close

Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah

Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Instagram merupakan sosial media yang sangat populer dikalangan masyarakat. Bahkan pada saat ini jumlah orang yang menggunakan aplikasi Instagram sudah lebih dari 1 miliar orang. Hal tersebut dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Instagram sangat lengkap dan sangat menarik bagi pengguna.

Dikarenakan fitur-fitur yang sangat lengkap, pengguna Instagram tidak hanya berasal dari kalangan remaja. Melain kan dari seluruh kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, pebisnis, instansi pemerintah, dan lain sebagainya. Mereka menggunakan Instagram dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang sekedar untuk upload foto dan video, ada juga orang yang menggunakan Instagram untuk berbisnis.

Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah
Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah

Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah

Karena jumlah pengguna aktif Instagram sangatlah banyak, bahkan mencapai miliar orang, pihak Instagram harus memberikan perhatian lebih pada keamanan sistem mereka. Bisa dibilang Instagram merupakan sosial media yang cukup ketat dibandingkan sosial media lain.

Pihak Instagram tidak akan segan-segan memberikan peringatan atau hukuman kepada pengguna yang dinilai melanggar pedoman komunitas instgaram. Peringatan atau hukuman yang diberikan oleh Instagram juga disesuaikan dengan jenis pelanggaran yang dilakukan oleh penggunanya.

Jika pengguna baru sekali melakukan pelanggaran, biasanya hukuman yang diberikan tidak terlalu berat. Akan tetapi jika penggun tersebut sudah berkali-kali melanggar, biasanya hukuman yang diberikan akan lebih berat. Jenis hukuman yang biasa diberikan oleh Instagram seperti pembatasan akun, pemblokiran sementara, dan pemblokiran permanen.

Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah
Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah

Penyebab akun Instagram dibatasi

Pihak Instagram membatasi sebuah akun bukan tanpa sebab dan alasan. Mereka pasti memiliki sebuah alasan kenapa mereka membatasi suatu akun. Biasanya hal tersebut dikarenakan sebuah akun melanggar kebijakan atau pedoman yang sudah dibuat oleh Instagram, melakukan tindakan yang tidak wajar, melakukan SPAM, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Mode Hilang DM Instagram dengan Mudah

Berikut adalah beberapa hal atau tindakan yang bisa menyebabkan sebuah akun Instagram dibatasi :

  • Membagikan postingan berupa foto atau video yang melanggar atau tidak sesuai dengan ketentuan Instagram
  • Postingan anda dilaporkan oleh pengguna lain
  • Akun Instagram anda dilaporkan oleh pengguna lain
  • Mengunggah foto atau video terlalu fulgar
  • Mengunggah foto atau video yang mengandung SARA dan ujaran kebencian
  • Terlalu sering melakukan like dan komentar sehingga terdeteksi sebagai SPAM
  • Terlalu banyak memfollow dan unfollow akun orang lain dalam waktu singkat
  • Terlalu banyak mengirimkan DM dalam waktu singkat
  • Terlalu sering login dan log out ke akun Instgaram
  • Login ke Akun Instagram di banyak perangkat
  • Menggunakan tools pihak ketiga
  • Berpura-pura menjadi orang lain

Sebenarnya, masih terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan akun Instgaram dibatasi. Akan tetapi hal-hal yang saya sebutkan diatas adalah hal yang paling sering terjadi yang menyebabkan akun Instagram dibatasi.

Cara mengatasi akun Instagram dibatasi

Ketika akun Instagram dibatasi, anda akan mendapat notifikasi dari pihak Instagram. Biasanya notifikasi tersebut bertuliskan “Coba lagi nanti, kami membatasi aktivitas tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beritahu kami jika menurut anda kami melakukan kesalahan.

Sebagai pengguna Instagram, apakah anda sudah pernah mendapatkan notifikasi tersebut. Jika pada saat ini anda mendapatkan norifikasi tersebut, berarti akun Instagram anda sedang dibatasi. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Jika pada saat ini akun Instagram anda sedang dibatasi, maka anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasi akun Instagram dibatasi. Silahkan ikuti tutorial saya berikut ini :

Baca Juga :  Cara Mengatasi DM Instagram (IG) Error Gagal Terkirim
Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah
Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi dengan Mudah

1. Beritahu pihak Instagram

Jika anda merasa jika pembatasan tersebut merupakan sebuah kesalahan, karena anda tidak merasa melakukan kesalahan apapun, maka anda dapat memberitahu pihak Instagram jika mereka melakukan kesalahan. Anda dapat memberi tahu Instgaram dengan cara mengeklik “Beri tahu kami’ pada notifikasi pembatasan tersebut.

2. Hentikan sementara beberapa aktivitas di Instgaram

Ketika akun Instagram anda dibatasi, berarti pihak Instgaram mencurigai anda melakukan tindakan yang melanggar ketentuan Instgaram. Oleh sebab gitu, hentikan beberapa aktivitas di Instagram sampai pembatasan akun dilepas oleh pihak Instagram.
Ketika pembatasan akun, jangan lakukan beberapa aktivitas berikut ini :

  • Follow dan unfollow
  • Like dan memberikan komentar
  • Mengirim pesan melalui DM
  • Upload Instagram Story
  • Melakukan video siaran langsung

3. Bersihkan Bio Instagram anda

Normal nya, sebuah akun Instgaram akan menambahkan bio pada profil mereka. Entah itu berupa kata-kata, link, atau sebagainya. Terkadang tanpa kita sadari Bio tersebut mengandung kata-kata sensitif atau link-link yang tidak terverifikasi sehingga Instgaram mencurigai hal tersebut. Jadi, selama proses pembatasan, silahkan kosongkan bio anda terlebih dahulu.

4. Log out dari akun Instagram yang dibatasi

Sebenarnya pada saat akun Instagram dibatasi, anda masih dapat login di Akun Instagram yang anda miliki. Akan tetapi ketika anda login ke akun Instgaram, anda berpotensi melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa menyebabkan waktu pembatasan menjadi lebih lama. Jadi, lebih baik anda log out terlebih dahulu Instagram anda sementara waktu.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Instagram (IG) Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita

5. Biarkan akun Instgaram anda sementara waktu

Biasanya pembatasan yang diberikan oleh pihak Instgaram tidak lah permanen. Setelah beberapa hari pembatasan tersebut akan dicabut oleh pihak Instagram. Durasi pembatasan bervariasi tergantung pelanggaran keberapa dan seberapa berat pelanggaran yang dilakukan. Biasanya lama pembatasan adalah 1×24 jam, 3×24 jam, atau seminggu.

6. Jangan gunakan Instagram di aplikasi pihak ketiga

Jika akun Instagram anda pada saat ini masih terhubung ke aplikasi pihak ketiga, entah itu robot atau tools-tools tertentu, silahkan anda keluarkan akun Instagram anda dari tools tersebut. Karena pihak Instagram jelas-jelas melarang penggunaan tools-tools tersebut.

7. Laporkan masalah ke Pihak Instagram

Setelah melakukan semua hal diatas, langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi akun Instgaram dibatasi adalah dengan melaporkan masalah tersebut ke pihak Instgaram. Berikut adalah cara melaporkan permasalahan ke pihak Instgaram :

  • Buka Profil di Instagram
  • Setelah itu, Masuk ke Pengaturan lalu Bantuan.
  • Kemudian masuk ke menu Laporkan Masalah lalu Laporkan Masalah.
  • Silahkan deskripsikan masalah yang Anda alami.
  • Tambahkan foto pendukung jika diperlukan.
  • Jika sudah, klik Kirim.
  • Selesai.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi akun Instagram dibatasi. Sebuah akun Instgaram dibatasi dikarenakan pihak Instagram mencurigai akun tersebut melanggar kebijakan yang sudah ditentukan atau melakukan tindakan yang dianggap tidak wajar (SPAM).

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Instgaram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar