close

Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah

Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah – Merekam layar smartphone menjadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan. Aktivitas tersebut dapat memiliki beberapa tujuan, mulai dari sebatas hiburan sampai dengan kepentingan pendidikan. Hal tersebut tidak lain karena mayoritas kegiatan Anda saat ini sudah memanfaatkan smartphone sebagai bagian utamanya.

Hasil rekaman layar dari HP Xiaomi Anda juga bisa memiliki kualitas yang sama baiknya dengan video-video populer di internet. Hal tersebut membuat berbagai tujuan dari perekaman dapat lebih tercapai dengan mudah. Beberapa tujuan seperti kegiatan edukasi, tutorial, dan sejenisnya dapat sangat terbantu dengan kualitas video yang baik.

Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah

Sekilas Tentang Rekam Layar di HP Xiaomi

Anda dapat merekam layar HP Xiaomi untuk berbagai kebutuhan, salah satu tujuan utamanya adalah memberikan penjelasan dan tutorial. Dengan tampilan video, Anda dapat menjelaskan sesuatu dengan lebih tuntas. Sebab potensi kekeliruan maksud dan arahan dapat terhindarkan dengan referensi visual dan audio.

Tidak berhenti di sana, fungsi perekaman layar di HP Xiaomi juga memiliki kualitas output yang sangat baik. Sehingga materi dalam video dapat dilihat dengan jelas. Hal ini sangat bermanfaat pada tujuan-tujuan penjelasan dan dokumentasi pendukung. Dalam kebutuhan konten, Anda juga dapat menggunakan aplikasi video editing untuk mengolah lebih lanjut hasil perekaman layar.

Tujuan Merekam Layar HP Xiaomi

Terdapat cukup beragam alasan seseorang melakukan aktivitas perekaman pada layar HP Xiaomi. Anda dapat menggunakan fitur rekaman layar untuk membuat konten, panduan teknis, dokumentasi pribadi, dan berbagai tujuan lain. Beberapa tujuan tersebut juga dapat mendatangkan nilai komersil yang sangat menguntungkan.

Di antara beberapa tujuan yang beragam, berikut beberapa alasan kebutuhan perekaman layar yang umum, yaitu:

  • Memberikan video tutorial;
  • Melakukan dokumentasi; dan
  • Barang bukti.

Adapun beberapa ulasan tentang kebutuhan dan tujuan perekaman layar dapat Anda simak dalam penjelasan berikut ini.

Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah

1. Memberikan Video Tutorial

Anda dapat merekam layar untuk memproduksi video tutorial tentang berbagai hal. Tutorial yang Anda produksi dapat memiliki tujuan untuk menjelaskan secara personal dengan keterangan visual kepada satu orang tertentu. Namun dalam kondisi yang lebih luas, Anda juga dapat membuat video tutorial untuk kepentingan konten dan komersil.

Beberapa video tutorial seperti penggunaan aplikasi, proses video editing, desain, dan berbagai hal lain dapat menjadi komoditas serta konten yang sangat strategis. Dengan memproduksi konten-konten tersebut, Anda dapat meraup keuntungan yang sangat besar. Beberapa model rekaman layar juga dapat Anda gunakan sebagai pelengkap dalam menulis blog.

2. Melakukan Dokumentasi

Dalam perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, tidak jarang berbagai tugas kantor, sekolah, dan kampus melibatkan proses-proses di smartphone. Anda dapat menjadikan rekaman layar HP Xiaomi sebagai lampiran tugas, pekerjaan, dan laporan agar lebih mudah dipahami. Selain itu, Anda juga dapat menyertakan lampiran video untuk mendukung sebuah presentasi tertentu.

Anda dapat menggunakan fitur perekaman layar untuk merekam proses pengerjaan tugas atau aktivitas sejenis. Hal tersebut akan menjadi lampiran dan dokumentasi yang lebih konkret bagi penjelasan Anda. Adanya fitur dan fungsi perekaman layar mendukung transfer pengetahuan dan penjelasan lebih lugas. Sehingga risiko-risiko kesalahpahaman menjadi semakin menurun.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Hilang atau Tidak Muncul

3. Barang Bukti

Hasil video dari rekaman layar juga menjadi barang bukti untuk berbagai kepentingan. Anda dapat menggunakan rekaman layar sebagai bukti transaksi apabila item yang berkaitan merupakan produk digital. Dalam kondisi lain, Anda juga dapat menjadikan rekaman layar sebagai barang bukti apabila terjadi sebuah kendala kualitas atau akses yang dialami pada sebuah produk konten digital.

Kemudahan dan perkembangan ini mejadi sebuah dukungan yang lebih nyata tentang transaksi digital yang aman. Selain itu, bukti-bukti valid menjadi kekuatan hukum yang melindungi seluruh pihak tanpa menimbulkan kecurigaan lanjutan. Dengan begitu, berbagai aktivitas jual-beli, transaksi, dan kerjasama dapat berjalan lebih ideal.

Cara Rekam Layar di HP Xiaomi

Anda dapat menggunakan setidaknya dua alternatif utama dalam proses merekam layar. Kedua opsi tersebut antara lain adalah dengan menggunakan MIUI Screen Recorder dan aplikasi dari pihak ketiga. Tujuan akhir dari kedua opsi tersebut adalah rekaman video dari layah smartphone Xiaomi Anda. Namun terdapat beberapa perbedaan teknis dan hasil kerja yang perlu Anda perhatikan.

Secara umum, sangat dianjurkan agar Anda menggunakan layanan yang telah tersedia di MIUI Screen Recorder. Namun apabila mengalami beberapa kondisi yang mengharuskan penggunaan aplikasi dari pihak ketiga, maka Anda dihimbau untuk lebih teliti dalam memilih layanan. Hal tersebut terutama berlaku pada kecocokan sumber daya minimal dan ruang penyimpanan.

1. Rekam Layar HP Xiaomi via MIUI Screen Recorder

MIUI merupakan sistem pendukung Android yang berkembang khusus untuk perangkat Xiaomi. Di dalam MIUI, terdapat berbagai pengembangan fitur yang tidak terdapat pada sistem dasar Android. Salah satu fitur yang tersedia tanpa harus memasang aplikasi tambahan adalah MIUI Screen Recorder. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk merekam layar smartphone Xiaomi.

Salah satu keunggulan MIUI Screen Recorder adalah keberadaannya yang dapat Anda akses tanpa proses instalasi dari layanan Play Store. Layanan ini tidak menambah konsumsi ruang penyimpanan perangkat Anda. Selain itu, aplikasi ini juga berkembang secara khusus untuk perangkat Xiaomi. Jadi spesifikasi minimal yang dibutuhkan oleh aplikasi akan sesuai dengan perangkat Xiaomi Anda.

Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah

#Cara Rekam Layar HP Xiaomi via MIUI Screen Recorder

Anda dapat menggunakan fungsi perekaman layar di HP Xiaomi dengan sangat mudah. Sebab dalam prosesnya, Anda nyaris tidak membutuhkan persiapan apapun sebelum memulai perekaman. Proses akses untuk memulai rekaman dapat Anda lakukan dalam beberapa detik saja. Jadi, Anda bisa berfokus pada isi dan tujuan rekaman.

Beberapa proses perekaman yang dapat Anda ikuti, antara lain:

  • Nyalakan HP Xiaomi Anda;
  • Di homescreen, gulirkan layar ke bawah untuk melihat menu swipe-down Xiaomi;
  • Temukan ikon berbentuk kamera video bertuliskan Screen Recorder;
  • Tekan satu kali pada ikon kamera tersebut;
  • MIUI Screen Recorder telah berjalan;
  • Menu picture-on-picture Screen Recorder akan muncul di layar;
  • Tekan tombol merah untuk memulai rekaman;
  • Gunakan HP Xiaomi sesuai tujuan perekaman;
  • Tekan kembali tombol merah untuk menuntaskan rekaman;
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Agar Aman

#Rekam Layar dengan Audio Internal

Salah satu fitur menarik dari fungsi perekaman layar adalah kebebasan untuk menentukan sumber suara. Anda dapat menggunakan sumber suara dari microphone HP Xiaomi ataupun suara yang dihasilkan dari perangkat. Rekaman dengan sumber suara dari dalam perangkat akan mengikutsertakan efek suara dan audio dari dalam aplikasi.

Adapun beberapa langkah pengaturan sumber audio tersebut dapat Anda pahami melalui penjelasan berikut.

  • Akses MIUI Screen Recorder seperti pada panduan di atas;
  • Tekan pada tombol roda gigi (setting);
  • Gulirkan menu ke opsi “Sound Source”;
  • Pilih “System Sound”;
  • Selesai.

#Setting Screen Recorder HP Xiaomi

Terdapat beberapa pengaturan yang dapat Anda lakukan pada MIUI Screen Recorder. Beberapa pengaturan tersebut berhubungan dengan hasil video dan proses perekaman. Di dalam menu Pengaturan, Anda dapat menentukan kualitas hasil video, sumber audio, dimensi, dan berbagai aspek lain sesuai kebutuhan.

Adapun cara mengakses pengaturan MIUI Screen Recorder adalah:

  • Nyalakan HP Xiaomi Anda;
  • Di homescreen, gulirkan layar ke bawah untuk melihat menu swipe-down Xiaomi;
  • Temukan ikon berbentuk kamera video bertuliskan Screen Recorder;
  • Tekan satu kali pada ikon kamera tersebut;
  • MIUI Screen Recorder telah berjalan;
  • Menu picture-on-picture Screen Recorder akan muncul di layar;
  • Tekan pada tombol roda gigi (setting);
  • Lakukan pengaturan sesuai kebutuhan;
  • Selesai.

#Buka Video Hasil Record

Setelah menuntaskan proses perekaman, Anda akan mendapatkan notifikasi yang menginformasikan aktivitas telah selesai. Apabila notifikasi tersebut Anda tekan, maka Anda akan diarahkan ke folder galeri tempat hasil video rekaman tersimpan. Setelahnya Anda dapat memutar, mengirimkan, menghapus, dan mengedit video sesuai kebutuhan.

Namun apabila ingin mengakses kembali tanpa notifikasi, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Nyalakan HP Xiaomi Anda;
  • Buka menu “Galeri”;
  • Sortir tampilan berdasarkan “Album”;
  • Temukan folder “Screen Recorder”;
  • Temukan video yang Anda cari;
  • Selesai.

#Cara Mengatasi Rekaman Layar Tidak Keluar Suara

Aplikasi MIUI Screen Recorder memiliki tiga opsi sumber dan mode perekaman audio, yakni:

  • Hening untuk perekaman layar tanpa suara sama sekali;
  • Mikrofon untuk perekaman layar dengan dukungan audio dari mikropon pengguna; dan
  • Suara sistem untuk perekaman layar HP Xiaomi sekaligus audio dari dalam handphone.

Pada pengaturan dasar, mode audio HP Xiaomi Anda akan berada pada opsi “Hening”. Pastikan Anda telah mengatur sumber audio perekaman. Tujuannya adalah menghindari rekaman layar Anda tidak menyertakan audio narasi dari mikropon ataupun suara serta notifikasi aplikasi. Adapun beberapa langkahnya antara lain:

  • Jalankan aplikasi MIUI Screen Recorder;
  • Tekan pada tombol roda gigi (setting);
  • Gulirkan dan tekan pada opsi “Sound Source”;
  • Pilih mode yang Anda kehendaki;
  • Selesai.

2. Cara Rekam Layar dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dengan menggunakan MIUI Screen Recorder, Anda juga dapat menggunakan berbagai aplikasi dari layanan pihak ketiga untuk kebutuhan perekaman layar. Aplikasi ini umumnya tersedia secara gratis di layanan Play Store. Proses pemasangan yang perlu Anda lakukan juga cukup mudah. Selain itu, hasil video rekaman layar dari berbagai aplikasi berikut ini juga cukup baik.

Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah
Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah

Namun berbeda dengan fitur yang tersedia di MIUI, aplikasi ini tidak berkembang secara khusus untuk perangkat Xiaomi. Sehingga Anda harus memerhatikan detail spesifikasi minimum agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Adapun beberapa layanan populer yang dapat Anda gunakan untuk perekaman layar HP Xiaomi, antara lain:

  • ADV Screen Recorder;
  • Mobizen; dan
  • AZ Screen Recorder.
Baca Juga :  Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Mudah

#ADV Screen Recorder

Anda bisa mendapatkan aplikasi ADV Screen Recorder secara gratis di layanan Play Store. Layanan ini tergolong cukup populer untuk kategori aplikasi perekaman layar. Di Play Store, aplikasi ADV Screen Recorder telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasi ini juga mendapat ulasan lebih dari 250 kali dengan skor 4,3 dari total lima poin.

Aplikasi ini memiliki fungsi dan cara kerja yang serupa dengan MIUI. Setelah mengunduh dan memasang aplikasi di HP Xiaomi Anda, cukup buka dan jalankan fitur perekaman. Hasil rekaman juga akan tersedia di galeri ponsel Anda. Namun terdapat beberapa isu hang aplikasi yang dapat terjadi pada perangkat yang kurang sesuai.

#Mobizen

Layanan perekaman layar dari Mobizen merupakan opsi teratas untuk kategori ini. Anda juga dapat mengunduh aplikasi Mobizen secara gratis di Play Store. Uniknya, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna smartphone Android. Dari total pengguna, Mobizen telah mengumpulkan lebih dari 3,32 juta ulasan dengan skor 4,1 dari lima poin.

Hal tersebut menjadikan Mobizen sebagai salah satu opsi aplikasi perekaman layar terbaik yang dapat Anda pilih. Berbeda dengan beberapa layanan aplikasi perekaman layar pada umumnya, Mobizen juga menyediakan fitur video editing dengan animasi yang menarik. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan konten dari video rekaman layar.

#AZ Screen Recorder

Serupa dengan Mobizen, layanan dari aplikasi AZ Screen Recorder juga melengkapi diri dengan fitur untuk video editing. Hal tersebut membuat video menjadi sangat menarik untuk dibagikan. Namun AZ Screen Recorder memiliki spesifikasi minimum yang lebih ringan. Sehingga aplikasi ini masih cukup bersahabat dengan smartphone kalangan menengah.

Aplikasi AZ Screen Recorder dapat Anda unduh di layanan Play Store secara gratis. Meski lebih ringan dari Mobizen, aplikasi ini juga tidak selalu lancar dijalankan pada semua tipe smartphone. Bagi Anda yang menggunakan HP Xiaomi lawas, pastikan spesifikasi perangkat Anda cukup untuk menjalankan aplikasi ini. Aplikasi AZ Screen Recorder mendapat skor 4,4 dari 1,63 juta ulasan di Play Store.

Yak, kira-kira seperti itulah cara merekam layar HP Xiaomi untuk berbagai kebutuhan. Anda dapat menyesuaikan pengaturan output video. Pastikan Anda memilih output dengan kualitas yang sesuai. Video dengan resolusi dan fps tinggi tentu akan mengonsumsi banyak ruang penyimpanan. Pastikan terdapat ruang kosong yang cukup agar perekaman video dan hasilnya tidak terkendala.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar