close

Cara Mengatasi Instagram Tidak Kompatibel dengan Mudah

Cara Mengatasi Instagram Tidak Kompatibel dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Instagram merupakan sosial media yang isi kontennya berfokus pada foto dan video pendek. Sosial media yang diluncurkan tahun 2010 ini sudah memiliki jumlah pengguna sangat banyak. Bahkan bisa dibilang, Instagram merupakan Sosial Media dengan jumlah pengguna aktif terbanyak didunia. Bahkan pada saat ini jumlah pengguna aktif sudah lebih dari 1 milar orang.

Hal tersebut dikarenakan Instgaram selalu memunculkan fitur-fitur baru sehingga dapat menarik perhatian orang-orang untuk menggunakan Instagram. Fitur-fitur tersebut meliputi fitur upload foto dan video, Instagram reels yang mirip dengan Tiktok, filter dan efek yang menarik, dapat mengikuti dan mengirim pesan antar pengguna, video siaran langsung, toko instagram, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Kompatibel dengan Mudah
Cara Mengatasi Instagram Tidak Kompatibel dengan Mudah

Cara Mengatasi Instagram Tidak Kompatibel dengan Mudah

Untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses Instagram, pihak Instagram menyediakan beberapa alternatif yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menggunakan Instgaram. Pengguna dapat login membuka Instagram melalui browser atau melalui aplikasi mobile yang dapat didownload secara gratis melalui playstore.

Ketika sedang menggunakan laptop, anda dapat dengan mudah membuka Instagram melalui Browser. Hal tersebut tentu sangat memudahkan anda dalam mengakses instagram karena anda tidak harus menginstall aplikasi tambahan. Kemudian ketika menggunakan HP, terdapat 2 pilihan yang dapat anda gunakan untuk mengakses instagram. Yaitu melalui aplikasi dan melalui browser.

Ketika ingin membuka Instagram melalui aplikasi, maka anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Instagram melalui Playstore atau appstore di HP anda. Normalnya, proses download aplikasi melalui Playstore atau Appstore sangat mudah. Anda hanya perlu mencari aplikasi Instagram dan klik Install. Maka secara otomatis aplikasi Instagram akan terinstall di HP anda.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, terdapat beberapa orang yang tidak bisa menginstall aplikasi instagram dikarenakan aplikasi Instagram tidak kompatibel. Pesan yang akan ditampilkan adalah “Perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini”. Apakah anda juga mengalami hal tersebut?

Baca Juga :  Cara Membatasi Komentar Di Postingan Instagram dengan Mudah

Jika pada saat ini perangkat anda juga tidak kompatibel dengan Instagram, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi aplikasi Instagram tidak kompatibel dengan perangkat anda. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Cara Mengatasi Instagram Tidak Kompatibel dengan Mudah
Cara Mengatasi Instagram Tidak Kompatibel dengan Mudah

1. Download aplikasi Instagram diluar playstore

Normalnya ketika mendownload aplikasi anda akan menggunakan Playstore atau Appstore yang terpasang di HP anda. Akan tetapi dalam beberapa kasus, terkadang terdapat beberapa aplikasi yang tidak dapat anda pasang melalui playstore atau appstore karena tidak kompatibel. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus mendownload aplikasi Instgaram diluat playstore.

Berikut adalah beberapa website yang dapat anda gunakan untuk mendownload aplikasi Instagram diluar playstore :

  • Website resmi Instagram
  • Apkpure.com
  • Apkmirror.com

2. Hapus data dan cache Playstore

Jika anda merasa kurang aman jika harus mendownload aplikasi diluar Playstore, maka mau tidak mau anda harus mengatasi permasalahan pada playstore atau appstore di HP anda. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus data dan cache aplikasi Playstoer atau Appstore. Bisa jadi masalah tersebut dikarenakan terlalu banyak data dan cache aplikasi yang menumpuk.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus data dan cache Playstore:

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Klik kelola aplikasi
  • Cari aplikasi Playstore
  • Klik hapus data dan cache
  • Selesai

3. Update Playstore atau Appstore ke versi terbaru

Permasalahan tidak bisa Install aplikasi Instagram karena tidak kompatibel juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada aplikasi Playstore atau appstore yang anda gunakan. Misalnya karena aplikasi Playstore yang anda gunakan versi lawas atau tidak update. Untuk mengatasinya, silahkan update aplikasi Instagram ke versi terbaru.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Banyak Like di Instagram, Auto Jadi Selebgram

4. Hapus pembaruan aplikasi Playstore

Jika aplikasi Playstore atau Appstore yang anda gunakan sudahmenggunakan versi terbaru, cara lain yang dapat anda coba untuk mengatasti tidak bisa login adalah dengan menghapus pembaruan aplikasi Playstore. Jadi, anda akan mengubah Playstore anda menjadi versi yang lawas. Berikut adalah tutorialnya :

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Klik kelola aplikasi
  • Pilih aplikasi Playstore
  • Klik Uninstall updates
  • Selesai

5. Perbarui versi android

Perangkat yang tidak kompatibel ketika menginstall aplikasi tertentu juga bisa disebabkan karena versi android di perangkat yang anda gunakan masih terlalu rendah. Biasanya dalam suatu aplikasi terdapat minimum versi android yang diperlukan. Jadi silahkan update versi android anda ke versi terbaru:

Berikut adalah tutorial update versi android ke versi terbaru :

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke menu tentang Ponsel
  • Klik Informasi perangkat lunak
  • Akan terlihat versi android HP anda
  • Untuk memperbarui silahkan klik perbarui

6. Gunakan VPN

Terkadang penyebab tidak bisa menginstall aplikasi Instgaram melalui Playstore juga dikarenakan jaringan atau wilayah anda memblokir aplikasi Instagram. Jadi ketika anda menggunakan jaringan tersebut atau berada di wilayah tersebut, anda tidak akan bisa mendownload aplikasi Instagram. Untuk mengatasinya, silahkan gunakan VPN ketika mendownload aplikasi Instagram.

Berikut adalah tutorial menggunakan VPN di HP anda :

  • Download aplikasi VPN
  • Buka aplikasi VPN tersebut
  • Pilih lokasi server yang ingin anda gunakan
  • Klik Connect atau Hubungkan

7. Install Custom Rom di HP anda

Jika setelah melakukan cara diatas anda masih tidak bisa menginstall aplikasi Instgaram melalui playstore atau appstore karena tidak kompatibel, cara lain yang dapat anda lakuakn adalah dengan mengganti sistem HP anda dengan custom Rom. Karena bisa jadi masalah tersebut disebabkan karena ROM anda yang mengalami masalah. Jadi silahkan coba ROM lain untuk mengatasinya.

Baca Juga :  Cara Mengubah Tampilan Instagram Menjadi Dark Mode/Mode Gelap

8. Hubungi pengembang aplikasi

Permasalahan tidak bisa Install Instagram karena aplikasi Instagram tidak kompatibel juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada aplikasi. Jika memang demikian, cara yang dapat anda lakukan adalah menghubungi pihak pengembang aplikasi melalui menu yang ada di Playstore. Silahkan jelaskan permasalahan yang anda alami.

Berikut adalah cara menghubungi pengembang aplikasi melalui Playstore :

  • Buka playstore di HP anda
  • Cari aplikasi Instgaram
  • Buka detail aplikasi
  • Pada bagian detail aplikasi, silahkan lihat Developer Contact
  • Silahkan hubungi contak developer yang tersedia

9. Upgrade perangkat anda

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi tidak bisa Install Instagram karena perangkat tidak kompatibel adalah dengan mengupgrade perangkat anda dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Setiap aplikasi pasti memiliki persyaratan minimum yang harus dipenuhi agar aplikasi dapat di Install. Jika spesifikasi tidak dipenuhi, anda tidak akan bisa menginstall aplikasi tersebut.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi Instagram tidak kompatibel ketika didownload di PlayStore atau Appstore. Terdapat beberapa penyebab dari permasalahan tersebut. Bisa jadi karena ada masalah pada Playstore, perangkat, atau negara dan provider yang anda gunakan memblokir Instagram. Silahkan anda lakukan cara diatas untuk mengatasinya.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Instagram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar