mode Pengembang” dengan cara:

  • Akses kembali menu “Pengaturan”;
  • Tekan pada opsi “Setelan Tambahan”;
  • Temukan dan buka menu “Opsi Pengembang”.

4. Buka Batas Proses di Latar Belakang, dengan cara:

  • Temukan dan buka menu “Batas Proses Latar Belakang”;
  • Atur pengaturan menjadi “Tanpa Proses Latar Belakang”;
  • Tutup menu “Pengaturan”.

Manfaat Menambah RAM HP Xiaomi

Terdapat beberapa manfaat yang sangat membantu apabila Anda menjalankan cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root di atas. Manfaat tersebut berhubungan dengan performa perangkat dan ketahanan jangka panjang. Penggunaan smartphone akan menjadi lebih efektif dan tidak terlalu sering menemukan gangguan performa.

Baca Juga :  Cara Update MIUI HP Xiaomi dengan Mudah

Dalam jangka panjang, HP Xiaomi yang menjalankan prosedur tersebut juga umumnya akan berumur sedikit lebih panjang. Hal tersebut disebabkan kondisi RAM HP Xiaomi penuh dapat memicu kondisi lag, hang, hingga bootloop. Pada situasi serius, hal tersebut juga dapat menyebabkan perangkat lebih cepat panas dan mengalami risiko kerusakan.

1. Alokasi Memori Jadi Lebih Lega

Dengan porsi RAM yang lebih ideal, terdapat alokasi memori yang lebih lega untuk menjalankan berbagai aplikasi dan performa sistem. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan aplikasi yang sebelumnya sangat sulit berjalan dengan ideal di smartphone. Pada penggunaan minimal, Anda akan menemukan performa penggunaan dasar yang lebih luwes dan halus.

Anda juga akan terhindar dari kendala lag atau hang pada pengoperasian dasar seperti beralih aplikasi, pengetikan atau input data, dan berbagai fungsi dasar lainnya. Hal tersebut seringkali sangat mengganggu dan memecah konsentrasi apabila terjadi saat RAM HP Xiaomi Anda sudah sangat penuh dan tidak bekerja dengan benar.

2. Menjalankan Aplikasi Lebih Lancar

Alokasi RAM yang lebih lega menjadikan berbagai aplikasi dapat berjalan sesuai dengan performa idealnya. Potensi terjadinya gangguan performa jadi lebih kecil terjadi pada HP yang sudah menjalankan cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root. Tentunya hal tersebut menjadikan pengalaman menggunakan aplikasi jadi lebih nyaman.

Aplikasi yang lebih lancar digunakan juga berkaitan dengan performa dan keamanan data. Beberapa aplikasi yang mengalami gangguan performa akibat minimnya alokasi RAM dapat kehilangan data dan cache tanpa pemberitahuan. Hal tersebut menyebabkan Anda harus mengulang proses dan pekerjaan di smartphone.

3. HP Tidak Lag

Dengan distribusi RAM yang proporsional, berbagai proses di dalam HP Xiaomi Anda dapat berjalan bergantian secara lebih luwes. Hal tersebut membuat perangkat tidak akan sering menemui situasi lag yang menjadi indikasi padatnya antrian proses di dalam perangkat. Di saat yang sama, hal tersebut juga menurunkan risiko HP menjadi hang.

Performa HP Xiaomi yang lebih luwes menjadikan kenyamanan penggunaan juga meningkat dengan baik. Sebab berbagai input dan proses dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi. Hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas apabila perangkat Anda terlibat langsung dalam aktivitas pekerjaan atau digunakan untuk mengelola rutinitas harian.

Baca Juga :  Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

4. Lebih Hemat Baterai

Dengan beban RAM yang tidak terlalu berat, proses yang harus diselesaikan HP Xiaomi dalam satu waktu akan lebih sedikit. Hal ini menyebabkan penggunaan baterai yang tidak terlalu besar dalam waktu yang sama. Oleh karena itu, cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root juga berdampak pada daya baterai yang lebih hemat.

Manfaat ini secara tidak langsung juga berdampak pada usia baterai perangkat Anda. Sebab baterai yang terlalu sering menjalankan performa overclock tentu akan lebih cepat mencapai batas usia pemakaiannya. Jadi langkah ini dapat menjaga Anda dari risiko kerusakan baterai di jangka panjang meski tidak disadari.

5. HP Tidak Cepat Panas

Dengan penggunaan RAM yang proporsional, HP Xiaomi Anda tidak akan memeras daya dan performa hanya untuk menjalankan sistem dasar. Dukungan tersebut mencegah perangkat mudah terasa panas akibat performa overclock terus-menerus. Jadi perangkat akan berjalan secara lebih wajar dengan mengikuti cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root di atas.

Meski beberapa seri HP Xiaomi dilengkapi dengan mode overclock, namun Anda tidak disarankan terus-menerus memanfaatkan mode tersebut untuk penggunaan reguler. Hal tersebut disebabkan performa di atas batas ideal yang terjadi berkelanjutan berisiko memperpendek usia penggunaan perangkat HP Xiaomi Anda.

Demikian ulasan tentang cara menambah RAM HP Xiaomi tanpa root yang dapat Anda jalankan pada smartphone. Langkah ini seringkali sangat perlu diperhatikan pada beberapa model HP Xiaomi lawas, khususnya yang telah berusia lebih dari tiga tahun. Hal tersebut disebabkan perkembangan aplikasi dan sistem yang sangat pesat.

Beberapa perangkat HP Xiaomi memiliki batasan spesifikasi yang tidak terlalu fleksibel mengikuti perkembangan tren aplikasi. Hal tersebut banyak terjadi pada kelas smartphone menengah dan menengah ke bawah. Namun beberapa panduan di atas dapat mempertahankan masa penggunaan ideal perangkat Anda lebih lama dari batasan umumnya.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar