Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di microsoft Excel – Hallo sobat koplo, Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Didalam Microsfot Excel, terdapat lembar kerja yang terdidi dari cell-cell yang sangat luas. Jumlah baris dan kolom yang ada didalamnya juga sangat banyak. Oleh sebab itu, anda bisa memasukkan banyak data di satu file Microsoft Excel.

Ketika sudah memasukkan atau menginput banyak data di Microsoft Excel, pernahkah tiba-tiba laptop anda mati karena kehabisan baterai atau tiba-tiba aplikasi Microsoft Excel anda not responding? Padahal data-data yang sedang anda olah di Microsoft Excel masih belum anda save. Lalu apa yang harus anda lakukan apabila mengalami hal tersebut?

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di microsoft Excel
Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di microsoft Excel

 

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di microsoft Excel

Menyimpan data secara berkala adalah hal yang wajib dilakukan ketika sedang mengolah data menggunakan Microsoft Excel. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan diluar kendali kita. Seperti laptop tiba-tiba mati atau aplikasi Microsoft Excel tiba-tiba Not Responding.

Dikarenakan seringnya kejadian dokumen tertutup ketika dokumen tersebut belum di save, pada akhirnya microsoft excel memberikan fitur yang bernama Auto Save. Dengan fitur ini, dokumen yang sedang dibuka oleh pengguna akan tersimpan secara otomatis setiap beberapa menit sesuai dengan settingan pengguna.

Jadi, misalkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Data anda sudah terbackup melalui fitur Auto Save. Sebagai pengguna microsoft excel, apakah anda sudah mengaktifkan fitur ini di Microsoft Excel anda? Jika belum, anda harus segera mengaktifkannya. Karena fitur tersebut sangat penting bagi keselamatan data anda. Jika anda belum mengetahui cara untuk mengaktifkannya, ikuti tutorial saya berikut ini :

1. Pertama, silahkan buka aplikasi Microsoft Excel di perangkat anda
2. Setelah itu, silahkan anda masuk ke menu File -> Option

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di microsoft Excel
Masuk ke file -> option

 

3. Pada file excel option, silahkan anda masuk kedalam menu Save. Setelah itu, silahkan anda centang bagian Save AutoRecover information every 10 menit. Disini anda juga bisa mengatur periode waktu auto save. Silahkan anda atur sesuai dengan keinginan anda. Jangan lupa untuk mencentang juga bagian Keep the last AutoRecovered version if i close without saving.

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di microsoft Excel
Centang auto save dan atur waktu

 

4. Setelah semuanya sudah disetting, silahkan tekan OK.

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di microsoft Excel
Klik OK

 

5. Selamat, anda sudah berhasil mengaktifkan fitur auto save di Microsoft Excel.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengaktifkan fitur auto Save di Microsoft Excel. Dengan mengaktifkan fitur Auto Save, dokumen yang tertutup sebelum anda menyimpannya akan bisa di kembalikan melalui fitur ini. Jadi anda tidak perlu membuatnya lagi dari awal.

Jika anda tertarik dengan tutorial microsoft excel lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara copy paste nilai saja tanpa rumus di Microsoft Excel. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close