close

Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah

Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Kebutuhan reset HP Oppo dapat timbul pada berbagai latar belakang pengguna. Sehingga terdapat beberapa mekanisme reset yang berkembang dan dapat Anda pelajari. Hal ini berguna dalam kondisi darurat sekaligus upaya pencegahan dari kehilangan data penting serta pencurian informasi.

Prosedur reset HP Oppo secara umum memanfaatkan mekanisme yang telah tersedia di dalam perangkat. Selain itu, terdapat fitur yang berkembang dari sistem operasi Android. Kedua hadir dengan spesifikasi dan prosedur masing-masing untuk mengatasi masalah yang berbeda. Maka cukup penting agar Anda memahami beberapa hal tentang reset HP Oppo berikut ini.

Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah
Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah

Apa itu Reset HP Oppo?

Reset HP Oppo merupakan mekanisme yang serupa pada berbagai smartphone lainnya. Prosedur tersebut akan membuat sistem mengatur ulang perangkat. Hasil akhir dari prosedur tersebut akan mengembalikan kondisi perangkat serupa dengan versi awal saat pertama kali Anda gunakan atau beli.

Terdapat beberapa alasan yang dapat melatarbelakangi sebuah prosedur reset perlu Anda lakukan. Hal tersebut umumnya berkaitan dengan performa perangkat maupun gangguan yang terjadi dalam penggunaannya. Prosedur reset umumnya cukup mudah untuk Anda lakukan. Bahkan Anda dapat menjalankannya hanya dengan beberapa panduan singkat.

Alasan dan Fungsi Reset HP Oppo

Fungsi dasar prosedur reset adalah menghilangkan data serta malware yang ada di dalam perangkat. Prosedur tersebut bermanfaat dalam upaya mengembalikan perangkat agar dapat digunakan. Beberapa pengguna juga melakukan prosedur reset pada perangkat yang terkunci dan mengalami lupa kata sandi.

Selain itu, prosedur reset juga mengembalikan kondisi sistem operasi perangkat ke kondisi semula. Sehingga proses tersebut dapat bermanfaat mengatasi kerusakan sistem yang terjadi. Adapun beberapa alasan yang lazim Anda temui saat membutuhkan prosedur reset terdapat dalam ulasan berikut.

1. Penjualan atau Pembelian Perangkat

Saat menjual perangkat HP Oppo ke pihak lain, Anda tentu perlu melindungi data-data pribadi Anda. Hal tersebut termasuk informasi diri, kata sandi, aplikasi, foto, dan berbagai data lainnya. Langkah tersebut umumnya Anda perlukan agar terhindar dari potensi penyalahgunaan data yang dapat menimpa.

Sementara pada proses pembelian perangkat HP Oppo berstatus second use, Anda tentu tidak memerlukan data dari pengguna sebelumnya. Sehingga prosedur reset perlu Anda lakukan agar perangkat bisa berjalan layaknya ponsel baru. Hal ini juga membantu Anda terlindungi dari program berbahaya yang mungkin terpasang oleh pemilik sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Ngelag, dan Sering Hang

2. Gangguan Sistem

Prosedur reset akan menghapus semua data dan aplikasi selain sistem operasi perangkat. Sehingga hal tersebut juga dapat menjadi solusi apabila perangkat Anda terserang malware dari sumber tertentu. Setelah prosedur reset, Anda akan mendapatkan ponsel pintar Oppo serupa dengan produk baru.

Selain itu, terdapat kondisi perangkat yang tidak dapat mengakses sistem operasi dan mengalami bootloop. Situasi bootloop dapat terjadi akibat kerusakan sistem, malware, dan berbagai faktor lain. Prosedur reset akan membangun ulang sistem dan mengeliminasi malware tersebut agar dapat berjalan dengan normal.

Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah
Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah

Persiapan yang harus dilakukan sebelum Reset HP Oppo

Terdapat beberapa kebutuhan spesifik yang perlu Anda penuhi dalam menjalankan prosedur reset. Hal tersebut bermanfaat agar proses berjalan dalam waktu yang singkat dan data yang Anda miliki dapat terlindungi. Persiapan yang kurang dapat membuat Anda melakukan prosedur reset secara berulang. Adapun beberapa ulasannya antara lain sebagai berikut :

1. Pemindahan Data/Back Up data

Seluruh data dalam perangkat Anda akan terhapus setelah prosedur reset berjalan. Hanya sistem operasi yang akan kembali tersedia di dalam perangkat. Sehingga data penting seperti kata sandi, informasi akun, galeri, dan lainnya harus Anda cadangkan terlebih dahulu di direktori tertentu.

Anda juga dapat mengoptimalkan layanan Google Drive untuk mencadangkan aplikasi, obrolan, gambar, dan berbagai data lain. Data tersebut dapat Anda akses kembali setelah prosedur reset selesai. Beberapa aplikasi bahkan mendukung pemulihan data secara otomatis setelah prosedur reset Anda selesaikan.

2. Pencadangan Kontak

Selain data, galeri, dan aplikasi, Anda juga akan kehilangan informasi kontak yang tersimpan di dalam perangkat. Hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas Anda apabila perangkat berhubungan dengan sekolah, pekerjaan, hingga keperluan bisnis. Sehingga Anda juga harus mencadangkan kontak ke layanan yang tersedia.

Anda dapat memanfaatkan sistem pencadangan yang tersedia di Google Contacs. Agar dapat melakukannya, Anda dapat mengikuti beberapa panduan berikut.

  • Nyalakan perangkat;
  • Buka aplikasi “Pengaturan”;
  • Pilih opsi “Akun”;
  • Temukan Akun Google yang terhubung;
  • Centang pada bagian “Contacts”.

Lakukan sinkronisasi agar kontak di dalam perangkat terhubung dengan layanan Google Contacts. Anda dapat mengakses detail kontak yang tersimpan saat perangkat terhubung kembali ke email Google setelah prosedur reset Anda selesaikan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

3. Daya Baterai

Pastikan ponsel Oppo Anda dalam keadaan baterai yang terisi dengan baik. Sebab proses reset dan pemulihan data dapat berjalan cukup lama. Sehingga akan membutuhkan ponsel tetap menyala dan konsumsi baterai yang besar. Beberapa prosedur reset juga tidak dapat Anda jalankan dalam kondisi baterai lemah.

Apabila memerlukan waktu untuk mengisi daya, maka lakukan pengisian daya terlebih dulu. Anda dapat melakukan prosedur pencadangan data dan kontak bersaam dengan menunggu daya penuh. Sehingga seluruh persiapan dapat terpenuhi dalam waktu yang cenderung lebih singkat. Setelah persiapan selesai, Anda dapat memilih beberapa prosedur reset HP Oppo yang tersedia.

Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah
Persiapan sebelum reset HP Oppo

Cara Reset HP Oppo Semua Tipe dengan Mudah

Terdapat setidaknya tiga metode untuk reset HP Oppo Anda. Pilihan metode tersebut akan bergantung pada kondisi perangkat, sistem operasi, dan aplikasi pendukung. Beberapa HP Oppo yang mengalami bootloop dan tidak dapat mengakses halaman utama, tidak memiliki cukup banyak opsi agar dapat kembali bisa Anda gunakan.

Adapun beberapa pilihan reset yang tersedia antara lain :

  • Menu pengaturan, dapat Anda lakukan apabila HP Oppo masih bisa mengakses fitur dasarnya;
  • Android recovery, dapat Anda lakukan pada perangkat yang mengalami kondisi bootloop;
  • Find My Device, menjadi solusi apabila perangkat hilang dan Anda ingin melindungi data pribadi di dalamnya.

Cara Reset HP Oppo via Menu Pengaturan

Opsi reset HP Oppo melalui menu pengaturan dapat Anda lakukan apabila perangkat masih dapat menyala dengan normal. Adapun beberapa langkah utamanya adalah :

Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah
Cara reset HP Oppo lewat Pengaturan

1. Nyalakan HP Oppo;
2. Buka menu “Pengaturan”;
3. Gulirkan menu ke bawah;
4. Tekan pada opsi “Pengaturan Tambahan”;
5. Pilih menu “Buat Cadangan dan Reset”;
6. Tentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda:

  • Jangan Hapus Aplikasi Non-Sistem & Data agar tetap melindungi data di dalam perangkat setelah prosedur reset;
  • Hapus Aplikasi Non-Sitem & Data untuk menghapus seluruh data di dalam perangkat;

7. Konfirmasi proses reset dan tunggu beberapa saat.

Setelah proses reset selesai, Anda dapat kembali masuk ke email pencadangan dan mengembalikan data serta kontak penting ke dalam perangkat. Anda juga akan memerlukan beberapa pengaturan dasar seperti zona waktu, bahasa, kecerahan, dan lainnya setelah proses reset selesai.

Cara Reset HP Oppo via Android Recovery

Prosedur reset melalui layanan Android Recovery cocok apabila perangkat Anda mengalami bootloop atau kerusakan sistem operasi lainnya. Prosedur ini dikenal juga dengan istilah hard reset. Untuk melakukannya, Anda akan memulai dengan ponsel yang berada pada kondisi daya mati.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Hilang atau Tidak Muncul
Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah
Reset HP Oppo lewat Android Recovery

Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai proses hard reset adalah :

1. Matikan ponsel Anda;
2. Tekan tombol daya dan volume bawah;
3. Tahan kombinasi tombol beberapa saat;
4. Anda akan mengakses halaman “Recovery Mode”;
5. Gunakan tombol volume untuk memilih opsi;
6. Gunakan tombol daya untuk konfirmasi;
7. Pilih menu “Wipe Data and Cache”;
8. Konfirmasi pada pilihan “OK”;
9. Tunggu beberapa saat dan Anda akan menemukan pesan notifikasi “Data and Cache Wiped Successfully”;
10. Pilih opsi “Reboot” dan “OK”;
11. Proses reset telah selesai.

Reset HP Oppo via Find My Device

Fungsi reset pada layanan Find My Device tersedia apabila Anda mengalami kehilangan perangkat. Sehingga prosedur ini tentu akan Anda lakukan dari jarak jauh dengan perangkat sekunder. Prosedur reset ini juga hanya digunakan untuk menghapus data dan melindungi informasi penting. Layanan ini tidak memiliki dampak langsung terhadap potensi kembali atau ditemukannya perangkat.

Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah
Reset HP Oppo lewat Find My Device

Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam prosedur reset di Find My Device antara lain:

1. Siapkan komputer, laptop, atau ponsel.
2. Masuk ke Akun Google yang Anda hubungkan pada HP Oppo;
3. Akses halaman https://www.google.com/android/find berikut;
4. Klik “Terima” pada detail kebijakan yang tersedia;
5. Anda akan melihat detail perangkat yang sedang Anda cari;
6. Pilih opsi “Erase Device”;
7. Klik tombol konfirmasi “Erase Device”;
8. Tekan ulang pada tombol “Erase Device” yang muncul;
9. Proses reset akan berjalan di perangkat Anda.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk reset HP Oppo ke setelan pabrik semua tipe. Dengan melakukan reset ke setelan pabrik, HP Oppo anda akan menjadi seperti baru lagi. Biasanya reset dilakukan ketika anda ingin menjual HP atau terdapat error pada sistem HP.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang reset HP lainny, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara reset HP Xiaomi semua tipe. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar