close

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah – Halo sobat koplo, mendengarkan musik dan bermain game di HP Xiaomi pastinya jadi aktivitas yang seru. Tapi hal ini tidak bisa berjalan kalau HP Xiaomi tidak ada suara. Pastinya momen bermain game jadi tidak seru dan mendengarkan musik juga tidak bisa dilakukan. Karena memang sevital itu fungsi audio dalam HP Xiaomi.

Tapi setiap perangkat tentu memiliki risiko kendala performa tersendiri, termasuk dalam hal HP Xiaomi tidak ada suara. Dalam prosesnya, Anda bisa mengatasi kendala ini dengan cukup mudah pada tingkat yang ringan. Namun beberapa kondisi akan membutuhkan dukungan pihak yang lebih profesional.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah

Sekilas Tentang Permasalahan Tidak Keluar Suara di HP Xiaomi

HP Xiaomi tidak ada suara dapat disebabkan beberapa kendala. Di sisi lain, hal ini juga dapat mengganggu kinerja perangkat. Dalam fungsi dasar, Anda jadi tidak bisa mendapatkan notifikasi secara proporsional. Panggilan dan aktivitas di sekitaran audio juga mungkin saja tidak bisa dilakukan.

Dengan vitalnya perangkat audio dalam sebuah smartphone, ada baiknya Anda memahami dengan jelas penyebab yang mungkin terjadi. Di saat bersamaan, mengetahui penyebab juga jadi langkah awal untuk mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara dengan lebih akurat. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah

Penyebab HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Terdapat banyak penyebab yang bisa menjadi faktor HP Xiaomi tidak ada suara. Penyebab tersebut dapat berasal dari perangkat keras ataupun sistem HP Xiaomi Anda. Apabila kendala terjadi pada perangkat keras, dalam kondisi ringan Anda bisa mengatasi kendala dalam beberapa langkah singkat.

Namun dalam kendala lanjutan atau bahkan membutuhkan pergantian perangkat, Anda tentu akan memerlukan bantuan profesional. Hal tersebut juga terjadi jika Anda menemukan kendala pada sistem dan aplikasi tingkat lanjut. Beberapa kondisi yang umum menjadi penyebab antara lain adalah sebagai berikut :

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah
Penyebab HP Xiaomi tidak ada suara

1. Berada di Mode Hening (Mute)

Mode hening pada HP Xiaomi berfungi untuk meredam suara dan notifikasi secara umum. Tujuan mode hening adalah membuat Anda fokus dan tidak terganggu dengan bunyi dari HP Xiaomi selama pekerjaan tertentu. Namun terkadang mode ini tetap aktif akibat Anda lupa mematikan pengaturannya. Situasinya menyebabkan HP Xiaomi tidak ada suara.

2. Volume Terlalu Kecil

Pengaturan volume yang terlalu kecil juga dapat menjadi sumber kendala HP Xiaomi tidak ada suara. Hal ini utamanya terjadi pada lingkungan yang lebih bising. Suara yang terlalu kecil akan tidak terdengar jelas pada ruangan atau area yang ramai. Situasi ini cenderung cukup mudah diatasi secara mandiri.

3. Kerusakan Speaker

Pada tingkat yang lebih rumit, HP Xiaomi tidak ada suara juga dapat disebabkan oleh perangkat speaker yang rusak. Kondisi kerusakan dapat terjadi akibat beberapa hal dan perlu beberapa pengujian untuk membuktikannya. Sebab Anda tidak selalu perlu melakukan penggantian unit atau perbaikan besar untuk setiap kondisi.

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah

4. Kabel Putus

Pada beberapa model, Xiaomi juga masih menggunakan kabel klasik yang berpotensi putus. Hal tersebut bisa menyebabkan HP Xiaomi tidak ada suara pada pemakaian jangka panjang atau benturan tertentu. Pada kendala ini, Anda mungkin tidak akan bisa menanganinya secara mandiri dan membutuhkan dukungan ahli.

5. Terkena Air

HP Xiaomi tidak ada suara juga dapat disebabkan kerusakan perangkat akibat kontaminasi air ke dalam perangkat. Kerusakan ini bisa terjadi pada unit suara atau konektor. Apabila terjadi kerusakan pada unit suara, tentu Anda membutuhkan dukungan dan biaya yang lebih besar untuk kebutuhan perbaikan.

6. HP Terhubung ke Headset atau Perangkat Lain

HP Xiaomi tidak akan mengeluarkan suara dari perangkat utama jika masih terhubung ke modul suara lain. Hal ini terjadi pada koneksi headphone, speaker, dan perangkat audio lain. Data audio akan dikirim ke perangkat lain sebagai saluran output dan menyebabkan Anda tidak bisa mendengar bunyi dari HP Xiaomi secara langsung.

7. Error Pada Sistem

Dalam perkembangan terkini, HP Xiaomi menggunakan sistem MIUI untuk operasional dan proteksi perangkat pengguna. Hal terjadi termasuk pada pengelolaan sistem audio, alarm, dan berbagai hal lain. Apabila terjadi kendala pada sistem MIUI, maka terdapat potensi HP Xiaomi tidak ada suara.

Kendala ini bisa disebabkan kinerja sistem yang terganggu, versi sistem yang tidak stabil, atua serangan malware. Terdapat beberapa jalur yang dapat Anda tempuh pada kondisi ini, termasuk factory reset yang akan mengembalikan pengaturan ke sistem awal. Namun selalu waspada apabila Anda harus melakukan langkah ini, utamanya pada cadangan data.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Dalam mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara, terdapat beberapa langkah yang bisa ditempuh. Namun Anda tidak harus melakukan semua langkah dalam panduan ini. Cukup lakukan langkah yang paling sesuai dengan kondisi dan identifikasi sumber kendala pada HP Xiaomi tidak ada suara.

Beberapa langkah berikut akan memerlukan analisa cukup detail pada kondisi HP Xiaomi tidak ada suara. Jadi, lakukan secara perlahan dan ikuti panduannya secara menyeluruh. Namun pada situasi lanjut, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menghubungi layanan profesional agar menghindari risiko kerusakan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara :

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Mudah

1. Pastikan Volume Sudah Sesuai

Langkah termudah dalam mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara tentu dengan menyesuaikan volume terlebih dulu. Atur volume suara ke tingkat yang lebih tinggi. Anda cukup menekan tombol volume perangkat bagian atas sampai ke batas suara yang dikehendaki. Setelahnya, cobalah untuk memutar audio tertentu untuk memastikan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Hilang atau Tidak Muncul

2. Pastikan Tidak Mengaktifkan Mode Hening

Cara mudah mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara adalah dengan memastikan berada di luar mode hening. Pada mode ini, HP Xiaomi Anda akan mematikan semua suara. Biasanya mode hening ditandai dengan adanya iko speaker dan tanda coret di daftar aplikasi pada tampilan layar bagian atas. Adapun cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

  • Buka “Pengaturan”;
  • Gulirkan ke bawah dan temukan “Bunyi dan Suara”;
  • Matikan mode hening;
  • Selesai.

3. Bersihkan Speaker

Speaker dalam keadaan tersumbat atau basah juga tidak dapat beroperasi dengan baik. Hal tersebut akan menyebabkan HP Xiaomi tidak ada suara. Untuk mengatasi kendala tersebut, Anda bisa membersihkan speaker dengan lap atau kain. Setelah bersih, perangkat Anda umumnya akan dapat terdengar lebih jelas.

Pada kondisi lanjutan, speaker yang terkena air dapat mengalami kerusakan permanen. Cara ini hanya bekerja pada cairan yang tidak terlalu banyak masuk ke dalam perangkat. Apabila perangkat HP Anda berinteraksi dengan cairan jenis apapun dalam jumlah banyak, utamakan untuk meminta bantuan profesional untuk mendapakan pertolongan.

4. Restart HP Xiaomi

Sistem yang bekerja terlalu panas dan berat juga dapat menyebabkan HP Xiaomi tidak ada suara. Hal ini terjadi dengan terlalu banyaknya input yang harus diproses perangkat secara bersamaan. Biasanya hal ini terjadi pada perangkat yang digunakan untuk kebutuhan sumber daya tinggi seperti game atau video call.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan restart perangkat dan diamkan HP Xiaomi selalma beberapa saat. Anda juga bisa benar-benar mematikannya dan menghidupkan kembali setelah melakukan aktivitas lain. Opsi ini cukup ideal untuk menjaga usia dan kinerja perangkat jangka panjang.

5. Cek dengan Aplikasi Deteksi Kerusakan

Anda juga dapat menggunakan beberapa opsi aplikasi deteksi kerusakan untuk memastikan HP Xiaomi tidak ada suara. Terdapat cukup banyak opsi yang tersedia di Play Store atau App Store. Anda bisa mengunduhnya dari halaman resmi. Namun pastikan mengunduh aplikasi deteksi kerusakan yang ditujukan untuk kebutuhan audio.

6. Cek dengan Menu Hardware Test

Xiaomi secara default memiliki sistem Menu Hardware Test tersendiri. Anda dapat menggunakan sistem ini untuk memastikan kondisi speaker dan kinerjanya HP Xiaomi tidak ada suara. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengatasi kendala lanjutan yang terjadi pada perangkat, termasuk keperluan menghubungi bantuan eksternal.

Untuk melakukan proses Hardware Test, Anda perlu menjalankan langkah-langkah berikut :

  • Buka aplikasi Telepon atau Dialer;
  • Masukkan kode *#*#64663#*#*.
  • Anda akan otomatis dialihkan ke layar tes perangkat keras;
  • Saat pemeriksaan, pastikan tetap berada di layar proses.

7. Update Sistem

Sistem MIUI juga perlu di-update secara berkala agar kinerjanya berlangsung secara normal. Hal ini berlaku juga pada kinerja perangkat audio. Pastikan juga Anda telah melakukan pencadangan data dan aplikasi sebelum proses update. Adapun panduan melakukan update sistem adalah sebagai berikut :

  • Pastikan HP Xiaomi memiliki baterai cukup atau sedang di-charge;
  • Hubungkan ke jaringan Wi-Fi yang stabil;
  • Cadangkan data penting;
  • Buka aplikasi “Pengaturan”;
  • Gulir ke bawah dan ketuk “Tentang Ponsel”;
  • Pilih opsi “Cek Update”;
  • Di bagian atas, terdapat opsi Pembaruan Sistem ;
  • Ketuk “Cek Pembaruan”;
  • Mulai Proses Update:
Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

Jika terdapat opsi pembaruan, Anda akan diberikan informasi tentang versi terbaru beserta catatan rilis. Proses instruksi yang diberikan dan tunggu sampai dengan selesai. Apabila kendala terjadi pada sistem MIUI, maka proses ini akan membantu mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara.

8. Reset HP Xiaomi

Anda bisa melakukan facotry reset untuk mengembalikan pengaturan fungsi perangkat ke setelan awal. Dengan begitu, perubahan-perubahan yang berpotensi secara pasif menyebabkan HP Xiaomi tidak ada suara dapat kembali ke pengaturan awal. Namun opsi ini juga akan menghapus semua data Anda.

Jadi, pastikan Anda sudah mencadangkan data dan akun penting sebelum melakukan prosedur ini. Adapun beberapa langkah yang perlu dijalankan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Pengaturan;
  • Gulir ke bawah dan ketuk pada “Tambahan”;
  • Cari dan ketuk pada “Pulihkan & reset” atau “Cadangkan & reset”;
  • Ketuk “Kembali ke pengaturan pabrik”;
  • Mulai Proses Reset.

Setelah proses tersebut, Anda akan menemukan beberapa informasi peringatan. Baca dengan detail informasi tersebut dan pastikan Anda memahaminya. Jika Anda telah memahami risikonya, lanjutkan proses dengan menekan tombol “Setel Ulang Ponsel” atau “Hapus Semua”. Tunggu beberapa saat sampai HP Xiaomi Anda siap digunakan kembali.

9. Hubungi Service Center

Dalam situasi lanjutan yang Anda belum bisa pastikan kondisinya dan kendala HP Xiaomi tidak ada suara juga belum teratasi, silakan menghubungi layanan pelanggan resmi. Anda bisa memeriksa informasi kontak dan lokasinya dari web resmi Xiaomi. Beberapa tipe yang mendapatkan garansi juga bisa mendapat ganti unit tanpa biaya sama sekali di layanan ini.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara dengan mudah. Terdapat banyak cara dalam mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara. Namun berbagai cara tersebut disesuaikan dengan sumber kendala. Beberapa masalah HP Xiaomi tidak ada suara dapat diatasi dengan proses singkat, bahkan tanpa keahlian khusus. Tapi jika mengalami kendala tingkat lanjut, silakan menghubungi pihak yang lebih proporsional.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi This Device Is Locked Xiaomi dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar