close

Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina

Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina – Hallo sobat koplo, Baru-baru ini pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan baru mengenai penggunaan BBM Subsidi. Kebijakan tersebut dikeluarkan dikarenakan menurut pemerintah, penyaluran BBM Subsidi masih belum tepat sasaran. Karena masih banyak orang-orang yang sebenarnya tidak berhak untuk menggunakan BBM Subsidi, masih menggunakan BBM subsidi untuk kepentingan pribadinya.

Kebijakan baru tersebut mengharuskan masyarakat untuk mendaftarkan diri dan kendaraan yang digunakan diaplikasi MyPertamina. Dengan begitu, pemerintah akan dapat memantau dan mengontrol siapa saja yang dapat membeli dan menggunakan BBM Subsidi. Karena pihak MyPertamina akan melakukan review dan verifikasi untuk memastikan bahwa pendaftar MyPertamina benar-benar berhak mendapatkan BBM subsidi.

Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina
Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina

Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina

Untuk mendaftar di MyPertamina, masyarakat diberikan beberapa opsi pendaftar yang dapat dilakukan. Seperti mendaftar melalui aplikasi MyPertamina, melalui Website Subsidi Tepat, dan melalui Booth-Booth yang tersedia di SPBU-SPBU tertentu. Jadi, silahkan dipilih anda ingin menggunakan metode yang mana.

Cara dan persyaratan ketika mendaftar MyPertamina juga sangat mudah, anda hanya perlu mengisi form yang disediakan dan melengkapi data yang diperlukan seperti nama lengkap, nomor telepon, NIK, nomor polisi, foto KTP, foto STNK, foto kendaraan, data kendaraan, dan foto pribadi. Dalam mengisi data kendaraan, anda juga akan diminta untuk mengisi jenis BBM yang anda gunakan (Pertalite atau Biosolar).

Setelah data dan dokumen tersebut sudah anda submit atau kirimkan, data tersebut akan direview dan diverifikasi oleh MyPertamina. Ketika data yang anda masukkan sudah benar, lengkap, dan jelas, maka pendaftaran anda sudah pasti diterima. Akan tetapi, jika data yang anda kirimkan tidak lengkap, pendaftaran anda sudah pasti ditolak.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Jawaban Review dan Verifikasi Daftar MyPertamina Tidak Masuk di Email
Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina
Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina

Jika pendaftaran anda diterima, anda akan mendapatkan sebuah KodeQr yang dapat anda klaim di aplikasi MyPertamina. KodeQR tersebut yang nantinya akan anda bawa ketika melakukan pembelian BBM Subsidi. Anda tinggal menunjukkan KodeQR tersebut kepada petugas SPBU. Kemudian petugas SPBU akan melakuakn pengecekan atas kodeQR yang anda berikan.

Pengecekan tersebut meliputi kecocokan nomor polisi kendaraan dan jenis BBM yang digunakan. Misalkan anda mendaftarkan kendaraan dengan jenis BBM Pertalite, maka kendaraan tersebut hanya dapat membeli pertalite di SPBU. Begitu juga sebaliknya, jika anda mendaftarkan kendaraan anda dengan jenis BBM Biosolar, maka kendaraan tersebut hanya dapat membeli BBM jenis Biosolar.

Akan tetapi terdapat bebera pengguna MyPertamina mengalami permasalahan dimana jenis BBM yang didaftarkan tidak sesuai dengan hasil verifikasi oleh petugas SPBU. Misalnya ada kendaraan yang anda daftarkan menggunakan Pertalite, akan tetepi kata petugas SPBU kendaraan anda menggunakan bahan bakar solar. Atau bisa juga sebaliknya, kendaraan yang anda daftarkan menggunakan bahan bakar solar, akan tetapi menurut petugas SPBU kendaraan anda menggunakan bahan bakar Pertalite.

Tentu ketidakcocokan tersebut menyebabkan anda tidak bisa membeli BBM yang sesuai dengan kendaraan anda. Jika anda tetap memaksakan membeli BBM yang tidak sesuai, hal tersebut dapat membahayakan mesin kendaraan anda. Lalu apa yang harus anda lakukan jika jenis BBM anda tidak sesuai di aplikasi MyPertamina?

Baca Juga :  Cara Daftar MyPertamina untuk Beli BBM Subsidi Pertalite dan Solar

Jika pada saat ini jenis BBM pada aplikasi MyPertamina dan data yang dicocokkan oleh petugas SPBU tidak cocok, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi jenis BBM yang tidak sesuai di aplikasi MyPertamina. Berikut adalah tutorialnya :

Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina
Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina

1. Pastikan data yang anda isikan sudah benar

Salah satu penyebab utama ketidakcocokan jenis BBM yang tidak sesuai antara data di aplikasi MyPertamina dengan data ketika dicocokkan di SPBU adalah karena adanya kesalahan data yang anda masukkan ketika melakukan pendaftaran. Jadi silahkan pastikan kembali data yang anda masukkan sudah benar. Anda juga bisa mengeceknya kembali dengan cara login di aplikasi MyPertamina atau website Subsidi Tepat.

2. Perbarui data anda di MyPertamina

Jika ternyata penyebab terjadinya error tersebut dikarenakan memang terjadi kesalahan dalam menginputkan data, maka langkah yang harus anda lakukan adalah memperbarui data anda melalui aplikasi MyPertamina atau Website Subsidi tepat. Anda bisa login terlebih dahulu kemudian masuk di data kendaraan dan ubah jenis BBM yang sesuai.

3. Terjadi masalah pada aplikasi

Setelah melihat dibeberapa postingan resmi MyPertamina, ternyata terdapat lebih dari 1 pengguna yang mengalami permasalahan dimana jenis BBM mereka tidak sesuai antara yang diaplikasi dan hasil verifikasi oleh petugas SPBU. Karena banyaknya orang yang mengalami hal serupa, dapat disimpulkan jika error tersebut kemungkinan berasal dari sistem internal MyPertamina. Jika memang demikian, langkah yang dapat anda lakukan hanyalah menunggu hingga pihak MyPertamina memperbaiki permasalahan tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Ditolak/Gagal Saat Daftar MyPertamina dengan Mudah

4. Laporkan permasalahan ke Pihak pertamina

Jika setelah melakukan cara diatas dan sudah menunggu terlalu lama akan tetapi data jenis BBM anda masih tidak sesuai, langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat laporan ke pihak MyPertamina. Silahkan jelaskan permasalahan yang anda alami dan lampirkan juga bukti-bukti pendukung. Anda dapat melaporkan permasalahan tersebut ke saluran dibawah ini :

  • Alamat kantor : Jl Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110, Indonesia
  • Email : pcc135@pertamina.com
  • Telepon : 135
  • Instagram : @mypertamina https://www.instagram.com/mypertamina/
  • Facebook : https://www.facebook.com/MyPertaminaID/

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi jenis BBM tidak sesuai di aplikasi MyPertamina. Ketika saya lihat dibeberapa postingan, memang banyak orang yang mengalami ketidaksesuaian jenis BBM yang terdaftar di MyPertamina dengan hasil verifikasi pihak SPBU. Misal sebenarnya Pertalite akan tetapi yang disistem Biosolar atau sebaliknya. Untuk mengatasinya, silahkan coba beberapa cara diatas.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang MyPertamina lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar