close

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang – Hallo sobat koplo, Anda dapat mengatasi HP Xiaomi yang lemot, ngelag, dan sering hang dengan beberapa tips. Namun setiap tips hadir untuk mengatasi situasi yang berbeda. Sehingga Anda perlu memahami beberapa hal dan melakukan analisa sebelum menerapkan solusi yang tepat pada perangkat Anda.

Kondisi HP Xiaomi lemot, ngelag, dan sering hang dapat diakibatkan beberapa faktor. Masing-masing faktor memiliki pendekatan solusi yang berbeda. Menerapkan solusi yang keliru tentu hanya akan membuang waktu Anda. Selain itu, pada kondisi tertentu juga memungkinkan Anda harus menghubungi pihak profesional apabila kondisi hang tidak dapat Anda atasi secara mandiri.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang
Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

Tentang Kondisi HP Xiaomi Lemot, Lag, dan Hang

Setiap HP Xiaomi berkembang dengan spesifikasi teknis tersendiri. Setiap spesifikasi tersebut dikembangkan agar dapat menerima dan menjalankan fungsi serta instruksi dari pengguna. Namun beberapa faktor dapat menyebabkan HP Xiaomi Anda mengalami kendala saat memproses instruksi atau menjalankan fungsi tertentu.

Sebagai pengguna, Anda akan melihat kondisi tersebut sebagai HP Xiaomi yang lemot atau mengalami lag. Dalam situasi singkat, hal tersebut bisa saja tidak terlalu mengganggu. Namun apabila terjadi terus-menerus, tentu Anda akan merasa terganggu. Bahkan dalam jangka panjang dapat menghambat pekerjaan dan aktivitas Anda.

Penyebab HP Xiaomi Lemot, Lag, dan Hang

Kondisi HP Xiaomi yang mengalami performa lemot, lag, atau hang dapat terjadi akibat berbagai faktor. Analisa faktor yang sesuai dengan kondisi perangkat akan mengarahkan pada solusi yang tepat. Sehingga proses perbaikan dan perawatan HP Xiaomi Anda tidak membuang waktu.

Sebaliknya, melewatkan proses analisa bahkan dapat membuat kondisi perangkat menjadi lebih parah. Tentu Anda tidak menginginkan situasi memburuk. Selain memakan waktu dalam prosesnya, Anda juga bahkan harus terpaksa mengeluarkan anggaran ekstra untuk perbaikan tambahan yang semestinya tidak perlu.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang
Penyebab HP Xiaomi Lemot

1. Memori Penyimpanan Penuh

Setiap tipe HP Xiaomi memiliki spesifikasi penyimpanan yang berbeda. Periksa kapasitas ruang penyimpanan data Anda secara rutin. HP Xiaomi dengan kapasitas penyimpanan terisi lebih dari 90% umumnya akan mengalami penurunan performa. Hal tersebut disebabkan perangkat yang harus membaca terlalu banyak data secara bersamaan.

Dalam penggunaannya, Anda dapat melakukan pembersihan pada data tidak terpakai secara berkala. Selain tidak baik bagi performa perangkat, hal tersebut juga berdampak pada pengelolaan rutinitas. Terlalu banyak informasi yang Anda terima secara rutin akan menyebabkan fokus yang menurun dalam aktivitas sehari-hari.

2. Terlalu Banyak Aplikasi

Setiap aplikasi yang terpasang pada HP Xiaomi Anda tentu membutuhkan porsi RAM agar dapat berjalan dengan baik. Apabila Anda memasang banyak aplikasi dalam HP Xiaomi, maka hal tersebut akan menyebabkan RAM bekerja sangat sibuk. Di saat bersamaan, alokasi RAM tentu memiliki batasan tertentu sesuai tipe HP Xiaomi Anda.

Dalam kondisi yang berlangsung terus menerus, porsi RAM HP Xiaomi Anda akan terdistribusi dalam ukuran-ukuran yang terlalu kecil. Hal tersebut membuat HP Xiaomi Anda kesulitan mengeksekusi perintah dan proses. Sehingga perangkat Anda akan tampak lag dan lambat memproses instruksi tertentu.

3. Terdapat Bug di Sistem atau Aplikasi

Istilah bug dapat Anda pahami sebagai komponen kesalahan atau error di tingkatan aplikasi. Komponen yang salah tersebut membuat sebagian kecil atau keseluruhan sistem tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Bug dapat berasal dari berbagai kondisi, termasuk kesalahan pemasangan aplikasi, virus, dan berbagai hal lain.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Hilang atau Tidak Muncul

Bug juga cukup sering ditemukan terjadi akibat pemasangan aplikasi ilegal dari luar layanan Play Store. Sebab sejumlah aplikasi di luar layanan inti tersebut tidak melalui proses verifikasi yang layak untuk dapat terpasang di HP Xiaomi Anda. Beberapa aplikasi yang sering menimbulkan bug di antaranya adalah mod, bot, dan berbagai layanan sejenis.

4. Infeksi Virus atau Malware

HP Xiaomi yang terinfeksi virus atau malware tentu tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Virus dapat merusak beberapa komponen penting di dalam sistem. Hal tersebut menimbulkan kendala performa yang tampil sebagai lag atau hang pada perangkat Anda. Dalam ruang lingkup smartphone, terdapat banyak jenis virus dan malware yang tersebar di dunia.
HP Xiaomi Anda dapat terserang virus dan malware dari berbagai sumber. Di antaranya:

  • Instalasi aplikasi ilegal;
  • Pemasangan mod APK;
  • Modifikasi firmware;
  • Klik iklan digital;
  • Akses web ilegal; dsb.

5. HP Xiaomi Terlalu Panas

Dalam penggunaan perangkat smartphone, terdapat istilah yang dikenal dengan overclock. Istilah tersebut merujuk pada performa melebih batas dasar kemampuan perangkat. Batasan overclock pada setiap perangkat HP Xiaomi tentu berbeda antara satu tipe dengan lainnya. Maka sangat penting bagi Anda mengetahui batasan ini.

Perangkat yang berada dalam fase overclock terlalu lama akan menghasilkan panas berlebih pada badan smartphone. Apabila situasi bertahan terus menerus, perangkat akan kehilangan ketahanannya dan mengalami hang. Anda perlu mewaspadai apabila kondisi tersebut terjadi berulang-ulang.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Lag, dan Hang

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi HP Xiaomi yang lemot, lag, dan hang. Lakukan solusi sesuai dengan kondisi yang terjadi pada HP Xiaomi Anda. Sebagian besar solusi yang tersedia juga umumnya tidak memerlukan biaya. Khususnya pada penanganan yang hanya berfokus pada aplikasi dan perangkat lunak pendukungnya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang
Cara mengatasi HP Xiaomi ngelag

1. Menghapus Data dan Cache

Setiap informasi yang tersedia di HP Xiaomi merupakan sebuah data. Sementara cache merupakan data-data yang disimpan agar sebuah aplikasi, halaman web, dan berbagai fungsi dapat berjalan lebih singkat. Namun di sisi lain, penyimpanan data dan cache aplikasi yang berlebih justru dapat menyebabkan performa perangkat menurun secara keseluruhan.

Pada situasi tersebut, Anda perlu menghapus data dan cache aplikasi. Adapun cara melakukannya adalah:

  • Buka aplikasi “Setting” di HP Xiaomi Anda;
  • Temukan menu “Storage” atau “Penyimpanan”;
  • Gulirkan ke bawah dan temukan menu “Cache Data”;
  • Pilih dan tap “OK”;
  • Selesai.

2. Upgrade Sistem Operasi Xiaomi

Dalam pengaturan standar, HP Xiaomi Anda akan menggunakan MIUI sebagai sistem dasar. Sistem ini mengalami dukungan pembaruan secara berkala dari layanan Xiaomi. Pembaruan tersebut memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  • Proteksi virus dan malware;
  • Pengalaman UI/UX yang lebih baik;
  • Pemutakhiran sistem;
  • Fitur baru; dsb.

Versi MIUI yang terlalu lama tidak mengalam upgrade akan membuat perangkat kehilangan dukungan dari layanan Xiaomi. Hal tersebut akan menimbulkan sejumlah kendala, seperti performa lemot, lag, dan hang. Untuk itu, Anda perlu memeriksa secara berkala sistem MIUI yang digunakan pada HP Xiaomi.

Adapun cara untuk melakukan upgrade MIUI pada HP Xiaomi Anda adalah:

  • Buka “Pengaturan”;
  • Gulirkan dan pilih menu “Tentang Perangkat”;
  • Pilih “Pembaruan Sistem”;
  • Tekan pada opsi “MIUI”;
  • Apabila terdapat pembaruan, tekan pada opsi “Unduh Pembaruan”;
  • Mulai unduhan dan tunggu beberapa menit;
  • Setelah unduhan selesai, tekan menu “Terapkan Pembaruan”;
  • Tunggu proses berjalan dan HP Xiaomi Anda akan melakukan restart mandiri;
  • Proses upgrade selesai.
Baca Juga :  Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe dengan Mudah

3. Kosongkan Memori Penyimpanan

Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan agar performa HP Xiaomi dapat kembali optimal. Dalam prosesnya, Anda tidak perlu menghapus seluruh data yang tersimpan. Bahkan terdapat fitur yang akan menganalisa data-data tidak terpakai dan informasi tidak penting di dalam perangkat Anda.

Untuk mengakses fitur tersebut, Anda dapat melakukan proses berikut ini :

  • Akses aplikasi “Keamanan”;
  • Tekan menu “Pembersih”;
  • Tunggu proses scan yang berjalan otomatis;
  • Tekan pada opsi “Clean up” setelah proses scan selesai;
  • Proses selesai.

4. Kosongkan RAM

RAM merupakan komponen smartphone yang digunakan untuk membaca dan menjalankan aplikasi. Apabila alokasi RAM terpakai terlalu banyak, maka perangkat Anda akan mengalami kendala performa. Anda dapat memberikan alokasi lebih pada RAM, agar instruksi dan aplikasi dapat berjalan lebih lancar.

Adapun beberapa rekomendasi yang dapat Anda lakukan agar alokasi RAM lebih ringan adalah :

  • Menghapus aplikasi yang jarang digunakan;
  • Hapus foto dan video tidak terpakai;
  • Pindahkan data ke layanan cloud storage;
  • Hapus data tidak terpakai dari WhatsApp;
  • Matikan pemakaian live wallpaper;
  • Bersihkan recent apps melalui drop-down menu.

5. Berhenti Saat HP Xiaomi Mulai Panas

HP Xiaomi yang mengalami peningkatan suhu merupakan salah satu indikasi perangkat sedang dalam kondisi overclock. Apabila berlangsung dalam waktu lama, hal tersebut dapat membuat HP Xiaomi menjadi lemot, lag, dan hang. Maka sangat disarankan Anda menghentikan pemakaian sementara apabila hal tersebut terjadi.

Hindari juga penggunaan HP Xiaomi yang masih terpasang dengan perangkat pengisi daya. Selain berpotensi menurunkan kualitas perangkat, hal tersebut juga dapat berbahaya bagi pengguna. Sebab terdapat risiko tersengat aliran listrik apabila Anda menggunakan perangkat terlalu dekat dengan sumber daya listrik.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang
Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Pada layanan dasar, Anda akan menemukan aplikasi “Security” atau “Keamanan” sebagai opsi untuk mengelola performa HP Xiaomi. Namun apabila pemanfaatan aplikasi tersebut tidak banyak membantu, maka Anda dapat memasang aplikasi lain yang memiliki fungsi lebih mutakhir di perangkat Xiaomi.

Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Cleaner;
  • Mi Cleaner;
  • MIUI Cleaner App;
  • Xiaomi Cleaner; dsb.

Namun pastikan Anda memasang aplikasi dari sumber yang terpercaya dan legal. Hal tersebut menghindarkan risiko perangkat Anda mengalami situasi lebih buruk setelah pemasangan aplikasi.

7. Gunakan MicroSD Class 10

Anda dapat menggunakan perangkat penyimpanan tambahan untuk mengurangi beban pada ruang penyimpanan lokal HP Xiaomi. Salah satu rekomendasi terbaik adalah dengan menggunakan tipe microSD kelas 10 pada HP Xiaomi Anda. Tipe perangkat penyimpanan tersebut memiliki performa pembacaan, salinan, dan operasional data dengan lebih cepat.

Hal tersebut akan berdampak pada performa RAM HP Xiaomi Anda. Teknologi microSD kelas 10 mendukung pembacaan yang lebih ringan. Sehingga perangkat, khususnya RAM tidak akan membebani performa saat sedang melakukan operasi dan pembacaan data pada ruang penyimpanannya.

8. Matikan Proses di Latar Belakang

Terdapat beberapa aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang meski Anda telah menutup atau meminimalkan tampilannya. Opsi tersebut umumnya terdapat pada aplikasi perpesanan, pengelola jadwal, dan layanan sejenis. Sehingga Anda tidak tertinggal dengan pembaruan dari layanan di aplikasi terkait.

Baca Juga :  Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Namun proses latar belakang yang terlalu banyak juga akan menyebabkan performa HP Xiaomi Anda terbebani. Untuk membatasi performa di latar belakang, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi “Setting”;
  • Tekan pada menu “Battery & Performance”;
  • Pilih “Manage apps battery usages”;
  • Tekan pada opsi “Choose apps”;
  • Buka menu “Installed apps”;
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda batasi;
  • Tekan opsi “Restrct background apps”;
  • Lakukan proses 4-7 secara berulang pada aplikasi lain.

9. Kurangi Penggunaan Widget

Widget yang terdapat pada tampilan halaman depan memiliki berbagai fungsi yang unik dan menarik. Beberapa widget memiliki fungsi mempercantik tampilan dan memberikan pintasan pada informasi penting seperti suhu, cuaca, jam, serta data penting lainnya. Namun penggunaan widget tersebut juga menggunakan RAM secara berkelanjutan.

Pada penempatan widget yang berlebihan, HP Xiaomi Anda akan mengalokasikan porsi besar RAM agar seluruh widget tetap berjalan. Hal tersebut tentu akan berdampak pada performa perangkat. Sehingga akan lebih baik apabila Anda membatasi penggunaannya. Anda dapat menghapus widget dari tampilan dengan menekan widget pilihan dan tap pada opsi “Delete”.

10. Kurangi Penggunaan Animasi

Serupa dengan widget pada tampilan di halaman depan, Anda juga dapat membuat beberapa efek animasi pada HP Xiaomi. Fungsi ini memberikan eksplorasi tampilan yang menarik. Namun dampak lain yang sering diabaikan adalah penggunaan porsi RAM secara terus-menerus yang berdampak pada performa perangkat.

Anda direkomendasikan untuk membatasi penggunaan animasi tampilan dan efek gerakan. Tujuannya agar alokasi RAM tetap sesuai dengan prioritas performa perangkat. Anda dapat menemukan pengaturannya pada aplikasi “Setting” dan menu “Tampilan”.

11. Restart HP Xiaomi

Proses restart juga dapat membantu HP Xiaomi menutup berbagai proses yang sedang berjalan. Sehingga Anda dapat melakukan restart apabila HP Xiaomi mulai menunjukkan penurunan performa seperti lemot, lag, dan hang. Setelah proses restart, umumnya Anda akan mendapati perangkat yang lebih lancar digunakan.

12. Lakukan Reset

Apabila berbagai metode yang direkomendasikan sebelumnya tidak bekerja, maka Anda dapat menggunakan opsi reset pada HP Xiaomi. Fungsi ini akan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal seperti saat pertama kali Anda membeli HP Xiaomi. Sehingga seluruh aplikasi dan elemen selain firmware akan terhapus dari perangkat.

Namun Anda juga akan kehilangan data di dalam perangkat. Sehingga Anda perlu memastikan telah melakukan pencadangan data sebelum memulai prosedur reset HP Xiaomi. Adapun panduannya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi “Setting”;
  • Akses menu “General Setting”;
  • Pilih opsi “Backup & Reset”;
  • Tekan “Reset Phone”;
  • Ikuti petunjuk lanjutan dan tunggu proses selesai.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi HP Xiaomi Lemot, Lag, dan Hang. sebagai pengguna HP Xiaomi, pasti anda akan merasa kesal jika tiba-tiba HP anda lemot, lag, dan hang. Terlebih lagi jika HP tersebut sedang digunakan untuk mengerjakan hal-hal yang penting. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir. Karena anda dapat dengan mengatasinya dengan cara-cara diatas.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Mentok Logo dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar