close

Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error dengan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error – Hallo sobat koplo, Kereta Api merupakan salah satu transportasi darat yang paling sering digunakan orang-orang ketiga berpergian. Selain harga tiketnya yang relatif murah, waktu perjalanan yang diperlukan juga menjadi tidak terlalu lama. Karena ketika anda menggunakan kereta api, anda tidak akan terjebak kemacetan seperti jika anda menggunakan bis.

Selain itu, ada saat ini PT. Kereta Api Indonesia juga sudah memiliki aplikasi sendiri yang memudahkan pelanggannya dalam membeli tiket kereta api. Aplikasi tersebut diberi nama KAI Access. Dengan aplikasi KAI Access, anda bisa memesan tiket, membatalkan tiket, mengubah jadwal, dan lain sebagainya. Bahkan pada saat ini, KAI Access sudah memiliki walletnya sendiri.

Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error
Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error

Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error

Jika anda adalah pelanggan setia kereta api indonesia, maka anda wajib memiliki aplikasi KAI Access. Dengan KAI Access anda dapat memesan tiket jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan anda. Selain itu, anda juga bebas untuk memilih kursi mana yang mau anda pesan. Selagi kursi tersebut belum ada yang membeli, anda bisa menempatinya.

Karena aplikasi KAI Access ini sangat bermanfaat pasti anda akan merasa jengkel jika aplikasi ini tidak bisa dibuka karena error. Padahal pada saat itu anda sangat membutuhkan aplikasi KAI Access untuk segera memesan tiket. Lalu apa yang harus dilakukan apabila aplikasi KAI Access mengalami error.

Baca Juga :  Cara Mengatasi KAI Access Tidak Bisa Pesan Tiket dengan Mudah

Jika pada saat ini aplikasi KAI Access anda sedang error, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi aplikasi KAI Access error. Berikut adalah solusinya :

Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error dengan Mudah
Cara Mengatasi Aplikasi KAI Access Error dengan Mudah

1. Update aplikasi ke versi terbaru

Sebuah aplikasi pasti akan selalu melakukan pembaruan secara berkala. Pembaruan tersebut bertujuan untuk menambahkan fitur-fitur baru dan menghapus bug yang ada. Apabila saat ini aplikasi KAI Access anda sedang error, silahkan anda update terlebih dahulu KAI Access ke versi yang terbaru.

2. Hapus data dan cache aplikasi

Setiap aplikasi pasti memiliki data dan cache yang tersimpan. Semakin sering aplikasi tersebut digunakan, maka semakin besar juga ukuran data dan cache dalam aplikasi tersebut. Aplikasi yang memiliki data dan cache terlalu banyak tidak akan berjalan dengan maksimal. Jadi silahkan anda hapus data dan cache KAI Access anda secara berkala.

3. Install ulang aplikasi KAI Access

Apabila dua cara diatas sudah anda lakukan akan tetapi aplikasi KAI Access anda tetap error, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menginstall ulang aplikasi. Bisa jadi error tersebut disebabkan karena aplikasi tidak terpasang dengan benar. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu menginstall ulang dengan cara uninstall lalu install lagi KAI Access.

Baca Juga :  Cara Memilih Kursi Saat Memesan Tiket Kereta di KAI Access

4. Tunggu beberapa saat

KAI Access merupakan aplikasi utama pemesanan tiket kereta api. Maka bisa dipastikan jika jumlah pengguna aplikasi KAI Access sangatlah banyak. Ketika banyak pengguna yang membuka aplikasi KAI Access secara bersamaan, hal tersebut tentu akan memberatkan server dan bisa saja itulah yang menyebabkan error KAI Access anda. Jadi, silahkan anda tunggu beberapa saat sebelum anda mengakses kembali.

5. Gunakan koneksi internet yang cepat

Error pada saat menggunakan aplikasi KAI Access bisa juga disebabkan karena koneksi internet yang anda gunakan terlalu lemah sehingga menyebabkan aplikasi KAI Access tidak terbuka secara sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan gunakan koneksi internet yang kuat atau beralih ke koneksi lain (WiFi atau provider lain).

6. Restart HP anda

Solusi lain yang dapat anda coba untuk mengatasi aplikasi KAI Access error adalah dengan cara merestart HP anda. Bisa jadi error pada aplikasi KAI Access disebabkan karena sistem HP anda yang error karena terlalu banyak membuka aplikasi atau hal lainnya. Untuk mengatasinya, silahkan anda restart HP anda atau matikan untuk sementara waktu.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi/Password KAI Access

7. Server KAI Sedang down

Sebuah aplikasi yang memiliki banyak pengguna seperti KAI Access pasti memerlukan server yang besar juga. Meskipun sudah memiliki server yang besar, sebuah aplikasi bisa mengalami error jika server dari aplikasi tersebut down atau masih dalam proses maintenance. Jika permasalahan disebabkan karena server down, maka yang dapat anda lakukan hanyalah menunggu server normal kembali.

8. Laporkan permasalahan ke pihak KAI

Jika setelah melakukan semua cara diatas aplikasi KAI Access anda tetap error, maka langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan melaporkan permasalahan tersebut ke pihak KAI. Anda bisa melaporkan permasalahan tersebut melalui :

  • Contact Center: 121 / (021) 121
  • Layanan Pelanggan: cs@kai.id

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi aplikasi KAI Access error. Error yang terjadi di aplikasi KAI Access memang sangat merugikan apalagi anda sedang terburu-buru untuk mengejar perjalanan anda. Karena jika aplikasi KAI Access error, anda harus ke stasiun untuk membeli tiket kereta.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai KAI Access lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara memilih kursi saat memesan tiket kereta di KAI Access. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar