close

Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah – Hallo sobat koplo, MyPertamina merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh PT. Pertamina (Persero) untuk memudahkan pembelian BBM. Dengan aplikasi MyPertamina, anda dapat membeli BBM secara Non Tunai. Karena MyPertamina juga dapat anda jadikan sebagai Dompet Digital untuk melakukan pembelian BBM. Selain itu untuk memudahkan penggunanya, MyPertamina juga terkoneksi dengan LinkAja.

Selain itu, dengan adanya perubahan kebijakan pemerintah mengenai penyaluran BBM bersubsidi membuat penggunaan aplikasi MyPertamina meningkat pesat. Karena pada saat ini, agar dapat melakuan pembelian BBM subsidi, masyarakat diharuskan untuk mendaftarkan diri dan kendaraannya di Aplikasi MyPertamina.

Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah
Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

Kebijakan tersebut mulai diberlakukan secara bertahap mulai 1 juli 2022 di beberapa kota di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, kota-kota lain juga akan menyusul menggunakan MyPertamina sebagai syarat agar dapat membeli BBM bersubsidi. Oleh karena itu pada saat ini masyarakat berbondong-bondong mendaftar di MyPertamina.

Cara untuk mendaftar di MyPertamina juga sangat mudah, anda dapat mendaftar melaui aplikasi MyPertamina, website Subsidi Tepat, atau mendaftar langsung melalui Booth-Booth yang tersedia di beberapa SPBU. Jadi, terdapat banyak pilihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pendaftaran di MyPertamina. Silahkan pilih mana yang menurut anda paling mudah.

Setelah pendaftaran anda diterima, anda akan mendapatkan sebuah KodeQr, dimana nantinya kodeQR tersebut akan anda gunakan untuk mengeklaim BBM Subsidi ketika membeli di SPBU. Ketika kodeQR sudah didapatkan, sebenarnya anda sudah tidak wajib lagi menginstall aplikasi MyPertamina, karena syarat pembelian BBM Subsidi hanya menunjukkan KodeQr tersebut ke petugas SPBU.

Akan tetapi, jika anda tetap menginstall aplikasi MyPertamina, anda dapat melakukan pembelian BBM di SPBU dengan cara non tunai. Selain itu, setiap pembelian BBM di SPBU, anda akan mendapatkan beberapa poin. Dimana setelah poin tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, anda dapat menukarkannya dengan sebuah voucher. Selain itu terdapat banyak manfaat lain ketika anda menginstall MyPertamina.

Dikarenakan jumlah pengguna aplikasi MyPertamina pada saat ini meningkat sangat signifikan. Hal tersebut terkadang membuat aplikasi MyPertamina mengalami error tidak bisa masuk. Tentu anda akan sangat jengkel ketika ingin melakukan pendaftaran MyPertamina atau melakukan pembelian BBM di SPBU, tiba-tiba aplikasi MyPertamina anda mengalami error dan tidak bisa dibuka.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina

Apakah pada saat ini aplikasi MyPertamina anda juga mengalami error tidak bisa dibuka? Jika pada saat ini anda juga mengalami permasalahan tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi MyPertamina error tidak bias dibuka. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah
Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

1. Update aplikasi MyPertamina ke versi terbaru

Ketika aplikasi MyPertamina yang anda gunakan mengalami error tidak bisa dibuka, langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memastikan bahwa aplikasi MyPertamina yang anda gunakan adalah versi terbaru. Jika ternyata aplikasi MyPertamina yang terinstall di HP anda adalah versi lama, maka anda harus mengupdatenya. Berikut adalah tutorialnya :

  • Buka playstore atau appstore di HP anda
  • Cari aplikasi MyPertamina
  • Klik Update
  • Tunggu hingga proses update selesai

2. Hapus data dan cache aplikasi

Sebuah aplikasi yang terinstall di HP anda, termasuk aplikasi MyPertamina, pasti memiliki data dan file cache yang tersimpan di memori internal HP anda. Semakin sering dan semakin lama aplikasi digunakan, maka semakin besar juga data dan cache yang tersimpan. Data dan cache yang sudah menumpuk terlalu banyak akan mengakibatkan aplikasi tidak berjalan dengan maksimal. Berikut adalah cara untuk menghapusnya :

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Pilih aplikasi MyPertamina
  • Klik hapus data atau hapus cache
  • Selesai

3. Tutup aplikasi MyPertamina dan buka lagi

Ketika sedang membuka aplikasi, pasti anda pernah mengalami dimana aplikasi tersebut mengalami error tidak bisa masuk atau erroe lainnya. Penyebab dari error tersebut bisa dikarenakan aplikasi yang tidak terbuka secara sempurna. Jadi anda harus menutup terlebih dahulu aplikasi MyPertamina, kemudian buka lagi setelah beberapa saat. Berikut tutorialnya :

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Cari aplikasi MyPertamina
  • Klik Paksa Berhenti
  • Kemudian buka lagi aplikasi MyPertamina

4. Install ulang aplikasi MyPertamina

Jika setelah melakukan beberapa cara diatas aplikasi MyPertamina anda masih mengalami error tidak bisa dibuka, maka langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menginstall ulang aplikasi MyPertamina. Dengan menginstall ulang, semua error yang ada di aplikasi akan teratasi. Selain itu, anda juga akan mendapatkan versi terbaru ketika menginstallnya lagi. Berikut adalah tutorialnya :

  • Uninstall aplikasi MyPertamina
  • Buka aplikasi PlayStore atau AppStore di HP anda
  • Cari aplikasi MyPertamina
  • Klik Install
  • Tunggu hingga proses selesai
Baca Juga :  Cara Mengatasi Jawaban Review dan Verifikasi Daftar MyPertamina Tidak Masuk di Email
Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah
Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

5. Restart HP anda

Selain terjadi masalah pada aplikasi, ternyata penyebab dari aplikasi MyPertamina mengalami error juga bisa dikarenakan adanya masalah pada sistem HP anda. Bisa jadi sistem HP anda sedang mengalami error atau gangguan. Sehingga performa HP menjadi tidak stabil. Untuk mengatasinya, anda bisa merestart HP anda terlebih dahulu dan coba buka kembali aplikasi MyPertamina.

6. Pastikan koneksi Internet anda lancar

Agar dapat menggunakan aplikasi MyPertamina, anda harus memastikan bahwa koneksi internet yang anda gunakan cepat dan stabil. Katika koneksi internet yang anda gunakan tidak lancar, hal tersebut bisa mengakibatkan aplikasi MyPertamina anda mengalami error tidak bisa masuk. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan terkait koneksi Internet.

  • Gunakan provider jaringan terbaik di daerah anda
  • Pastikan sinyal penuh
  • Lock jaringan ke mode 4G
  • Akses MyPertamina ditempat terbuka
  • Gunakan WiFI
  • Matikan dan hidupkan kembali data seluler/WiFi
  • Hidupkan mode pesawat sementara waktu

7. Server MyPertamina sedang down/maintenance

Dikarenakan jumlah pengguna aplikasi MyPertamina meningkat dengan sangat signifikan, lonjakan pengguna tersebut tentu akan membuat kinerja server MyPertamina menjadi lebih berat. Hal tersebut dapat membuat server mengalami down atau gangguan. Ketika server mengalami gangguan, aplikasi MyPertamina pasti akan mengalami error atau gangguan. Jadi, silahkan tunggu hingga server normal kembali.

8. Akses aplikasi MyPertamina bukan di jam sibuk

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi aplikasi MyPertamina error tidak bisa dibuka adalah dengan membuka aplikasi MyPertamina pada jam dimana orang-orang tidak mengaksesnya. Contohnya, anda bisa membuka aplikasi MyPertamina pada tengah malam atau dini hari. Pada jam tersebut, akan sangat jarang orang membuka aplikasi sehingga server tidak akan terlalu sibuk.

Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah
Cara Mengatasi MyPertamina Error Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

9. Pastikan Ram HP anda mencukupi

Agar suatu aplikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa mengalami error atau gangguan, anda harus memastikan bahwa masih tersedia RAM yang mencukupi untuk membuka aplikasi MyPertamina. Jika Ram anda sudah terlalu penuh, anda dapat mengatasinya dengan cara menutup aplikasi lain ketika sedang membuka MyPertamina serta menghapus aplikasi- aplikasi yang memang sudah tidak digunakan.

Baca Juga :  Cara Daftar MyPertamina untuk Beli BBM Subsidi Pertalite dan Solar

10. Pastikan masih tersedia ruang kosong di penyimpanan anda

Selain memastikan Ram HP anda mencukupi, hal lain yang harus anda pastikan agar aplikasi MyPertamina tidak mengalami error tidak bisa masuk adalah ketersediaan ruang kosong di penyimpanan HP anda. Karena aplikasi MyPertamina memerlukan space untuk menyimpan data dan cache di memori internal HP anda. Jika memori internal penuh, aplikasi MyPertamina pasti akan mengalami error atau gangguan.

11. Perangkat yang anda gunakan tidak kompatibel

Selain yang sudah saya sebutkan diatas, ternyata penyebab dari aplikasi MyPertamina mengalmi error adalah perangkat yang anda gunakan tidak kompatibel atau tidak memenuhi spesifikasi minimum aplikasi. Untuk memastikannya, anda dapat membuka aplikasi MyPertamina di HP lain. Jika bisa, berarti permasalahan tersebut disebabkan karena HP anda yang tidak support.

12. Terdeteksi menggunakan aplikasi Mod

Meskipun aplikasi MyPertamina tergolong aplikasi yang baru, ternyata pada saat ini sudah terdapat aplikasi MyPertamina versi MOD yang tersebar di internet. Penggunaan aplikasi Versi MOD tersebut tentu dilarang oleh PT. Pertamina. Dan hal tersebut juga bisa mengakibatkan aplikasi MyPertamina mengalami error. Jadi silahkan gunakan aplikasi resmi dengan cara mendownload melalui PlayStore atau AppStore.

13. Laporkan permasalahan tersebut ke MyPertamina

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi aplikasi MyPertamina error tidak bisa dibuka adalah dengan melaporkan permasalahan tersebut ke pihak MyPertamina. Karena bisa saja hal tersebut memang sebuah bug pada aplikasi. Dengan melaporkan permasalahan ke MyPertamina, hal tersebut dapat membantu MyPertamina untuk menyempurnakan aplikasinya. Anda dapat melaporkan permasalahan melalui saluran dibawah ini :

  • Alamat kantor : Jl Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110, Indonesia
  • Email : pcc135@pertamina.com
  • Telepon : 135
  • Instagram : @mypertamina https://www.instagram.com/mypertamina/
  • Facebook : https://www.facebook.com/MyPertaminaID/

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi MyPertamina error tidak bisa dibuka dengan mudah. Dikarenakan pada saat ini jumlah pengguna aplikasi MyPertamina sedang meningkat dengan signifikan, hal tersebut membuat aplikasi MyPertamina terkadang mengalami error tidak bisa masuk.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang MyPertamina lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Jawaban Review dan Verifikasi Daftar MyPertamina Tidak Masuk di Email. Semoga artikle saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar