close

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Pengguna HP Xiaomi tentu ingin selalu menggunakan layanan jaringan 4G dan 5G di setiap rutinitas berinternet. Kecepatan yang stabil dan koneksi yang lancar menjadi alasan utama hal tersebut. Sebab dengan kedua faktor tersebut, produktivitas dan kenyamanan menjadi sangat terfasilitasi untuk berbagai kebutuhan.
Untuk mengoptimalkan penggunaan jaringan internet, Anda dapat menggunakan cara untuk mengunci jaringan 4G LTE. Langkah ini memastikan Anda tetap terhubung dengan koneksi 4G LTE yang stabil selama berselancar dan menggunakan jaringan internet. Sehingga kenyamanan dan produktivitas Anda juga terjaga dengan baik.

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah

Sekilas Tentang Jaringan 4G LTE

Jaringan 4G LTE tersusun dari dua standarisasi koneksi tanpa kabel, yakni 4G dan LTE. Jaringan 4G merupakan pengembangan resmi sebagai lanjutan dari teknologi generasi ketiga (3G) yang ditetapkan oleh International Communication Union. Teknologi 4G (fourth generation) memiliki spesifikasi teknis dan kapasitas yang jauh lebih maju dari generasi ketiga.

Namun sebelum adanya 4G, terdapat jaringan LTE yang populer di Jepang. LTE merupakan singkatan dari Long-Term Evolution yang menjadi standar jaringan di Jepang pada awal tahun 2000-an. Meski lebih baik dari 3G, namun spesifikasi teknis dan teknologinya belum dapat terhitung sebagai generasi keempat jaringan tanpa kabel.

Untuk menyederhanakan klasifikasi teknologi jaringan, International Communication Union menjadikan LTE sebagai bagian dari pengembangan 4G. Berbagai brand layanan komunikasi yang sempat mengadopsi teknologi LTE merespon klasifikasi tersebut secara beragam. Terdapat provider yang menggunakan istilah 4G LTE. Namun tidak sedikit juga brand yang secara singkat menggolongkanny sebatas 4G saja.

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah

Kelebihan Jaringan 4G LTE

Teknologi jaringan 4G menjadi primadona koneksi tanpa kabel saat ini bukan tanpa alasan. Faktor tersebut secara khusus dapat Anda amati pada orientasinya. Jaringan 4G berkembang dengan optimasi penggunaan data internet yang sangat kuat. Hal tersebut sangat sejalan dengan perkembangan smartphone yang sangat bergantung pada penggunaan koneksi internet.

Jaringan 4G LTE memiliki kecepatan rata-rata mulai dari 100Mbps yang terhitung 50 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya di jaringan 3G. Hal tersebut menunjukkan orientasi utama jaringan 4G untuk kebutuhan internet. Meski telah hadir teknologi 5G yang lebih cepat, namun berbagai pertimbangan infrastruktur dan biaya tetap menjadikan 4G sebagai primadona.

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah

1. Jaringan Lebih Stabil

Jaringan 4G telah berkembang lebih dari satu dekade sejak 2009 lalu. Hal tersebut menjadikan infrastruktur penunjang jaringan 4G sudah sangat baik. Di sisi lain, perkembangan yang telah merata juga menjadikan biaya penggunaan dan layanan menjadi lebih rasional bagi pengguna akhir. Hal tersebut merupakan keunggulan yang belum tersedia di jaringan 5G terbaru saat ini.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Hilang atau Tidak Muncul

Pada layanan komunikasi tanpa kabel di Indonesia, Anda dapat menggunakan jaringan 4G hampir di seluruh wilayah tanpa kendala. Keunggulan tersebut menjadikan jaringan 4G sebagai pilihan yang sangat ideal untuk berbagai kebutuhan. Dengan jaringan 4G LTE, Anda juga tidak perlu khawatir tentang layanan komunikasi saat bepergian untuk keperluan bisnis, libura, dan tujuan lainnya.

2. Kecepatan Lebih Tinggi

Sebagai teknologi yang menjadi pengembangan lanjutan dari 3G, layanan 4G LTE tentu memiliki kecepatan koneksi internet yang lebih baik. Anda dapat menikmati koneksi internet pada batas minimal 100 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, Anda dapat mengakses informasi, melakukan unduhan, dan berbagai aktivitas di internet dengan lebih cepat.

Pada kecepatan dan hasil kerja yang sama, biaya yang harus Anda bayarkan dengan menggunakan jaringan 4G LTE juga cenderung lebih murah. Hal tersebut tidak lain menjadi keuntungan dari infrastruktur dan teknologi yang sudah merata di wilayah Indonesia. Sehingga opsi 4G LTE dapat menjadi pilihan terbaik saat ini.

3. Menjangkau Banyak Wilayah

Saat ini telah terdapat layanan yang lebih memiliki kualitas tinggi pada generasi kelima pengembangan jaringan tanpa kabel, yakni 5G yang dirilis pada 2020 lalu. Meski begitu, layanan 5G masih tergolong sangat muda dan baru di industri telekomunikasi global. Hal tersebut dapat Anda amati dengan masih belum meratanya infrastruktur teknologi tersebut.

Kondisi demikian menjadikan layanan 5G belum dapat Anda dapatkan di beberapa wilayah tertentu. Layanan 5G masih terbatas pada kota-kota besar dan daerah penyangga. Sehingga pada kebutuhan yang lebih fleksibel dan stabil, Anda akan tetap membutuhkan jaringan 4G untuk memenuhi keperluan komunikasi.

Syarat Lock 4G LTE Di HP Xiaomi

Anda dapat melakukan penguncian jaringan di kualitas 4G dengan mengikuti beberapa prosedur. Hal tersebut akan menjaga Anda tetap terhubung dengan jaringan 4G di berbagai kondisi. Sehingga kualitas layanan yang Anda nikmati dapat tetap stabil dan tidak mengalami disrupsi. Namun sebelum menjalankan prosedur tersebut, Anda perlu memastikan beberap ketentuan.

Beberapa syarat dalam ulasan berikut berhubungan dengan perangkat yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga akan berhubungan dengan pemilihan layanan jaringan komunikasi yang terpasang. Adapun beberapa persyaratan lock 4G LTE di HP Xiaomi antara lain:

  • HP mendukung jaringan 4G;
  • Kartu SIM mendukung koneksi 4G LTE;
  • Lokasi ter-cover sinyal layanan 4G;
  • Memiliki kuota internet 4G.

Cara Kunci Jaringan 4G di HP Xiaomi

Terdapat beberapa metode yang tersedia untuk melakukan penguncian jaringan 4G di HP Xiaomi Anda. Beberapa alternatif dapat Anda lakukan tanpa bantuan layanan eksternal. Hal tersebut disebabkan HP Xiaomi memiliki fitur dasar yang memungkinkan pengaturan tersebut terjadi. Namun apabila dibutuhkan, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan aplikasi dari layanan pihak ketiga.

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah

Adapun beberapa opsi penguncian jaringan 4G LTE yang dapat Anda pilih, antara lain:

  • Menu Pengaturan;
  • Pengaturan dari Tentang Ponsel;
  • Menggunakan kode dial;
  • Aplikasi pihak ketiga.

1. Kunci Jaringan 4G via Pengaturan

HP Xiaomi Anda memiliki dasar pengaturan mode jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk mengunci koneksi 4G LTE. Dengan mengaktifkan opsi tersebut, Anda akan mendapatkan optimasi koneksi pada jaringan 4G LTE selama persyaratan terpenuhi. Sehingga koneksi dapat berjalan lebih stabil dan cepat saat Anda gunakan.

Proses ini dapat Anda lakukan dengan mudah dan singkat. Beberapa langkah sederhana yang perlu Anda lakukan untuk mengunci jaringan 4G dari menu Pengaturan, antara lain:

  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Akses opsi “Jaringan”;
  • Masuk ke menu “Mode Jaringan”;
  • Pilih opsi “4G LTE”;
  • Selesai.

2. Kunci Jaringan 4G via Tentang Ponsel

Serupa dengan akses penguncian jaringan dari menu Pengaturan, Anda juga dapat melakukan langkah serupa dari menu Tentang Ponsel. Opsi ini juga dapat Anda lakukan secara mandiri tanpa aplikasi tambahan dan bantuan profesional. Dalam prosesnya, sangat disarankan Anda mengoptimalkan penggunaan SIM 1 di HP Xiaomi.

Adapun cara melakukan penguncian jaringan 4G LTE dari menu Tentang Ponsel adalah:

  • Akses menu “Pengaturan”;
  • Temukan tombol menu “Tentang Ponsel”;
  • Tekan 7 kali pada keterangan memori internal;
  • Pilih SIM yang menjadi prioritas jaringan 4G Anda;
  • Atur jaringan ke mode “4G LTE”;
  • Selesai.

3. Kunci Jaringan 4G via Kode Dial

Seperti berbagai fungsi lain yang dapat memanfaatkan kode dial, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk kebutuhan lock jaringan. Dengan opsi ini, Anda tidak membutuhkan layanan ekstra dan mengerjakan prosesnya hanya melalui beberapa langkah mudah. Untuk melakukan penguncian jaringan 4G LTE dengan kode dial, Anda dapat menyimak panduan di bawah ini.

Beberapa langkah mengatur lock di jaringan 4G LTE melalui kode dial antara lain:

  • Buka menu “Panggilan”;
  • Masukkan kombinasi “*#*#4636#*#*” di menu Panggilan;
  • Anda akan dibawa ke menu pengujian;
  • Akses menu “Pilihan SIM”;
  • Pilih “SIM 1” dan atur pada mode jaringan “4G LTE”;
  • Selesai.

4. Kunci Jaringan 4G via Aplikasi Pihak Ketiga

Di layanan Play Store, terdapat beberapa aplikasi yang berkembang untuk memenuhi kebutuhan lock jaringan 4G LTE. Berbagai aplikasi tersebut dapat Anda gunakan secara gratis di HP Xiaomi Anda. Namun sangat disarankan agar Anda mendahulukan opsi tanpa menggunakan aplikasi. Dalam prosesnya, beberapa aplikasi juga akan membutuhkan akses root di HP Xiaomi Anda.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Cepat Habis dengan Mudah

Namun apabila berbagai metode pengaturan lock jaringan 4G LTE tanpa aplikasi di atas tidak dapat bekerja, Anda dapat melangkah ke beberapa opsi berikut. Dalam prosesnya, pastikan Anda telah mempelajari seluruh langkah sebelum menerapkannya di HP Xiaomi Anda. Selain itu, pastikan Anda mengutamakan opsi tanpa prosedur rooting terlebih dulu.

#Kunci Jaringan 4G Tanpa Root

Anda dapat melakukan penguncian jaringan 4G LTE tanpa harus melakukan rooting pada HP Xiaomi. Langkah ini menjadi opsi yang lebih aman bagi Anda yang cukup awam dengan sistem smartphone. Terlebih, Anda juga tidak berhadapan dengan risiko kehilangan jaminan garansi. Sebab proses rooting akan menghilangkan layanan garansi secara otomatis.

Adapun beberapa langkah penguncian jaringan 4G LTE dengan aplikasi pihak ketiga adalah:

  • Buka layanan Play Store;
  • Temukan aplikasi “4G LTE Switcher”;
  • Lakukan pemasangan aplikasi “4G LTE Switcher”;
  • Pilih menu “Pengujian”;
  • Gulirkan layar dan pilih menu “Set Preferred Network Type”;
  • Tekan pada ikon segitiga;
  • Pilih “LTE Only”;
  • Selesai.

#Kunci Jaringan 4G dengan Root

Apabila memiliki pemahaman teknis yang cukup baik, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Signal Status untuk kebutuhan penguncian jaringan 4G LTE di HP Xiaomi. Pemahaman teknis dibutuhkan sebab opsi ini akan menjalankan prosedur rooting di HP Xiaomi Anda. Namun keberhasilan proses ini berada pada tingkat yang lebih baik.

Adapun beberapa langkah yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Buka layanan “Play Store”;
  • Temukan aplikasi “Advance Signal Status”;
  • Lakukan instalasi dan buka aplikasi “Advance Signal Status”;
  • Di halaman aplikasi, gulirkan ke bawah dan temukan opsi “Additional Info”;
  • Temukan menu “Pengujian”;
  • Pilih “Informasi Perangkat”;
  • Temukan opsi “Set Prefeered Network Type”;
  • Pilih opsi “LTE Only”;
  • Selesai.

Yak, kira-kira seperti itulah cara mengunci jaringan 4G di HP Xiaomi yang dapat Anda jalankan secara mandiri. Layanan 4G menjadi prioritas pilihan jaringan yang masih berlangsung hingga saat ini. Adanya 4G memberikan akses internet yang cepat, stabil, dan lebih terjangkau untuk banyak orang. Meski saat ini telah hadir 5G di dunia, namun 4G masih menjadi pilihan utama.

Pastikan Anda telah memenuhi syarat untuk menggunakan layanan 4G. Perhatikan juga ketersediaan kuota internet dan dukungan layanan lainnya. Tujuannya agar Anda tidak perlu melakukan pengaturan yang tidak perlu. Anda juga dapat menggunakan layanan 5G di beberapa kota dan wilayah tertentu apabila dibutuhkan.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar