close

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger Untuk Mengatasi Error Google Adsense – Sebagai publisher google adsense, pernahkah iklan anda tidak muncul di blog anda atau hanya blank saja? Banyak sekali faktor yang memperngaruhi. Diantaranya : kesalahan pemasangan kode, akun google adsense belum disetujui sepenuhnya, dan belum mengaktifkan ads.txt diblogger anda. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas yang ads.txt

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger Untuk Mengatasi Error Google Adsense
Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger Untuk Mengatasi Error Google Adsense

 

Apakah ads.txt itu?

Ads.txt adalah fitur terbaru dari blogger yang baru diluncurkan pada tanggal 31 januari 2018. Ads.txt atau authorized Digital Seller adalah program yang dikemukakan oleh IAB yang bertujuan untuk mengurangi kecurangan dalam beriklan. Ads.txt merupakan sebuah file teks yang disetujui yang mencantumkan semua jaringan iklan yang terpercaya. Tujuannya agar adanya transparasi antara pengiklan dan publisher. Dengan penambahan fitur ads.txt diblogger ini menyebabkan beberapa publisher Google Adsense mengalami eror pada akun mereka. Erornya seperti ini.

“Penghasilan Anda beresiko – Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.”

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger Untuk Mengatasi Error Google Adsense
Error karena ads.txt belum ada
Baca Juga :  Cara Membuat dan Memposting Artikel di Blogger Lengkap dan Mudah

 

Dengan pesan error tersebut membuat beberapa publisher tidak dapat menampilkan iklan google adsense di blog mereka. Hal itu tentu akan mempengaruhi pendapatan mereka.

Cara mengaktifkan ads.txt di blogger

Mengingat berapa pentingnya mengaktifkan ads.txt pada blog kita, maka kita sebagai blogger diharuskan untuk mengaktifkan ads.txt kita. Bagaimana caranya? Simak tutorial saya kali ini tentang cara mengaktifkan ads.txt diblogger.

1. Pertama, kalian harus masuk ke dashboard blogger anda.
2. Setelah masuk ke dashboard blog silahkan masuk ke Setelan > Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads,txt kustom > klik edit > Aktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya
3. Kemudian masukkan kode ini pada tempat yang sudah disediakan

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan ganti pub-0000000000000000 dengan ID penayang akun google adsense anda

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger Untuk Mengatasi Error Google Adsense
Memasukkan kustom ads.txt
Baca Juga :  Cara Mengatasi Ditolak Google Adsense Karena Inventaris Berharga Sedang Dibuat

 

4. Setelah kode sudah berhasil dipasang, Silahkan klik simpan perubahan.
5. Selamat anda sudah berhasil mengaktifkan ads.txt blog anda

Bagaimana cara mengecek apakah ads.txt kita sudah aktif

Setelah kita berhasil memasang ads.txt pada blog kita, maka kita harus mengecek apakah pengaktifan ads.txt kita sudah benar atau belum. Cara untuk mengecek apakah file ads.txt sudah terpasang cukup mudah sekali.
Cara nya hanya dengan mengunjungi https://www.bloggerkoplo.com/ads.txt
Silahkan ganti www.bloggerkoplo.com dengan alamat blog anda.

Bagaimana cara mengetahui ID penayang google adsense?

Kalian pasti masih bingung bagaimana cara mengetahui ID penanyang google adsense kita. Sebenanya cukup mudah kok untuk mengetahui ID Penayang google adsense kita. Ada 2 cara untuk mengetahuinya.

1. Melihat url google adsense
Cara ini cukup mudah, kalian hanya perlu membuka akun google adsense anda, kemudian lihat bagian url, akan ada Pub-00000000000, nah itulah ID penayang google adsense anda.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger Untuk Mengatasi Error Google Adsense
Mengetahui ID penayang melalui link

 

Baca Juga :  Cara Cek Struktur Data (Schema Markup) Blog Agar Lebih SEO

2. Melalui informasi akun
Cara kedua untuk mengetahui ID penayang adalah melalui informasi akun. Caranya anda login dulu ke akun google adsense anda. Kemudian masuk ke setting > Account Information. Nah disitu ada nomor penayang. Itulah ID penayang anda.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger Untuk Mengatasi Error Google Adsense
Mengetahui ID penayang melalui informasi akun

 

Yak, Kira-kira seperti itulah cara untuk mengaktifkan ads.txt di blogger. Jika blog anda menggunakan Google Adsense untuk menayangkan sebuah iklan, maka anda harus mengaktifkan ada.txt di akun blogger anda. Tujuannya adalah agar performa google adsense anda menjadi lebih maksimal dan memastikan iklan tayang 100%. Jika anda tidak mengaktifkan ads.txt, akan terdapat error pada akun google adsense anda.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai google adsense lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara menulis artikel blog yang baik dan benar untuk mendaftar google adsense. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar