close

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Menjadi bagian dari pengguna Shopee mengharuskan Anda untuk membuat akun terlebih dahulu setelah meng-install aplikasi ini. Pastinya Anda juga harus membuat kata sandi agar bisa masuk ke dalam aplikasi. Kebanyakan orang akan sering lupa dengan kata sandi yang mereka buat di aplikasi tersebut karena banyak alasan. Untuk itu dibutuhkan cara mengatasi lupa kata sandi Shopee agar Anda bisa login kembali.

Di ponsel, kadang ada beragam aplikasi yang dipasang dan pastinya membutuhkan kata sandi alias password. Karena hal itulah, sangat sulit mengingat kata sandi setiap aplikasi yang ada. Meski Anda lupa dengan kata sandi Shopee, hal itu tak perlu dikhawatirkan. Sebab, nantinya pihak Shopee akan membantu Anda untuk mengingat, atau bahkan mengatur ulang kata sandi supaya bisa kembali login.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah

Sekilas Mengenai Kata Sandi Shopee

Menurut pengertiannya, kata sandi bisa dibilang serangkaian karakter di mana gunanya untuk mengautentikasi atau sebagai pengaman akun Anda. Kata sandi sangat penting supaya tidak sembarang orang bisa masuk ke akun yang Anda miliki dan mengutak-atik isi di dalamnya. Oleh karena itu, saat membuat kata sandi Anda harus merahasiakannya dan tidak memberitahu pada siapapun.

Kata sandi atau password yang dibuat biasanya berhubungan dengan diri sendiri seperti tanggal lahir, nama, dan semacamnya yang mudah untuk diingat. Anda juga harus menambahkan hal lain seperti angka atau huruf besar sehingga orang-orang kesulitan untuk menebak password tersebut. Biasanya di Shopee untuk membuat kata sandi minimal setidaknya 8 karakter.

Penyebab Lupa Kata Sandi yang Sering Terjadi

Lupa kata sandi tentu tidak terjadi begitu saja. Agar bisa mengatasi dengan baik, maka Anda harus tahu dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Sebab, sering lupa password membuat Anda pastinya lelah apabila melakukan reset atau atur ulang berkali-kali. Belum lagi jika Anda harus login aplikasi mendadak, akan sangat ribet dan membutuhkan waktu.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah

Berikut ada beberapa penyebab lupa kata sandi yang sebaiknya Anda hindari. Apa saja?

1. Kata Sandi Terlalu Sulit

Membuat kata sandi yang susah ditebak memang wajib, tapi bukan berarti harus Anda buat sesulit mungkin sampai susah untuk diingat. Beberapa orang mungkin lebih suka mengetikkan huruf random tanpa arti untuk membuat password supaya tak ada siapapun yang bisa menebaknya, tapi hal ini memiliki risiko di mana sulit untuk mengingat password tersebut.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Shopee dengan Mudah

2. Kata Sandi Tidak Berhubungan dengan Diri Sendiri

Kebanyakan orang memilih membuat kata sandi yang berhubungan dengan diri sendiri seperti nama, tanggal lahir, tanggal istimewa lainnya, tempat tinggal, nama orang tua atau semacamnya. Namun, karena menganggap hal itu mudah ditebak, maka mereka membuat kata sandi yang tidak ada hubungannya dengan diri sendiri. Tapi pada akhirnya kadang trik ini cukup menyulitkan terutama bagi Anda yang pelupa.

3. Jarang Masuk ke Aplikasi

Apk Shopee kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan belanja, mengisi pulsa listrik, paket internet, pesan makanan dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan Anda untuk sering masuk ke apk Shopee. Namun, kadang kala tak ada kepentingan apapun yang membuat kita harus login ke aplikasi tersebut. Saking jarangnya sampai lupa dengan password sendiri dan ini akan cukup menyusahkan jika tidak segera diperbaiki.

4. Memakai Password Default

Sebagian besar aplikasi terkadang memberikan password default alias password bawaan kepada para pengguna. Bagi beberapa orang yang enggan mengubah kata sandi bawaan ini akan menggunakannya untuk jangka waktu lama. Sayangnya, password bawaan ini kadang tidak beraturan sehingga susah untuk diingat. Tidak seperti ketika Anda membuat kata sandi sendiri yang bisa diatur sesuka hati.

5. Password Tersimpan Otomatis

Menyimpan password secara otomatis juga membuat Anda bisa kesulitan mengingat kata sandi. Pasalnya, beberapa pengguna lebih suka menyimpan password otomatis sehingga password dan email tersebut sudah tertulis dan tinggal pencet tombol login saja. Akibat dari seringnya menggunakan opsi ini, lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan akhirnya lupa dengan kata sandi apa yang sudah Anda buat.

Cara Mengatasi Lupa Password di Shopee

Lupa password adalah hal yang sangat wajar, oleh karena itu dari pihak Shopee sendiri juga memberikan fitur agar Anda bisa masuk lagi ke aplikasi dan mengatur kembali password yang Anda lupakan. Namun, bagaimana cara yang benar untuk melakukannya? Karena tak semua orang memahami hal ini apalagi jika masih baru menggunakan apk Shopee.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah

Supaya tidak bingung, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba saat lupa dengan kata sandi. Mari simak!

1. Lewat Aplikasi Shopee

Jika Anda belum masuk ke aplikasi dan masih mencoba untuk login, langkah yang dilakukan sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan nomor telepon dan juga email yang masih aktif. Ingatlah untuk terus menggunakan nomor atau email yang masih aktif agar Anda selalu mendapatkan update terbaru tentang aplikasi Shopee dan supaya kendala seperti lupa password ini bisa diatasi dengan gampang.

  • Pada halaman login, klik pilihan “Lupa?”
  • Pada kolom yang tersedia masukkan nomor ponsel aktif Anda yang terdaftar di Shopee lalu klik Lanjut.
  • Masukkan kode captcha terlebih dahulu.
  • Masukkan kode OTP yang sudah dikirim via SMS atau WhatsApp Anda.
  • Atur kata sandi yang baru kemudian klik OK.
  • Untuk tahapan melalui email juga sama dengan langkah di atas, Anda hanya perlu mengisi alamat email yang terdaftar di Shopee apabila tidak memasukkan nomor telepon.
  • Setelah link verifikasi dikirim ke email, klik dan atur ulang kata sandi Anda.
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Top Up ShopeePay Lewat Indomaret dan Alfamart

2. Lewat Situs Website Shopee

Mengunduh aplikasi Shopee memang memudahkan untuk belanja, tapi kadang ada kalanya aplikasi tersebut terkena eror. Cara lain yang bisa dilakukan adalah masuk dari website Shopee. Anda bisa berbelanja dengan mudah lewat website Shopee asalkan ingat dengan akun sendiri. Tapi jika lupa dengan kata sandi akun tersebut, maka ada langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan.

  • Buka Google Chrome dan ketik kata kunci ‘Shopee’ di mesin pencari.
  • Masuk ke websitenya, lalu klik pilihan Login.
  • Pilih opsi Lupa Password yang ada di halaman login.
  • Isikan nomor telepon atau email yang terdaftar.
  • Masukkan captcha dan tunggu beberapa saat sampai Anda mendapat kode OTP atau link verifikasi.
  • Setelahnya tinggal buat kata sandi baru lagi dan selesai. Anda sudah bisa masuk kembali ke dalam aplikasi dan jangan lupa untuk terus mengingat kata sandi yang sudah dibuat.

3. Hubungi Customer Service Shopee

Cara lain yang dapat dilakukan ialah menghubungi customer service Shopee. Shopee sendiri mempunyai customer service dengan pelayanan terbaik yang pastinya akan membantu Anda memberi arahan bagaimana jika lupa kata sandi saat itu juga. CS Shopee bisa dihubungi melalui aplikasi, website, hingga sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter bahkan WhatsApp. Tapi jangan sampai tertipu dengan akun-akun palsu ya.

Tips Supaya Tidak Mudah Lupa Password Shopee

Melupakan password aplikasi Shopee mungkin sangat wajar jika terjadi beberapa kali saja. Namun, bila terjadi terus-menerus maka akan kesal karena mau tidak mau jadinya harus mengatur ulang kata sandi berulang kali. Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan tips khusus supaya tidak mudah melupakan kata sandi Shopee yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah

Berikut sedikit tips yang dapat Anda lakukan agar tidak gampang lupa dengan kata sandi Shopee. Apa saja ya?

Baca Juga :  Cara Membatalkan Pesanan di Shopee dengan Mudah

1. Password Harus Mudah Diingat

Bila Anda tipe orang yang pelupa, maka membuat kata sandi yang mudah diingat sangat penting. Jangan buat kata sandi dengan karakter yang rumit. Kata sandi yang Anda buat bisa berupa nama + tanggal lahir atau tanggal istimewa. Contoh saja Anisaa88, Fatima1997 dan seterusnya yang mana lebih mudah diingat daripada password yang tidak berhubungan dengan diri sendiri.

2. Mencatat Password di Notes

Di smartphone biasanya ada aplikasi notes yang bisa Anda gunakan untuk mencatat sesuatu. Supaya tidak ribet, Anda bisa mencatat password aplikasi Shopee di notes saja. Dengan begitu saat mulai lupa Anda tinggal membuka catatan tersebut tanpa harus repot mengatur kembali kata sandi baru. Ini jauh lebih mudah daripada Anda mencatatnya di buku, karena ponsel seringnya akan dibawa ke mana-mana.

3. Password Harus Berkaitan dengan Diri Sendiri

Password yang berkaitan dengan diri sendiri memang jauh lebih mudah diingat. Tidak harus yang nama Anda sendiri, tapi bisa juga yang berkaitan dengan pasangan, anak, orang tua, tempat tinggal, atau hal-hal semacam itu. Anda harus mengkombinasikan karakter seperti huruf besar, huruf kecil dan angka dengan benar supaya tidak salah mengingat kata sandi yang sudah dibuat.

4. Samakan dengan Password Aplikasi Lain

Jika Anda mempunyai beragam aplikasi yang membutuhkan password, maka cara terbaik agar tidak keseringan lupa adalah dengan menyamakan kata sandi dari beberapa aplikasi tersebut. Mungkin agar tidak terlihat sama semua Anda bisa mencoba mengubah sedikit saja karakter yang ada pada setiap password. Setidaknya dengan begini Anda tidak perlu bingung atau kesulitan lagi mengingat setiap kata sandi yang Anda punya.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi lupa kata sandi Shopee. Password atau kata sandi memang sangatlah penting, karenanya tidak akan bisa sembarang orang masuk ke akun Anda dan menyalahgunakan akun tersebut. Hanya saja pembuatan password ini juga harus dilakukan dengan benar supaya tidak bisa ditebak begitu mudahnya oleh siapapun. Jadi, semoga cara mengatasi lupa kata sandi Shopee di atas dapat bermanfaat untuk Anda pakai saat kondisi darurat.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Shopee lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Menghubungi Customer Service Shopee Untuk Komplain. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar