close

Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil

Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil – Hallo sobat koplo, Tiktok merupakan sosial media yang cukup populer belakangan ini. Karena jumlah pengguna aktifnya bertambah dengan sangat cepat setiap harinya. Bahkan bisa dibilang, Tiktok sudah bisa bersaing dengan Instagram dan Facebook yang notabene adalah sosial media paling besar pada saat ini.

Bahkan pada saat ini, jumlah orang yang mendownload aplikasi Tiktok sudah lebih dari 500 juta orang yang tersebar diseluruh dunia. Dari jumlah tersebut, tidak hanya kalangan remaja yang menggunakan Tiktok, melainkan dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Hal tersebut dikarenakan video-video yang tersedia di Tiktok sangat banyak dan beragam.

Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil

Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil

Di Tiktok terdapat banyak sekali jenis video yang dapat anda lihat berdasarkan selera. Ada video tentang kesehatan, ekonomi, politik, pendidikan, tips and trik, tutorial, game, parody, musik dan lain sebagainya. Biasanya, masing-masing konten kreator memiliki niche video masing-masing. Jadi, anda hanya perlu mengikuti kreator yang sesuai dengan selera anda.

Pada mulanya, Tiktok hanyalah sosial media yang isi kontennya berupa video pendek berdurasi kisaran 15 detik hingga 30 detik. Akan tetapi seiring update yang telah dilakukan, kini anda dapat mengupload video hingga durasi 10 menit. Selain itu, Tiktok juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti Tiktok Live, Tiktok Shop, dan lain sebagainya.

Dikarenakan jumlah pengguna yang terus bertambah dengan cepat setiap harinya, pihak Tiktok selalu melakukan update secara berkala untuk menambahkan fitur-fitur baru agar pengguna lama tidak bosan dan memperbaiki bug atau error yang ada. Hal tersebut semata-mata hanya untuk membuat pengguna merasa nyaman ketika menggunakan Tiktok.

Akan tetapi, meskipun pihak Tiktok selalu menyempurnakan aplikasi Tiktok agar tidak ada bug didalamnya, masih banyak para pengguna yang mengeluh karena terjadi error pada aplikasi Tiktok mereka. Error-error yang sering terjadi seperti :

  1. Tiktok tidak bisa dibuka
  2. Tiktok tidak bisa login
  3. Tiktok nge-Freze atau tidak bisa digerakkan
  4. Tiktok lag atau patah-patah
  5. Tiktok sering ngecrash atau tiba-tiba keluar sendiri
  6. Tiktok tidak ada koneksi Internet
  7. Tidak bisa menggunakan beberapa fitur
  8. Dan lain sebagainya
Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil

Sebagai pengguna Tiktok, apakah anda sudah pernah mengalami dimana aplikasi Tiktok yang anda gunakan mengalami error? Jika pada saat ini aplikasi Tiktok anda error dan anda belum mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk melakukannya. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

1. Update aplikasi Tiktok

Ketika Tiktok anda mengalami error, langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa aplikasi Tiktok yang terinstall di HP anda merupakan versi terbaru. Jika belum versi terbaru, silahkan lakukan update melalui Playstore atau Appstore.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Tiktok Tidak Bisa Follow/Mengikuti Orang Lain

Dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, anda akan mendapatkan beberapa fitur tambahan yang belum ada di aplikasi versi lama. Selain itu, bug-bug yang ada diversi lama juga sudah diperbaiki di aplikasi versi terbaru. Berikut adalah tutorial update aplikasi Tiktok :

  • Buka aplikasi Playstore atau Appstore
  • Cari apikasi Tiktok
  • Klik Update
  • Tunggu hingga proses update selesai

2. Hapus data dan cache aplikasi

Setiap aplikasi yang terinstall di HP anda pasti memiliki data dan file cache yang tersimpan di memori penyimpanan. Semakin sering aplikasi tersebut digunakan, maka semakin besar juga ukuran data dan file cache tersebut.

Jika ukuran data dan cache tersebut terlalu besar, hal itu akan mengakibatkan aplikasi menjadi lebih berat sehingga kinerja menjadi kurang maksimal. Hal itu bisa menajdi penyebab apikasi Tiktok error ketika digunakan. Berikut adalah tutorial hapus data dan cache aplikasi :

  • Buka pengaturan atau setelan di HP anda
  • Masuk ke setelan aplikasi
  • Cari aplikasi Tiktok
  • Klik hapus data atau hapus cache
  • Selesai

3. Install ulang aplikasi Tiktok

Error yang terjadi diaplikasi Tiktok juga bisa disebabkan karena adanya file atau data yang tidak lengkap pada aplikasi. Bisa jadi karena pemasangan aplikasi yang tidak sempurna atau terdapat file aplikasi yang corrupt.

Untuk mengatasi hal tersebut caranya sangat mudah, anda hanya perlu menginstall ulang aplikasi Tiktok di HP anda. Dengan begitu, semua error atau kesalahan yang ada di aplikasi Tiktok akan teratasi. Berikut adalah tutorial Install ulang aplikasi Tiktok :

  • Hapus aplikasi Tiktok yang saat ini terinstall
  • Buka aplikasi Playstore atau Appstore
  • Cari aplikasi Tiktok
  • Download ulang aplikasi Tiktok
  • Selesai

4. Tutup dan buka kembali aplikasi Tiktok

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi error pada aplikasi Tiktok adalah dengan menutup dan membuka kembali aplikasi Tiktok. Bisa jadi error tersebut disebabkan karena aplikasi Tidak terbuka secara sempurna. Jadi untuk mengatasinya, anda hanya perlu menutup dan membuka kembali aplikasi Tiktok.

Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil

5. Gunakan aplikasi Tiktok Lite

Error yang terjadi pada aplikasi Tiktok bisa juga disebabkan karena perangkat yang anda gunakan tidak kuat untuk menggunakan dan membuka aplikasi Tiktok. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir. Karena pihak Tiktok sudah menyediakan aplikasi Tiktok lite. Dimana apikasi tersebut lebih ringan dan dapat digunakan diaplikasi dengan spesifikasi rendah.

6. Tutup aplikasi lain ketika menggunakan Tiktok

Aplikasi tiktok merupakan aplikasi yang tergolong berat ketika digunakan. Hal tersebut dikarenakan isi dari aplikasi Tiktok berisi video semua. Jadi ketika membuka aplikasi, RAM yang terpakai juga lebih besar dari aplikasi lain. Untuk memaksimalkan kinerja, silahkan tutup aplikasi lain ketika membuka Tiktok agar RAM yang tersedia lebih banyak.

7. Jangan gunakan Tiktok MOD

Demi menambahkan fitur yang tidak ada di aplikasi resminya, pada akhirnya banyak orang yang membuat sendiri fitur-fitur tersebut ke dalam aplikasi. Aplikasi tersebut sering disebut dengan aplikasi MOD. Meskipun aplikasi MOD memiliki fitur-fitur tambahan, akan tetapi aplikasi tersebut tidak lah resmi.

Baca Juga :  Cara Mengubah Akun Tiktok Menjadi Pro, Bisnis, atau Kreator

Jika pada saat ini aplikasi Tiktok yang anda gunakan adalah aplikasi Tiktok MOD, maka segera hapus aplikasi tersebut dan gunakan aplikasi Tiktok yang original. Karena sebenarnya penggunaan aplikasi Tiktok MOD itu dilarang oleh pihak Tiktok.

8. Gunakan koneksi Internet yang stabil

Tiktok merupakan sosial media yang isi kontennya berisi video pendek berdurasi 15 detik hingga 10 menit. Karena isi kontennya berupa video, maka penggunaan data dan koneksi internet juga lebih besar. Jadi, gunakanlah koneksi internet yang cepat dan stabil ketika membuka aplikasi Tiktok. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan terkait koneksi internet :

  • Gunakan operator jaringan yang paling cepat didaerah anda
  • Lock jaringan di mode 4G
  • Hidupkan dan matikan kembali mode pesawat
  • Gunakan WiFI yang kecepatannya stabil
  • Tutup aplikasi lain ketika membuka Tiktok

9. Server Tiktok sedang Down

Tiktok merupakan sosial media yang isi seluruh kontennya berupa video dan memiliki jumlah pengguna aktif sangat banyak. Maka dapat dipastikan aplikasi Tiktok memiliki server yang sangat besar juga. Karena lalu lintas yang tinggi, server bisa saja mengalami gangguan atau down.

Ketika server mengalami down atau sedang dalam maintenance, maka sudah dapat dipastikan kinerja dari aplikasi Tiktok juga akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan tunggu hingga server Tiktok normal kembali.

Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil

10. Restart HP anda

Kesalahan atau error pada aplikasi bukan hanya disebabkan terjadi kesalahan pada aplikasi. Melainkan bisa saja yang terjadi masalah adalah pada sistem HP anda. Ketika sistem HP anda bermasalah, maka aplikasi yang berjalan didalamnya pun juga akan terkena imbasnya. Untuk mengatasinya, silahkan anda restart HP anda terlebih dahulu, kemudian buka kembali aplikasi Tiktok.

11. Pastikan spesifikasi HP anda memenuhi

Setiap aplikasi pasti memiliki standar spesifikasi perangkat yang optiomal untuk digunakan. Misalnya pihak Tiktok mensyaratkan perangkat yang bisa di Install Tiktok adalah perangkat dengan RAM 4 giga. Jika ram HP anda dibawah 4 giga, sudah dapat dipastikan aplikasi Tiktok tidak akan berjalan secara maksimal. Jadi pastikan bahwa perangkat yang anda gunakan sudah memenuhi persyaratan.

12. Downgrade aplikasi Tiktok ke versi yang lebih rendah

Apabila ternyata Hp anda tidak memenuhi spesifikasi minimum yang disyaratkan oleh Tiktok, maka anda dapat mengatasinya dengan cara menginstall aplikasi Tiktok dengan versi yang lebih rendah. Meskipun fitur-fitur yang anda dapatkan tidak terlalu lengkap, akan tetapi aplikasi dengan versi lebih rendah pasti lebih ringan ketika digunakan.

13. Pastikan ruang penyimpanan HP anda masih longgar

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa setiap aplikasi pasti memiliki data dan cache yang akan tersimpan di memori penyimpanan HP anda. Setiap aplikasi dibuka, akan terdapat data dan cache baru yang tersimpan. Oleh karena itu, pastikan HP anda masih terdapat ruang penyimpanan yang memadai.

Baca Juga :  Cara Melihat Siapa Yang Stalking Profil Tiktok Kita

Apabila ruang penyimpanan di HP anda sudah terlalu penuh, anda dapat mengosongkannya dengan cara menghapus beberapa aplikasi, file, atau dokumen yang sudah tidak digunakan. Selain itu, anda juga dapat memindahkan file tersebut ke perangkat lain.

14. Dinginkan perangkat jika terlalu banyak

Ketika kita terlalu lama menggunakan suatu aplikasi, terlebih lagi jika kita menggunakannya dalam keadaan charging atau cas, suhu di HP kita akan meningkat dengan sangat cepat. Bahkan di beberapa HP suhunya bisa menjadi sangat panas.

Ketika suhu HP terlalu panas, kinerja HP menjadi tidak maksimal. Bisa jadi error yang terjadi pada Tiktok anda disebabkan karena HP anda yang terlalu panas. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, silahkan dinginkan terlebih dahulu HP anda, kemudian coba buka Tiktok lagi.

Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Tiktok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil

15. Pastikan akun anda tidak dibatasi atau diblokir pihak Tiktok

Untuk menjaga komunitas Tiktok agar tetap kondusif, pihak tiktok dapat memberikan peringatan kepada penggunanya yang melakukan peringatan seperti membatasi dan memblokir akun. Ketika akun dibatasi atau diblokir, anda tidak akan bisa menggunakan fitur-fitur tertentu. Bisa saja penyebab dari error tersebut karena akun anda memang sedang dibatasi oleh pihak TIktok

16. Laporkan masalah ke Pihak Tiktok

Setelah melakukan langkah-langkah diatas ternyata aplikasi Tiktok anda tetap mengalami error, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melaporkan permasalahan tersebut ke pihak Tiktok. Silahkan jelaskan permasalahan anda secara rinci. Bila perlu, tambahkan foto sebagai pendukung. Berikut adalah cara melaporkan masalah ke Pihak Tiktok :

  • Masuk ke menu profil TikTok
  • Pilih opsi pengaturan privasi
  • Pilih laporkan masalah
  • Ketuk opsi keluar mendadak/ macet/ jaringan
  • Kemudian masukan form yang diminta oleh aplikasi
  • Kirim laporan masalah yang telah dibuat
  • Tunggu hingga developer TikTok memberikan feedback. Proses pelaporan masalah hingga mendapatkan balasan dari developer tidak memakan waktu lama.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi Tiktok error secara ampuh. Terdapat banyak sekali hal yang bisa menyebabkan aplikasi Tiktok mengalami error atau gangguan. Jadi, terdapat banyak juga cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi error tersebut. Untuk memastikannya, anda dapat mencoba satu per satu cara diatas.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Tiktok lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Tiktok Error Mengikuti Terlalu Cepat (You Are Following too Fast). Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar