close

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak didunia. Bahkan pada saat ini jumlah orang yang mendownload instagram melalui Play Store sudah lebih dari 1 milar orang. Jadi sudah tidak heran jika hampir seluruh orang sudah memiliki akun Instagram. Bahkan ada orang yang memiliki lebih dari 1 akun Instagram.

Pengguna Instagram tidak hanya datang dari kalangan remaja, hampir semua kalangan menggunakan sudah menggunakan Intagram, baik untuk kepentingan pribadi atau kepentingan bisnis. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, pebisnis, bahkan sudah banyak Instansi Pemerintah yang juga menggunakan Instagram sebagai sarana publikasi mereka.

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah
Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah

Instagram bisa mendapatkan banyak pengunjung seperti saat ini dikarenakan fitur-fitur yang dimilikinya cukup keren dan menarik. Fitur tersebut seperti membuat Instagram Story, membuat Instagram Reels seperti Tiktok, upload foto dan video, melakukan video siaran langsung, saling mengikuti antar pengguna, saling mengirim pesan dan lain sebagainya.

Bisa dibilang pada saat ini Instagram sudah merupakan bagian dari kehidupan. Karena orang akan merasa ada yang kurang jika dalam sehari tidak membuka Instagram. Hal tersebut dikarenakan melihat foto-foto dan video yang diupload orang lain sangatlah menyenangkan, Bahkan terkadang ketika sedang scroll Instagram kita sampai lupa waktu.

Untuk menjaga kenyamanan dari Penggunanya, pihak instagram selalu melakukan update secara berkala. Tujuan dari Update tersebut adalah untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada. Akan tetapi meskipun demikian, masih terdapat pengguna instagram yang sering mengalami permasalahan pada saat membuka Instagram. Salah satunya adalah Sayangnya instagram telah berhenti.

Sebagai pengguna Instagram, apakah anda sudah pernah mengalami error seperti itu? Tentu anda akan merasa kesal ketika membuka instagram tiba-tiba terjadi kesalahan Instagram telah berhenti. Jika pada saat ini anda sedang mengalami permasalahan tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Baca Juga :  Cara Memblokir Komentar Di Instagram dari Orang Tertentu
Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah
Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah

1. Update aplikasi Instagram

Ketika terdapat masalah disebuah aplikasi, misalnya permasalahan sayangnya instagram telah berhenti, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa aplikasi Intagram yang anda gunakan adalah versi terbaru. Jika belum silahkan lakukan update dengan cara :

  • Buka playstore di HP anda
  • Ketikkan Instagram dikolom pencarian
  • Setelah ketemu, silahkan klik Update
  • Tunggu hingga proses update selesai

2. Hapus data dan cache aplikasi Instagram

Setiap aplikasi yang terinstall di HP pasti memiliki data dan file cache yang tersimpan di memori penyimpanan HP anda. Semakin sering aplikasi Instagram digunakan, maka semakin besar juga data dan file cache yang tersimpan. Jika dibiarkan, file-file tersebut akan memberatkan aplikasi sehingga menyebabkan aplikasi Instagram telah berhenti. Jadi silahkan hapus data dan cache secara berkala. Berikut tutorialnya :

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Pilih aplikasi Instagram
  • Klik menu penyimpanan
  • Terakhir, silahkan klik hapus data dan hapus cache

3. Paksa berhenti aplikasi Instgaram

Permasalahan sayangnya Instagram telah berhenti bisa juga disebabkan karena aplikasi instagram tidak dibuka dengan sempurna. Sehingga munculah permasalahan tersebut, untuk mengatasi nya, silahkan anda paksa berhenti aplikasi Instagram melalui pengaturan HP anda. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka pengaturan HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Pilih aplikasi Instagram
  • Klik paksa berhenti

4. Install ulang aplikasi Instagram

Jika cara diatas sudah anda lakukan tetepi permasalahan sayangnya aplikasi instgaram telah berhenti belum teratasi, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan install ulang aplikasi instgaram. Karena bisa jadi penyebabnya karena aplikasi instgaram tidak terpasang dengan sempurna. Silahkan install ulang dengan cara Uninstall aplikasi lalu install kembali.

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah
Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah

5. Pastikan koneksi internet yang anda gunakan lancar

Permasalahan jaringan juga bisa mengakibatkan instagram telah berhenti. Ketika jaringan yang anda gunakan lambat, maka instagram akan kesusahan untuk mengirim dan menerima data dari server mereka. Terlebih lagi semua konten yang ada di Instagram berupa foto dan video. Jadi, gunakan koneksi internet yang cepat dan stabil. Berikut adalah tips-tips nya :

  • Ganti jaringan yang digunakan (WiFI atau Jaringan Seluler)
  • Buka instagram di tempat terbuka (tidak banyak gedung atau pepohonan)
  • Pastikan kuota internet masih mencukupi
  • Lock jaringan ke mode 4G
  • Hidupkan dan matikan kembali mode pesawat
Baca Juga :  Cara Mengatasi Diblokir Melakukan Pendaftaran Akun Instagram dengan Mudah

6. Pastikan memori internal tidak penuh

Agar dapat berjalan secara maksimal, sebuah aplikasi memerlukan ruang penyimpanan untuk menyimpan data dan file cache aplikasi. Ketika memori internal penuh, Instagram menjadi tidak bisa menyimpan file tersebut sehingga mengakibatkan aplikasi instgaram mengalami permasalahan. Jadi, silahkan kosongkan memori internal HP anda dengan cara menghapus atau memindahkan file-file anda ke tempat lain.

7. Tutup aplikasi lain ketika membuka Instagram

Ketika sebuah aplikasi dibuka di HP anda, maka aplikasi tersebut akan menggunakan RAM di HP anda. Semakin besar RAM yang tersedia di HP anda, maka suatu aplikasi akan berjalan dengan lancar. Bisa jadi permasalahan sayangnya Instagram telah berhenti disebabkan karena RAM hp anda terlalu penuh. Untuk mengatasinya, silahkan tutup aplikasi lain ketika anda ingin membuka Instagram.

8. HP anda sudah tidak kuat untuk membuka aplikasi

Salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab permasalahan sayangnya instagram telah berhenti adalah perangkat atau HP yang anda gunakan sudah tidak kuat untuk membuka Instagram. Bisa jadi karena spesifikasi HP anda tidak memenuhi persyaratan spesifikasi minimum yang ditetapkan instagram. Jika sudah demikian, maka anda harus mengganti HP yang anda gunakan.

9. Gunakan aplikasi instagram versi lawas

Jika memang permasalahan tersebut disebabkan karena HP anda sudah tidak kuat untuk menggunakan aplikasi versi terbaru, maka terdapat sebuah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Yaitu dengan menginstall aplikasi instgaram versi lawas. Anda dapat mendapatkan aplikasinya melalui Google. Tetapi konsekuensinya, fitur-fitur yang ada di Instagram pasti berbeda dengan instagram versi terbaru.

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah
Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dengan Mudah

10. Restart HP anda sementara waktu

Permasalahan sayangnya instgaram telah berhenti tidak hanya disebabkan karena adanya bug pada aplikasi. Bisa juga penyebab dari masalah tersebut adalah sistem HP anda yang sedang mengalami permasalahan atau error. Untuk mengatasinya, silahkan anda restart HP anda terlebih dahulu atau matikan HP anda sementara waktu.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Mode Hilang DM Instagram dengan Mudah

11. Update OS HP ke versi terbaru

Sama seperti aplikasi, sebuah sistem android atau iphone juga terus melakukan pembaruan untuk menambahkan sebuah fitur dan memperbaiki bug-bug yang ada. Jadi, selalu pastikan bahwa OS yang anda gunakan di HP anda sudah versi terbaru. Karena dengan menggunakan versi terbaru, kemungkinan terjadinya bug atau permasalahan akan semakin kecil.

12. Coba buka Instgaram menggunakan HP lain

Jika setelah melakukan cara diatas permasalahan sayangnya instgaram telah berhenti tidak juga teratasi. Cara lain yang dapat anda gunakan adalah dengan membuka aplikasi instgaram di HP lain. Dengan begitu, anda akan mengetahui dimana letak akar permasalahannya. Jika di HP lain Instagram dapat berjalan dengan normal, berarti terdapat masalah pada HP anda.

13. Server instagram sedang down atau sedang maintenance

Sebuah aplikasi yang memiliki pengguna lebih dari 1 miliar orang pasti memiliki server yang sangat besar. Apalagi seluruh isi/konten instagram berupa foto atau video. Hal tersebut mengakibatkan server instagram sering down atau gangguan. Jika demikian, satu-satunya cara yang dapat anda lakukan adalah menunggu hingga server instagram kembali normal.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi sayangnya instagram telah berhenti dengan mudah. Permasalahan tersebut memang sangat sering dialami oleh pengguna Instagram. Bahkan bisa dibilang hampir seluruh pengguna Instagram pernah mengalami hal tersebut. Jadi anda tidak perlu khawatir karena cara untuk mengatasinya sangat mudah.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai Instgaram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikels saya yang berjudul cara membuat banyak akun Instgaram dengan 1 email dengan mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

 

Tinggalkan komentar