close

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram – Hallo sobat koplo, Instagram merupakan sosial media yang sangat diminati oleh orang-orang didunia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah download aplikasi instagram di Playstore yang sudah lebih dari 1 miliar orang. Maka tidak heran jika hampir semua orang pasti memiliki sebuah akun instagram. Bahkan ada orang yang punya lebih dari 1 akun instagram.

Banyak orang tertarik menggunakan aplikasi Instagram dikarenakan fitur-fitur dari Instagram yang sangat menarik untuk digunakan. Di Instagram anda dapat mengupload sebuah foto atau video, membagikan video reels sama seperti Tiktok, membuat sebuah status, menggunakan efek dan filter yang menari, dan melakukan Live Streaming.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram
Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram

Sama seperti sosial media lainnya, Di Instargam anda juga dapat melakukan live streaming sama seperti Facebook, Tiktok, Maupun Youtube. Cara untuk melakukannya pun sangat mudah, anda hanya perlu membuat sebuah akun dan anda langsung bisa melakukan live streaming.

Live streaming di Instagram biasanya dilakukan untuk berinteraksi dengan follower atau teman, untuk berbisnis atau berjualan, atau untuk mengobrol dengan pengguna lain. Karena di Instagram, anda dapat melakukan live streaming bersama-sama (maksimal 4 pengguna). Jadi pengguna lain dapat meminta untuk bergabung ke live streaming anda atau anda dapat mengundang pengguna lain.

Akan tetapi permasalahan sering kali ditemukan ketika ingin melakukan Live Streaming di Instagram. Hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna instagram adalah tidak bisa melakukan Live Streaming. Apakah pada saat ini anda sedang mengalami permasalahan tersebut?

Jika pada saat ini anda tidak bisa melakukan live streaming di Instagram, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi tidak bisa live streaming di Instagram. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Baca Juga :  Cara Mengatasi Maaf Terdapat Masalah pada Permintaan Anda Saat Login Instagram (IG)
Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram
Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram

1. Update aplikasi Instagram ke versi terbaru

Live streaming merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Instagram. Agar dapat menggunakan fitur live streaming, maka anda harus menggunakan versi instagram yang sudah memiliki fitur tersebut. Jadi, silahkan anda update aplikasi instagram ke versi terbaru karena bisa jadi penyebab anda tidak bisa live karena aplikasi instagram yang anda gunakan sudah terlalu jadul.

2. Pastikan akun anda tidak sedang diblokir

Untuk menjaga agar komunitas di Instagram tetap sehat, pihak Instagram akan membatasi atau memblokir akun-akun yang melanggar ketentuan-ketentuan mereka. Biasanya pembatasan tersebut seperti tidak bisa membuat story, tidak bisa follow orang, dan tidak bisa melakukan live streaming. Jika akun anda sedang diblokir, silahkan tunggu hingga masa pemblokiran selesai.

3. Coba lagi dalam beberapa hari kedepan

Apabila akun Instagram yang anda miliki diblokir oleh pihak Instagram untuk melakukan sesuatu, seperti diblokir untuk melakukan live streaming, maka hal yang harus anda lakukan adalah menunggu hingga pemblokiran tersebut selesai. Jadi silahkan anda tunggu beberapa hari kedepan. Biasanya lama pemblokiran itu sekitar 24 jam, 3×34 jam, atau seminggu.

4. Logout akun terlebih dahulu

Ketika sebuah akun Instagram tidak bisa melakukan live streaming Instagram padahal anda tidak dalam sedang pemblokiran, maka cara paling mudah yang dapat anda lakuan adalah dengan melogout akun anda untuk sementara waktu kemudian silahkan login ulang. Biasnaya, permasalahan akan teratasi dengan cara logout dan login.

5. Terdapat permasalahan pada OS yang anda gunakan

Sebuah aplikasi biasanya memberikan persyaratan minimum pada pada OS yang digunakan. Misalnya minimal OS android yang diperlukan adalah Android Kitkat. Sedangkan OS android yang digunakan pada HP anda adalah Android Jelly Bean, maka sudah dapat dipastikan fitur-fitur yang ada diInstagram tidak berjalan secara maksimal. Jadi pastikan OS anda sudah memenuhi persyaratan minimum.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah

6. Tutup aplikasi lain ketika ingin Live Streaming

Fitur live streaming merupakan fitur yang tergolong dapat memberatkan kinerja dari HP anda. Ketika anda melakukan live streaming, maka RAM yang digunakan akan semakin banyak. Oleh karena itu, ketika anda ingin melakuan live streaming, anda harus memastikan bahwa RAM anda masih mencukupi. Caranya dengan menutup aplikasi lain ketika sedang live streaming di Instagram.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram
Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Streaming di Instagram

7. Pastikan perangkat yang anda gunakan sudah memadai

Salah satu penyebab tidak bisa melakukan live streaming di Instagram adalah perangkat yang tidak support atau tidak memadai. Biasanya perangkat yang tidak support adalah HP yang sudah sangat jadul atau keluaran baru. Jika HP anda termasuk keluaran terbaru, maka anda tidak perlu khawatir, karena sebagian besar HP saat ini sudah support live streaming.

8. Pastikan koneksi internet cepat dan stabil

Kita semua tahu bahwa agar dapat melakukan live streaming di Instagram, kecepatan data atau kecepatan internet yang dibutuhkan akan menjadi lebih besar. Oleh karena itu anda harus menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil. Anda bisa mencoba untuk menggunakan WiFi atau provider yang memiliki kecepatan terbaik di darerah anda.

9. Hapus data dan cache Instagram

Data dan cache adalah file sebuah aplikasi yang tersimpan didalammemori penyimpanan anda. Semakin sering suatu aplikasi digunakan, maka semakin besar juga ukuran data dan file cache yang tersimpan. Jika terlalu banyak, file tersebut akan memberatkan aplikasi dan menyebabkan error pada aplikasi. Jadi silahkan bersihkan data dan cache secara berkala.

Baca Juga :  Cara Menyematkan Komentar di Postingan Instagram dengan Mudah

10. Paksa berhenti aplikasi Instagram

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengatasi Instagram yang tidak bisa live streaming adalah dengan memaksa berhenti aplikasi Intagram. Karena bisa jadi error tersebut disebabkan karena aplikasi instagram tidak terbuka secara sempurna. Jadi untuk memperbaikinya, anda harus menutupnya atau paksa berhenti lalu membuka kembali.

11. Install ulang aplikasi Instagram

Sebuah error atau kesalahan yang terjadi pada aplikasi, seperti tidak bisa live di Instagram bisa disebabkan karena aplikasi yang terinstall di HP anda terdapat kesalahan pada penginstalannya. Biasa jadi data aplikasi yang tidak lengkap atau corrupt. Untuk mengatasinya anda harus menginstall ulang dengan cara menghapus dan memasangnya kembali.

12. Restart HP anda

Selain permasalahan terjadi karena error pada aplikasi, ternyata bisa jadi penyebab dari anda tidak bisa live di instagram dikarenakan adanya error atau kesalahan pada sistem HP anda. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dapat mematikan HP anda untuk sementara waktu dan menghidupkan kembali. Setelah itu, silahkan coba lagi untuk melakukan live streaming.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi tidak bisa live streaming di Instagram. Permasalahan tidak bisa live streaming di Instgaram memang sering dialami oleh pengguna instagram. Terdapat berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan anda tidak bisa live. Jadi, silahkan anda coba cara diatas sesuai dengan faktor penyebab yang anda alami.

Jika anda tertarik dengan artikel mengenai instagram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengatasi diblokir dari membagikan video siaran langsung Instagram. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar