close

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul – Hallo sobat koplo, Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya whatsapp, banyak orang akan mengalami kesusahan dalam komunikasi satu sama lain. Meskipun banyak aplikasi lain yang dapat digunakan, akan tetapi aplikasi tersebut tidak memiliki fitur selengkap whatsapp.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh whatsapp seperti mengirimkan pesan teks, suara, gambar, bahkan video, membuat sebuah status, melakukan panggilan suara/telepon, bergabung ke dalam sebuah grup, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki banyak fitur yang cukup keren, aplikasi whatsapp tetap ringan ketika digunakan selain itu penggunaan data aplikasi whatsapp juga tidak terlalu boros.

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul

Untuk dapat menggunakan aplikasi Whatsapp, anda hanya memerlukan sebuah nomor telepon yang masih aktif dan koneksi internet. Nomor telepon itulah yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar di whatsapp. Setelah terdaftar anda sudah dapat berkomunikasi dengan teman-teman anda baik itu melalui telepon atau sebatas mengirim pesan saja.

Normalnya, ketika whatsapp kita mendapatkan chat baik itu dari grup atau dari orang laindan mendapatkan panggilan telepon/panggilan video, whatsapp akan mengirimkan tanda berupa suara, getara, dan notifikasi di layar HP anda. Jadi anda dapat mengetahui jika sedang ada yang menghubungi anda melalui whatsapp.

Akan tetapi terkadang terdapat sebuah permasalahan dimana notifikasi whatsapp tidak muncul di HP anda. Baik itu notifikasi chat atau notifikasi telepon. Jadi anda tidak mengetahui ketika ada chat masuk atau panggilan masuk. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu, terlebih lagi jika ternyata pesan atau telpon yang masuk itu sangat penting.

Tentu anda tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi hanya karena anda tidak mengetahui ada pesan atau telpon di whatsapp disebabkan notifikasi whatsapp yang tidak muncul. Jika pada saat ini notifikasi whatsapp anda tidak muncul, maka anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya, silahkan ikuti tutorial saya berikut ini :

Baca Juga :  Arti Centang Satu Abu-Abu, Centang Dua Abu-Abu, Centang Dua Biru di Whatsapp
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul

1. Update aplikasi whatsapp

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi permasalahan notifikasi whatsapp yang tidak muncul adalah dengan mengupdate aplikasi whatsapp ke versi terbaru. Dengan mengupdate ke versi terbaru, anda akan mendapatkan fitur-fitur baru dan bug-bug yang ada akan teratasi.

2. Hapus data dan cache aplikasi Whatsapp

Setiap aplikasi yang terinstall dan sering digunakan pasti memiliki file data dan cache yang menumpul banyak. Apalagi aplikasi whatsapp yang anda buka hampir setiap hari. File data dan cache yang menumpuk terlalu banyak akan menyebabkan whatsapp tidak berjalan secara maksimal. Jadi anda harus membersihkannya secara berkala.

3. Paksa berhenti aplikasi whatsapp

Permasalahan yang ada pada sebuah aplikasi juga bisa disebabkan karena aplikasi tidak terbuka secara sempurna. Jadi, sistem dari aplikasi tidak berjalan dengan maksimal. Hal tersebut juga bisa terjadi di aplikasi whatsapp. Untuk mengatasinya, silahkan lakukan Paksa berhenti aplikasi whatsapp dengan cara :

  • Buka pengaturan HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Pilih aplikasi whatsapp
  • Silahkan klik paksa berhenti

4. Install ulang aplikasi whatsapp

Jika setelah melakukan cara diatas notifikasi whatsapp anda masih tidak muncul, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menginstall ulang aplikasi whatsapp. Dengan menginstall ulang, whatsapp anda akan kembali seperti baru. Sehingga tidak akan ada kesalahan-kesalahan lainnya. Untuk melakukan install ulang, silahkan Uninstall aplikasi whatsapp dan install kembali melalui Playstore.

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul

5. Silahkan tutup Whatsapp Web

Biasanya orang-orang akan membuka whatsapp mereka di Laptop melalui Whatsapp Web. Ketika anda membuka melalui whatsapp web, maka notifikasi whatsapp akan muncul terlebih dahulu di whatsapp web. Hal tersebut bisa menyebabkan HP anda tidak menerima notifikasi karena anda sudah menerimanya di Whatsapp Web. Jadi, silahkan logout whatsapp anda dari whatsapp Web.

6. Gunakan whatsapp original

Pada saat ini sudah banyak jenis whatsapp yang sudah diedit sedemikian rupa untuk menambahkan fitur-fitur baru. Orang-orang biasa menyebut dengan Whatsapp Mod. Dikarenakan whatsapp Mod itu diedit bukan oleh developer resminya, maka bisa jadi penyebab dari notifikasi whatsapp tidak muncul adalah sebuah bug dari whatsapp mod yang anda gunakan. Jadi silahkan beralih ke Whatsapp Original.

Baca Juga :  Cara Melihat Barcode (Code QR) di Whatsapp Bisnis

7. Pastikan anda telah mengaktifkan notifikasi di pengaturan Whatsapp

Agar whatsapp memberikan notifikasi ketika terdapat pesan dan telepon yang masuk, maka anda harus mengaktifkan pengaturan notifikasi pada whatsapp anda. Jika tidak diaktifkan, sampai kapanpun whatsapp anda tidak akan menerima notifikasi. Untuk mengaktifkan notifikasi di Whatsapp, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

  • Buka aplikasi whatsapp
  • Klik titik tiga dipojok kanan atas, lalu masuk setelan
  • Masuk setelan notifikasi
  • Silahkan centang pada :
    -Nada percakapan
    -Gunakan notifikasi prioritas tinggi
    -Notifikasi reaksi

8. Aktifkan pengaturan notifikasi HP anda

Selain mengatur notifikasi melalui aplikasi whatsapp nya langsung, anda juga harus mengaturan notifikasi melalui pengaturan HP anda. Notifikasi whatsapp anda tidak akan muncul meskipun anda sudah mengatur di dalam whatsappnya tapi belum mengatur di pengaturan HP anda. Untuk mengatur notifikasi di pengaturan HP, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

  • Buka pengaturan HP anda
  • Masuk ke pengaturan Aplikasi
  • Pilih aplikasi whatsapp
  • Masuk ke menu Notifikasi
  • Silahkan aktifkan “Tampil notifikasi”
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp (WA) Tidak Muncul

9. Pastikan HP anda tehubung ke Internet

Agar whatsapp dapa menerima sebuah pesan atau panggilan dari pengguna lain. Maka anda harus memastikan bahwa HP anda terhubung ke Internet. Ketika HP anda tidak terhubung ke Internet, pesan whatsapp tidak akan sampai di HP anda sehingga notifikasi whatsapp tidak muncul. Di pengirim pesan hanya terdapat tanda centang 1.

10. Pastikan anda mengaktifkan data latar belakang

Ketika anda menutup aplikasi whatsapp di HP anda, sebenarnya aplikasi whatsapp tersebut tidak benar-benar tertutup. Melainkan masih tetap berjalan dilatar belakang sistem HP anda. Oleh karena itu, anda harus mengaktifkan penggunaan data latar belakang pada aplikasi whatsapp. Karena jika tidak diaktifkan, aplikasi whatsapp anda tidak akan konek di Internet. Berikut adalah cara mengaktifkan data latar belakang :

  • Buka setelan HP anda
  • Masuk ke setelan Aplikasi
  • Pilih aplikasi whatsapp
  • Pada setelan whatsapp, silahkan pilih penggunaan data
  • Silahkan aktifkan Data latar belakang
Baca Juga :  Cara Mengganti Wallpaper Chat Whatsapp dengan Mudah

11. Matikan fitur penghemat data dan baterai

Pada saat ini banyak HP yang sudah memiliki fitur penghemat data dan baterai di sistemnya. Ketika fitur tersebut diaktifkan, maka kinerja dari sistem HP akan dibatas. Misalnya kemampuan menangkap jaringan dan kinerja-kinerja lain. Fitur penghemat data dan baterai juga bisa menyebabkan notifikasi whatsapp anda tidak muncul. Jadi anda harus mematikannya.

12. Pastikan HP anda tidak dalam mode Silent

Agar notifikasi whatsapp bisa anda dengar atau rasakan, maka anda harus memastikan bahwa HP yang anda gunakan tidak dalam keadaan silent. Ketika HP dalam mode silent, HP anda tidak akan berbunyi dan tidak akan bergetar ketika ada notifikasi masuk. Minimal, silahkan ubah HP anda ke mode getar saja agar tetap dapat notifikasi.

13. Restart HP anda

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi Notifikasi whatsapp yang tidak muncul adalah dengan mematikan sementara atau merestart HP anda terlebih dahulu. Biasanya penyebab dari notifikasi whatsapp tidak muncul karena sistem HP anda sedang bermasalah. Jadi, silahkan restart HP anda untuk sementara waktu.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi notifikasi whatsapp tidak muncul di Hp anda. Permasalahan notifikasi whatsapp tidak muncul memang sangat mengganggu kita dalam berkomunikasi. Karena kita akan beranggapan bahwa tidak ada chat atau telepon yang masuk. Padahal aslinya, ada yang menghubungi anda melalui whatsapp hanya saja notifikasinya tidak muncul.

Jika anda tertarikd dengan artikel tentang whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengatasi whatsapp tidak bisa terhubung atau tidak konek internet. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar