close

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Anda mengalami layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh dan tidak merespon? Jangan terlalu panik dan langsung mengganti hardware ke layanan perbaikan. Masih terdapat beberapa opsi yang dapat Anda tempuh sebelum harus mengeluarkan biaya berlebih. Beberapa opsi bahkan dapat Anda jalankan tanpa biaya sama sekali.

Kendala perangkat seperti respon layar sentuh yang mengalami hambatan merupakan sesuatu yang tidak perlu Anda tanggapi secara berlebihan. Situasi tersebut memang memiliki potensi kerusakan pada perangkat keras, namun umumnya kerusakan tidak akan bersifat menyeluruh. Sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan risiko-risiko kerusakan lanjutan.

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah
Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

Masalah Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Xiaomi mengadopsi layar sentuh sebagai metode input utama seperti pada mayoritas smartphone yang beredar saat ini. Hal tersebut menempatkan layar sentuh menjadi komponen yang sangat vital dalam menggunakan perangkat. Kerusakan dan kendala pada layar dapat menyebabkan terhentinya mayoritas fungsi perangkat smartphone.

Perannya sebagai metode input utama mendorong aktivitas di sekitar layar sentuh sangatlah tinggi. Intensitas pemakaian tersebut membuat layar sentuh memiliki risiko kerusakan tertinggi di antara komponen smartphone lainnya. Sehingga kendala layar sentuh menjadi sebuah kendala umum. Walau tentu saja hal tersebut tetap harus Anda dihindari.

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah
Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh dapat terjadi pada software atau hardware perangkat Xiaomi Anda. Kedua sumber kendala tersebut akan membutuhkan metode penanganan yang berbeda. Sehingga pastikan terlebih dulu penyebab kendala sebelum menjalankan sebuah panduan. Tujuannya agar Anda tidak mengalami kerugian waktu, tenaga, hingga biaya.

Di antara beberapa kondisi layar HP Xiaomi tidak merespon saat disentuh, berikut beberapa penyebab umum yang cukup sering terjadi.

  • Menggunakan anti gores terlalu tebal;
  • Layar kotor terkena debu, air, dan zat lainnya;
  • HP Xiaomi terlalu panas;
  • Perangkat mengalami hang;
  • Kerusakan sistem;
  • Kendala pada hardware.

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Berdasarkan beberapa penyebab di atas, terdapat sejumlah langkah penanganan kendala yang dapat Anda tempuh. Panduan yang sama belum tentu dapat mengatasi sumber kendala yang berbeda. Mulailah menangani kendala Anda dari opsi perbaikan atau respon yang mudah. Sebab proses mengatasi layar HP yang tidak merespon juga dapat menguras waktu dan konsentrasi.

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

Panduan penanganan pada artikel ini disusun dari tingkat kemudahan metode, waktu, dan risiko biaya yang ditimbulkan. Pastikan Anda telah menyimak secara keseluruhan sebelum menentukan langkah pilihan untuk mengatasi kendala HP Xiaomi tidak merespon saat disentuh. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah
Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

1. Diamkan HP Sementara Waktu

Selain mematikan atau restart HP Xiaomi, biasanya Anda tidak memiliki opsi lain saat perangkat mengalami kendala respon pada touchscreen. Di balik kendala tersebut, terdapat potensi proses yang bertumpuk di dalam sistem perangkat. Sehingga salah satu langkah terbaik adalah menunggu beberapa saat agar HP dapat kembali merespon.

Anda dapat mendiamkan HP sementara waktu selama beberapa menit. Di saat bersamaan, Anda dapat beralih ke aktivitas lain. Biarkan HP tanpa input dan proses selama 5-10 menit. Apabila kendala terjadi pada sisi performa, maka HP umumnya akan dapat Anda gunakan kembali setelah menuntaskan seluruh proses tertunda di latar belakang.

2. Restart HP Xiaomi

HP Xiaomi yang tidak merespon saat diberi input pada layar sentuhnya juga dapat terjadi akibat terlalu banyak proses dan aplikasi yang berjalan. Sehingga tidak terdapat ruang dan sumber daya yang cukup untuk menjaga HP Xiaomi tetap berfungsi normal. Pada kondisi tersebut, Anda juga memiliki opsi untuk menutup secara paksa seluruh sistem dan menyalakannya kembali.

Apabila dibutuhkan, Anda dapat melakukan proses restart dengan menekan tombol daya selama beberapa detik. Lalu akan tersedia opsi mematikan perangkat dan restart pada layar. Apabila kendala terjadi akibat proses yang terlalu banyak berjalan, tombol restart tetap dapat Anda tekan. Tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai dan perangkat bisa Anda gunakan kembali.

3. Buka Pelindung Layar

Kendala touchscreen dapat terjadi pada penggunaan pelindung layar yang tidak sesuai. Beberapa tipe pelindung layar memiliki ketebalan yang terlalu berlebih. Hal tersebut menyebabkan input sentuhan yang Anda berikan tidak mencapai permukaan touchscreen. Kendala tersebut umumnya diawali dengan respon yang lebih lambat, sulit memproses input, sampai dengan kendala input permanen.

Apabila hal tersebut terjadi, Anda cukup melepaskan penggunaan perangkat pelindung layar. Anda dapat melepaskannya sendiri apabila memungkinkan. Namun apabila Anda mengalami kesulitan, hubungi gerai-gerai perbaikan smartphone umum kepercayaan. Proses pelepasan perangkat pelindung layar hanya memakan waktu beberapa menit.

4. Bersihkan Layar dari Debu dan Kotoran

Penggunaan jangka panjang juga dapat meninggalkan debu dan kotoran pada layar perangkat Anda. Kotoran dan debu yang terdapat pada layar tentu dapat menghambat kinerja, khususnya membuat touchscreen menjadi kurang sensitif pada input yang diberikan. Sehingga Anda perlu membersihkan kotoran tersebut agar layar perangkat dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Cara Cek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

Anda dapat menggunakan alkohol sebagai cairan pembersih. Selain alkohol, terdapat beberapa jenis cairan pembersih yang juga dapat Anda temukan di toko aksesoris smartphone. Sebagai media pembersih, Anda dapat menggunakan tisu, kapas, dan kain dengan permukaan halus. Pastikan Anda hanya menggunakan bahan dan media yang aman agar layar tidak tergores.

5. Menggunakan Aplikasi Touchscreen Test

Aplikasi Touchscreen Test merupakan produk software yang tersedia secara gratis di layanan Play Store. Dengan menggunakan aplikasi Touchscreen Test, Anda dapat mengetahui kondisi layar perangkat Anda. Aplikasi Touchscreen Test akan melakukan analisa pada seluruh bagian layar sentuh dan memberikan informasi bagian-bagian yang tidak merespon dengan baik.

Anda dapat menggunakan aplikasi Touchscreen Test untuk memastikan sumber kendala yang terjadi. Apabila Touchscreen Test mengindikasikan layar berfungsi dengan normal, maka Anda dapat memeriksa kebersihan layar atau perangkat proteksi yang digunakan. Sedangkan pada hasil analisa Touchscreen Test yang menunjukkan kendala, dapat Anda tindaklanjuti dengan menghubungi layanan perbaikan terpercaya.

6. Kalibrasi Layar Perangkat

Kalibrasi layar perangkat merupakan aktivitas penyesuaian respon antara sensor perangkat dengan cara Anda menggunakannya. Sebab setiap pengguna memiliki kebiasaan dan metode yang berbeda. Sehingga beberapa pengaturan akan terasa tidak begitu responsif bagi Anda karena perbedaan tersebut. Untuk menyesuaikannya, Anda akan membutuhkan proses kalibrasi.

Anda dapat melakukan proses kalibrasi dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di MIUI. Adapun tata caranya adalah:

  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Pilih opsi “Kalibrasi”;
  • Ikuti notifikasi dan panduan di dalam menu kalibrasi;
  • Lakukan tap pada bagian yang sesuai;
  • Selesai.

7. Reset HP Xiaomi

Kendala touchscreen dapat juga disebabkan oleh gangguan pada sistem perangkat Xiaomi Anda. Gangguan tersebut dapat terjadi karena virus, malware, maupun kendala pada pengelolaan data. Sehingga performa perangkat Xiaomi Anda tidak dapat berjalan dengan optimal. Salah satu metode sederhana yang dapat Anda jalankan adalah dengan melakukan reset HP Xiaomi.

Dengan melakukan reset pada HP Xiaomi Anda, perangkat akan mengembalikan kondisi sistem seperti saat Anda baru membeli. Namun prosedur reset juga akan menghapus seluruh data di dalam perangkat. Sehingga Anda perlu melakukan backup terlebih dulu. Adapun salah satu metode reset yang sederhana adalah dengan mengikuti panduan berikut.

  • Lakukan backup ke perangkat lain;
  • Matikan HP Xiaomi Anda;
  • Tekan kombinasi tombol daya dan volume bawah;
  • Tahan kombinasi tombol beberapa saat;
  • Tunggu hingga layar menampilkan logo Xiaomi;
  • Arahkan pilihan pada opsi “Factory Reset” dengan tombol volume atas-bawah;
  • Konfirmasi pilihan dengan tombol daya;
  • Tunggu proses berjalan;
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dengan Mudah

8. Ganti Hardware Input

Apabila kendala yang terjadi bersumber dari hardware input, maka Anda dapat melakukan pergantian perangkat tersebut. Proses pergantian dapat berlangsung tanpa harus merombak mesin perangkat secara menyeluruh. Sehingga Anda hanya akan mengeluarkan biaya pembelian hardware input, layar, dan anggaran pemasangan.

Proses pergantian dan pembelian perangkat tersebut umumnya berkisar pada biaya ratusan ribu. Harga dapat bervariasi sesuai dengan tipe HP Xiaomi yang Anda gunakan. Beberapa model HP Xiaomi mungkin akan memiliki biaya lebih besar akibat stok dan kerumitan pemasangan. Namun sangat disarankan agar Anda menyerahkan proses tersebut ke layanan resmi dari Xiaomi Service Center.

9. Hubungi Layanan Service Center

Apabila Anda tidak dapat mengetahui secara jelas kendala yang dialami, terdapat juga opsi untuk menghubungi layanan perbaikan resmi. Anda akan mendapatkan bantuan dari teknisi profesional dan layanan yang lebih menyeluruh. Sehingga proses perbaikan dapat berjalan dengan lebih akurat dan efisien.

Anda dapat menemukan layanan Xiaomi Service Center di berbagai titik. Distribusi layanan ini juga cukup merata di kota-kota seluruh Indonesia. Dengan menghubungi layanan Xiaomi Service Center, Anda juga dapat melakukan klaim garansi apabila dibutuhkan. Sehingga akan lebih menghemat biaya dengan kualitas layanan serta produk yang lebih baik.

Yak, kira-kira seperti itulah cara mengatasi layar HP Xiaomi yang tidak merespon saat disentuh. Pastikan Anda telah memeriksa secara menyeluruh dan mengamati kendala yang terjadi di HP Xiaomi Anda. Upayakan mengerjakan opsi solusi mulai dari langkah yang paling mudah sebelum mengeluarkan waktu dan biaya yang lebih besar.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Downgrade MIUI ke Versi Sebelumnya dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar