close

Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe – Hallo sobat koplo, Cara reset HP realme ke setelah pabrik dapat Anda lakukan dengan beberapa opsi yang tersedia. Masing-masing opsi memiliki ketentuan yang berbeda sesuai dengan kondisi perangkat Anda. Terdapat opsi yang memungkinkan Anda mengamankan data dan informasi terlebih dulu sebelum proses reset Anda jalankan.

Pada kondisi kerusakan atau gangguan perangkat lanjut, Anda mungkin tidak dapat mengakses fungsi pencadangan sebelum prosedur reset HP realme. Sehingga dalam rutinitas Anda, sebaiknya pencadangan menjadi fitur yang selalui Anda aktifkan. Hal tersebut bertujuan agar data Anda terlindungi dan memiliki proteksi berlapis atas risiko kehilangan data.

Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Sekilas Tentang Reset HP Realme

Prosedur reset HP realme merupakan tata cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan perangkat ke setelan awal. Hasil dari prosedur tersebut adalah kondisi perangkat lunak (software) yang serupa dengan kondisi awal pembelian HP realme. Prosedur reset pada HP realme memiliki beberapa opsi dan detail yang cukup serupa dengan berbagai ponsel Android lainnya.

Opsi reset juga memiliki keuntungan dan risiko yang berbeda pada setiap kondisi HP realme Anda. Sehingga untuk menjalankannya perlu sejumlah analisa dan persiapan. Hal tersebut bertujuan agar seluruh proses berjalan tanpa menimbulkan kerugian yang tidak Anda perkirakan. Sebab prosedur reset umumnya berkaitan juga dengan data dan informasi penting di dalam perangkat.

Alasan Reset HP Realme

Prosedur reset pada HP realme merupakan fitur yang meman tersedia dari produsen dan sistem operasinya. Namun prosedur ini bukan merupakan fitur yang rutin Anda perlukan. Dalam pemanfaatannya, terdapat beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sebagai alasan umum.

Sebab prosedur reset pada HP realme umumnya merupakan langkah akhir dari kondisi error, hang, maupun situasi lain. Sehingga sangat disarankan agar Anda memiliki sejumlah opsi alternatif sebelum menyimpulkan kebutuhan akan prosedur reset pada HP realme. Adapun ulasan singkat beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut :

Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe

1. Malware atau Virus

Malware merupakan sebutan untuk program berbahaya yang berada pada smartphone Anda. Keberadaan program ini di dalam smartphone biasanya memicu tampilan iklan, pencurian data, pemasangan program lain tanpa izin, dan berbagai aktivitas yang merugikan pengguna. Sehingga perangkat yang terjangkit malware atau virus akan tidak berfungsi sesuai dengan tujuan utamanya.

Pada beberapa kondisi, malware dan virus dapat Anda tangani dengan aplikasi anti-virus. Namun apabila kondisi sudah terlalu parah, aplikasi anti-virus juga seringkali tidak dapat mengatasi persoalan yang Anda hadapi. Dalam situasi tersebut, opsi reset menjadi salah satu langkah yang paling masuk akal untuk Anda tempuh.

2. HP Lemot

HP realme Anda yang mengalami kelebihan beban performa tentu akan menunjukkan gangguan. Salah satunya adalah HP realme yang lambat merespon input maupun eksekusi aplikasi yang terlalu lama. Apabila berlangsung terus-menerus hal ini akan sangat mengganggu. Sehingga Anda perlu melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

Dalam kondisi ringan, Anda dapat menghapus data dan aplikasi yang tidak terpakai. Namun terkadang hal tersebut tidak memberikan dampak besar pada performa. Apabila hal tersebut terjadi, Anda dapat menggunakan opsi reset HP realme. Dengan prosedur reset, HP realme Anda akan menghapus semua data dan kembali ke performa awal yang lebih baik.

Baca Juga :  Cara Reset HP ASUS ke Setelan Pabrik Semua Tipe

3. Lupa Kunci Pola

Mayoritas HP Android saat ini menggunakan beberapa alternatif penguncian akses, salah satunya kata sandi, PIN, dan pola unik. Hal tersebut menjadi pengamanan yang cukup efektif bagi pengguna. Namun kendala dapat muncul apabila Anda sendiri lupa atau salah memasukkan berulang-ulang kombinasi pengamanan tersebut.

Anda akan kehilangan akses pada HP realme dan data di dalamnya. Sehingga HP realme Anda tidak akan bisa digunakan. Apabila hal tersebut terjadi, prosedur reset dapat menjadi solusi yang cukup rasional. Sebab prosedur reset akan menghilangkan seluruh pengaturan di dalam HP realme Anda. Hal tersebut juga berlaku pada pengaturan sandi dan kunci pola dari HP Anda.

4. Jual HP

Anda bisa menjual HP realme apabila ingin mengganti perangkat baru atau beberapa pertimbangan lain. Saat menjual HP realme Anda, tentu data yang terdapat di dalam perangkat tidak perlu berpindah tangan ke pihak lain. Hal tersebut tentu berisiko bagi Anda di masa depan. Beberapa pembeli juga akan merasa tidak nyaman dengan keberadaan data milik Anda saat proses penjualan.

Opsi untuk menghapus data, aplikasi, dan berbagai informasi secara manual di dalam HP realme tentu akan memakan waktu lama. Sehingga Anda dapat menggunakan prosedur reset untuk menghapus seluruh data dan aplikasi secara instan. Namun tentu sangat direkomendasikan agar Anda melakukan pencadangan data penting sebelum melakukan prosesnya.

5. Sistem Error

Sebagai sebuah smartphone, HP realme Anda memiliki sistem khusus yang terpasang di dalamnya berupa instalasi Android. Sistem operasi Android merupakan software yang menjadi landasan pengelolaan smartphone Anda. Termasuk menjadi pondasi terpasangnya berbagai aplikasi dari Play Store yang Anda gunakan.

Apabila sistem operasi tersebut mengalami gangguan, HP realme Anda tidak akan berfungsi secara normal. Sehingga Anda tidak dapat menggunakan perangkat secara maksimal. Prosedur reset membantu mengembalikan sistem operasi tersebut ke kondisi sedia kala. Sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai metode pemulihan sistem pada kondisi error.

Manfaat Reset HP Realme

Berdasarkan berbagai penjelasan di atas, terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda temukan dalam prosedur reset. Langkah reset dapat menjadi solusi sejumlah kendala dan situasi yang melibatkan software HP realme Anda. Namun penggunaannya tentu perlu memperhatikan berbagai aspek lainnya.

Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Adapun beberapa manfaat prosedur reset HP realme yang dapat Anda temukan antara lain:

  • Performa HP menjadi lebih optimal;
  • Membersihkan virus; dan
  • Mengosongkan ruang penyimpanan.

Persiapan Reset HP realme

Langkah reset memang mendatangkan sejumlah keuntungan. Namun prosedur tersebut harus dilakukan dengan pemahaman dan persiapan yang baik. Sebab prosedur reset melibatkan keamanan dan akses data Anda. Keselahan persiapan dan prosedur dapat berdampak pada kondisi smartphone yang lebih buruk dari situasi sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Reset HP Huawei ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Adapun beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum menjalankan prosedur reset antara lain:

1. Mencadangkan data penting

Ketika melakuan reset HP Realme ke setelan Pabrik,hal tersebut akan menghilangkan seluruh data non-sistem. Hal tersebut termasuk data gambar, galeri, video, aplikasi, kata sandi, dan berbagai format data lainnya. Untuk menghindari kehilangan data secara permanen, alangkah lebih baik jika anda mencadangkan data-data penting terlebih dahulu sebelum melakukan reset HP Realme.

Proses backup data dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan layanan Google Drive. Adapun beberapa panduannya antara lain:

  • Nyalakan HP Realme Anda;
  • Buka aplikasi “Setelan”;
  • Pilih opsi “Google”;
  • Tekan pada tombol “Cadangan”;
  • Pilih opsi akun yang sesuai;
  • Tekan “Cadangkan Sekarang”;
  • Tunggu beberapa saat.

2. Melakukan backup kontak dan pesan

Proses backup data diatas hanya akan mencadangkan data berbentuk dokumen, galeri, dan berbagai format file lainnya. Sementara daftar kontak dan pesan tidak akan tersedia pada cadangan data umum. Tentu akan sangat merepotkan apabila anda kehilangan semua data kontak dan pesan yang ada di HP anda. Jadi, Anda perlu melakukan backup pada kontak. Adapun tata cara pencadangan data kontak Anda adalah:

  • Nyalakan HP Realme Anda;
  • Akses aplikasi “Pengaturan”;
  • Tekan pada opsi “Akun”;
  • Pilih Akun Google yang terhubung;
  • Checklist pada bagian “Contacts”.

Anda dapat melakukan sinkronisasi kontak pada perangkat untuk memastikan seluruh detail informasi memiliki cadangan data. Pastikan juga Anda menggunakan email yang sama setelah prosedur reset berjalan.

3. Memastikan daya baterai cukup.

Proses reset HP Realme dapat memakan waktu yang cukup lama. Dalam prosesnya, HP Realme Anda tentu harus dalam keadaan menyala. Sehingga faktor daya baterai menjadi krusial dalam rutinitas ini. Pastikan Anda telah mengisi daya yang cukup sebelum memulai proses reset.

Cara Reset HP realme

Terdapat beberapa mekanisme reset yang dapat Anda lakukan pada HP realme. Masing-masing mekanisme tersebut berkembang dengan ketentuan dan persiapan berbeda. Tidak semua proses juga harus Anda tempuh untuk memperbaiki kondisi HP realme Anda. Pilih prosedur yang paling sesuai dengan gambaran situasi HP realme Anda.Adap

un beberapa prosedur reset yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Factory reset melalui menu pengaturan;
  • Hard reset melalui realme ColorOS;
  • Hard reset melalui realme UI; dan
  • Google FindMyDevice.

Cara reset HP Realme melalui Factory Reset Pengaturan

Opsi reset melalui pengaturan merupakan cara yang paling mudah dan sederhana. Sebab Anda hanya melakukannya dengan mengakses menu-menu yang umum. Cara ini hanya dapat dilakukan apabila perangkat Anda masih dapat menyala dengan normal. Sehingga metode ini tidak dapat bekerja pada kondisi bootloop.

Adapun langkah-langkah factory reset pada HP realme antara lain:

  • Nyalakan HP realme Anda;
  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Akses “Pengaturan Tambahan”;
  • Pilih menu “Back-up and Reset”;
  • Tekan pada menu “Factory Data Reset”;
  • Pilih “Erase All App & Data”;
  • Tunggu proses berjalan dan perangkat akan melakukan restart mandiri;
  • Proses reset akan berjalan otomatis;
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Cara reset HP Realme lewat Hard Reset Realme ColorOS

Anda juga dapat menggunakan prosedur hard reset yang memanfaatkan teknologi ColorOS. Opsi ini dapat Anda gunakan pada perangkat yang umumnya tidak dapat mengakses layar utama. Beberapa perangkat bahkan mengalam bootloop akibat sejumlah kondisi. Hal tersebut menghalangi Anda mengakses menu dan fitur dasar smartphone. Berikut adalah langkah-langkahnya

  • Matikan HP Realme Anda
  • Tekan Tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan
  • Tunggu hingga muncul logo Realme
  • Berikutnya pilih bahasa English
  • Pilih Wipe Data And Cache
  • Setelah itu pilih Yes untuk menyetuji proses hard reset
  • Silahkan tunggu sampai proses hard reset selesai
  • Tekan Reboot
  • Selesai

Cara Hard Reset HP Realme Melalui Realme UI

Selain hard reset melalui Realme , anda juga dapat melakukan reset setelan pabrik melalui Realme UI. Karena cara unutk melakukan Hard Reset pada HP Realme UI sedikit berbeda dengan Hard Reset melalui HP Realme Color OS. Berikut adalah langkah-langkahnya :
Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan hard reset dengan mengikut beberapa panduan, antara lain:

  • Matikan HP realme Anda;
  • Tekan kombinasi tombol volume bawah dan daya;
  • Tahan kombinasi beberapa detik;
  • Tunggu muncul logo realme dan lepaskan kombinasi;
  • Pilih pada opsi bahasa dengan tombol volume;
  • Konfirmasi pilihan dengan tombol daya;
  • Tunggu muncul menu “Realme UI Recovery”;
  • Pilih opsi “Wipe Data”;
  • Masukkan kunci layar yang sesuai;
  • Pilih kembali “Format Data”;
  • Tekan opsi “Format”;
  • Tunggu proses hard reset berjalan;
  • Tekan “Reboot” untuk menyalakan ulang HP realme Anda;
  • Selesai.

Reset HP Realme via Google Find MyDevice

Anda dapat memanfaatkan fitur Google Find MyDevice untuk melakukan prosedur reset. Namun prosedur ini secara khusus dikembangkan untuk kondisi kehilangan perangkat. Sehingga tujuan dasar fitur reset pada Google Find MyDevice adalah untuk mengamankan data apabila perangkat tidak dapat Anda temukan.

Adapun beberapa langkah untuk melakukan prosedur reset dengan Google Find MyDevice, antara lain:

  • Gunakan perangkat komputer atau laptop;
  • Masuk ke Akun Google Anda melalui browser yang tersedia;
  • Akses halaman https://www.google.com/android/find?u=0 melalui browser;
  • Tekan menu “Hapus Perangkat”;
  • Konfirmasi pilihan dan tunggu beberapa saat.
  • Anda akan menghapus seluruh data di dalam perangkat yang hilang. Pastikan Anda menggunakan Akun Google sesuai dengan akun yang terdapat di smartphone yang hilang.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk reset HP Realme ke Setelan Pabrik. Dengan mereset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik, HP Xiaomi anda akan kembali lagi seperti baru, karena semua file, settingan, dan seluruh isi yang ada di HP akan disetting seperti bawaan pabrik.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang cara reset HP lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar