Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri – Hallo sobat koplo, ketika sedang membuka aplikasi, pasti anda pernah mengalami dimana apikasi tersebut tiba-tiba keluar sendiri atau sering disebut dengan force close. Tentu hal tersebut akan sangat menjengkelkan, apalagi jika anda belum menyimpan project yang sedang anda kerjakan. Jika aplikasi tiba-tiba keluar sendiri, maka kemungkinan besar project yang anda kerjakan akan terhapus dan anda harus mengulang dari awal.

Aplikasi yang keluar sendiri ketika sedang digunakan sering terjadi pada aplikasi edit video seperti alight motion. Hal tersebut dikarenakan, ketika mengedit sebuah video, proses yang dikerjakan menjadi sangat berat. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang harus anda lakukan agar aplikasi alight motion tidak sering keluar sendiri.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri

 

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri

Ketika mengedit video menggunakan alight motion, terutama jika efek dan layer yang anda gunakan sangat banyak, hal tersebut kemungkinan besar bisa menyebabkan aplikasi alight motion yang anda gunakan keluar sendiri. Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi alight motion yang sering keluar sendiri ketika digunakan?

Sebenarnya ada banyak penyebab aplikasi alight motion sering keluar sendiri. Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi alight motion yang sering keluar sendiri? Jika anda belum mengetahui cara untuk mengatasinya, silahkan anda coba beberapa tips berikut ini :

1. Bersihkan sampah/cache aplikasi alight motion

Hal pertama yang harus anda lakukan agar aplikasi alight motion tidak sering keluar sendiri adalah menghapus cache aplikasi. Cache adalah file sampah suatu aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Jika anda semakin sering menggunakan suatu aplikasi, maka cache aplikasi tersebut juga akan semakin besar. Oleh karena itu, anda harus membersihkan file cache aplikasi agar aplikasi tetap ringan untuk digunakan.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Bersihkan cache

 

2. Gunakan aplikasi alight motion versi terbaru

Seiring dengan berjalannya waktu, suatu aplikasi pasti akan mengalami pembaruan. Pembaruan tersebut bertujuan untuk memperbaiki bug yang ada dan untuk menambahkan fitur-fitur baru. Oleh karena itu, agar aplikasi alight motion anda tidak sering keluar sendiri, gunakanlah alight motion versi terbaru.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Gunakan aplikasi versi terbaru

 

3. Matikan koneksi internet saat editing

Ketika sedang mengedit menggunakan alight motion, pastikan anda mematikan koneksi internet dari HP anda. Hal tersebut dikarenakan, ketika anda mengaktifkan koneksi internet, aplikasi alight motion bisa secara otomatis mendownload suatu data atau memperbarui aplikasi. Hal tersebut bisa menyebabkan aplikasi alight motion keluar sendiri.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Matikan koneksi internet

 

4. Tutup aplikasi lain ketika sedang menggunakan alight motion

Salah satu penyebab aplikasi alight motion keluar sendiri adalah RAM yang tersedia di HP anda tidak mencukupi. Kita semua pasti mengetahui bahwa aplikasi edit video memerlukan banyak RAM agar bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, ketika menggunakan aplikasi alight motion, lebih baik anda menutup aplikasi lain terlebih dahulu agar RAM di HP anda menjadi lebih longgar.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Tutup aplikasi lain

 

5. Pastikan penyimpanan anda mencukupi

Dalam proses edit video, pasti anda akan memerlukan banyak media seperti gambar, video, dan audio. Selain media, anda juga memerlukan penyimpanan tambahan untuk menyimpan hasil export video. Untuk menghindari aplikasi alight motion keluar sendiri, silahkan anda kosongkan penyimpanan anda dengan cara menghapus file-file atau aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Kosongkan penyimpanan

 

6. Jangan gunakan resolusi terlalu tinggi pada video

Ketika mengedit video menggunakan aplikasi alight motion, anda akan mengatur resolusi video terlebih dahulu. Resolusi yang terlalu tinggi bisa menyebabkan aplikasi alight motion sering keluar sendiri. Jadi silahkan anda sesuaikan resolusi yang anda gunakan dengan spesifikasi HP anda. Semakin tinggi spesifikasi HP, maka resolusi yang dapat anda gunakan juga akan semakin tinggi.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Jangan gunakan resolusi terlalu tinggi

 

7. Jangan gunakan layer dan efek terlalu banyak

Ketika mengedit video menggunakan alight motion, anda dapat dengan bebas menambah layer dan efek pada video. Akan tetapi, semakin banyak layer dan efek yang digunakan, proses editing juga bisa semakin berat. Dan jika HP anda tidak cukup kuat untuk memprosesnya, aplikasi alight motion akan keluar sendiri.

Cara Mengatasi Alight Motion Sering Keluar Sendiri
Gunakan layer dan efek seperlunya

 

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi alight motion yang sering keluar sendiri ketika digunakan. Terdapat banyak penyebab mengapa alight motion sering keluar sendiri. Jadi cara untuk mengatasinya tergantung dari penyebabnya itu sendiri.

Jika anda tertarik dengan tutorial alight motion lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara membuat video jedag-jedug di aplikasi alight motion. Semoga artikel saya kali ini bermanfaaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close