close

Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah

Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah – Hallo sobat koplo, seiring dengan banyaknya sosial media yang isi kontennya berupa video pendek, hal tersebut mengakibatkan kebutuhan edit video juga semakin meningkat. Dahulu, edit video hanya digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu saja, akan tetapi pada saat ini edit video sudah merupakan kegiatan yang sering dilakukan.

Adanya sosial media seperti Instagram dan Tiktok yang memungkinkan penggunanya untuk mengupload video membuat orang-orang ingin mengedit sebuah video dan menguploadnya di sosial media mereka. Untungnya, pada saat ini sudah banyak sekali aplikasi edit video melalui HP yang dapat anda gunakan dengan mudah, salah satunya adalah capcut.

Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah

Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah

Capcut merupakan aplikasi edit video melalui HP yang cukup populer dikalangan editor. Hal tersebut dikarenakan aplikasi capcut ini sangat ringat dan sangat mudah untuk digunakan. Bahkan untuk pemula sekalipun. Karena diaplikasi capcut terdapat fitur template dimana anda dapat menggunakan template yang tersedia dicapcut untuk mengedit video.

Dengan adanya template tersebut, anda dapat mengedit video dengan lebih cepat dari mengeditnya secara manual. Karena ketika menggunakan template, anda hanya perlu memilih template yang ingin anda gunakan, mengganti foto atau video bawaan template yang anda pilih, dan yang terakhir anda tinggal mengexportnya.

Meskipun sudah memiliki banyak pengguna, pihak Capcut sampai sekarang masih terus melakukan pembaruan untuk memperbaiki bug-bug yang ada dan menambahkan fitur fitur yang baru. Akan tetapi meskipun demikian, masih banyak juga pengguna capcut yang mengalami permasalahan ketika mengedit video dengan capcut. Salah satunya adalah capcut sering keluar sendiri.

Meskipun aplikasi Capcut merupakan aplikasi yang tergolong ringan untuk dijalankan, pada kenyataannya masih banyak pengguna yang mengalami permasalahan dimana pada saat mengedit sebuah video aplikasi capcut yang digunakan tiba-tiba keluar sendiri. Pasti anda juga akan sangat jengkel ketika mengalami hal tersebut. Terlebih lagi jika video yang sudah edit tersebut tidak tersimpan. Otomatis anda harus menguang lagi dari awal.

Baca Juga :  Cara Menandai dan Manghapus Beat Lagu di Capcut dengan Mudah

Sebagai pengguna aplikasi Capcut, apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi capcut yang sering keluar sendiri? Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi aplikasi capcut sering keluar sendiri. Berikut adalah tutorialnya :

Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah

1. Update aplikasi Capcut ke versi terbaru

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi aplikasi capcut yang sering keluar sendiri adalah dengan mengupdate aplikasi capcut ke versi terbaru. Dengan mengupdate ke versi terbaru, anda akan mendapatkan fitur-fitur tambahan yang belum ada diversi sebelumnya dan bug-bug atau kesalahan yang ada sudah diperbaiki oleh pihak capcut.

Untuk melakukan update aplikasi capcut, berikut adalah tutorialnya :

  • Buka aplikasi Playstore atau Appstore di HP anda
  • Cari aplikasi capcut
  • Klik update
  • Tunggu hingga proses update selesai

2. Hapus data dan cache capcut secara berkala

Aplikasi edit video seperti capcut pasti memiliki data dan cache yang sangat banyak. Terlebih lagi jika anda sering membuka aplikasi capcut untuk mengedit video. Semakin sering aplikasi capcut digunakan, maka semakin besar juga data dan cache yang tersimpan dimemori penyimpanan. Data dan cache tersebut mengakibatkan aplikasi semakin berat, jadi anda harus menghapusnya secara berkala.

Berikut adalah tutorial hapus data dan cacha aplikasi Capcut :

  • Buka pengaturan atau setting di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Cari aplikasi Capcut
  • Klik hapus data/hapus cache
  • Selesai

3. Paksa berhenti dan buka lagi

Jika aplikasi capcut yang anda gunakan sering keluar sendiri, hal tersebut juga bisa disebabkan karena anda tidak sempurna ketika membukanya. Jika memang demikian, cara untuk mengatasinya sangat mudah. Anda hanya perlu menutup aplikasi capcut dan membukanya kembali.

Berikut adalah cara menutup aplikasi capcut melalui menu Paksa Berhenti :

  • Buka pengaturan atau setelan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Cari aplikasi capcut
  • Klik Paksa berhenti
Baca Juga :  Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah

4. Install ulang aplikasi capcut

Jika setelah melakukan 3 langkah diatas aplikasi capcut anda masih sering keluar sendiri, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menginstall ulang aplikasi capcut. Karena bisa jadi aplikasi yang terinstall di HP anda mengalami kerusakan atau ada file yang rusak. Sehingga aplikasi capcut jadi sering keluar sendiri.

Jika memang demikian, maka mau tidak mau anda harus melakukan Install ulang aplikasi capcut, berikut tutorialnya :

  • Uninstall aplikasi capcut dari HP anda
  • Buka PlayStore atau AppStore
  • Cari aplikasi Capcut
  • Klik Install
Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah

5. Spesifikasi HP anda tidak memenuhi persyaratan

Meskipun aplikasi capcut merupakan aplikasi edit video yang tergolong ringan ketika digunakan, akan tetapi aplikasi capcut tetap memiliki persyaratan minimum perangkat yang dapat digunakan.

Misalnya spesifikasi minimum perangkat yang dapat menggunakan capcut adalah HP dengan RAM 2 GB, jika pada saat ini ram HP anda kurang 2 GB,maka dapat dipastikan bahwa penyebab capcut sering keluar sendiri adalah karena spesifikasi hP anda yang terlalu rendah. Jadi, mau tidak mau anda harus membuka capcut diperangkat lain.

6. Restart HP anda

Selain terjadi permasalahan pada aplikasi, ternyata penyebab dari aplikasi capcut yang sering keluar sendiri juga bisa berasal dari sistem HP anda. Ketika sistem HP anda mengalami permasalahan, maka hal tersebut pasti akan berdampak juga pada aplikasi yang dijalankan. Untuk mengatasinya, anda bisa mematikan HP anda untuk sementara waktu atau merestart HP anda.

7. Kosongkan memori penyimpanan HP anda

Dikarenakan capcut merupakan aplikasi edit video, maka dapat dipastikan bahwa capcut pasti akan memerlukan memori penyimpanan untuk menyimpan hasil export video yang anda edit. Selain itu, file-file mentahan foto dan video yang anda edit juga harus masih tersimpan di memori penyimpanan HP anda.

Ketika memori penyimpanan HP anda sudah penuh, hal tersebut akan berakibat pada aplikasi capcut yang tidak berjalan maksimal. Biasanya banyak permasalahan akan terjadi, seperti tidak bisa export dan capcut sering keluar sendiri. Untuk mengatasinya, anda dapat menghapus file-file yang tidak penting atau memindahkannya ke perangkat lain.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Capcut Tidak Ada Template atau Template Tidak Muncul

8. Kosongkan RAM ketika membuka aplikasi Capcut

Aplikasi edit video seperti capcut pasti akan memakan RAM yang lebih banyak jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Terlebih lagi pada saat render video. Pasti RAM yang akan digunakan akan sangat besar. Jadi, jika RAM di HP anda tidak begitu besar, alangkah lebih baik jika anda tidak membuka aplikasi lain ketika sedang mengedit video dengan capcut.

9. Server capcut sedang Down

Aplikasi capcut merupakan aplikasi edit video yang dapat anda gunakan secara online maupun offline. Ketika mengedit menggunakan template, itu berarti anda mengedit secara online karena anda harus mendownload template terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan.

Bisa saja penyebab dari aplikasi Capcut yang sering keluar sendiri karena server aplikasi capcut yang sedang down atau sedang dalam proses maintenance. Jika memang demikian, satu-satunya cara yang dapat anda lakukan adalah menunggu hingga server capcut normal kembali.

10. Melaporkan permasalahan ke Pihak Capcut

Langkah terakhir yang dapat anda lakuan untuk mengatasi aplikasi capcut yang sering keluar sendiri adalah dengan cara melaporkan masalah tersebut ke pihak capcut. Dengan membuat laporan, pihak capcut akan mengetahui bahwa masih terdapat bug di aplikasi nya. Sehingga harapannya, bug tersebut akan diperbaiki di update yang selanjutnya.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi aplikasi Capcut yang sering keluar sendiri. Penyebab aplikasi capcut sering keluar sendiri bermacam-macam. Bisa jadi karena adanya error pada aplikasi, adanya error pada sistem, spesifikasi HP anda terlalu rendah, atau penyebab-penyebab lainnya. Jadi, silahkan coba cara diatas satu per satu untuk mengatasinya.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang capcut lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi File Tidak Didukung di Capcut dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar