close

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Pending Padahal Sinyal Bagus

Cara Mengatasi Whatsapp Pending Padahal Sinyal Bagus – Hallo sobat koplo, Whatsapp merupakan aplikasi messenger yang cukup populer dikalangan masyarakat. Pengguna whatsapp tidak hanya berasal dari kalangan remaja, bahkan anak-anak, dewasa, orang tua, dan juga para pebisnis juga memiliki akun whatsapp. Bahkan pada saat ini, jumlah orang yang download aplikasi whatsapp melalui playstore sudah lebih dari 5 miliar orang.

Whatsapp bisa menjadi seperti saat ini dikarenakan fitur-fitur yang dimilikinya sangat lengkap. Di whatsapp, anda dapat mengirimkan sebuah pesan, melakukan panggilan telepon, membuat sebuah status, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut dapat anda lakukan selama anda tekoneksi internet. Data yang digunakan untuk membuka whatsapp juga tidak terlalu besar.

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Pending Padahal Sinyal Bagus
Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Pending Padahal Sinyal Bagus

Cara Mengatasi Whatsapp Pending Padahal Sinyal Bagus

Aplikasi whatsapp menjadi pilihan pertama kebanyakan orang dikarenakan aplikasi whatsapp ini ringan untuk digunakan dan tidak memakan banyak data atau kuota ketika digunakan. Selain itu pesan yang dikirim melalui whatsapp bisa langsung sampai ke penerima dalam hitungan detik saja. Apalagi jika kecepatan internet yang anda sangat cepat.

Meskipun demikian, terkadang muncul sebuah permasalahan di aplikasi whatsapp. Permasalahan tersebut adalah whatsapp yang pending meskipun sinyal yang digunakan sudah bagus. Bagi yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan pending, pending adalah kondisi dimana pesan yang anda kirim tidak langsung terkirim ke penerima. Jika diwhatsapp pending bisa dilihat dari icon jam pada dipesan tersebut.

Permasalahan whatsapp pending ini sangat sering terjadi. Bahkan hampir seluruh pengguna whatsapp pasti sudah pernah mengalaminya. Jika pada saat ini anda juga sedang mengalami permasalahan whatsapp pending, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasinya. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Baca Juga :  Bahaya Menggunakan Whatsapp GB atau Whatsapp Mod yang Harus Anda Ketahui
Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Pending Padahal Sinyal Bagus
Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Pending Padahal Sinyal Bagus

1. Update aplikasi whatsapp

Jika whatsapp anda pending padahal sinyal yang anda gunakan sudah bagus, maka hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah melakukan update pada aplikasi whatsapp. Dengan melakukan update, maka anda akan mendapatkan fitur-fitur terbaru whatsapp dan bug-bug yang ada akan teratasi.

Karena bisa jadi pending yang terjadi pada whatsapp anda disebabkan karena aplikasi whatsapp yang anda gunakan sudah terlalu usang sehingga anda perlu memperbaharuinya.

2. Hapus data dan cache aplikasi

Sebuah aplikasi yang terinstall di HP pasti memiliki data dan file cache yang cukup besar. Apalagi aplikasi tersebut sering anda gunakan. Apabila data dan file cache tersebut dibiarkan, maka lama kelamaan akan menjadi sangat banyak.

Sebuah aplikasi yang memiliki data dan cache yang banyak akan menjadi semakin berat ketika dibuka. Jadi, untuk menjaga agar aplikasi whatsapp tetap berjalan lancar, silahkan anda hapus data dan cache whatsapp secara berkala.

3. Install ulang aplikasi whatsapp

Jika setelah melakukan update aplikasi dan hapus cache, whatsapp anda masih pending ketika digunakan untuk mengirim pesan. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan install ulang aplikasi whatsapp.

Dengan melakukan install ulang, maka segala kerusakan atau kesalahan yang terjadi pada aplikasi akan teratasi. Cara untuk install ulang sangatlah mudah, anda hanya perlu menguninstall lalu menginstall kembali aplikasi whatsapp.

4. Server instagram sedang down

Sebuah aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif sangat banyak seperti whatsapp tentu memerlukan server yang sangat besar. Dikarenakan jumlah pengguna yang terlalu banyak, maka adalah hal yang wajar apabila server mengalami down.

Apabila server suatu aplikasi sedang gangguan atau down, maka layanan yang ada diaplikasi tersebut tidak bisa berjalan secara maksimal. Jika di whatsapp, maka pesan yang anda kirimkan akan pending. Jika hal tersebut terjadi, maka satu-satunya yang dapat anda lakukan adalah menunggu server normal kembali.

Baca Juga :  Cara Mematikan Laporan Dibaca atau Centang Biru pada Chat Whatsapp

5. Silahkan ganti jenis jaringan anda

Permasalahan whatsapp yang pending juga dapat disebabkan karena jaringan yang anda gunakan mengalami gangguan. Untuk melakukan pengujian sangatlah mudah, anda hanya perlu menggunakan jaringan lain ketika membuka whatsapp.

Misal sebelumnya anda membuka whatsapp menggunakan jaringan telepon, untuk mengatasinya anda bisa mengganti jaringan anda menjadi menggunakan WiFi.

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Pending Padahal Sinyal Bagus
Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Pending Padahal Sinyal Bagus

6. Aktifkan mode pesawat sementara waktu

Permasalahan jaringan memang sering terjadi pada HP yang kita gunakan. Meskipun sinyal di HP terlihat penuh, terkadang jaringan tersebut tetap tidak bisa digunakan. Jadi ketika anda mencoba untuk mengirim pesan di whatsapp, akan selalu pending.

Untuk mengatasi permasalahan jaringan tersebut, anda dapat mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu kemudian mematikannya kembali. Dengan mengaktifkan mode pesawat, jaringan anda akan kereset lagi dari awal. Biasanya, permasalahan jaringan bisa teratasi.

7. Gunakan VPN

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi whatsapp pending adalah dengan menggunakan VPN pada HP anda. Terkadan, jaringan yang anda gunakan membatasi akses ke aplikasi whatsapp sehingga internet yang didapat oleh whatsapp tidaklah maksimal.

Untuk mengatasinya, silahkan anda download aplikasi VPN melalui playstore kemudian hubungkan jaringan anda ke VPN tersebut. Dengan begitu, anda dapat melewati pembatasan tersebut jika memang ada.

8. Kosongkan RAM HP anda

Ketika membuka suatu aplikasi di HP, aplikasi tersebut akan memakan RAM yang tersedia di HP anda. Apabila RAM pada HP anda sudah penuh atau tersisa sedikit, biasanya aplikasi-aplikasi yang dibuka akan mengalami lag atau tidak berjalan secara maksimal.

Oleh karena itu, jika pada saat ini HP anda kondisi RAM nya sudah penuh, anda harus menutup aplikasi lain ketika sedang membuka whatsapp. Sehingga RAM di HP anda akan difokuskan untuk membuka aplikasi whatsapp, tidak berbagi dengan aplikasi lain.

Baca Juga :  Cara Back Up Chat Whatsapp (WA) Agar Tidak Hilang Saat Ganti HP

9. Non Akfifkan fitur penghemat daya

Pada saat ini, sebagian besar HP memiliki fitur penghemat daya didalamnya. Biasanya fitur ini akan aktif ketika baterai sudah semakin menipis atau sudah mau habis. Ketika fitur penghemat daya diaktifkan, beberapa layanan HP akan dibatasi, salah satunya adalah kemampuan HP untuk menangkap jaringan.

Hal tersebut mengakibatkan jaringan yang diterima oleh HP menjadi tidak maksimal sehingga pesan di whatsapp menjadi pending. Jadi, jika HP anda memiliki fitur penghemat daya, pastikan fitur tersebut tidak aktif.

10. Restart HP anda

Selain itu whatsapp pending juga bisa disebabkan karena sistem HP anda yang sedang mengalami gangguan atau error sehingga menyebabkan aplikasi-aplikasi yang dibuka menjadi tidak berjalan dengan lancar.

Untuk mengatasi sistem HP yang error, anda hanya perlu mematikan sementara HP anda atau melakukan restart HP. Dengan melakukan restart pada HP, sistem HP anda akan berjalan lagi dari awal dan kesalahan-kesalahan yang ada pada sistem akan kembali normal.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi whatsapp pending padahal sinyal bagus. Whatsapp pending memang sering terjadi dan hampir seluruh pengguna whatsapp sudah pernah mengalaminya. Jadi, anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal tersebut. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa hal diatas.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara memperbesar dan memperkecil ukuran huruf di whatsapp. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

 

Tinggalkan komentar