close

Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah

Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Instagram merupakan sosial media yang sangat populer dikalangan masyarakat. Pada saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat sudah memiliki akun Instagram. Bahkan,tidak sedikit orang yang memiliki lebih dari satu akun Instgaram. Pengguna Instagram tidak hanya datang dari kalangan remaja saja, melainkan anak-anak, dewasa, hingga orang tua juga menggunakan Instagram.

Instagram adalah sosial media yang isi kontennya berfokus pada foto dan video. Pengguna dapat membagikan foto atau video nya ke akun Instagramnya. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, Instgaram terus melakukan penambahan fitur-fitur baru agar pengguna tidak bosan ketika menggunakan Instagram.

Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah
Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah

Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah

Selain digunakan untuk upload foto dan video, Instagram juga memiliki fitur-fitur lainnya. Seperti mengirimkan pesan melalui DM atau Direct Messege, membuat Instagram Story, mengupload Instagram Reels, melakukan video siaran langgsung, dan menggunakan fitur filter atau efek.

Fitur filter atau efek di Instagram ini sangat populer dan sangat digemari oleh para pengguna Instagram. Fitur atau efek ini dapat anda gunakan ketika membuat sebuah story atau melakukan video siaran langsung. Terdapat banyak sekali filter dan efek yang tersedia. Anda tinggal memilih filter mana yang ingin anda gunakan.

Ketika ingin menggunakan filter Instagram, pernahkah anda mengalami kegagalan atau tidak bisa menggunakan filter tersebut. Biasanya akan terdapat notifikasi ”Efek ini tidak didukung di perangkat anda”. Pasti anda akan merasa kesal ketika ingin menggunakan filter tersebut ternyata malah filter tersebut tidak didukung di perangkat anda. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Jika pada saat ini anda sedang tidak bisa menggunakan efek instagram karena tidak didukung diperangkat anda, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasinya. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Baca Juga :  Cara Copy Paste Caption, Bio, dan Komentar Instagram (IG) dengan Mudah
Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah
Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah

1. Update aplikasi Instagram anda ke versi terbaru

Ketika anda tidak bisa menggunakan filter instgaram karena tidak didukung di perangkat anda, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan aplikasi Instagram yang anda gunakan adalah versi terbaru.

Setiap aplikasi pasti akan melakukan pembaruan secara berkala untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada. Dengan melakukan update ke versi terbaru, biasanya bug-bug atau error yang ada pada aplikasi akan teratasi.

2. Hapus data dan cache aplikasi Instagram

Sebuah aplikasi yang terinstall di HP anda pasti memiliki file data dan cache yang tersimpan di penyimpanan internal. Semakin sering aplikasi tersebut digunakan, maka semakin besar juga ukuran data dan cache yang tersimpan. Jika data dan cache sudah menumpuk terlalu banyak, hal itu menyebabkan akun Instgaram tidak berjalan secara maksimal.

Oleh karena itu, agar performa Instagram tetap maksimal, sebagai pengguna Instagram anda harus rajin menghapus data dan cache aplikasi Instagram. Setidaknya menghapus sebulan sekali atau seminggu sekali.

3. Paksa berhenti aplikasi Instagram

Jika setelah melakukan 2 langkah di Instgaram anda tetap tidak menggunakan efek atau filter, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memaksa berhenti aplikasi Instagram. Karena bisa jadi penyebab dari tidak bisa menggunakan efek Instagram karena aplikasi Instagram tidak terbuka secara sempurna.

Oleh karena itu, anda harus menutup aplikasi Instagram dari latar belakang sistem anda melalui menu Paksa Berhenti. Karena ketika anda hanya menutup aplikasi instagram seperti biasa, aplikasi Instgaram tersebut tidak benar-benar tertutup. Akan tetapi masih berjalan di latar belakang.

4. Install ulang aplikasi Instagram

Jika setelah melakukan 3 cara diatas anda masih tidak bisa menggunakan efek dan filter di Instgaram, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah adalah menginstall ulang aplikasi Instgaram dari HP anda. Bisa saja aplikasi Instgaram yang saat ini anda gunakan tidak terinstall dengan sempurna. Atau ada file aplikasi yang tidak lengkap.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Komentar di Instastory atau IG Story dengan Mudah

Jika memang seperti itu, langkah yang harus anda lakukan adalah menginstall ulang aplikasi Instagram. Cara untuk melakukannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menguninstall aplikasi Instagram kemudian menginstallnya kembali melalui PlayStore atau AppStore.

Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah
Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah

5. Pastikan koneksi Internet yang anda gunakan lancar

Agar dapat menggunakan filter dan efek yang ada di Instagram, anda membutuhkan koneksi internet yang kencang dan stabil. Karena sebelum bisa menggunakan efek dan filter di Instagram, anda harus mendownload efek dan filter tersebut terlebih dahulu. Hal tersebut tentu membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Untuk memastikan koneksi Internet yang anda gunakan stabil, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan, gunakan operator jaringan terbaik di daerah anda, pastikan sinyal full, pastikan jaringan anda sudah 4G, dan jika anda menggunakan WiFi pastikan WiFi tersebut memiliki kecepatan yang stabil.

6. Mencoba filter dan efek di perangkat lain

Jika setelah melakukan langkah-langkah diatas anda tetap tidak bisa menggunakan filter Instagram karena tidak didukung diperangkat anda, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencoba filter tersebut diperangkat atau device lain.

Jika diperangkat lain filter tersebut tetap tidak bisa digunakan, berarti permasalahan terdapat pada filter tersebut. Entah ada bug atau kesalahan lainnya. Akan tetapi jika ternyata filter tersebut dapat digunakan di perangkat lain, berarti permasalahan ada di aplikasi atau perangkat yang anda gunakan.

7. Restart HP anda

Kesalahan yang ada di aplikasi seperti tidak bisa menggunakan filter diaplikasi Instagram juga bisa disebabkan karena permasalahan pada sistem HP anda. Sehingga fitur-fitur yang ada pada aplikasi tidak berjalan dengan lancar.

Jika memang demikian, langkah lain yang dapat anda lakukan adalah mematikan sementara atau melakukan restart pada perangkat anda. Hal tersebut memang sangat simpel dan sangat sederhana. Akan tetapi sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di HP.

Baca Juga :  Cara Download Audio Reels Instagram dengan Mudah Tanpa Aplikasi

8. Hubungi pembuat filter

Filter yang ada dan tersedia di Instagram sebagaian besar dibuat oleh pengguna Instagram lainnya. Ketika anda tidak bisa menggunakan suatu filter, maka anda dapat menghubungi pembuatannya untuk menanyakan penyebab anda tidak bisa menggunakan.

Untuk mengetahui siapa pembuat dari suatu filter atau efek, anda dapat mengetahuinya melalui username yang ada dibelakang filter. Setelah mengetahui pembuat dari filter tersebut, anda dapat menghubungi nya melalui DM dan menjelaskan permasalahan anda.

9. Ganti perangkat yang anda gunakan

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi efek instagram tidak didukung di perangkat anda adalah dengan mengganti perangkat yang anda gunakan. Karena bisa jadi penyebab dari hal tersebut karena memang perangkat yang anda gunakan memang sudah tidak support atau tidak mendukung untuk menggunakan efek dan filter tersebut.

Bisa jadi perangkat yang anda gunakan memiliki spesifikasi yang terlalu rendah sehingga tidak bisa memuat efek dan filter tersebut. Jika sudah demikian, anda harus mengganti perangkat anda dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi efek instagram tidak didukung di perangkat anda. Permasalahan tidak bisa menggunakan efek di Instagram memang sering dialami oleh pengguna. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena jika anda memang tidak bisa menggunakan filter tersebut, masih terdapat filter-filter lain yang mirip dengan filter tersebut.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Instgaram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mendapatkan Endorse di Instagram dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar