close

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Sebagian pengguna smartphone tentu pernah menemui situasi perangkat yang mengalami bootloop. Situasi tersebut membuat perangkat tidak dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Dalam kondisi yang cukup parah, perangkat Anda bahkan tidak dapat mencapai tampilan awal saat dinyalakan.

Dalam beberapa kondisi ideal, Anda akan tetap bisa menggunakan perangkat meski sempat mengalami bootloop. Situasi tersebut memungkinkan lebih banyak opsi pemulihan yang dapat Anda lakukan. Namun apabila bootloop tidak berhenti setelah waktu yang cukup panjang, maka Anda perlu melakukan beberapa opsi yang sedikit lebih kompleks.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah

Apa yang dimaksud dengan Bootloop?

Istilah bootloop merujuk pada kondisi perangkat smartphone yang terus-menerus melakukan booting atau upaya akses awal penyalaan perangkat dan menjalankan sistem operasi. Ponsel yang mengalami bootloop umumnya tetap akan dapat Anda nyalakan. Namun tampilan layar tidak dapat melanjutkan proses seperti biasanya.

Pada perangkat Xiaomi, Anda akan hanya mencapai tampilan logo awal Xiaomi. Setelah itu, ponsel umumnya akan kembali mati dan memulai ulang. Situasi tersebut dapat berjalan terus-menerus apabila Anda tidak melakukan tindakan lain. Sehingga Anda sama sekali tidak akan bisa menggunakan perangkat Xiaomi tersebut.

Jenis-jenis Bootloop HP Xiaomi

Pada Xiaomi, terdapat beberapa Bootlopp yang mungkin bisa diterjadi, beberapa jenis tersebut adalah :

  • Bootloop Ringan : ciri-ciri dari kerusakan ini bisa ditandai dengan ponsel masih bisa masuk ke menu, namun tiba-tiba terjadi pada proses restart sendiri.
  • Bootloop Sedang : ciri-ciri dari kerusakan ini bisa ditandai dengan ponsel hanya mampu masuk ke tampilan logo (mentok logo) ketika dihidupkan dan masih bisa mengakses menu TWRP.
  • Bootloop berat : ponsel hanya mampu masuk ke tampilan logo MI dan tidak bisa mengakses menu TWRP.

Penyebab HP Xiaomi Bootloop

Tidak hanya pada HP Xiaomi, Situasi bootloop dapat terjadi pada hampir setiap brand smartphone. Di balik situasi tersebut, terdapat beberapa penyebab umum yang melatar belakangi. Adapun beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab tersebut antara lain sebagai berikut :

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah

1. Flashing Perangkat

Proses Flashing perangkat merupakan istilah dari proses perubahan firmware perangkat Anda. Proses flashing umumnya terjadi saat Anda meningkatkan atau menurunkan versi sistem operasi. Hal tersebut bisa saja dilakukan untuk kepentingan performa atau mengikuti perkembangan aplikasi pendukung yang hadir di berbagai layanan.

Pada proses normal, Anda akan mengalami beberapa kali reboot dalam proses flashing. Namun apabila hal tersebut terus berlangsung tanpa kendali, maka terdapat kemungkinan smartphone Anda mengalami bootloop. Apabila hal tersebut terjadi, Anda perlu melakukan tindakan penanganan agar perangkat dapat digunakan kembali.

2. HP Xiaomi Overclock

Istilah overclock merujuk pada situasi perangkat yang harus menjalankan performa di atas kapasitas dasarnya. Apabila hal tersebut berlangsung dalam waktu lama, perangkat tentu akan mengalami gangguan. Beberapa kondisi jangka panjang bahkan dapat berakibat perangkat rusak permanen. Situasi tersebut juga dapat memicu perangkat mengalami bootloop.

Baca Juga :  Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah

3. Pemulihan Sistem

Apabila Anda melakukan hard reset atau proses pemulihan secara manual, maka terdapat potensi sejumlah data sistem gagal terhapus. Data sistem tersebut dapat bersifat tersembunyi atau berada pada direktori yang Anda lewatkan. Adanya sejumlah data tersebut dapat memicu proses booting terjadi berulang-ulang.

4. Perubahan Script Utama

Sistem operasi sebuah telepon pintar terdiri dari rangkaian kode yang rumit. Namun keberadaan kode utama sistem operasi tersebut umumnya dapat Anda akses di dalam perangkat. Akses tersebut dapat terjadi secara sengaja maupun tidak disengaja. Seperti data umum lainnya, Anda juga memiliki potensi menghapus atau mengubah data sistem tersebut.

Proses yang terjadi pada data sistem operasi dapat mengakibatkan data hilang atau rusak. Situasi tersebut berdampak pada sistem operasi yang akan gagal berjalan saat perangkat dinyalakan. Akses sistem operasi yang gagal mendorong perangkat memulai ulang (restart) dan situasi tersebut memicu bootloop.

5. Aplikasi Ilegal

Aplikasi ilegal yang tidak dapat Anda verifikasi keamanannya dapat memiliki akses pada data-data penting. Hal tersebut dapat juga terjadi pada data sistem yang berguna saat proses booting berlangsung. Aplikasi dan ilegal dapat terpasang di perangkat Anda dan mendapatkan izin akses pada ruang-ruang penyimpanan yang tidak seharusnya terekspos.

Cara Mengatasi Bootloop HP Xiaomi Mentok Logo

Situasi bootloop tidak menjadikan Anda kehilangan akses pada perangkat smartphone secara permanen. Terdapat beberapa metode penanganan yang dapat Anda tempuh apabila situasi tersebut terjadi. Beberapa cara yang umum dapat Anda lakukan antara lain:

  • Factory reset;
  • Flashing via PC;
  • Flashing tanpa PC via TWRP; dan
  • Pemulihan dengan MI Assistant.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop lewat Factory Reset

Prosedur Factory reset atau dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan istilah pengembalian ke setelan pabrik. Proses ini akan membuat perangkat kembali ke kondisi awal yang serupa seperti saat pertama kali Anda menggunakan atau membeli ponsel Xiaomi. Proses ini juga mengembalikan data sistem yang rusak atau hilang.

Dalam prosesnya Anda akan kehilangan seluruh data selain sistem dasar. Data tersebut termasuk foto, gambar, audio, aplikasi, dan berbagai format informasi lainnya. Maka sangat disarankan agar Anda melakukan aktivitas pencadangan data secara rutin. Hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari situasi kehilangan data.

Terdapat dua mekanisme reset yang tersedia dalam perangkat Xiaomi. Mekanisme tersebut adalah factory reset yang tersedia dari fungsi Xiaomi dan hard reset dari Android. Fungsi factory reset yang tersedia dari Xiaomi hanya dapat dilakukan apabila bootloop bersifat sementara. Sebab Anda harus melakukannya saat ponsel menyala dari menu pengaturan.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah
Factory Reset

Prosedur factory reset dari menu pengaturan dapat Anda lakukan apabila HP Xiaomi telah beberapa kali mengalami bootloop namun masih dapat mencapai tampilan awal di kondisi tertentu. Langkah ini juga memungkinkan Anda mencadangkan data terlebih dahulu. Adapun prosedur factory reset tersebut dapat Anda lakukan melalui beberapa langkah berikut:

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

1. Buka menu “Setting”;
2. Pilih opsi “More Setting”;
3. Tekan pada menu “Backup & Reset”;
4. Pilih menu “Factory Reset”;
5. Pada halaman detail, tekan pada tombol “Reset”;
6. Masukkan kata sandi dan tekan tombol “OK”;
7. Tunggu beberapa saat hingga proses factory reset selesai.

Namun apabila perangkat Xiaomi tidak dapat mencapai tampilan awal sama sekali, maka Anda hanya memiliki opsi hard reset. Prosedur ini dapat Anda lakukan saat smartphone kembali dimatikan. Adapun beberapa langkah yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Tekan dan tahan tombol daya bersama volume naik;
2. Tunggu beberapa saat;
3. HP Xiaomi akan menyala dan membuka fungsi Recovery;
4. Pilih opsi bahasa. Gunakan tombol volume atas-bawah;
5. Gunakan tombol daya untuk konfirmasi pilihan bahasa;
6. Pilih opsi “Hard Reset” atau “Wipe Data”;
7. Tunggu proses reset selesai.

Cara mengatasi HP Xiaomi Bootloop lewat Flashing via PC

Seperti penjelasan sebelumnya, prosedur flashing dapat Anda manfaatkan untuk mengatur ulang beberapa data firmware. Di dalam firmware tersebut terdapat juga data sistem operasi yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan. Sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk memperbaiki kerusakan data umum dan data sistem operasi.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah
Flash HP Xiaomi via PC

Dalam prosesnya, terdapat beberapa persiapan yang Anda perlu lakukan. Adapun beberapa perangkat yang Anda butuhkan antara lain :

  • Komputer atau laptop;
  • MI Flash Tools (https://www.xiaomiflash.com/);
  • Xiaomi USB Driver (https://www.xiaomidriversdownload.com/xiaomi-usb-drivers-official/);
  • ADB Driver (https://adbdriver.com/);
  • Fastboot (https://androidmtk.com/download-minimal-adb-and-fastboot-tool); dan
  • ROM Xiaomi (https://c.mi.com/id/miuidownload/index).

Pastikan Anda telah mengunduh seluruh perlengkapan data di atas. Pilih tipe ROM Xiaomi sesuai model perangkat yang Anda gunakan. Khusus ROM Xiaomi, Anda dapat mengekstrak data tersebut terlebih dulu. Apabila seluruh data persiapan tersebut telah Anda unduh, maka selanjutnya ikuti beberapa panduan berikut ini.

1. Jalankan instalasi (pilih “Install as Administrator”);
2. Buka program setelah instalasi selesai;
3. Unduh dan ekstrak ROM Xiaomi;
4. Salin hasil ekstrak data ROM Xiaomi ke drive C: laptop atau komputer;
5. Tekan tombol daya dan volume bawah HP Xiaomi secara bersamaan;
6. Tahan kombinasi tombol beberapa saat agar masuk ke mode Fastboot;
7. Hubungkan HP Xiaomi ke komputer atau laptop dengan kabel USB;
8. Buka kembali aplikasi MI Flash Tool;
9. Klik pada tombol “Select”;
10. Arahkan pilihan pada folder ROM Xiaomi;
11. Di bagian bawah aplikasi MI Flash Tool, pilih opsi “Clean All”;
12. Klik tombol “Flash”;
13. Tunggu beberapa saat dan temukan status “Flash Done”.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop lewat Flashing Tanpa PC via TWRP

Flashing menggunakan TWRP dapat Anda lakukan tanpa perangkat komputer. Proses ini hanya bisa Anda lakukan apabila perangkat masih dapat berfungsi setelah mengalami bootloop. Sebab Anda perlu mengakses fitur aplikasi TWRP dan beberapa langkah flashing. Adapun prosesnya terbagi menjadi dua bagian utama.

Baca Juga :  Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah
Via TWRP

Mendapatkan File IMG

Untuk melakukan prosedur flashing tanpa PC, Anda akan membutuhkan file IMG yang terunduh ke dalam perangkat smartphone. Data tersebut Anda bisa dapatkan di aplikasi TWRP. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan antara lain:

1. Unduh aplikasi TWRP untuk mendapatkan file .img
2. Jalankan aplikasi TWRP Flash;
3. Tekan “Select Device”;
4. Temukan model perangkat yang sesuai pada menu;
5. Pada halaman detail, pilih data IMG terbaru;
6. Tekan opsi “Download Confirmation” dan tombol “OKAY”; lalu
7. Tunggu proses unduhan selesai.

Memulai Flashing

Setelah proses unduhan selesai, data IMG sesuai versi smartphone akan tersimpan di ruang penyimpanan lokal. Pastikan proses unduhan telah selesai dan data terunduh sempurna. Setelahnya Anda akan membutuhkan aplikasi TWRP Flash kembali dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Jalankan aplikasi TWRP Flash;
2. Centang pilihan “I Agree” dan “Run with root permissions”;
3. Tekan tombol “TWRP FLASH”;
4. Pilih opsi “Select a file to flash”;
5. Tekan pada opsi penyimpanan lokal dengan indeks nol;
6. Temukan dan pilih TWRP Image yang telah diunduh dan tekan tombol “Select”;
7. Tekan kembali tombol “Flash to Recovery”;
8. Pilih opsi “OKAY”;
9. Apabila berhasil, Anda akan menemukan pesan “Flash Completed Successfully!”;
10. Tekan tombol “OKAY”.

Cara mengatasi HP Xiaomi Bootloop lewat MI Assistant

Layanan MI Assistant merupakan fungsi yang serupa dengan prosedur pemulihan lainnya. Namun layanan ini memungkinkan Anda mendapatkan kembali data-data yang dicadangkan. Sehingga proses pemulihan dapat juga membawa kondisi perangkat dengan data yang masih bisa digunakan.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah
MI Assisstant

1. Unduh dan pasangkan MI PC Suite di komputer atau laptop Anda;
2. Matikan HP Xiaomi Anda;
3. Tekan tombol daya dan volume atas saat menyalakan kembali HP Xiaomi;
4. Tunggu beberapa saat untuk masuk ke Recovery Mode;
5. Pilih menu “Connect with MI Assistant”;
6. Jalankan program MI PC Suite di komputer;
7. Login ke Akun MI di yang terhubung dengan smartphone;
8. Hubungkan HP Xiaomi ke komputer dengan kabel data;
9. Tekan tombol “Refresh” yang tersedia di MI PC Suite;
10. Pada aplikasi MI PC Suite, akan tersedia beberapa opsi;
11. Tekan tombol “Flash”;
12. Tunggu beberapa saat proses berjalan dan ponsel dapat Anda gunakan kembali.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi HP Xiaomi Bootloop mentok di logo. Terdapat lebih banyak opsi pemulihan yang juga aman apabila Anda memiliki Akun MI dan melakukan pencadangan secara rutin. Maka Anda disarankan menghubungkan perangkat dengan Akun MI sesegera mungkin.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar