close

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Instagram merupakan sosial media yang cukup populer dikalangan masyarakat. Pada saat ini hampir seluruh orang didunia sudah memiliki akun Instagram. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua semua memiliki akun Instagram. Tujuan orang-orang memiliki akun Instagram pun berbeda-beda. Ada yang menggunakan sebatas sosial media belaka ada juga yang menggunakannya untuk berbisnis.

Karena memang jumlah pengguna aktif Instagram sangatlah banyak. Bahkan sudah lebih dari 1 miliar orang. Dengan jumlah yang begitu besar tersebut, Instagram bisa digunakan sebagai sarana untuk menjalankan bisnis. Misalnya untuk jualan online atau mempromosikan suatu produk. Sudah banyak orang yang sukses berbisnis menggunakan Instagram. Bahkan hasilnya bisa jutaan rupiah per bulan.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah
Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah

Cara untuk membuat akun di Instagram juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan nomor hp atau alamat email yang masih aktif untuk membuat akun di Instagram. Setelah itu anda akan diminta untuk membuat username atau nama pengguna dan password akun anda. Setelah proses pendaftaran selesai, anda sudah dapat menggunakan akun anda di Instagram.

Terdapat banyak sekali fitur Instagram yang dapat anda gunakan seperti upload foto dan video, membuat instagram reels, membuat instagram story, melakukan video siaran langgsung, menggunakan efek dan filter yang menarik, saling mengikuti antar pengguna, dan anda juga dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain. Semua fitur tersebut dapat anda nikmati secara gratis di Instagram.

Agar dapat menggunakan semua fitur tersebut, anda harus login atau masuk ke akun anda terlebih dahulu. Cara untuk masuk di akun Instagram juga sangat mudah. Adna hanya perlu memasukkan username dan password di form login yang sudah disediakkan. Jika username dan password yang anda masukkan benar, maka anda akan berhasil login ke dalam akun anda.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, masih terdapat beberapa pengguna Instagram yang mengalami masalah dimana mereka tidak bisa login ke Akun Instagram yang mereka miliki. Padahal username dan password yang dimasukkan sudah benar. Hal tersebut tentu akan membuat jengkel terlebih lagi jika terdapat hal penting yang harus anda lakukan di Instagram.

Apakah anda sudah pernah mengalami permasalahan dimana anda tidak bisa login ke Akun Instagram? Atau malah pada saat ini anda sedang mengalaminya? Jika pada saat ini anda juga tidak bisa login ke akun Instagram, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi tidak bisa login Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Hilang DM Instagram dengan Mudah
Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah
Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah

1. Pastikan username dan password yang anda masukkan benar

Ketika login ke dalam akun Instagram, username dan password memiliki peran yang sangat penting untuk melakukan proses tersebut. Username dan password yang anda masukkan harus benar sesuai dengan yang tercatat di server Instagram. Jika perlu silahkan anda tuliskan username dan password anda di notepad untuk memastikan bahwa username dan password sudah benar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan terkait username dan password :

  • Silahkan coba login dengan menggunakan username, nomor telepon, atau email (coba satu per satu)
  • Pastikan password yang anda masukkan sudah benar
  • Pastikan penggunaan huruf besar dan huruf kecil tepat (karena case sensitive)

2. Gunakan koneksi Internet yang cepat dan stabil

Ketika ingin login ke akun Instagram, anda harus menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil. Karena ketika anda menekan tombol login, aplikasi Instagram akan mencocokan username dan password yang anda masukkan dengan data yang ada di server Instagram. Jadi pastikan koneksi Internet yang anda masukkan lancar dan stabil. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan terkait koneksi Internet :

  • Pindah jaringan dari data seluler ke WiFi atau sebaliknya
  • Pastikan kuota anda masih mencukupi
  • Pastikan WiFi sudah dibayar
  • Kunci jaringan anda ke mode 4G atau 5G
  • Gunakan provider yang memiliki sinyal bagus di daerah anda
  • Buka instagram di area terbuka

3. Server Instagram sedang down

Permasalahan tidak bisa login di Instgaram juga bisa disebabkan karena server aplikasi Instagram sedang down atau mengalami permasalahan. Sehingga Instagram tidak bisa merespon permintaan login yang anda kirimkan. Jika memang demikian, satu-satunya cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menunggu hingga proses maintenance service sudah selesai sehingga server dapat normal kembali.

4. Akun Instagram anda Dibatasi atau Diblokir pihak Instagram

Ketika akun anda tidak bisa login di Instagram, hal tersebut juga bisa disebabkan karena akun anda sedang dibatasi atau sudah diblokir oleh pihak Instagram. Biasanya hal tersebut dikarenakan akun anda dianggap melakukan pelanggaran oleh pihak Instagram sehingga pihak Instagram memberikan teguran kepada anda. Untuk mengatasinya, silahkan tunggu hingga hukuman tersebut berakhir. Lama hukuman bermacam-macam, mulai dari 1×24 jam, 3×24 jam, 7 hari, hingga banned permanen.

5. Coba login di perangkat lain

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi tidak bisa login di Instagram adalah dengan mencoba login menggunakan perangkat lain. Hal itu memiliki tujuan untuk melakukan pengecekan apa yang menjadi penyabab Instagram tidak bisa login. Jika anda bisa login di perangkat lain, berarti masalah disebabkan ooleh aplikasi Instagram atau perangkat anda. Akan tetapi jika tetap tidak bisa login, penyebabnya berasal dari akun anda.

Baca Juga :  Cara Menambah dan Menghapus Blog Pribadi di Instagram dengan Mudah

6. Reset Password akun Instagram

Ketika tidak bisa melakuan login ke akun Instagram, cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mereset password akun Instagram anda. Tenang saja karena anda tetap bisa melakukan reset password akun meskipun anda belum login ke akun Instagram. Selama anda masih memiliki nomor telepon dan email yang aktif. Berikut adalah tutorialnya :

  • Buka aplikasi Instgaram
  • Klik menu Dapatkan bantuan untuk login
  • Masukkan nomor telepon atau alamat email
  • Periksa email anda
  • Klik link yang ada di email tersebut, anda akan dibawa ke halaman reset password
  • Buat password yang baru
  • Selesai

7. Update aplikasi Instagram ke versi terbaru

Jika ternyata setelah ditelusuri penyebab dari tidak bisa login di Instagram adalah karena adanya masalah pada aplikasi yang anda gunakan. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru. Bisa jadi setelah mengupdate aplikasi ke versi terbaru, anda jadi bisa login ke akun Instagram.

Berikut adalah tutorial update aplikasi Instagram ke versi terbaru :

  • Buka aplikasi Playstore atau Appstore
  • Cari aplikasi Instagram
  • Klik update
  • Tunggu hingga proses update selesai

8. Hapus data dan cache aplikasi

Setiap aplikasi yang terinstall di HP, pasti memiliki data dan cache yang tersimpan di memori penyimpanan HP anda. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut sering digunakan. Pasti ukuran data dan cache sudah sangat besar. File data dan cache yang terlalu banyak mengakibatkan aplikasi tidak berjalan dengan maksimal. Salah satunya bisa menyebabkan anda tidak bisa login Instagram.

Berkut adalah tutorial hapus data dan cache aplikasi Instagram

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Klik kelola aplikasi
  • Cari aplikasi Instagram
  • Klik hapus data dan cache

9. Paksa berhenti aplikasi Instagram

Agar sebuah aplikasi dapat berjalan dengan normal, maka anda harus membuka aplikasi tersebut dengan benar. Bisa jadi penyebab dari masalah tidak bisa login Instagram disebabkan karena aplikasi Instagram tidak terbuka dengan benar. Jadi, tidak ada salahnya jika anda coba untuk membuka ulang aplikasi Instagram. Untuk memastikan aplikasi Instagram tertutup dengan sempurna, anda harus menutupnya melalui menu Paksa Berhenti. Berikut adalah tutorialnya :

  • Buka Pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan
  • Masih ke pengaturan aplikasi
  • Klik kelola aplikasi
  • Cari aplikasi Instgaram
  • Klik Paksa berhenti

10. Install ulang aplikasi

Setelah setelah melakukan beberapa cara diatas akan tetapi anda masih tetap tidak bisa login Instagram, cara lain yang dapat anda lakuakn adalah melakukan Install ulang pada aplikasi Instagram. dengan menginstall ulang, semua data aplikasi yang ada di HP akan terhapus dan akan diganti dengan data baru. Sehingga segala permasalahan dapat teratasi. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Hapus atau uninstall aplikasi Instagram dari HP anda
  • Buka aplikasi Playstore atau appstore
  • Cari apikasi Instagram
  • Klik Install
  • Tunggu hingga proses selesai
Baca Juga :  Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instgaram dengan Mudah

11. Restart ponsel anda

Penyebab tidak bisa login ke akun Instagram tidak hanya disebabkan karena adanya masalah pada akun atau aplikasi. Permasalahan tersebut juga disebabkan karena adanya error pada sistem HP anda. Sehingga sistem tidak bisa menjalankan aplikasi dengan benar. Untuk mengatasi error pada sistem, caranya sangat sederhana, anda hanya perlu mematikan HP anda untuk sementara waktu lalu menghidupkan kembali atau restart HP anda.

12. Coba login dengan menu “Dapatkan bantuan untuk login”

Cara lain yang dapat anda lakuakn untuk mengatasi tidak bisa login Instagram adalah dengan menggunakan menu Dapatkan bantuan untuk login. Cara ini sering digunakan untuk login ke akun Instagam yang lupa kata sandi atau password. Mungkin dengan cara ini dapat mengatasi permasalahan tidak bisa login Instagram yang anda hadapi. Berikut adalah tutorialnya :

  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik menu dapatkan bantuan untuk login
  • Masukkan username, email, atau nomor telepon yang terdaftar
  • Buka email dan salin kode yang diberikan
  • Kembali ke Instagram dan masukkan kode tersebut
  • Klik selanjutnya

13. Hubungi pihak Instagram

Jika setelah melakukan beberapa cara diatas akun Instagram anda tetap tidak bisa login, langkah terakhir yang dapat anda lakuakn adalah dengan menghubungi pihak Instagram melalui menu pusat bantuan. Silahkan anda informasikan detail permasalahan yang anda alami. Dalam membuat laporan ke pihak Instagram, jangan lupa untuk menyertakan informasi berikut ini :

  • Detail akun anda (username, password, dan email/nomor telepon yang terdaftar)
  • Detail perangkat yang anda gunakan
  • Jaringan yang anda gunakan
  • Kronologi kejadian
  • Foto atau screenshoot sebagai bukti pendukung

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi tidak bisa login Instagram dengan mudah. Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut. Mulai dari permasalahan pada akun, permasalahan pada aplikasi, bahkan permasalahan pada perangkat yang anda gunakan. Jadi silahkan coba beberapa langkah diatas untuk mengatasinya.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Instagram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Tidak Bisa Like Story Instagram, Tombol Like Tidak Muncul. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar