close

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat – Hallo sobat koplo, Google Maps merupakan layanan google yang menyediakan peta dalam bentuk digital. Dengan adanya google maps, anda dapat melihat suatu peta dari suatu tempat dengan sangat lengkap dan detail. Tampilan yang ada di Google Maps tidak hanya jalan saja, melainkan lengkap disertai tempat-tempat seperti rumah makan, masjid, hotel, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan menggunakan Google Maps, anda dapat menemukan rute dari suatu tempat ke tempat lain. Bahkan hampir semua orang menggunakan Google Maps untuk membantu mereka dalam menentukan arah untuk menuju suatu tempat. Karena dengan Google Maps, anda dapat mengetahui rute mana yang macet dan rute mana yang lancar.

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat
Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Agar google maps dapat berjalan dengan maksimal, anda harus mengaktifkan GPS di HP anda. Ketika posisi di Google Maps akurat, anda tidak akan kesusahan untuk membaca Google Maps ketika sedang berpergian ke suatu tempat. Akan tetapi, jika google maps anda tidak akurat, sudah pasti anda akan mengalami kesulitan dalam memahaminya.

Terlebih lagi jika rute yang anda lewati banyak gang-gang sempit dan banyak belokan. Jika anda adalah pengguna setia google maps, pasti anda pernah mengalami hal seperti itu. Lalu bagaimana cara mengatasi jika posisi kita di Google Maps tidak akurat?

Jika pada saat ini anda sedang mengalami permasalahan tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi google maps yang tidak akurat. Berikut adalah tutorialnya :

Baca Juga :  Cara Mengetahui Jalan Macet atau Tidak di Google Maps

1. Pastikan GPS anda dalam keadaan aktif

Ketika ingin menggunakan Google Maps, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa GPS di HP anda sudah diaktifkan. Karena tanpa adanya GPS, Google Maps tidak akan bisa mengetahui lokasi anda pada saat ini. Mengenai hal ini anda tidak perlu khawatir, karena sebagian besar HP saat ini sudah memiliki fitur GPS didalam sistemnya.

2. Pastikan GPS anda dalam keadaan High Accuracy

Setelah GPS di HP anda sudah dinyalakan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa GPS anda dalam keadaan High Accuracy. Ketika anda mengatur GPS ada menjadi High Accuracy, maka GPS anda akan berusaha menampilkan posisi anda di Google Maps seakurat mungkin. Cara untuk mengaktifkan GPS High Accuracy adalah sebagai berikut :

  • Buka menu Settings kemudian masuk ke menu Location
  • pilih opsi “Google Location Accuracy”
  • Geser toggle pada opsi “Improve Location Accuracy” hingga berubah menjadi warna hijau

3. Pastikan koneksi internet yang anda gunakan lancar

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan untuk mengatasi Google Maps yang tidak lancar adalah dengan memastikan bahwa koneksi internet yang anda gunakan lancar. Posisi anda di google maps akan diambil berdasarkan pancaran sinyal dari HP anda. Jika koneksi internet di HP anda lancar, maka posisi anda di Google Maps akan semakin akurat.

4. Aktifkan mode pesawat di HP anda

Salah satu cara yang sering dilakukan orang-orang untuk mengatasi Google Maps yang tidak akurat adalah dengan mengaktifkan mode pesawat sementara waktu (kira-kira 30 detik) setelah itu menonaktifkan kembali. Tujuannya adalah untuk mereset jaringan anda sehingga koneksi internet menjadi lebih cepat.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Akurasi Lokasi GPS Menjadi Tinggi, 100% Akurat

5. Update aplikasi Google Maps ke versi terbaru

Untuk meningkatkan keakuratan posisi pengguna, Google Maps selalu melakukan perbaikan dan update secara berkala. Tujuan dari update tersebut untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada didalam Google Maps. Jadi agar Google Maps anda menjadi lebih akurat, silahkan anda update Google Maps ke versi terbaru.

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat
Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

6. Hapus data dan cache aplikasi

Setiap aplikasi yang terinstall di HP pasti memiliki data dan file cache yang tersimpan di memori internal HP anda. Semakin sering suatu aplikasi digunakan, maka semakin besar juga ukuran file tersebut. Jika sudah menumpuk sangat banyak, aplikasi akan menjadi semakin berat dan kinerjanya menjadi tidak maksimal. Jadi silahkan bersihkan data dan cache secara berkala.

7. Lakukan kalibrasi pada google maps

Sebenarnya pihak google maps sudah menyediakan fitur untuk mengatasi permasalahan Google Maps yang tidak akurat. Akan tetapi memang banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Fitur tersebut adalah kalibrasi Google Maps. Untuk melakukan kalibrasi, silahkan ikuti tutorial berikut :

  • Buka aplikasi google maps di HP anda
  • Pastikan menu Lokasi aktif.
  • Lihat sinar mirip senter yang ada di titik biru pada maps.
  • Jika sinarnya melebar, maka anda perlu melakukan kalibrasi.
  • Pegang HP anda secara mendatar, lalu lakukan gerakan seperti angka 8 secara berulang-ulang.
  • Cek kembali di peta. Jika sinarnya sudah menyempit, kalibrasi google maps sudah berhasil dilakukan.

8. Restart HP anda

Permasalahan Google Maps yang tidak akurat bisa saja disebabkan karena error atau kesalahan pada sistem HP anda. Misal sistem GPS yang sedang bermasalah. Untuk mengatasi hal tersebut, anda cukup mematikan HP anda sementara waktu atau merestart HP anda. Dengan begitu, sistem HP anda akan dimulai lagi dari awal.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Titik Biru Google Maps Tidak Jalan atau Tidak Bergerak

9. Pastikan izin sudah diberikan

Agar Google Maps dapat mengetahui lokasi anda, maka anda harus memberikan izin terlebih dahulu agar Google Maps dapat mengakses GPS atau lokasi HP anda. Karena, seluruh aplikasi yang terinstall di HP membutuhkan sebuah izin atau permission sebelum mengaksesnya. Jika anda tidak memberikan izin, maka Google Maps tidak bisa mengetahui lokasi anda.

10. Install ulang aplikasi Google Maps

Cara terakhi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi Google Maps yang tidak akurat adalah dengan menginstall ulang aplikasi Google Maps. Bisa saja ketidakakuratan tersebut disebabkan karena error pada aplikasi Google Maps yang anda miliki. Jadi anda harus menginstall ulang dengan cara uninstall lalu install lagi.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi Google Maps yang tidak akurat. Google Maps yang tidak akurat akan menyusahkan dan membingungkan kita untuk memahaminya. Terlebih lagi jika anda berada dilokasi yang banyak gang dan belokan. Dengan tingkat keakuratan tinggi, anda menjadi jauh lebih mudah dalam membaca google maps.

Jika anda tertarik dengan artikel saya yang lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul perbedaan berbagi lokasii terkini dan kirim lokasi anda saat ini pada share loc whatsapp. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar