Cara Mengatasi DM Instagram (IG) Error Gagal Terkirim – Hallo sobat koplo, Instagram merupakan media sosial yang digunakan untuk mengupload konten berupa foto, video, reels, dan IGTV. Dengan banyak nya fitur tersebut, pada saat ini instagram merupakan salah satu sosial media dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia. Bahkan ada sebuah akun yang memiliki jumlah follower hingga 390 juta.

Selain digunakan untuk mengupload postingan berupa foto, video, reels, dan IGTV, ternyata di Instagram anda juga dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain atau sering juga di sebut dengan DM (Direct Message). Di Instagram, anda bisa mengirimkan pesan kepada semua orang baik yang sudah anda follow atau yang belum anda follow.

Cara Mengatasi DM Instagram (IG) Error Gagal Terkirim
Cara Mengatasi DM Instagram (IG) Error Gagal Terkirim

 

Cara Mengatasi DM Instagram (IG) Error Gagal Terkirim

Kegiatan mengirim pesan di Instagram sangat sering dilakukan oleh para penggunanya. Dikarenakan pengguna bisa mengirim postingan melaui DM, membalas story yang dibalas pengguna lain, atau memang sengaja melakukan chattingan melalui istagram

Ketika sedang mengirimkan pesan melalui DM Instagram, pernahkah anda mengalami dimana pesan yang anda kirimkan selalu gagal dengan notifikasi “Gagal terkirim”. Tentu hal tersebut akan sangat mengganggu anda. Apalagi jika pesan yang ingin anda kirimkan melalui DM ini sangatlah penting dan harus cepat dibaca oleh penerima.

Ada beberapa penyebab kenapa DM instagram bisa error gagal terkirim. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah karena anda terlalu banyak melakukan DM kepada orang dalam waktu yang singkat atau anda mengirimkan pesan yang tidak pantas kepada orang lain sehingga orang tersbeut melaporkannya.

Lalu apa yang harus dilakukan apabila DM Instagram error gagal terkirim. Jika anda mengalami hal tersebut, maka anda harus segera memperbaikinya. Apakah anda sudah mengetahui bagiamana cara untuk mengatasi DM Instagram error gagal terkirim? Jika anda belum tahu cara untuk mengatasinya, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Jangan gunakan fitur DM untuk sementara waktu

Jika instagram anda mengalami masalah pada Direct Message (DM), bisa jadi hal tersebut dikarenakan anda terlalu banyak mengirimkan DM kepada orang lain dalam jangka waktu yang singkat. Sehingga pihak instagram menganggapnya seabgai tindakan SPAM. Oleh  karena itu, agar pihak instagram tidak mendeteksi akun anda melakukan SPAM, untuk sementara waktu jangan gunakan fitur DM terlebih dahulu.

Jangan melakukan SPAM Direct Message

SPAM adalah selakukan tindakan yang sama berulang-ulang kali dalam waktu yang singkat. Jika SPAM tersebut termasuk dalam kategori DM, berarti SPAm yang dimaksud disini adalah mengirimkan pesan atau DM kepada banyak orang dalam waktu yang singkat. Jadi, jika anda ingin mengirimkan pesan kepada orang lain, silahkan anda kirimkan pesan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan.

Hindari mengirimkan pesan yang tidak pantas

Pihak instagram sangat sensitif terhadap hal-hal yang kurang pantas. Seperti kata-kata kasar, pornografi, barang-barang ilegal dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya pembatasan yang dilakukan oleh pihak instagram pada DM akun anda, maka janganlah sekali-kali anda mengirimkan pesan yang tidak pantas kepada orang lain.

Hapus data aplikasi Instagram

Sebuah aplikasi yang digunakan secara terus menerus tentu akan memiliki file sampah atau file cache yang besar juga. Jika file-file tersebut tidak dibersihkan, maka aplikasi tersebut menjadi tidak berjalan secara maksimal. Sehingga menyebabkan berbagai macam error bisa terjadi. Oleh karena itu, untuk mencegah error di DM instagram, silahkan anda hapus data aplikasi Instagram secara berkala.

Update aplikasi instagram ke versi terbaru

Sebuah aplikasi yang masih aktif hingga saat ini pasti akan selalu melakukan update atau pembaruan secara berkala. Update tersebut bertujuan untuk memperbaiki bug-bug yang ada dan menambahkan fitur-fitur baru didalamnya. Sebuah aplikasi yang belum terupdate berkemungkinan besar terjadi error didalamnya. Oleh karena itu, agar tidak terjadi error gagal mengirim di DM anda, silahkan update aplikasi Instagram ke versi terbaru.

Server instagram sedang down

Sebuah aplikasi sebesar Instagram tentu memerlukan sever yang besar jug karena jumlah pengguna dan konten yang sudah terupload di server sudah terlalu besar. Ketika server yang menampung semua data aplikasi instagram mengalami down atau gangguan, maka seluruh layanan instagram juga akan terganggu. Salah satunya adalah layana DM di Instagram. Jika hal tersebut terjadi, maka satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah menunggu server instagram normal kembali.

Akun instagram anda di blokir oleh penerima

Selain terdapat fitur follow yang memungkinkan antar pengguna saling mengikuti, ternyata aplikasi instagram juga menyediakan fitur untuk memblokir pengguna lain. Fitur ini diciptakan agar pengguna dapat memblokir pengguna lain yang dirasa mengganggu. Ketika sebuah akun diblokir orang lain, maka akun tersebut tidak akan bisa mengirimkan pesan kepadanya.

Hubungi pusat bantuan Instagram

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan jika semua cara diatas tetap gagal adalah menghubungi pusat bantuan instagram. Ketika menghubungi pusat bantuan instagram, silahkan anda jelaskan permasalahan anda selengkap dan sedetail mungkin. Jelaskan kronologi kenapa DM anda bisa error. Setelah itu, silahkan anda lakukan saran yang diberikan oleh pihak instagram.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi DM Instagram error gagal mengirim. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah dikarenakan pengguna terlalu sering mengirimkan pesan atau DM kepada orang lain. Sehingga pihak instagram menganggapnya sebagai SPAM. Oleh karena itu gunakan fitur DM sewajarnya saja.

Jika anda tertarik dengan tutorial Instagram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara agar postingan diinstagram tidak bisa dilihat oleh orang yang belum follow. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda.Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close