close

Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah

Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah – Hallo sobat koplo, MyPertamina merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh PT. Pertemina (Persero) yang berfungsi untuk melakukan pembelian BBM Subsidi Pertalite dan Solar. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menginginkan penggunaan BBM bersubsidi dapat tepat sasaran.

Pada saat ini, setiap orang yang ingin membeli BBM subsidi Pertalite dan Solar harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina. Untuk melakukan pendaftaran di MyPertamina, anda dapat mendaftarnya melalui website Subsidi Tepet, aplikasi my pertamina, atau melalui Booth yang tersedia di SPBU-SPBU tertentu. Proses pendaftaran di MyPertamina juga sangat mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah
Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah

Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah

Ketika melakukan pendaftaran, anda akan diminta untuk melengkapi data seperti nama lengkap, nomor telepon, NIK, foto KTP, foto STNK, foto kendaraan, foto nomor polisi, dan foto diri anda. Setelah persyaratan-persyaratan tersebut sudah anda lengkapi, anda dapat mengirim data diri anda dan kendaraan melalui formulir pendaftaran. Pihak MyPertamina akan melakuakn review terhadap data-data yang anda kirimkan.

Normalnya, proses review akan memakan waktu 1 hari – 7 hari tergantung seberapa banyak orang yang mendaftar pada saat yang bersamaan. Ketika orang yang mendaftar pada saat itu relatif sedikit, maka proses review dapat selesai dengan cepat. Akan tetapi jika orang yang mendaftar pada saat itu sangat banyak, tentu proses review juga akan memakan waktu yang lumayan lama. Karena tergantung dari antrian yang mendaftar.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Jawaban Review dan Verifikasi Daftar MyPertamina Tidak Masuk di Email

Setelah proses selesai, anda akan mendapatkan jawaban dari proses pendaftaran anda yang akan dikirimkan ke email yang terdaftar. Pihak MyPertamina dapat menerima atau menolak pendaftaran anda. Ketika data yang anda kirimkan sudah benar, lengkap, dan jelas, maka kemungkinan besar pendaftaran anda akan diterima.

Akan tetapi, jika data anda dirasa tidak lengkap, tidak benar, atau tidak jelas, pihak MyPertamina dapat menolak proses pendaftaran anda. Apakah pada saat ini pendaftaran anda juga ditolak oleh MyPertamina? Jika pada saat ini pendaftaran anda Ditolak atau gagal, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi ditolak/gagal saat daftar MyPertamina. Berikut adalah tutorialnya :

Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah
Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah

1. Pastikan NIK yang anda masukkan sudah sesuai dengan KTP

Ketika melakukan pendaftaran di MyPertamina, anda akan diminta memasukkan NIK dan mengirimkan foto KTP. Agar pendaftaran anda diterima oleh MyPertamina, pastikan bahwa NIK yang anda masukkan dan NIK yang ada di foto KTP sudah sesuai. Karena jika NIK tidak sesuai dengan NIK yang ada di foto KTP, pendaftaran anda sudah pasti ditolak.

2. Pastikan Nomor polisi yang anda masukkan sudah sesuai dengan STNK dan Foto Kendaraan

Sama seperti validasi NIK, nomor polisi yang anda masukkan di form pendaftaran juga akan divalidasi oleh pihak MyPertamina. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor polisi di website atau aplikasi MyPertamina, selain itu anda juga diminta untuk mengirimkan foto STNK dan foto Kendaraan yang anda daftarkan. Pastikan semua sudah sesuai.

Baca Juga :  Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina

3. Pastikan semua data anda sudah benar

Pada saat melakukan pendaftaran MyPertamina, anda akan diminta memasukkan data berupa Nama, NIK, Nomor Kendaraan, mengirimkan foto, serta mengirim dokumen yang dipersyaratkan. Pada saat pengisian tersebut, pastikan semua data yang anda masukkan sudah benar. Jangan sampai ada salah tulis atau salah mengirimkan foto dan dokumen. Jika terdapat tidak kesesuaian data, maka pendaftaran anda kemungkinan besar akan ditolak.

4. Pastikan foto yang anda kirimkan jelas dan tidak buram

Ketika melakukan pendaftaran di Mypertamina, anda akan diminta untuk mengirimkan beberapa foto sebagai lampiran pendaftaran. Foto-foto tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar pada saat proses review pendaftaran yang anda kirimkan. Berikut adalah beberapa tips ketika mengirim foto pada saat daftar di MyPertamina :

  • Foto dapat terlihat dengan jelas/tidak blur
  • Ukuran foto tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
  • Pastikan data di STNK dan KTP dapat dibaca
  • Pastikan jumlah roda dan nomor polisi kendaraan dapat dilihat
  • Pastikan foto memiliki pencahayaan yang bagus
  • Pastikan foto yang anda kirimkan dapat dibuka

5. Lakukan pendaftaran ulang

Setelah memastikan bahwa semua data dan foto yang anda siapkan sudah sesuai dengan persyaratan untuk Daftar MyPertamina, sekarang anda dapat mengulangi proses pendaftaran MyPertamina dari awal. Sebelum mengirimkan data-data anda, cek terlebih dahulu kelengkapan dan kebenaran data anda. Jangan sampai data yang anda kirimkan salah atau tidak lengkap. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan pendaftaran anda ditolak kembali.

Baca Juga :  Apakah Beli BBM Subsidi Pertalite dan Solar di SPBU Wajib Install MyPertamina?

6. Laporkan permasalahan ke pihak MyPertamina

Jika ternyata pendaftaran anda masih ditolak kedua kalinya, padahal anda sudah merasa benar dan lengkap dalam mengisi formulir pendaftaran, anda dapat mencoba menghubungi customer service MyPertamina untuk menanyakan sebenarnya apa yang menjadi penyebab pendaftaran anda ditolak. Ketika membuat laporan ke MyPertamina, lampirkan juga data-data anda seperti NIK, Nomor Kendaraan, foto-foto, serta dokumen yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa saluran yang dapat anda manfaatkan untuk melaporkan masalah anda :

  • Alamat kantor : Jl Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110, Indonesia
  • Email : pcc135@pertamina.com
  • Telepon : 135
  • Instagram : @mypertamina https://www.instagram.com/mypertamina/
  • Facebook : https://www.facebook.com/MyPertaminaID/

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi ditolak atau gagal saat mendaftar di aplikasi MyPertamina. Biasanya penolakan tersebut disebabkan karena data yang anda kirimkan tidak sesuai atau data yang anda kirimkan tidak jelas/tidak terbaca. Jadi ketika melakukan pendaftaran, pastikan data yang anda kirimkan benar, jelas, dan sesuai.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang MyPertamina lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Tidak Bisa Daftar MyPertamina Karena NIK Sudah Digunakan. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar