close

Cara Mengatasi Aplikasi Capcut Tidak Bisa Export Video

Cara Mengatasi Aplikasi Capcut Tidak Bisa Export Video – Hallo sobat koplo, pada saat ini edit video sudah merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Karena pada saat ini sudah banyak sekali sosial media yang isi kontennya berupa video seperti Tiktok, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan teknologi, pada saat ini edit video tidak hanya bisa dilakukan melalui PC saja, anda juga bisa edit video menggunakan HP.

Salah satu aplikasi edit video yang cukup populer di HP adalah Capcut. Capcut merupakan aplikasi yang dapat anda download secara gratis di Playstore atau app store. Meskipun gratis, capcut juga memiliki fitur-fitur yang keren yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar lainnya. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah fitur template.

Cara Mengatasi Aplikasi Capcut Tidak Bisa Export Video
Cara Mengatasi Aplikasi Capcut Tidak Bisa Export Video

Cara Mengatasi Aplikasi Capcut Tidak Bisa Export Video

Capcut merupakan aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan. Bahkan untuk pemula sekalipun. Jika anda belum terlalu pro dalam edit video, anda bisa menggunakan template yang sudah ada didalam aplikasi capcut. Disana, terdapat ribuan template yang dapat anda gunakan secara gratis. Jadi anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan.

Setelah selesai mengedit video menggunakan aplikasi Capcut, langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah meng-export video hasil edit yang anda lakukan. Tujuan dari export video adalah agar video hasil editan anda dapat tersimpan digaleri dan dapat anda bagikan.

Akan tetapi, ketika ingin mengexport video dari capcut, pernahkah anda mendapatkan permasalahan dimana anda tidak bisa meng-export video tersebut? Tentu anda akan sangat kesal jika hasil editan anda tidak bisa disimpan di galeri.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah

Jika pada saat ini anda sedang mengalami hal tersebut, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasinya. Silahkan ikuti tips-tips berikut ini :

1. Update aplikasi Capcut

Hal pertama yang harus anda lakukan jika aplikasi capcut anda tidak bisa export video adalah memastikan bahwa aplikasi capcut yang anda gunakan sudah aplikasi versi terbaru. Anda bisa mengeceknya melalui Playstore atau appstore di HP anda. Bisa jadi permasalahan capcut tidak bisa export video disebabkan karena anda masih menggunakan aplikasi versi lawas.

2. Hapus data dan cache aplikasi

Sebuah aplikasi yang sering anda gunakan pasti memiliki ukuran file data dan cache yang besar juga. File-file tersebut akan selalu bertambah setiap harinya jika anda tidak rajin membersihkannya. Sebuah aplikasi yang memiliki file cache terlalu banyak menyebabkan kinerja dari aplikasi tersebut tidak maksimal. Untuk itu, agar proses export berjalan lanjar, silahkan anda hapus data atau cache sebelum anda melakukan export.

3. Install ulang aplikasi capcut

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan jika kedua cara diatas tetap tidak bisa menyelesaikan permasalahan capcut tidak bisa export video adalah dengan menginstall ulang aplikasi capcut. Bisa jadi permasalahan tersebut disebabkan karena aplikasi capcut tidak terpasang dengan benar. Untuk melakukan install ulang, anda hany perlu menguninstall dan menginstall kembali aplikasi capcut.

4. Tutup aplikasi lain ketika anda sedang export video

Export video merupakan suatu proses yang lumayan berat bahkan untuk PC sekalipun. Jadi agar proses export berjalan dengan lancar, pastikan anda menutup aplikasi lain di HP anda. Karena semakin banyak aplikasi yang terbuka, maka RAM anda akan terbagi ke aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi proses export tidak berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Capcut Tidak Ada Template atau Template Tidak Muncul

5. Restart HP anda

Permasalahan capcut tidak bisa export video bisa juga disebabkan karena HP anda yang mengalami error atau kesalahan. Untuk mengatasi hal tersebut cara nya cukup sederhana, anda hanya perlu mematikan sementara atau melakukan restart terhadap HP anda.

6. Pastikan memori penyimpanan anda masih cukup

Ketika anda mengexport video dari capcut, maka video tersebut akan tersimpan di galeri. Karena tersimpan di galeri, maka sudah pasti video tersebut memerlukan sebuah ruang kosong di memori penyimpanan anda. Bisa jadi penyebab dari tidak bisa export tersebut karena memori penyimpanan anda sudah penuh. Jadi anda harus menghapus beberapa file agar penyimpanan anda kosong.

7. Jangan gunakan resolusi terlalu tinggi

Ketika ingin mengexport video diaplikasi capcut, maka anda akan memilih berapa resolusi video yang ingin anda gunakan. Semakin tinggi reolusi video, maka semakin berat juga proses exportnya. Bahkan beberapa HP masih belum mendukung resolusi terlalu tinggi. Ketika anda tetap memaksa melakukan export dengan resolusi tinggi, biasanya proses export akan gagal.

8. Kurangi jumlah komponen pada proyek anda

Ketika mengedit sebuah video menggunakan capcut, anda bisa menambahkan banyak komponen pada proses edit tersebut seperti layer, musik, efek, filter, dan lain sebagainya. Penggunaan komponen yang terlalu banyak menyebabkan proses export berjalan lama. Dan jika HP yang anda gunakan tidak kuat, biasanya proses export akan gagal.

9. Hapus project-project yang sudah tidak anda gunakan

Ketika selesai mengedit video mengugnakan capcut, bekas proyek-proyek editan anda akan tetap tersimpan di aplikasi capcut. Jika jumlah proyek yang anda miliki terlalu banyak, hal itu akan memberatkan aplikasi capcut. Jadi silahkan anda hapus proyek-proyek yang sudah tidak anda gunakan agar aplikasi capcut anda tidak terlalu berat karena kebanyakan data.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Watermark/Tulisan Capcut dengan Mudah

10. Pastikan spesifikasi HP anda memadai

Sebuah aplikasi edit video seperti capcut pasti memiliki standar khusus mengenai spesifikasi perangkat yang dapat digunakan. Jadi anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa spesifikasi HP anda berada diatas persyaratan minimum aplikasi capcut. Sehingga semua proses aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

11. Laporkan permasalahan ke Pihak capcut

Solusi terakhir yang dapat anda lakukan jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil adalah dengan melaporkan permasalahan tersebut ke pihak capcut. Karena bisa jadi tidak bisa export tersebut disebabkan karena aplikasi capcut terdapat bug atau kerusakan. Jika memang seperti itu, maka anda harus menunggu agar pihak capcut melakukan update.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi aplikasi capcut tidak bisa export video. Tentu anda akan merasa kesal jika hasil editan anda di apikasi capcut tidak bisa diexport atau tidak bisa disimpan digaleri. Padahal anda sudah bersusah payah mengeditnya dan ingin membagikan hasil editan ke Tiktok atau sosial media lainnya.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Capcut lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Menghilangkan Watermark/Tulisan Capcut dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar