close

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah – Sebagai platform tempat masyarakat melakukan transaksi jual beli online, Shopee memang tak pernah main-main dengan pelayanannya. Ada banyak hal yang membuat masyarakat puas dengan aplikasi berjuluk Toko Orange ini. Salah satunya dari segi pelayanan terbaik yang diberikan apabila barang yang kita pesan tidak sesuai yakni dengan cara mengembalikan barang di Shopee.

Namun, terkadang banyak juga pengguna yang malas untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai pesanan. Karena mereka mungkin tidak mau ribet mengurusi ini itu, sehingga seringnya mereka hanya akan memberikan ulasan buruk terhadap toko yang bersangkutan. Padahal beberapa penjual juga tidak masalah apabila barang tersebut dikembalikan asal memenuhi syarat dan ketentuan pengembalian.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah
Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah

Sekilas Tentang Pengembalian Barang di Shopee

Memesan barang secara online memang punya risiko tertentu, salah satunya kemungkinan bahwa barang tidak sesuai dengan yang ada di foto, terdapat kerusakan atau salah dalam hal pengemasan dan lain sebagainya. Selayaknya para pembeli online memahaminya dengan baik sehingga tidak emosi saat masalah seperti ini terjadi. Apalagi pihak Shopee sendiri sudah memberikan fitur pengembalian barang untuk mengatasi hal tersebut.

Anda bisa mengajukan pengembalian barang dengan mudah kepada penjual dengan mengikuti syarat-syarat yang diberlakukan oleh pihak Shopee. Sebelumnya, diskusikan dulu hal-hal semacam ini dengan penjual agar prosesnya lebih mudah. Biasanya penjual terbaik dengan review positif akan memberikan masukan dan tentu saja membantu dalam prosesnya, untuk itu sebelum membeli sebaiknya teliti dulu tokonya dengan benar agar mendapatkan penjual yang amanah.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah
Pengembalian barang di Shopee

Alasan Melakukan Pengembalian Barang di Shopee

Ada bermacam-macam alasan kenapa pembeli ingin mengembalikan barang yang sudah mereka pesan. Tentu saja alasan ini dibutuhkan agar proses pengembalian jadi lebih gampang. Pasalnya, tanpa alasan yang jelas maka pihak Shopee juga tidak bisa menentukan apakah barang tersebut memang layak dikembalikan atau tidak. Berikut sederet alasan mengembalikan barang pesanan yang kerap dilakukan pembeli Shopee.

1. Produk atau Paket Tidak Sampai

Sebagian pembeli memang ada yang mengalami hal ini, di mana produk yang mereka pesan tidak sampai. Ada banyak kendala yang kemungkinan terjadi sehingga pesanan tersebut tidak diterima oleh pembeli. Dengan ini pembeli berhak mengajukan pengembalian dana dengan langsung menghubungi pihak Shopee. Nantinya akan dilakukan peninjauan dan apabila berhasil maka dana yang Anda keluarkan akan dikembalikan.

2. Pesanan Tidak Lengkap

Selain karena produk tidak sampai ke tangan Anda, alasan lain yang kerap diajukan kepada Shopee ialah pesanan tidak lengkap. Mungkin Anda sudah teliti dalam melakukan pemesanan, tapi bisa jadi penjual melakukan kesalahan sehingga produk yang dikirim ada yang kurang atau bisa jadi hilang. Nah, hal ini bukan masalah, segera diskusikan dengan penjual dan lakukan pengembalian bila diperlukan.

3. Produk yang Dikirim Salah

Hal ini bisa saja terjadi khususnya apabila toko online tempat Anda membeli barang merupakan toko yang populer dan memiliki banyak pesanan tiap harinya. Anda membeli produk A tapi yang datang malah produk B. Maka tak perlu marah dan panik, Anda tinggal menghubungi penjual untuk menemukan solusi bersama, misalnya saja pengembalian barang apabila masih ada waktu.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Shopee dengan Mudah

4. Produk yang Dikirim Cacat

Ketika membeli suatu produk pastinya Anda menginginkan produk tersebut dalam kondisi mulus dan baik. Namun, apa jadinya jika produk yang datang malah cacat? Anda harus meneliti dulu apakah produk tersebut memang cacat dari toko atau memang ada kesalahan dalam proses pengiriman. Biasanya penjual mengecek terlebih dahulu barang yang akan dikirim, tapi bisa saja masalah ini luput dari perhatian.

5. Produk Tidak Berfungsi Sebagaimana Mestinya

Ini juga bisa jadi salah satu alasan kenapa pengembalian barang ini harus dilakukan. Tidak mungkin Anda merogoh kocek dalam hanya untuk menerima produk yang sama sekali tidak berfungsi dengan baik, bukan? Maka Anda bisa menukarnya dengan produk yang berfungsi dengan mengatakannya kepada penjual terlebih dahulu. Biasanya penjual akan cepat tanggap dalam hal ini apalagi jika Anda menyertakan bukti video.

6. Produk Tidak Original

Produk original harganya sangat mahal, tapi sebagian besar orang tidak masalah dengan harga berapapun yang harus dikeluarkan untuk membeli apa yang mereka mau. Jadi, ketika mereka memesan produk original tapi yang datang justru produk KW alias palsu, maka tentu sangat mengesalkan. Jika begitu maka Anda bisa menghubungi pihak Shopee agar proses pengembalian dana bisa dilakukan.

7. Produk yang Datang Berbeda dengan di Deskripsi atau Foto

Satu lagi alasan kenapa pembeli ingin mengembalikan produk yang sudah dipesan, yakni karena pesanan yang datang ternyata tidak sesuai dengan deskripsi atau fotonya. Saat melihat deskripsi dan foto yang ada mungkin terlihat sangat bagus mengingat efek dari cahaya, kamera, filter dan sebagainya. Namun, yang datang justru tidak semenarik yang ada di foto tersebut jadi hal ini membuat pembeli merasa dibohongi.

Syarat Melakukan Pengembalian Dana di Shopee

Saat pesanan yang diterima tidak sesuai, pengembalian barang atau dana bisa segera Anda lakukan. Namun, prosesnya memang tidak instan sama sekali dan Anda harus menunggu beberapa waktu agar bisa dilakukan pengecekan oleh tim Shopee. Selain itu, pahami dulu syarat-syaratnya agar proses pengembalian dana tersebut bisa berlangsung cepat dan lancar.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah
Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah

Adapun untuk syaratnya adalah sebagai berikut.

  • Masih dalam masa garansi Shopee, karena Shopee sendiri selalu memberikan garansi selama proses pengiriman pesanan pembeli.
  • Belum menekan tombol Pesanan Diterima, jika tombol ini sudah ditekan maka akan sangat sulit mengajukan pengembalian. Karena artinya Anda menyetujui bahwa pesanan yang datang dalam kondisi baik.
  • Jangan lupa menyertakan video dan foto saat unboxing barang dilakukan karena poin ini sangat penting dalam proses pengembalian dana.
  • Alasan pengembalian harus relevan, dalam artian baik Shopee maupun penjual tidak menerima alasan iseng seperti berubah pikiran dan sejenisnya.
  • Lakukan kesepakatan antara penjual dan pembeli di awal sebelum proses check out. Apabila ada yang tidak sesuai maka boleh mengajukan pengembalian.
  • Proses pengembalian dana akan disetujui jika penjual sudah mendapatkan barang yang dikembalikan
Baca Juga :  Cara Mengecek Pesanan Shopee Sudah Sampai Mana

Berapa Lama Proses Pengembalian Barang di Shopee?

Setelah Anda mengetahui tentang alasan dan syarat pengembalian barang, penting pula untuk tahu kapan atau berapa lama proses pengembalian tersebut berlangsung agar tidak bingung atau panik karena menunggu terlalu lama. Karena bisa jadi prosesnya berbeda-beda pada setiap pembeli. Paling utama adalah Anda sudah memenuhi segala syarat pengembalian yang sudah dijelaskan di atas supaya prosesnya bisa cepat dilakukan.

Adapun detailnya ialah pengembalian barang atau dana dari produk Shopee Mall biasanya diproses dalam kurun waktu 3-5 hari kerja setelah barang diterima di gudang Shopee. Sementara untuk produk yang berasal dari Non Shopee Mall biasanya proses pengembalian dilakukan 7 hari kerja sejak resi diinput atau maksimalnya 2 hari sejak status pengiriman berubah menjadi terkirim (hal ini jika memakai resi dari Shopee).

Cara Mengembalikan Barang di Shopee

Biasanya untuk cara mengajukan pengembalian barang di Shopee ini ada dua cara karena di Shopee sendiri ada dua jenis toko yakni Star Seller dan Shopee Mall. Di mana untuk kedua cara tersebut ada sedikit perbedaan tergantung dengan toko mana Anda membeli barang yang dipesan. Nah, agar tidak bingung maka Anda bisa menyimak tutorial singkat mengenai cara mengajukan pengembalian barang baik dari Star Seller atau dari Shopee Mall.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah
Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah

1. Pengembalian Barang ke Star Seller

Star Seller merupakan salah satu jenis toko di aplikasi Shopee yang biasanya dipilih oleh pembeli. Untuk menjadi Star Seller Anda harus melakukan penjualan dengan sebaik mungkin, beda halnya dengan Shopee Mall. Selain itu, produk yang dijual di Star Seller biasanya produk-produk biasa yang tidak melanggar ketentuan Shopee.

Berikut cara pengembalian barang ke Star Seller yang bisa Anda ikuti :

  • Buka Shopee Anda dan langsung klik menu Saya di pojok bawah agar bisa langsung ke profil.
  • Pilih menu Dikirim.
  • Klik Rincian Pesanan dan pilih opsi Ajukan Pengembalian.
  • Pilih pesanan mana yang akan dikembalikan lalu berikan alasan yang relevan kenapa pesanan tersebut dikembalikan.
  • Masukkan bukti foto pesanan yang tidak sesuai.
  • Pilih jasa kirim dan klik konfirmasi.
  • Masukkan alamat email Anda.
  • Terakhir tinggal klik tombol Kirimkan dan silahkan tunggu tanggapan dari penjual.

2. Pengembalian Barang ke Shopee Mall

Produk yang ada di Shopee Mall dan Star Seller tentu berbeda dan cara pengajuan pengembalian barang pun sedikit berbeda. Biasanya Shopee Mall hanya menjual barang-barang original yang mana kualitasnya sudah tak diragukan, bahkan untuk pengajuan menjadi Shopee Mall ini pun cukup rumit dan berbeda dari Star Seller.

Lantas, berikut ini cara mengajukan pengembalian ke Shopee Mall yang bisa Anda ikuti.

  • Buka Shopee dan masuk ke menu profil. Kurang lebih seperti cara sebelumnya.
  • Klik menu Dikirim dan pilih pesanan yang akan dikembalikan.
  • Pilih menu Ajukan Pengembalian dan pilih produknya. rele
  • Berikan alasan yang relevan seperti misalnya produk tidak original, paket tidak sampai, produk rusak dan sebagainya sesuai yang telah dijelaskan di atas.
  • Unggah bukti foto atau video dan tulis deskripsi barang yang tidak sesuai tersebut.
  • Selanjutnya silakan pilih salah satu dari opsi yang ditawarkan Shopee. Apakah Anda akan memilih pengembalian barang dan dana atau memilih pengembalian sebagian dana tanpa mengembalikan barang yang rusak.
  • Kemudian tulis alamat email Anda dan pilih opsi Kirimkan kemudian tunggu respon dari pihak Shopee.
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Shopee dengan Mudah

Cara Mengirim Barang yang Harus Dikembalikan

Untuk mengirim barang yang harus dikembalikan, ada dua opsi yang ditawarkan oleh pihak Shopee kepada pembeli. Opsi tersebut ialah Drop Off dan Jasa Kirim Lainnya. Anda bisa memilih salah satu mana yang sekiranya paling mudah untuk Anda lakukan. Kemudian tinggal ikuti saja instruksi yang berlaku seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah
Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah

1. Opsi Drop Off

Pada opsi ini ada 3 jasa kirim yang bisa Anda gunakan untuk pengiriman barang yakni J&T express, Alfatrex dan juga Indopaket. Setelah mengajukan pengembalian barang, Anda akan mendapatkan label pengembalian yang harus segera diunduh. Nantinya label tersebut harus ditempelkan pada paket yang akan dikembalikan apabila Anda menggunakan J&T express.

Sementara itu untuk Alfatrex dan Indopaket maka bisa tuliskan saja kode booking-nya di paket. Kemudian antar paket tersebut ke kantor cabang J&T, gerai Alfamart/Alfamidi dan ke Indomaret tergantung dengan jasa mana yang dipilih. Namun, Anda juga harus memperhatikan berat paket yang akan dikirimkan karena baik J&T, Alfatrex atau Indopaket mempunyai ketentuan berat maksimal paket yang akan dikirimkan.

2. Opsi Jasa Kirim Lainnya

Bila menggunakan opsi Jasa Kirim Lainnya maka yang harus dipastikan ialah jasa tersebut dapat dilacak. Kemudian Anda bisa segera mengunggah informasi pengiriman seperti resi, dokumen pengiriman atau kuitansi pada halaman Masukkan Bukti Pengiriman setelah Anda memencet opsi Rincian Pengembalian Barang/Dana. Prosesnya bisa memakan waktu 7 hari kerja, jadi Anda juga harus sabar dalam menunggu update terkait pengembalian barang tersebut.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengembalian barang di Shopee yang mana sangat memudahkan pembeli jika pesanan tidak sesuai harapan. Pastikan Anda betul-betul memahami cara mengembalikan barang di Shopee dengan baik agar tidak melakukan kesalahan dalam prosesnya. Setelah itu tunggu sampai permintaan dikonfirmasi dan dana segera dikembalikan dalam bentuk saldo Shopeepay.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Shopee lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengecek Pesanan Shopee Sudah Sampai Mana. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar