Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Tidak Bisa Download Foto, Video, dan Audio – Hallo sobat koplo, whatsapp merupakan aplikasi messenger yang sudah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Whatsapp bisa menjadi aplikasi messenger yang paling banyak diminati oleh orang-orang dikarenakan fitur-fitur nya yang sangat lengkap dan sangat memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain.

Sama seperti aplikasi messenger pada umumnya, diaplikasi Whatsapp anda bisa mengirimkan pesan teks, suara, gambar, video, melakukan panggilan telepon dan melakukan video call. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, whatsapp berhasil menajdi aplikasi messenger yang memiliki pengguna terbanyak hingga saat ini. Pengguna aktif aplikasi whatsapp hingga mencapai milyaran pengguna.

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Tidak Bisa Download Foto, Video, dan Audio
Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Tidak Bisa Download Foto, Video, dan Audio

 

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Tidak Bisa Download Foto, Video, dan Audio

Seperti yang sudah saya jelaskan secara singkat diatas. Diaplikasi Whatsapp anda bisa mengirimkan sebuah pesan berupa teks, suara, gambar, bahkan video. Dengan adanya fitur tersebut, sekarang anda dapat mengirimkan sebuah file menjadi lebih cepat tanpa harus mencetaknya terlebih dahulu.

Akan tetapi, ketika sedang mengirimkan atau menerima sebuah file melalui aplikasi whatsapp, terkadang kita mengalami dimana file tersebut tidak bisa diunduh di whatsapp kita. Sehingga kita tidak bisa membuka isi file tersebut. Tentu anda akan sangat terganggu jika tidak bisa mendownload file yang dikirim. Apalagi jika file tersebut sangat penting dan harus segera ditindaklanjuti.

Saya yakin sebagaian besar pengguna whatsapp pasti pernah mengalami hal tersebut. Jika pada saat ini anda sedang mengalami kejadian tersebut, apakah anda sudah mengetahui cara untuk mengatasinya. Jika belum, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi whatsapp tidak bisa download foto, video, dan audio. Berikut penjelasannya :

1. Gunakan koneksi internet yang stabil

Ketika anda ingin mendownload pesan berupa foto, video, atau audio, kegiatan tersebut tentu akan membutuhkan koneksi internet yang lebih kuat. Karena file berupa foto, video, dan audio memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pesan teks biasa. Oleh karena itu, silahkan anda coba mencari koneksi internet yang lebih cepat. Anda bisa mengganti koneksi anda dengan WiFi atau pergi ke tempat yang memiliki koneksi internet cepat.

2. Pastikan memori penyimpanan HP anda mencukupi

File berupa foto, video, dan audio yang dikirimkan melalui aplikasi whatsapp tentu memiliki ukuran yang lumayan besar. Kegagalan dalam mengunduh file tersebut bisa disebabkan karena memori penyimpanan HP anda yang sudah penuh. Oleh karena itu, silahkan anda kosongkan terlebih dahulu memori penyimpanan dengan cara menghapus file-file yang sudah tidak digunakan.

3. Izinkan aplikasi whatsapp mengakses penyimpanan HP anda

Ketika baru menginstall sebuah aplikasi, pasti aplikasi tersebut akan meminta izin untuk dapat mengakses HP anda. Izin tersebut meliputi izin untuk mengakses kontak, media, memori penyimpanan, menggunakan kamera, merekam audio, dan lain sebagainya. Oleh karena itu pastikan anda sudah memberikan izin terhadap aplikasi whatsapp.

4. Pastikan tanggal dan waktu di HP anda sudah sesuai

Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi messenger yang akan langsung mengirimkan pesan pada saat itu juga selama terdapat koneksi internet. Hal tersebut berarti aplikasi whatsapp termasuk kedalam aplikasi yang real time. Oleh karena itu, anda wajib mengatur tanggal dan waktu di HP anda agar sesuai dengan tanggal dan waktu yang sebenarnya. Anda juga bisa mengatur tanggal dan waktu HP sesuai dengan yang disediakan jaringan.

5. Restart HP anda

Ketika anda tidak bisa mengunduh foto, video, dan audio di aplikasi whatsapp. Silahkan anda coba untuk merestart HP anda terlebih dahulu. Biasanya, kegagalan tersebut dikarenakan sistem HP anda yang lagi error atau lama dalam memproses. Oleh karena itu, agar sistem HP anda dapat berjalan dengan normal kembali, silahkan restart HP anda dan tunggu beberapa saat hingga sistem HP sudah normal.

6. Server whatsapp sedang down

Hal ini memang jarang terjadi akan tetapi bisa menjadi salah satu penyebab anda tidak bisa mendownload foto, video, dan audio di aplikasi Whatsapp. Hal tersebut bisa dikarenakan server whatsapp yang sedang down atau sedang dalam pemeliharaan (maintenance). Jika memang kejadiannya seperti itu, maka langkah yang harus anda lakukan hanyalah menunggu hingga server whatsapp normal kembali.

7. Minta pengirim mengirimkan ulang file tersebut

Ketika anda tidak bisa mendownload foto, video, atau audio yang dikirimkan oleh orang lain. Silahkan anda coba meminta pengirim file untuk mengirimkan ulang file tersebut kepada anda. Bisa jadi kegagalan tersebut dikarenakan file tidak terkirim secara sempurna dikarenakan koneksi pengirim yang tidak stabil atau masalah lainnya.

8. Pastikan anda menggunakan aplikasi whatsapp yang terbaru

Sebuah aplikasi pasti akan selalu melakukan update untuk menambahkan fitur-fitur baru didalamnya dan untuk memperbaiki bug-bug yang ada. Kegagalan dalam mengunduh foto, video, dan audio di whatsapp bisa dikarenakan karena anda masih menggunakan aplikasi whatsapp versi yang lama. Oleh karena itu, pastikan anda sudah memperbarui aplikasi whatsapp ke versi yang terakhir. Anda bisa memperbaruinya melalui playstore atau appstore.

9. Install ulang aplikasi whatsapp anda

Jika semua langkah diatas sudah anda coba dan hasilnya tetap tidak bisa mendownload foto, video, dan audio melalui whatsapp. Maka langkah terakhir yang dapat anda coba dalah menginstall ulang aplikasi whatsapp di HP anda. Dengan menginstall ulang aplikasi whatsapp, maka semua data aplikasi akan terhapus dan terganti dengan yang baru. Dengan begitu, semua kesalahan atau error yang ada di aplikasi sebelumnya secara otomatis akan diperbaiki.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi whatsapp tidak bisa mengunduh foto, video, dan audio. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut. Jadi silahkan anda cari terlebih dahulu penyebabnya di HP anda. Akan tetapi jika anda tidak mengetahui apa penyebab tidak bisanya download foto, video, dan audio di whatsapp, anda bisa mencoba tips diatas satu per satu.

Jika anda tertarik dengan tutorial whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara menyembunyikan info di profil whatsapp dari orang tertentu. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close