close

Cara Share Screen di Zoom Meeting dengan Mudah

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting – Hallo sobat, di masa pandemi Covid-19 kali ini, kita diharuskan untuk mengurangi pertemuan dan kerumunan. Sehingga banyak sekolah, kantor, dan tempat-tempat tertentu yang membatasi adanya kerumunan. Banyak sekolah dan kantor-kantor yang melaksanakan aktivitasnya melalui daring atau online. Salah satunya dibantu dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Dengan aplikasi Zoom Meeting, kita bisa melakukan meeting tanpa harus bertatap muka. Lalu, semisal dalam meeting kita harus menampilkan power point atau memutar sebuah video, apakah zoom meeting bisa digunakan untuk itu? Jangan khawatir, karena zoom meeting sudah memiliki fitur yang di sebut dengan Share Screen. Bagaimana cara melakukan share screen Zoom Meeting?

Cara Share Screen di Zoom Meeting dengan Mudah
Cara Share Screen di Zoom Meeting dengan Mudah

Apa itu Share Screen di Zoom Meeting

Aplikasi zoom meeting memiliki fitur yang sangat berguna ketika kita melakukan meeting. Fitur tersebut dinamakan dengan fitur Share Screen. Apa itu fitur Share Screen? Fitur Share Screen adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh zoom meeting yang memungkinkan pengguna untuk membagikan apa yang tampil di layar atau screen nya agar bisa dilihat oleh peserta meeting lainnya. Dengan begitu, pemberi materi akan dengan mudah dalam manyampaikan materi.

Baca Juga :  Cara Mengetahui ID Meeting, Passcode, dan Invite Link Zoom Meeting

Kegunaan dari Share Screen di Zoom Meeting

Dalam suatu pertemuan atau meeting, pasti kita membutuhkan materi untuk di bahas bersama, materi-materi tersebut dapat dibagikan melalui Share Screen, sehingga semua perserta Zoom Meeting dapat melihat materi yang sama dalam waktu yang sama juga. Berikut adalah beberapa kegunaan dari Share Screen :

1. Membagikan file atau dokumen

Kegunaan dari fitur Share Screen yang pertama tentu saja untuk membagikan file atau dokumen. Misal anda sedang melakukan presentasi dengan dosen anda, maka dengan share screen anda bisa membagikan power point atau word anda. Dengan begitu, anda dan dosen anda akan melihat materi yang sama.

2. Membagikan video

Selain itu, di share screen anda juga bisa membagikan Video. Semisal anda ingin menampilkan Video Motivasi kepada peserta meeting. Anda tinggal membagikannya melalui fitur Share Screen dan semua peserta akan menonton video yang sama,

3. Membagikan suara atau audio

Selain dapat membagikan video dan file, ternyata dengan share screen anda juga bisa membagikan suara atau audio saja lho. Misal anda ingin menyenyikan mars atau lagu tertentu, maka anda bisa menggunakan fitur share screen.

Baca Juga :  Cara Membuat Schedule/Jadwal Meeting di Zoom Meeting

Cara melakukan Share Screen di zoom meeting

Biasanya, yang bisa melakukan share screen adalah host dari meeting tersebut. Akan tetapi, host juga bsia memberikan akses kepada semua peserta meeting untuk melakukan share screen. Lalu bagaimana cara melakuaknnya?

1. Pertama, pastikan anda sudah bergabung dalam suatu meeting. Jika anda bukan host dari meeting tersebut, pastikan host sudah membuka akses share screen kepada semua partisipan meeting.

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
Sudah bergabung dalam meeting

2. Buka file yang mau anda bagikan melalui Share Screen. Bisa Video, Power Point, PDF, Word, dan lain sebagainya.

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
File yang ingin diShare

3. Setelah itu, kembali lagi ke aplikasi Zoom Meeting, silahkan klik Share Screen

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
Klik Share Screen

4. Setelah itu, pilih jendela yang ingin anda bagikan.

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
Pilih layar yang ingin dibagikan

5. Jika file yang ingin anda bagikan ada suarnya, silahkan centang Share Sound, dan jika file yang anda bagikan berupa Video Clip, silahkan centang Optimize for Video Clip.

Baca Juga :  Menu-Menu yang Ada di Zoom Meeting dan Kegunaannya
Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
Setelan tambahan

6. Jika anda ingin membagikan suara atau audio saja, silahkan masuk ke menu advance, kemudian pilih Computer Audio.

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
Share audio saja

7. Setelah semua settingan sudah siap. Silahkan klik Share.

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
Klik Share

8. Selamat, anda sudah berhasil melakukan share screen. Sekarang semua peserta meeting dapat melihat apa yang anda bagikan. Jika anda ingin mengakhiri Share Screen anda, silahkan klik Stop Share

Cara Melakukan Share Screen di Zoom Meeting
Berhasil share screen

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk share screen di Zoom Meeting. Dengan melakukan share screen, peserta lain dalam zoom meeting akan dapat melihat apa yang ada dilayar anda. Share screen ini biasanya digunakan untuk melakukan presentasi dan pemaparan materi. Dengan adanya share screen, semua peserta rapat akan melihat bahan yang sama.

Jika anda tertarik dengana artikel mengenai Zoom Meeting lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Relay Zoom Meeting Agar Bisa Diikuti Oleh Banyak Orang. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar