Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Google Seacrh Console

Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru Google

Cara menggunakan inspeksi url fitur terbaru google – Seiring berjalannya waktu, google selalu membuat inovasi-inovasi baru. Kali ini google membuat fitur inspeksi url. Fitur inspeksi url ini tersedia pada google search console beta yang diluncurkan google sekitar tanggal 25 juli 2018. Fitur ini cukup membantu para blogger untuk memantau website mereka. Dengan fitur tersebut kita dapat memantau mana artikel yang sudah terindex, mana artikel yang belum terindex, cakupan indeks dan lain lain.

Akan tetapi, dengan rilisnya google search console terbaru, google juga menghapus fitur submit url yang biasanya digunakan para blogger untuk mengirim url mereka ke google dan menggantinya dengan search console beta. Kita masih belum mengetahui sejauh mana fungsi search console terbaru ini, karena masih dalam proses pengembangan. Yang saya tahu hanya sekedar fitur inspeksi url yang cukup bermanfaat ini.

Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru Google
Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru Google

 

Cara memantau blog dengan fitur inspeksi url

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, fitur ini memungkinkan kita untuk memantau url kita apakah sudah terindex atau belum. Walaupun kita sudah bisa mengecek apakah artikel kita sudah terindex melalui cara manual, tapi dengan diluncurkannya fitur ini kita bisa mengecek secara otomatis dan hasilnya pun juga lebih rinci. Silahkan simak carany dibawah ini :

1. Pertama pastikan kalian sudah memiliki akun google web master. Jika belum silahkan kalian mendaftarkan dulu blog anda ke google webmaster.
2. Setelah itu kalian buka halaman search console beta.
3. Silahkan klik telusuri properti di pojok kanan atas, dan pilih blog yang ingin anda pantau.

Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru Google
Pilih properti blog

 

4. Setelah masuk ke properti blog, kalian bisa memantau blog anda. Misal statistik blog anda, sama seperti fitur google analitic.

Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru Google
Statistik blog

 

5. Anda juga bisa mengirimkan peta situs. Sama seperti di google web master yang lama. Caranya klik peta situs, lalu masukkan peta situs anda. Misal http://www.bloggerkoplo.com/sitemap.xml

6. Kemudian fitur inspeksi url. Yaitu untuk memantau url anda. Caranya, silahkan kalian klik inspeksi url. kemudian masukkan url postingan anda di kotak yang sudah disediakan, kemudian tekan enter.

7. Kemudian akan muncul hasil inspeksinya. Anda akan mengetahui apakah url anda sudah terindex atau belum. Untuk penjelasan mengenai hasil pengindexan silahkan baca artikel yang ditulis google berikut ini : Penjelasan tentang fitur inspeksi url klik disini

Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru Google
Artikel yang belum terindex oleh google

 

Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru Google
Artikel yang sudah terindex oleh google

Yak, kira-kira seperti itulah cara menggunakan fitur inspeksi url google web master. Dengan mensubmit link artikel blog, artikel tersebut akan lebih cepat dirayapi dan diindex oleh google. Dengan begitu, artikel yang anda submit akan dapat ditemukan dalam google pencarian. Sehingga blog anda bisa mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai blogging lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul 5 tools riset keyword terbaik yang mudah digunakan untuk pemula. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close