close

Cara Riset Kata Kunci (Keyword) Blog Tanpa Tools Untuk Pemula

Cara riset kata kunci (keyword) blog tanpa tools untuk pemula – Keyword adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah website. Untuk mencari sebuah artikel pengunjung akan mengetikkan sebuah keyword. Jadi, kita harus menggunakan keyword yang tepat agar artikel kita mendapatkan pengunjung. Keyword yang bagus adalah keyword yang banyak dicari oleh orang akan tetapi hanya sedikit pesaing yang menggunakan keyword tersebut.

Untuk mencari keyword yang tepat, kita harus terlebih dahulu melakukan riset terhadap keyword yang akan kita gunakan. Dengan riset keyword kita akan mengetahui tingkat kesulitan keyword, volume pencarian keyword, dan jumlah pencarian terhadap keyword tersebut. Sehingga kita bisa menentukan keyword yang tepat untuk kita gunakan dalam artikel kita.

Cara Riset Kata Kunci (Keyword) Blog Tanpa Tools Untuk Pemula
Cara Riset Kata Kunci (Keyword) Blog Tanpa Tools Untuk Pemula

 

Riset keyword merupakan tanknik SEO

Riset sebuah keyword adalah salah satu teknik dasar SEO. Artikel yang sangat SEO pun tidak akan maksimal jika pemilihan keyword nya tidak tepat. Pemilihan keyword yang tepat dapat meningkatkan pengunjung blog kita. Dengan keywod yang tepat artikel kita akan lebih mudah masuk ke halaman pertama pencarian google.

Baca Juga :  Cara Mengubah Favicon di Blogger dengan Mudah

Cara mudah riset keyword tanpa tools

Ada banyak sekali cara melakukan riset sebuah keyword, baik menggunakan sebuah tools ataupun tanpa menggunakan sebuah tools. Tools pun ada yang berbayar dan ada yang gratis, tentu yang berbayar akan memiliki fitur yang lebih lengkap, akan tetapi yang gratis pun juga tidak kalah bagus. Pada dasarnya menggunakan tools atau tidak itu sama saja, tergantung kreativitas kita dalam mengolah kata-kata untuk merangkai sebuah keyword. Jika anda ingin mengetahui tools untuk riset keyword silahkan baca artikel saya tentang tools terbaik untuk riset keyword.

Saking banyaknya tools dan software, terkadang kita malah kebingungan dalam melakukan riset keyword. Walau menggunakan tools terkadang kita masih bingung menentukan keyword yang banyak dicari tetapi sedikit pesaing. Karena terlalu lama melekukan riset keyword kita malah kehabisan waktu untuk menulis artikelnya. Jadi kita menjadi kurang produktif dalam menulis sebuah artikel.

Oleh karean kita jangan terlalu lama melakukan riset sebuah keyword, Ada sebuah cara jitu untuk melakukan riset keyword dengan mudah, bahkan tanpa menggunakan sebuah tools. Dan hasil keyword yang dihasilkan pun cukup seo dan mampu bersaing di hasil pencarian. Caranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  Cara Menghapus Blog di Blogger Secara Permanen

1. Pertama, kalian harus menentukan keyword “inti” yang ingin anda gunakan. Misalkan kalian ingin menulis artikel tentang cara memasang iklan google adsense ditengah postingan. Jadi keyword inti dari artikel diatas adalah “memasang iklan ditengah
2. Setelah itu buka browser anda, silahkan ketikan keyword inti tadi di halaman pencarian.
3. Kemudian akan muncul hasil pencarian terkait keyword inti yang tadi anda cari. Silahkan ambil 3 – 5 hasil pencarian teratas. Karena itulah keyword yang terbaik. Kalau saya sendiri biasanya mengambil 3 keyword teratas. Agar tidak terlalu bingung.

Ini adalah 3 keyword teratas dari keyword ini “memasang iklan ditengah”
a. Cara memasang iklan adsense di tengah artikel postingan
b. Cara mudah memasang iklan ditengah postingan blog
c. Cara terbaru memasang iklan ditengah postingan, 100% work!

Baca Juga :  Cara Membuat Word Counter atau Alat Penghitung Kata di Blog
Cara Riset Kata Kunci (Keyword) Blog Tanpa Tools Untuk Pemula
Ambil 3 keyword teratas

 

4. Setelah mengambil 3 keyword teratas silahkan gabungkan keyword tersebut menjadi satu keyword. Dengan cara mengambil kata kata yang ada di keyword. Lihat gambar dibawah yang saya tandai.

Cara Riset Kata Kunci (Keyword) Blog Tanpa Tools Untuk Pemula
Gabungkan ketiga keyword tersebut

 

5. Maka akan menjadi keyword baru yaitu “Cara terbaru memasang iklan adsense di tengah postingan dengan mudah“. Keyword tersebut sangat seo dan dapat bersaing di hasil pencarian.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk melakukan riset keyword yang akan anda gunakan postingan blog. Dengan pemilihan keyword yang tepat, artikel anda menjadi berpeluang untuk memenangkan persaingan di hasil pencarian google. Bahkan, artikel anda bisa menempati posisi page one pada keyword yang anda gunakan.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai blogger lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengecek apakah template sudah mobile friendly atau belum. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

6 pemikiran pada “Cara Riset Kata Kunci (Keyword) Blog Tanpa Tools Untuk Pemula”

Tinggalkan komentar