close

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi – Hallo sobat koplo, Data Cache memudahkan aktivitas berbagai aplikasi agar dapat berjalan lebih singkat saat Anda buka kembali. Sebab Cache aplikasi menyimpan informasi-informasi ke dalam data statis. Sehingga aplikasi tidak perlu memindai data secara acak setiap kali aplikasi Anda buka di smartphone. Namun data Cache juga memiliki dampak tersendiri pada performa perangkat.

Data Cache akan tetap berada di ruang penyimpanan perangkat sampai Anda menghapusnya secara manual. Meski memudahkan, kumpulan data Cache dari berbagai aplikasi tentu akan memakan sumber daya perangkat Anda. Sayangnya, konsumsi RAM dan ruang penyimpanan tersebut terkadang tetap berjalan meski aplikasi sudah Anda tutup.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah

Apa Itu Cache?

Data Cache merupakan informasi yang tersimpan sementara pada perangkat Anda. Informasi tersebut berisi data dinamis yang dibutuhkan browser atau aplikasi saat pertama kali mengakses sebuah layanan. Data Cache meliputi beberapa informasi, seperti data lokasi, nama, ID perangkat, akun, sesi penggunaan, dan berbagai data lainnya.

Dengan menyimpan data-data tersebut, sebuah layanan web atau aplikasi tidak perlu mengulang proses permintaan informasi setiap halaman Anda akses. Sehingga beberapa proses yang cukup panjang di awal pembukaan aplikasi dan web dapat berlangsung lebih singkat pada akses berikutnya. Pola pengumpulan data Cache serupa dengan pengalaman seseorang berkunjung ke lokasi baru.

Biasanya seseorang akan menjadikan beberapa bagian dari tempat baru sebagai patokan data. Misal saja, nama lokasi, gerbang, petugas keamanan, dan banyak hal terkait. Pengumpulan informasi tersebut membantu Anda mengenali detail lokasi. Namun proses pengumpulan informasi tersebut cenderung tidak akan terulang di kunjungan berikutnya.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah

Kapan Cache HP Xiaomi Harus Anda Hapus

Data Cache akan tersimpan di dalam perangkat sampai terdapat proses penghapusan. Besar ukuran Cache juga berkembang sejalan dengan jumlah informasi aplikasi di perangkat Xiaomi Anda. Sehingga semakin lama ukuran data Cache akan lebih besar lagi. Hal tersebut akan membebani performa perangkat pada batas tertentu.

Tidak terdapat batasan khusus durasi Anda perlu menghapus data Cache dari perangkat Xiaomi. Anda dapat melakukan penghapusan sesuai kebutuhan, khususnya saat performa perangkat mulai terasa melambat. Namun cukup disarankan agar Anda menghapus data Cache secara rutin antara 1-2 pekan sekali. Sehingga data tidak bertumpuk dan mengganggu performa perangkat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

Manfaat Membersihkan Cache HP Xiaomi

Menghapus data Cache secara rutin dapat menghasilkan dampak yang cukup baik bagi perangkat Anda. Hal tersebut terutama dapat terasa pada pengelolaan data dan peningkatan performa. Sehingga Anda dapat lebih mudah dalam menjalankan berbagai fungsi perangkat. Selain itu, perbaikan performa juga dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah

Adapun beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan apabila menghapus data Cache pada perangkat Xiaomi antara lain:

  • Meningkatkan performa dan kinerja;
  • Membuat ruang penyimpanan menjadi lebih kosong;
  • Menghapus file sampah;
  • Membuat sistem lebih ringan;
  • Mengatasi error pada aplikasi dan sistem.

Cara Menghapus Cache HP Xiaomi

Terdapat cukup banyak alternatif yang dapat Anda gunakan untuk menghapus data Cache dari perangkat Xiaomi. Beberapa alternatif dapat Anda lakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan. Dari sejumlah opsi yang tersedia, Anda juga dapat memilih beberapa aplikasi yang tetap bisa mempertahankan data Cache apabila diperlukan.

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat pada beberapa aplikasi yang memang tinggi intensitas penggunaannya. Namun Anda tidak kehilangan kesempatan untuk membersihkan data yang tidak diperlukan dari perangkat. Adapun ulasan masing-masing alternatif penghapusan data Cache tersebut tertera dalam rincian berikut ini.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah

1. Hapus cache melalu fitur bawaan MIUI

MIUI merupakan sistem yang dikembangkan secara mandiri untuk berjalan bersama sistem dasar Android. Dengan MIUI, Anda dapat memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak terdapat pada Android. Salah fitur menarik tersebut adalah pengelolaan Cache secara kolektif. Sebab pada versi Android standar, Anda hanya akan menemukan pengelolaan Cache secara terpisah di aplikasi.

Akses fitur tersebut terdapat dalam aplikasi bawaan yang bernama Security. Anda akan mendapatkannya secara otomatis tanpa perlu memasang melalui layanan Play Store. Adapun beberapa proses yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Buka aplikasi “Security”;
  • Akses detail berjudul “Sampah”;
  • Tunggu proses pemindaian berlangsung;
  • Proses pemindaian akan memberi informasi data sampah dan Cache;
  • Pilih data Cache yang ingin Anda hapus;
  • Tekan tombol “Clean” untuk mulai menghapus;
  • Tunggu beberapa saat dan selesai.

2. Hapus Cache via Pengaturan

Pada beberapa tipe perangkat Xiaomi, Anda mungkin tidak mendapatkan dukungan MIUI secara optimal. Sehingga Anda akan memerlukan opsi penghapusan data Cache lain. Namun tidak perlu khawatir, Anda tetap dapat menggunakan fitur penghapusan Cache yang tersedia dari sistem Android. Caranya adalah dengan menggunakan menu Pengaturan.

Baca Juga :  Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Adapun beberapa langkah penghapusan Cache yang perlu Anda jalankan melalui Pengaturan antara lain:

  • Nyalakan perangkat Xiaomi Anda;
  • Akses menu “Pengaturan”;
  • Temukan opsi “Penyimpanan”;
  • Pilih tombol “Data Sampah” atau “Cache Data”;
  • Tekan tombol “OK” untuk konfirmasi pembersihan data;
  • Selesai.

3. Hapus Cache dari Aplikasi

Berbeda dari dua opsi sebelumnya, Anda juga memiliki pilihan untuk menghapus data Cache hanya pada aplikasi tertentu saja. Hal ini terkadang Anda perlukan apabila terjadi kendala hanya pada satu aplikasi tertentu. Di kondisi lain, Anda juga dapat menjaga data Cache pada aplikasi yang cukup sering digunakan. Sehingga Anda tidak perlu menghapusnya.

Adapun beberapa langkah penghapusan data Cache yang perlu Anda jalankan antara lain:

  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Gulirkan dan pilih opsi “Aplikasi”;
  • Temukan aplikasi yang Anda inginkan;
  • Tekan pada opsi nama aplikasi;
  • Tap pada menu “Clear Data”;
  • Pilih opsi “Clear Cache”;
  • Konfirmasi pada tombol “OK”;
  • Selesai.

4. Hapus Cache via Menu Recovery

Pada tingkatan lain, Anda terkadang memerlukan penghapusan data Cache dari Recovery Mode. Hal ini akan Anda perlukan pada data Cache hasil proses reset ataupun flashing. Sebab kedua data Cache tersebut tidak dapat Anda hapus dari menu pengaturan maupun aplikasi Security yang tersedia pada layanan Xiaomi.

Adapun beberapa langkah penghapusan data Cache dari Recovery Mode adalah:

  • Matikan HP Xiaomi Anda;
  • Tekan kombinasi tombol daya dan volume bawah;
  • Tahan kombinasi tombol beberapa detik;
  • Tunggu hingga layar menampilkan logo Xiaomi dan lepaskan kombinasi;
  • Pada Recovery Mode, temukan opsi “Wipe Cache”;
  • Arahkan pilihan ke opsi “Wipe Cache” dengan tombol volume;
  • Konfirmasi pilihan “Wipe Cache” dengan tombol daya;
  • Tunggu proses penghapusan data dan restart otomatis;
  • Selesai.

5. Menggunakan Aplikasi Khusus

Selain berbagai opsi yang tersedia, Anda dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Beberapa aplikasi dari pihak ketiga akan melakukan pekerjaan penghapusan data Cache dan sejumlah opsi pengaturan lainnya. Salah satunya adalah opsi untuk penjadwalan penghapusan data Cache dan pengecualian data.

Hal tersebut tentu sangat memudahkan Anda dalam rutinitas pengelolaan data Cache. Dengan sistem penjadwalan, Anda juga tidak harus selalu memeriksa data Cache yang menumpuk. Beberapa aplikasi yang sering Anda gunakan tetap dapat dikecualikan agar data Cache-nya tidak terhapus. Adapun beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan antara lain adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Penuh dengan Mudah

Clean Master

Aplikasi Clean Master merupakan perangkat lunak khusus yang dikembangkan untuk kebutuhan pengelolaan data dan virus. Aplikasi ini dapat Anda temukan dengan mudah di Play Store. Di dalam aplikasi, Anda dapat menemukan beberapa fitur unggulan seperti:

  • Phone Booster;
  • Junk Cleaner;
  • Antivirus & Security;
  • CPU Cooler; dan
  • File Manager.

Agar dapat menggunakan layanan dari Clean Master, Anda dapat menuju Play Store dan memulai pemasangan. Fungsi penghapusan data Cache akan tersedia di menu utama dengan label “Junk Cleaner”. Aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi rutin apabila terdapat data Cache yang sudah terlalu besar dan perlu Anda hapuskan.

-CCleaner

Layanan dari aplikasi CCleaner semula berada pada perangkat komputer dan laptop. Namun perkembangannya yang positif membawa aplikasi tersebut juga hadir untuk smartphone. Pemanfaatannya dapat berjalan cukup baik di perangkat Xiaomi. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis di layanan Play Store.

Serupa dengan Clean Master, aplikasi CCleaner juga memiliki fitur-fitur menarik seperti Clean fast untuk fitur penghapusan data Cache secara singkat dan efisien. Selain itu, terdapat fitur Free-up Memory untuk mengosongkan ruang proses RAM. Tujuannya agar performa perangkat dapat berjalan lebih lancar pada jangka pendek.

Yak, kira-kira seperti itulah artikel saya kali ini tentang cara menghapus data Cache pada perangkat HP Xiaomi. Lakukan penghapusan data Cache secara rutin agar performa perangkat berada pada kondisi ideal. Apabila dibutuhkan, Anda juga dapat menggunakan layanan dari pihak ketiga. Namun perhatikan kapasitas sumber daya perangkat Anda.

Hindari pemasangan aplikasi pembersih data Cache apabila perangkat Anda tidak memiliki sumber daya yang cukup. Aplikasi tersebut justru akan membebani dan membuat perangkat Anda memiliki gangguan performa. Sehingga aplikasi tersebut justru menjadi hambatan baru bagi performa perangkat Anda.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Connect Wifi. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar