close

Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina

Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina – Hallo sobat koplo, MyPertamina merupakan aplikasi yang dikeluarkan PT. Pertamina (Persero) untuk memudahkan masyarakat melakukan pembelian BBM Subsidi. Hal tersebut selaras dengan kebijakan pemerintah dimana pemerintah menginginkan penyaluran BBM subsidi jenis solar dan pertalite dapat tepat sasaran.

Oleh karena itu, masyarakat yang merasa berhak mendapatkan BBM subsidi diminta untuk registrasi di MyPertamina. Tujuannya, agar pemerintah dapat memastikan bahwa orang yang menerima BBM Subsidi jenis Pertalite dan Solar benar-benar tepat sasaran. Karena sudah terdapat kriteria siapa saja yang boleh menggunakan BBM bersubsidi. Aturan tersebut dibuat dikarenakan pemerintah merasa penyaluran BBM Subsidi pada sat ini masih belum tepat sasaran.

Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina
Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina

Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina

Agar dapat membeli BBM Subsidi jenis Solar dan Pertalite di SPBU, anda harus mendaftarkan diri dan kendaraan anda terlebih dahulu melalui aplikasi MyPertamina atau Website Subsidi Tepat. Proses pendaftaran juga sangat cepat dan mudah. Anda hanya perlu memasukkan data yang diperlukan seperti nama lengkap, NIK, nomor telepon, foto STNK, foto kendaraan, dan data-data lainnya.

Setelah data sudah anda isi dengan benar dan lengkap, anda dapat mengirimkan data tersebut melalui aplikasi MyPertamina atau Website Subsidi Tepat. Jika sudah dikirim, artinya pendaftaran anda sudah selesai. Data anda akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak MyPertamina, kemudian dalam waktu beberapa hari MyPertamina atas memberikan jawaban atas pendaftaran anda.

Baca Juga :  Apakah Beli BBM Subsidi Pertalite dan Solar di SPBU Wajib Install MyPertamina?

Jika data-data yang anda kirimkan saat pendaftaran sudah lengkap, maka anda akan diterima sebagai pengguna BBM bersubsidi. Akan tetapi jika data yang anda kirimkan tidak benar, tidak lengkap, atau tidak sesuai ketentuan, pendaftaran anda akan ditolak. Ketika pendaftaran anda sudah diterima, anda akan mendapatkan kodeQR yang berfungsi sebagai penanda bahwa anda adalah pengguna BBM Subsidi.

Normalnya, ketika data yang anda masukkan sudah benar, lengkap, dan sesuai dengan ketentuan, pendaftaran anda sudah pasti akan diterima. Akan tetapi pada saat melakukan pendaftaran, banyak pendaftar yang mengalami kegagalan atau error. Salah satunya adalah error NIK tidak terdaftar saat melakukan pendaftaran MyPertamina.

Apakah pada saat ini anda juga mengalami kegagalan pada saat daftar MyPertamina dengan alasan NIK tidak terdaftar? Jika pada saat ini anda juga mengalami permasalahan tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi NIK tidak terdaftar saat registrasi MyPertamina. Berikut adalah tutorialnya :

Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina
Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina

1. Pastikan NIK yang anda masukkan sudah benar

Permasalahan NIK tidak terdaftar pada saat registarsi MyPertamin biasanya disebabkan karena kesalahan penulisa NIK pada formulir pendaftaran. Dikarenakan NIK terdiri dari 16 digit, banyak orang yang mengalami kesalahan dalam penulisan Nik tersebut. Untuk memastikan kebenaran Nik yang anda tuliskan, pastikan NIK yang anda tuliskan di website atau aplikasi pada saat pendaftaran sudah sesuai dengan KTP dan KK. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan lebih dari 1 kali.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Tidak Bisa Daftar MyPertamina Karena NIK Sudah Digunakan

2. Pastikan proses pendaftaran anda sudah benar

Ketika saya membaca komentar di beberapa postingan resmi MyPertamina, ternyata terdapat banyak orang yang mengeluhkan mengalami kegagalan pada melakukan pendaftaran di aplikasi MyPertamina. Keluhan tersebut pada akhirnya ditanggapi oleh pihak pertamina dan pihak pertamina memberikan jawaban agar para pendaftar memastikan proses pendaftaran yang dilakukan sudah benar. Berikut adalah cara daftar aplikasi MyPertamina yang benar :

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP pemilik, STNK, nomor polisi kendaraan, foto kendaraan dan surat rekomendasi (untuk konsumen non kendaraan dan layanan Umum).
  • Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/
  • Centang informasi memahami persyaratan.
  • Klik, “Daftar Sekarang”.
  • Ikuti instruksi dalam website tersebut.
  • Tunggu pencocokan data maksimal 14 Hari Kerja (tidak termasuk Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional) pada alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) QR code dari website, dan simpan untuk bertransaksi di SPBU yang menyediakan Solar dan Pertalite Subsidi.

3. Tunggu hingga proses verifikasi data selesai

Setalah selesai melakukan pendaftaran, anda tidak secara otomatis terdaftar sebagai pengguna MyPertamina. Data-data yang anda kirimkanaka akan dilakukan review dan verifikasi terlebih dahulu oleh pihak MyPertamina. Berdasarkan informasi dari MyPertamina, proses review dan verifikasi membutuhkan waktu maksimal 14 hari. Jawaban dari hasil review dan verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang anda daftarkan.

Baca Juga :  Cara Daftar MyPertamina untuk Beli BBM Subsidi Pertalite dan Solar

4. Cek status pendaftaran secara berkala

Untuk memastikan pendaftaran anda sudah diterima atau belum, anda dapat melakukan pengecekan status pendaftaran di website secara berkala. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) QR dari website, dan simpan untuk bertransaksi di SPBU yang sudah diimplementasikan. Jika belum memiliki QR Code, maka akan dilakukan pencatatan nomor polisi kendaraan oleh petugas SPBU.

5. Laporkan permasalahan ke pihak MyPertamina

Jika setelah melakukan beberapa langkah diatas permasalahan NIK tidak terdaftar masih belum teratasi, langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengirimkan laporan masalah ke pihak MyPertamina. Silahkan jelaskan permasalahan yang anda alami dan lampirkan juga data-data yang diperlukan pada saat pendaftaran.

Anda dapat melaporkan permasalahan ke pihak MyPertamina melalui beberapa saluran dibawah ini :

  • Alamat kantor : Jl Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110, Indonesia
  • Email : pcc135@pertamina.com
  • Telepon : 135
  • Instagram : @mypertamina https://www.instagram.com/mypertamina/
  • Facebook : https://www.facebook.com/MyPertaminaID/

Yak, kira-kira seperti itulah Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina. Permasalahan tersebut bisa disebabkan karena anda salah dalam menuliskan NIK pada saat melakukan pendaftaran atau data pendaftaran anda masih belum selesai di review oleh pihak MyPertamina.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang MyPertamina lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Apakah Beli BBM Subsidi Pertalite dan Solar di SPBU Wajib Install MyPertamina? Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

14 pemikiran pada “Cara Mengatasi NIK Tidak Terdaftar saat Regitrasi MyPertamina”

  1. Sy beli mbl bekas,ternyata itu mobil udh d daftarkan subsidi tepat,dan yg punya akun dah g tau d mn,wktu d daftarkan lg d mypertamina trnyata mbl itu udh pny kode qr,dan akrng tdk bsa daftar lg,gimana cara nya supaya bsa d daftarkan lg tanpa hrs memasukan akun pemilik yg dlu

    Balas
  2. min mau tanya, kalau sudah daftar dan log in untuk claim QR code nya selalu muncul “nik dan no plat tidak di temukan” itu kenapa ya? baru hari ini daftar . apa harus tunggu dulu di verifikasi ya min ?

    Balas

Tinggalkan komentar