Cara Mengatasi Tiktok Sering Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Tiktok Sering Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Tiktok Sering Keluar Sendiri – Hallo sobat koplo, Tiktok merupakan sosial media yang belum lama diluncurkan. Akan tetapi pada saat ini Tiktok sudah berhasil bersaing dengan 2 raksasa sosial media lain yaitu Instagram dan Facebook. Jumlah pengguna aplikasi Tiktok sangatlah banyak, bahkan mencapai ratusan juta. Bahkan jika dilihat-lihat pada saat ini sudah banyak orang yang mulai meninggalkan Instagram dan beralih ke Tiktok.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi Tiktok terus melakukan inovasi-inovasi baru yang membuat pengguna merasa nyaman menggunakan Tiktok. Saat ini aplikasi Tiktok memiliki banyak sekali fitur-fitur keren seperti fitur Duet, Stich, Efek-efek keren, dan bahkan sekarang sudah ada Tiktok Shop. Karena begitu lengkap fitur yang dimiliki oleh Tiktok, pada akhirnya banyak orang yang menginstall aplikasi Tiktok.

Cara Mengatasi Aplikasi Tiktok Sering Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Tiktok Sering Keluar Sendiri

 

Cara Mengatasi Aplikasi Tiktok Sering Keluar Sendiri

Meskipun sudah sering melakukan update untuk menambahkan fitur-fitur dan memperbaiki bug-bug yang ada, akan tetapi pada saat ini masih ada beberapa pengguna Tiktok yang mengalami permasalahan ketika membuka aplikasi Tikok. Permasalahan yang paling sering terjadi adalah aplikasi Tiktok sering keluar sendiri.

Tentu anda akan merasa kesal ketika sedang seru-seru nya melihat video yang ada di Tiktok, tiba-tiba aplikasi Tiktok keluar dengan sendirinya. Hal tersebut tidak menjadi masalah yang terlalu serius apabila hanya terjadi satu atau dua kali. Akan tetapi apabila hal tersebut terlalu sering terjadi, tentu itu akan sangat mengganggu.

Apakah pada saat ini anda sedang mengalami permasalahan dimana akun Tiktok sering keluar sendiri? Sebenarnya apa yang menyebabkan permasalahan tersebut, apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya? Jika belum maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi aplikasi Tiktok yang sering keluar sendiri. Berikut tutorialnya :

1. Perbarui aplikasi ke versi terbaru

Jika pada saat ini aplikasi Tiktok anda sering keluar sendiri, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan aplikasi Tiktok anda sudah versi terbaru. Jika ternyata aplikasi Tiktok anda adalah versi yang lama, maka segeralah untuk melakukan update Tiktok melalui Playstore atau Appstore.

2. Install ulang aplikasi Tiktok

Jika setelah memperbarui aplikasi ternyata Tiktok anda masih sering keluar kembali, maka langkah selanjutnya yang harus anda coba adalah dengan cara menginstall ulang aplikasi Tiktok. Cara untuk menginstall ulang aplikasi Tiktok sangatlah mudah, anda hanya perlu menguninstall dan menginstall kembali.

3. Hapus data/cache aplikasi Tiktok

Setiap aplikasi pasti memiliki data/cache yang tersimpan didalamnya. Semakin sering aplikasi tersebut digunakan, maka semakin besar juga ukuran file-file tersebut. Jika data/cache tersebut tidak pernah dibersihkan, jumlahnya akan selalu meningkat setiap harinya. Dan jika sudah terlalu banyak, hal tersebut membuat aplikasi Tiktok tidak berjalan secara optimal.

4. Paksa berhenti aplikasi Tikok

Permasalahan aplikasi Tiktok yang sering keluar sendiri bisa juga disebabkan karena pada saat ini aplikasi Tiktok tidak terbuka dengan benar sehingga ketika anda membuka aplikasi timbul suatu permasalahan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda hanya perlu menutup aplikasi tiktok atau paksa berhenti, lalu membukanya kembali.

5. Tutup aplikasi lain saat sedang membuka Tiktok

Ketika membuka sebuah aplikasi, aplikasi tersebut membutuhkan beberapa ruang penyimpanan dan RAM yang cukup agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Ketika anda membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, maka memori penyimpanan dan RAM yang digunakan juga akan semakin besar. Ketika penyimpanan dan RAM penuh, aplikasi tidak berjalan secara maksimal.

6. Pastikan memori penyimpanan anda terdapat ruang yang mencukupi

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa sebuah aplikasi dapat berjalan dengan lancar apabila HP anda masih memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Jika pada saat ini memori penyimpanan HP anda sudah penuh, maka silahkan kosongkan ruang penyimpanan HP anda dengan cara menghapus file-file yang tidak dibutuhkan.

7. Gunakan koneksi internet yang stabil

Seluruh konten yang ada diaplikasi Tiktok adalah berupa video pendek dengan durasi sekitar 15 detik s.d. 3 menit. Untuk dapat memutar video tersebut dengan lancar, tentu diperlukan koneksi internet yang stabil. Koneksi internet yang terlalu lambat dan tidak stabil bisa mengakibatkan aplikasi Tiktok keluar sendiri.

8. Restart HP anda

Permasalahan aplikasi yang sering keluar bisa juga disebabkan sistem operasi HP anda yang sedang mengalami masalah. Cara untuk mengatasi hal tersebut sangat mudah. Anda hanya perlu merestart HP anda terlebih dahulu. Dengan begitu, sistem anda akan kembali normal.

9. Spesifikasi minimum aplikasi tidak terpenuhi

Sebuah aplikasi memiliki persyaratan spesifikasi minimum yang harus dipenuhi agar aplikasi tersebut dapat berjalan secara maksimal. Jika Tiktok anda sering keluar sendiri, bisa jadi HP anda tidak memenuhi spesifikasi minimum Tiktok versi tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan cara downgrade versi Tiktok atau ganti perangkat anda.

10. Downgrade aplikasi Tiktok

Sebuah aplikasi pasti akan melakukan pembaruan versi dalam jangka waktu tertentu. Pembaruan versi tersebut bertujuan untuk menambah fitur baru dan memperbaiki bug yang anda. Semakin tinggi versi aplikasi, biasanya akan semakin berat juga aplikasi tersebut sehingga memerlukan perangkat dengan spek yang lebih tinggi. Jika HP anda dirasa dimampu untuk mengoperasikan versi tersebut, anda bisa mendowngrade TIktok ke versi yang lebih rendah.

11. Laporkan permasalahan ke Pihak Tiktok

Ketika semua cara sudah anda lakukan akan aplikasi Tiktok anda masih sering keluar sendiri, langkah terakhir yang dapat anda coba adalah melaporkan permasalahan tersebut ke pihak Tiktok. Karena bisa jadi aplikasi Tiktok versi tersebut tidak compatible dengan perangkat anda saat ini. Dengan membuat laporan, pihak Tiktok pasti akan mencarikan solusinya untuk anda.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi aplikasi Tiktok yang sering keluar sendiri. Permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya juga berbeda-beda. Jika anda belum mengetahui penyebab dari permasalahan tersebut, anda bisa mencoba cara diatas satu per satu.

Jika anda tertarik dengan tutorial Tiktok lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul berapa lama waktu pembatasan/pemblokiran akun Tiktok. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close