close

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Whatsapp merupakan aplikasi mengirim pesan yang sangat populer dikalangan masyarakat. Bahkan pada saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat sudah mempunyai akun Whatsapp, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Mereka menggunakan aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi dengan orang lain secara online dan jarak jauh.

Biasa dibilang pada saat ini Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan yang memiliki jumlah pengguna terbanyak didunia. Hal tersebut dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Whatsapp sangat lengkap dibandingkan aplikasi perpesanan lain. Di Whatsapp, anda dapat mengirimkan pesan, melakukan panggilan, membuat status, bergabung ke galam grup whatsapp, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah
Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah

Selain digunakan untuk mengirimkan pesan berupa teks atau tulisan, ternyata di Whatsapp anda juga dapat mengirimkan pesan berupa foto atau video, melakukan panggilan suara atau panggilan video, dan membuat status whatsapp. Untuk melakukan hal tersebut, tentu anda akan memerlukan kamera HP anda untuk mengambil gambar.

Mengenai hal tersebut anda tidak perlu khawatir, karena pihak Whatsapp sudah bisa menghubungkan aplikasi kamera dengan aplikasi Whatsapp. Jadi anda tidak perlu keluar whatsapp untuk menggunakan kamera HP. Anda dapat langsung menggunakan kamera melalui aplikasi Whatsapp.

Akan tetapi, sebagaian pengguna ada yang mengalami permasalahan ketika menggunakan kamera langsung dari aplikasi whatsapp, dimana kamera tersebut tiba-tiba ngezoom dengan sendirinya. Padahal anda tidak sedang melakukan Zoom. Hal tersebut tentu akan sangat menjengkelkan mengingat kamera di whatsapp sangat memiliki peran yang sangat penting.

Terutama pada saat anda melakukan video call dengan orang lain, membuat story, atau ingin mengirimkan pesan berupa foto atau video langsung dari kamera. Ketika kamera whatsapp ngezoom sendiri, tentu hasil yang akan didapatkan tidak akan maksimal.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp
Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah
Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah

Penyebab kamera Whatsapp ngezoom sendiri

Tentu anda akan sangat jengkel ketika sedang menggunakan kamera di Whatsapp entah itu sedang video call, membuat status whatsapp, atau ingin mengirimkan foto/video ke orang lain, tiba-tiba Kamera whatsapp anda ngezoom sendiri.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kamera whatsapp ngezoom sendiri ketika digunakan, berikut adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkan kamera whatsapp ngezoom sendiri :

  • Anda masih menggunakan Whatsapp bersi lama
  • Data dan cache aplikasi whatsapp sudah terlalu banyak
  • Ruang penyimpanan sudah terlalu penuh
  • Adanya error pada aplikasi
  • Adanya error pada sistem HP anda
  • Adanya kerusakan pada layar HP anda

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan kemara Whatsapp ngezoom sendiri, sekarang kita akan membahas bagaimana cara untuk mengatasinya. Apakah anda sudah mengetahui bagaimana langkah-langkahnya, jika belum silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah
Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri dengan Mudah

1. Bersihkan layar HP anda

Apabila kamera whatsapp anda tiba-tiba ngezoom sendiri padahal anda sedang tidak melakukan zoom, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan layar HP anda dari debu. Bisa jadi debu yang menempel dilayar HP anda yang menyebabkan kamera whatsapp ngezoom sendiri. Anda bisa membersihkannya dengan tisu/kapas ditambah dengan minyak kayu putih.

2. Pastikan tidak ada kerusakan pada layar HP anda

Jika setelah membersihkan layar HP, kamera whatsapp anda masih ngezoom sendiri, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa tidak ada error pada layar HP anda. Error tersebut bisa seperti layar geser-geser sendiria atau tidak bisa disentuh.

Baca Juga :  Cara Simpan/Download Status Whatssapp Tanpa Aplikasi

3. Tutup dan buka kembali aplikasi Whatsapp

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kamera whatsapp ngezoom sendiri adalah dengan menutup dan membuka kembali aplikasi whatsapp. Meskipun sederhana, akan tetapi cara menutup dan membuka kembali aplikasi ini sangat efektif untuk mengatasi error-error yang ada pada aplikasi.

4. Hapus data dan cache aplikasi Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang memiliki jumlah data dan cache sangat banyak. Data dan cache tersebut akan semakin banyak jika anda tidak rutin menghapusnya. Oleh karena itu, bersihkan data dan cache secara berkala agar kinerja whatsapp tetap maksimal.

Berikut adalah cara clear cache aplikasi WhatsApp:

  • Buka Pengaturan di HP kamu.
  • Pilih pengaturan Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Pilih Hapus Data.
  • Pilih opsi Bersihkan Cache.

5. Update apikasi whatsapp ke versi terbaru

Setiap aplikasi yang tersedia di appstore atau playstore seperti whatsapp pasti akan melakukan update secara berkala. Tujuannya adalah untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug yang ada. Untuk menjaga agar performa whatsapp tetap maksimal, silahkan perbarui aplikasi whatsapp anda ke versi terbaru.

Berikut langkah-langkahnya update aplikasi whatsapp ke versi terbaru:

  • Buka aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Klik tombol Update.

6. Install ulang aplikasi Whatsapp

Error yang terjadi pada aplikasi whatsapp seperti kamera yang sering ngezoom sendiri juga bisa disebabkan karena adanya file aplikasi yang mengalami kerusakan atau tidak lengkap. Cara untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah. Anda hanya perlu menginstall ulang aplikasi whatsapp.

Baca Juga :  Cara Mengirim Foto di Whatsapp Tanpa Mengurangi Kualitas

Berikut adalah cara install ulang aplikasi Whatsapp :

  • Uninstall aplikasi whatsapp di HP anda
  • Buka playstore atau appstore
  • Cari apikasi whatsapp
  • Klik Install

7. Restart HP anda

Permasalahan kamera whatsapp yang ngezoom sendiri juga bisa disebabkan karena adanya error pada HP anda. Jadi penyebab dari permasalahan tersebut bukan dari aplikasi melainkan dari sistem HP anda sendiri. Untuk mengatasinya, silahkan anda restart HP anda atau matikan dan hidupkan ulang HP anda.

8. Update sistem operasi HP anda

Setiap HP pasti memiliki sistem operasi yang terpasang di dalamnya. Sama dengan sebuah apikasi, sistem operasi yang terpasang di HP juga bisa melakukan update. Tujuan update tersebut adalah untuk menjaga performa HP agar tetap maksimal dan tidak ada bug yang dapat mengganggu aktivitas anda.

9. Lakukan faktori reset terhadap HP anda

Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan akan tetapi kamera whatsapp masih ngezoom sendiri, langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah melakukan faktory reset pada HP anda. Dengan melakukan faktory reset, HP anda akan menjadi seperti baru lagi.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi kamera whatsapp ngezoom sendiri. Permasalahan kamera whatsapp ngezoom sendiri bisa disebabkan 3 faktor. Yaitu faktor aplikasi, sistem android, dan hardware android. Untuk mengatasinya, silahkan lakukan beberapa langkah diatas.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya tentang Apa Itu Fitur Toast Online di Whatsapp GB? Apa Fungsi dan Kegunaannya? Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar