Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian dan Perbedaan Antara Column, Row, Cell, dan Range pada Excel

Pengertian dan Perbedaan Antara Column, Row, Cell, dan Range pada Excel - Hallo sobat koplo, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas pengertian dan perbedaan antara Workbook dan Worksheet. Bagaimana? Apakah anda sudah memahami perbedaannya. Saya harap anda sudah memahaminya, karena pada artikel saya kali ini kita akan membahas lagi mengenai dasar-dasar microsoft excel yaitu perngertian dan perbedaan antara Column, Row, Cell, dan Range.

Jika pada artikel sebelumnya saya menjelaskan bahwa Workbook merupakan gabungan dari beberapa Worksheet, maka didalam Worksheet tersebut terdapat 4 bagian lagi yaitu Column, Row, Cell, dan Range. Apakah anda sudah mengetahui pengertian dan perbedaannya? Jika belum mari kita bahas pada artikel berikut ini.
Pengertian dan Perbedaan Antara, Column, Row, Cell, dan Range di Excel
Pengertian dan Perbedaan Antara, Column, Row, Cell, dan Range di Excel 

Pengertian Column pada Microsoft Excel

Kalian pasti sudah mengetahui jika Worksheet itu merupakan gabungan dari beberapa Column dan Row. Tapi apa yang dimaksud dengan Column di Microsoft Excel? Column jika diartikan ke Bahasa Indonesia berarti Kolom. Column di microsoft excel merupakan bagian dari Worksheet yang tersusun dari kiri ke kanan yang ditandai dengan Huruf A, B, C, D, dan seterusnya yang dapat anda lihat di bagian atas Worksheet.

Jika anda disuruh untuk mencari Column D, maka Column D adalah range yang berada di bawah huruf D sampai dengan batas maksimalnya. Untuk memudahkan pemahaman anda, silahkan lihat gambar berikut :
Pengertian dan Perbedaan Antara, Column, Row, Cell, dan Range di Excel
Column dalam microsoft excel

Pengertian Row pada Microsoft Excel

Diatas kita sudah membahas pengertian dari Column, sangat tidak afdol jika kita tidak membahas tentang Row, karena Column dan Row merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Row jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Baris. Di microsoft excel, row adalah bagian dari microsoft excel yang tersusun dari atas ke bawah dan ditandai dengan angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya yang dapat anda lihat pada ujung kiri worksheet anda.

Jika anda disuruh untuk menunjukan mana Row 5, maka Row 5 adalah deretan cell yang berada disamping kanan angka 5. Untuk lebih jelas, silahkan anda lihat gambar berikut :
Pengertian dan Perbedaan Antara, Column, Row, Cell, dan Range di Excel
Row dalam microsoft excel

Pengertian Cell pada Microsoft Excel

Sekarang anda sudah mengetahui pengertian dari Column dan Row di Microsoft Excel. Lalu apa yang dimaksud dengan Cell? Jadi cell didalam microsoft excel adalah sebuah kotakan kecil pada titik temu antara Column dan Row. Misalnya Cell C5, artinya cell tersebut berada di Colom C dan Row 5.

Nama dari cell yang sedang aktif dapat kita lihat pada bagian formula bar sebelah kiri yang disebut dengan namebox. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar berikut ini :
Pengertian dan Perbedaan Antara, Column, Row, Cell, dan Range di Excel
Cell dalam microsoft excel

Pengertian Range pada Microsoft Excel

Sekarang anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Cell, sekarang kita akan membahas kata yang terakhir yaitu Range. Jika Cell merupakan titik temu antara Column dan Row, maka Range merupakan gabungan dari beberapa cell. Range akan mebentuk suatu kotakan besar yang berisikan beberapa cell.

Range dapat terdiri dari 3 macam :
Range dalam 1 baris
Range dalam 2 kolom
Range dalam beberapa baris dan kolom

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini :
Pengertian dan Perbedaan Antara, Column, Row, Cell, dan Range di Excel
Range dalam microsoft excel

Yak, kira-kira seperti itulah penjelasan saya kali ini mengenai pengertian dan perbedaan antara column, row, cell dan range pada microsoft excel. Semoga artikel saya kali ini dapat membantu  anda agar mahir dalam mengoperasikan microsoft excel. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Antara Column, Row, Cell, dan Range pada Excel "

close