close

Cara Mengatasi Alight Motion Error 1285 RAM GPU Tidak Mencukupi (Insufficient GPU RAM)

Cara Mengatasi Alight Motion Error 1285 RAM GPU Tidak Mencukupi (Insufficient GPU RAM) – Hallo sobat koplo, Seiring dengan perkembangan teknologi, pada saat ini proses edit video tidak hanya dilakukan melalui PC saja. Akan tetapi anda sudah bisa melakukan edit video menggunakan HP. Hal tersebut dikarenakan pada saat ini banyak HP yang memiliki spesifikasi tinggi dan sudah banyak aplikasi-aplikasi edit video melalui HP yang dapat digunakan.

Contoh dari aplikasi edit video melalui HP adalah Kinemaster, VN, Capcut, dan Alight Motion. Masing-masing dari aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, dari beberapa aplikasi tersebut, Alight Motion menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh para editor.

Cara Mengatasi Alight Motion Error 1285 RAM GPU Tidak Mencukupi (Insufficient GPU RAM)
Cara Mengatasi Alight Motion Error 1285 RAM GPU Tidak Mencukupi (Insufficient GPU RAM)

Cara Mengatasi Alight Motion Error 1285 RAM GPU Tidak Mencukupi (Insufficient GPU RAM)

Salah satu alasan yang menjadikan Alight Motion banyak diminati oleh para editor dikarenakan Alight Motion tergolong aplikasi yang ringan untuk digunakan. Bahkan anda dapat menginstall dan menggunakan Alight Motion di HP yang memiliki spesifikasi tidak terlalu tinggi (low end hingga medium end).

Akan tetapi meskipun dapat diinstall di HP dengan spesifikasi rendah, yang namanya aplikasi edit video pasti masih lebih berat dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Terutama pada saat melakukan export video di Alight Motion. Export dengan HP dengan spesifikasi menengah kebawah akan lebih rendah jika dibandingkan dengan mengexport dari HP yang spesifikasi tinggi.

Baca Juga :  Download 10 Preset Alight Motion Free Fire (FF) Mengkane, Mengkece, Mengkeren (Dibawah 5MB)

Bahkan sering kali proses export video tersebut gagal dengan pesan error “MP4 export failed, something went wrong while trying to render and encode your content for sharing. Error 1285 (insufficient GPU RAM)”.

Sebagai pengguna Alight Motion, apakah anda sudah mengalami error 1285 RAM GPU tidak mencukupi? Jika pada saat ini anda sedang mengalaminya, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasi alight motion error 1285. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

Cara Mengatasi Alight Motion Error 1285 RAM GPU Tidak Mencukupi (Insufficient GPU RAM)
Cara Mengatasi Alight Motion Error 1285 RAM GPU Tidak Mencukupi (Insufficient GPU RAM)

1. Restart HP anda

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi alight motion error 1285 adalah dengan merestart atau mematikan HP anda untuk sementara waktu. Dengan melakukan restart, maka semua proses yang berjalan di HP anda akan dihentikan. Sehingga akan terdapat cukup ruang pada RAM GPU di HP anda. Cara ini memang terlihat sangat sederhana, tapi cukup efektif buat menyelesaian error tersebut.

2. Tutup aplikasi lain ketika mengexport video

Ketika memexport video menggunakan aplikasi apapun, contoh nya Alight Motion, proses tersebut akan menggunakan sebagaian besar dari RAM HP anda. Agar proses export berjalan dengan lancar, maka anda harus memastikan bahwa GPU RAM anda mencukupi. Jika dirasa GPU RAM kurang, silahkan anda tutup aplikasi lain yang sedang berjalan. Terutama aplikasi pemutar video atau perekam layar.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Overlay di Alight Motion (AM)

3. Kurangi penggunaan efek dan layer dalam proyek

Ketika mengedit sebuah video, anda dapat menambahkan efek atau menambah layer pada proyek tersebut. Penggunaan efek dan layer yang banyak akan membuat video menjadi lebih keren dan menarik. Akan tetapi efek sampingnya, proses export juga akan menjadi lebih berat. Jika perangkat anda tidak kuat, akan terjadi error 1285 pada saat export video. Jadi, silahkan gunakan efek dan layer seperlunya saja.

4. Export langsung dari daftar proyek

Jika anda ingin mengexport video menggunakan Alight motion, maka akan terdapat 2 cara yang dapat anda lakukan, yaitu mengexport langsung dari daftar proyek anda dan membuka dulu proyek anda lalu mengexportnya. Dari dua cara tersebut, lebih baik anda mengexport langsung dari daftar proyek karena export dengan cara itu menggunakan lebih sedikit memori dibandingkan harus membukanya terlebih dahulu.

5. Export video dengan resolusi lebih rendah

Sebelum melakukan export video, biasanya anda akan mengatur berapa tingkat resolusi video yang ingin digunakan. Semakin tinggi resolusi export, semakin bagus juga hasil video nya. Akan tetapi, proses export juga menjadi lebih lama dan lebih berat. Jadi, untuk meminimalisir adanya error 1285 pada saat export video, silahkan kurangi resolusi yang anda gunakan.

Baca Juga :  Download 10 Preset Alight Motion Free Fire (FF) Full Beat (Dibawah 5MB)

6. Ganti perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi

Jika semua cara diatas sudah anda lakukan akan tetapi pada saat export video masih terjadi error 1285 RAM GPU tidak mencukupi, hal tersebut bisa dikarenakan HP yang anda gunakan sudah tidak kuat lagi digunakan untuk mengedit video. Jadi silahkan coba export video dengan perangkat lain yang spesifikasinya lebih tinggi.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi alight motion error 1285 GPU RAM tidak mencukupi. Error 1285 tergolong error yang jarang ditemui oleh pengguna Alight Motion. Karena memang pada saat ini hampir semua HP sudah mampu untuk mengexport video menggunakan Alight Motion. Tapi jika anda pada saat ini mengalami error 1285, silahkan coba perbaiki dengan cara-cara diatas.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai Alight Motion lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Login di Alight Motion dengan Facebook atau Google. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar